Hide Menu

AC Daikin vs AC Sharp Bagus Mana? Temukan 5 Perbedaan Paling Signifikan dari Keduanya!

Review Perbandingan antara AC Daikin vs AC Sharp dari Jenis Sampai Harga, Mana yang Lebih Bagus? Baca Terus Biar Tahu Jawabannya

Artikel AC Daikin vs AC Sharp ini diposting diperbarui
1.0K Pembaca
Like
AC Daikin vs AC Sharp 2024
© freepik.com

AC Daikin vs AC Sharp: Dua Merek AC yang Laris Manis di Pasaran

AC Daikin vs AC Sharp: Dua Merek AC yang Laris Manis di Pasaran
freepik.com

Selain kipas angin, AC atau air conditioner merupakan peralatan penting yang berfungsi untuk memberikan rasa nyaman sekaligus mendinginkan suhu ruangan yang panas. Berbicara mengenai AC, ada banyak sekali merk terkenal yang menjual alat pendingin ini di Indonesia. Sebut saja Samsung, Panasonic, Midea, AQUA, LG, Gree, dan Polytron.

Dari semua nama yang kami sebutkan di atas, ada dua merek yang paling laris manis di pasaran Indonesia, yaitu Daikin dan Sharp. Keduanya merupakan merek AC yang terkenal karena tingkat hemat energi yang tinggi, penggunaannya mudah, fitur yang canggih, daya tahan yang lama, serta desain compact dan mewah.

Jika Anda penasaran dengan perbedaan antara AC Daikin vs AC Sharp, maka biarkan artikel ini membantu menjawab rasa penasaran Anda. Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan perbedaan antar keduanya beserta kelebihan dan kekurangan dari AC merk Daikin vs Sharp. Jadi, teruslah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 AC Daikin vs AC Sharp - Terbaru 2024

AC atau air conditioner merupakan alat elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang demi menciptakan kondisi yang nyaman (Marsianus, 2014). Karena hal tersebut, beberapa orang mulai tertarik menggunakan AC ketimbang kipas angin untuk mendinginkan suhu ruangan yang panas, terutama di daerah panas seperti Semarang dan Surabaya.

Nah, dari semua merek AC yang ada, Daikin dan Sharp menjadi merek yang laris manis di pasaran. Apakah Anda juga mempertimbangkan dua merek ini? Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari AC Daikin dan AC Sharp? Seperti apa perbedaan keduanya? Temukan semua jawabannya lewat poin-poin di bawah.

Lebih dari itu, tim Voltbaba juga akan menampilkan beberapa rekomendasi produk AC berkualitas dari merek-merek terbaik selain Daikin dan Sharp. Sebut saja Samsung, Panasonic, LG, Polytron, Gree, Midea, Electrolux, AQUA, dan Changhong. Tunggu apa lagi? Terus scroll ke bawah!

1
Jenis AC

Sharp Punya Lebih Banyak Model AC

Jenis AC

2
Desain

Sama-Sama Bagus, Semua Tergantung Preferensi Anda

Desain

3
Fitur

AC Daikin Terkenal dengan FItur Hemat Listrik, AC Sharp dengan Kemampuan Pendinginan yang Cepat

Fitur

4
Daya Tahan

Sama-Sama Awet dan Tahan Lama, Semua Tergantung Pemakaian dan Perawatannya

Daya Tahan

5
Harga

Daikin Lebih Mahal, Sharp Lebih Murah. Pilih yang Mana?

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sharp Punya Lebih Banyak Model AC
© freepik.com
1
Sharp Punya Lebih Banyak Model AC

Jenis AC

Rekomendasi kami

Perbedaan antara AC Daikin vs Sharp yang pertama terletak pada jenis AC serta kapasitas pendinginannya. Daikin sendiri menjual 7 model produk air conditioner, sementara merk Sharp menawarkan 34 model AC yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Untuk produk AC dari merek Daikin, yang tersedia adalah single split dan multi split yang terbagi lagi menjadi dua tipe, yaitu inverter dan non-inverter. Di sisi lainnya, merek Sharp menawarkan produk AC yang lebih bervariasi, seperti AC split, AC casette, AC portable, standing AC, dan AC split duck.

Selain model, AC Daikin vs Sharp juga memiliki perbedaan di variasi kapasitas pendinginan. Dalam hal ini, AC Sharp punya variasi kapasitas pendinginan yang lebih banyak, mulai dari 0.5 PK sampai 5 PK. Sebaliknya, variasi kapasitas pendinginan dari AC merek Daikin hanya sekitar 0.5 PK sampai 3 PK.

Sama-Sama Bagus, Semua Tergantung Preferensi Anda
© freepik.com
2
Sama-Sama Bagus, Semua Tergantung Preferensi Anda

Desain

Rekomendasi kami

Perihal desain, baik Daikin maupun Sharp, keduanya menawarkan desain AC yang hampir mirip dengan warna putih sebagai warna dasarnya. Meski begitu, dimensi, berat, ukuran kW, dan daya listrik dari keduanya cukup berbeda.

Mari ambil contoh AC 1 PK dari kedua merek ini, yaitu Daikin FTC25NV14 dan Sharp AH-A9BEY. Berikut perbedaannya:

ModelDaikin FTC25NV14 1PKSharp AH-A9BEY 1PK
Dimensi Indoor (H x W x D)283 x 770 x 223 mm295 x 853 x 185 mm
Dimensi Outdoor (H x W x D)418 x 695 x 244 mm495 x 598 x 265 mm
Berat9 Kg (indoor) dan 26 Kg (outdoor)7 Kg (indoor) dan 17 Kg (outdoor)
Kapasitas Pendingin (kW)2.72 kW1,46 kW
Daya Listrik780 Watt795 Watt
Ukuran Pipa Cair & Gas1/4″ inch x 3/8″ inch1/4″ inch x 3/8″ inch

Sesuai dengan apa yang tertulis pada tabel di atas, banyak aspek signifikan yang membedakan antar AC Daikin dan Sharp. Entah itu dimensi AC, berat, kapasitas pendingin, daya listrik, sampai ukuran pipa cair dan gas. Dengan semua perbedaan ini, Volties bisa memilih satu yang paling memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda.

Lalu, dalam segi desain, mana yang lebih bagus antara AC Daikin dan AC Sharp? Jawabannya tergantung dari preferensi Anda. Sekarang tim Voltbaba tanya, dari AC Daikin FTC25NV14 dan Sharp AH-A9BEY, desain mana yang paling memikat mata Anda? Coba beritahu jawabannya dengan komen di bawah ya!

AC Daikin Terkenal dengan FItur Hemat Listrik, AC Sharp dengan Kemampuan Pendinginan yang Cepat
© freepik.com
3
AC Daikin Terkenal dengan FItur Hemat Listrik, AC Sharp dengan Kemampuan Pendinginan yang Cepat

Fitur

Rekomendasi kami

Perbedaan yang ketiga antara AC Daikin vs AC Sharp terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. Daripada bingung, tim Voltbaba akan mengambil contoh AC 1/2PK dari dua merek ini, yaitu Daikin FTP15AV14 dan Sharp X6BEY.

Keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama namun dengan fitur yang berbeda. Adapun spesifikasi dari Daikin FTP15AV14 dan Sharp X6BEY adalah sebagai berikut.

ModelDaikin FTP15AV14Sharp X6BEY
Daya PK1/2 PK1/2 PK
Tingkat Dingin (BTU/h)5000 BTU/h5000 BTU/h
Tipe RefrigeranR-32R-32
Daya Listrik390 Watt465 Watt

Di balik spesifikasi yang mirip, fitur dua merek AC ini berbeda. Sebut saja fitur breeze airflow yang ada di Daikin FTP15AV14 yang berfungsi untuk memberikan feeling angin alami yang sejuk. Ada juga fitur bernama 3D airflow yang dirancang supaya AC ini bisa menghasilkan udara sejuk untuk mendinginkan setiap sudut kamar Anda.

Sementara itu, AC Sharp X6BEY dilengkapi dengan fitur bernama Garuda wing airflow untuk memberikan hembusan udara yang lebih kuat ke seluruh kamar. Di samping itu, ada juga fitur super jet mode yang berfungsi untuk membuat kamar jadi dingin dengan lebih cepat.

Lantas, dari perbedaan ini, manakah yang labih bagus antara Daikin FTP15AV14 dan Sharp X6BEY? Jawabannya tergantung dari kebutuhan Anda. Misalkan Anda butuh AC untuk mendinginkan suhu panas di ruangan rumah atau kantor tanpa harus membayar tagihan listrik yang mahal, Daikin FTP15AV14 adalah jawabannya.

Sebaliknya, jika Anda butuh AC dengan kemampuan untuk mendinginkan satu ruangan dengan cara yang lebih cepat, maka Sharp X6BEY menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, satu hal yang harus Anda pertimbangkan saat membeli AC Sharp ini adalah konsumsi daya listriknya yang lebih besar daripada AC Daikin FTP15AV14. Jadi, silakan tentukan pilihan Anda sendiri!

Sama-Sama Awet dan Tahan Lama, Semua Tergantung Pemakaian dan Perawatannya
© freepik.com
4
Sama-Sama Awet dan Tahan Lama, Semua Tergantung Pemakaian dan Perawatannya

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Lanjut ke perbedaan AC Daikin vs AC Sharp yang keempat yaitu daya tahan. Dalam hal ini, kedua merk AC terbaik ini punya daya tahan dan masa pakai yang hampir sama, sekitar 8 sampai 15 tahun. Panjang atau pendeknya masa pakai dari AC yang Anda gunakan di rumah atau kantor ini juga dipengaruhi oleh faktor pemakaian dan perawatan.

Semakin baik Anda menggunakan AC dan merawatnya, semakin awet umurnya. Sebaliknya, jika Anda menggunakan AC dengan pemakaian yang sembarangan tanpa pernah merawat atau membersihkannya, jangan kaget jika AC Anda jadi lebih cepat rusak.

Meski punya daya tahan yang mirip, dua merek ini memiliki perbedaan di garansi. Jika melihat segi ini, merk Sharp lebih unggul. Pasalnya, Sharp memberikan garansi 3 tahun untuk sparepart dan 10 tahun untuk kompresor. Ini tentu menjadi kelebihan Sharp daripada Daikin yang hanya memberikan garansi 1 tahun untuk sparepart dan 3 tahun untuk kompresor.

Daikin Lebih Mahal, Sharp Lebih Murah. Pilih yang Mana?
© freepik.com
5
Daikin Lebih Mahal, Sharp Lebih Murah. Pilih yang Mana?

Harga

Rekomendasi kami

Harga menjadi aspek terakhir yang membedakan AC Daikin dan AC Sharp. Coba tebak merek mana yang lebih mahal, Daikin atau Sharp? Jawabannya Daikin. Jawaban ini berhasil tim Voltbaba dapatkan setelah membandingkan dua produk AC 2PK dari kedua merek ini, yaitu Daikin FTC50NV14 dan Sharp AH-A18ZCY.

Di e-commerce seperti Tokopedia, Daikin FTC50NV14 dibanderol dengan harga sekitar 7.4 juta rupiah lebih. Sementara itu, dengan kapasitas pendingan 2PK yang sama, AC dari merek Sharp dengan tipe AH-A18ZCY punya harga yang lebih murah di kisaran angka 6.1 juta rupiah saja.

Harga mahal dari AC Daikin sebenarnya hal yang wajar. Pasalnya, semua produk AC dari merek Daikin kebanyakan dirancang dengan mode low watt untuk menekan penggunaan listrik agar lebih irit dan berbagai fitur canggih supaya bisa mengeluarkan udara dingin yang berkualitas dan bersih.

Lantas, apakah itu berarti AC Sharp tidak bagus? Tentu tidak. Hanya saja, jika dibandingkan dengan AC Daikin dalam aspek penggunaan listrik, AC dari merek Sharp punya daya watt yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan uang lebih untuk membayar biaya listrik bulanan.

Tanya Jawab Seputar AC Daikin vs AC Sharp

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan populer tentang AC Daikin vs AC Sharp yang perlu Anda ketahui. Silakan cek!

Kenapa AC Daikin paling bagus?

Salah satu aspek yang membuat AC Daikin lebih unggul daripada merek AC lainnya adalah karena hemat listrik dan ramah lingkungan. Bukan cuma itu, AC dari merek Jepang ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih demi menghasilkan udara dingin yang berkualitas, bersih, dan sehat.

AC yang paling bagus merk apa ya?

Ada banyak sekali merek AC yang sudah terkenal karena kualitas produknya yang bagus, seperti Daikin, Sharp, Panasonic, Samsung, Gree, LG, Midea, AQUA, Electrolux, dan Polytron.

Apakah AC merk Sharp bagus?

Jawabannya tentu saja iya. Sharp merupakan merek terkenal yang menjual berbagai macam produk AC berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.

AC Daikin buatan negara apa?

Daikin merupakan produsen AC terkemuka yang berasal dari negara Jepang.

Kesimpulan: AC Daikin vs AC Sharp

Demikianlah perbedaan antara AC Daikin vs AC Sharp. Terhitung ada lima aspek yang membedakan kedua merek ini, seperti jenis AC yang tersedia, desain, fitur, daya tahan, serta harga.

Sebagai penutup, jika Anda butuh AC berkualitas yang hemat listrik namun tetap mampu mendinginkan setiap sudut ruangan dengan baik, pilihan paling ideal adalah AC Daikin. Sebaliknya, misalkan Anda butuh AC yang mampu mendinginkan ruangan Anda dengan cepat dan harganya ramah di kantong, maka tim Voltbaba merekomendasikan AC dari merek Sharp.

Kalau Anda sudah menentukan AC dari merek mana yang akan Anda beli namun bingung harus beli di mana, klik saja produk-produk yang tim Voltbaba sediakan di atas. Semuanya adalah produk AC terbaik dari merk terpercaya. Mau yang satu PK atau setengah PK, ayo check out sekarang sebelum kehabisan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo