Hide Menu

Serupa tapi Tak Sama, Inilah 5 Beda Juicer dengan Blender, Mana yang Lebih Bagus?

Pembahasan Seputar 5 Perbedaan Juicer dan Blender, Mulai dari Cara Kerja dan Penggunaan Sampai Hasil Olahannya

Artikel Beda Juicer dengan Blender ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Beda Juicer dengan Blender 2024
© freepik.com

Juicer vs Blender, Dua Alat Serupa yang Tak Sama

Juicer vs Blender, Dua Alat Serupa yang Tak Sama
freepik.com

Apakah Anda adalah orang yang berpikir bahwa juicer dan blender merupakan dua alat elektronik yang sama? Jika iya, maka Anda salah. Meski punya fungsi yang sama untuk menghaluskan bahan makanan maupun membuat jus buah dan smoothies sayur yang lezat, keduanya ternyata punya beberapa perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Penasaran apa saja aspek yang membedakan juicer vs blender? Kalau begitu simak saja artikel ini. Tim Voltbaba akan menampilka 5 beda juicer dengan blender, mulai dari cara kerja sampai kandungan nutrisi yang dihasilkan. Oh ya, tim Voltbaba juga menyediakan beberapa rekomendasi terbaik produk juicer dan blender untuk Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Bacalah!

Jenis-Jenis Juicer dan Blender

Jenis-Jenis Juicer dan Blender
freepik.com

Sebelum Anda memahami tentang beda juicer dengan blender, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis dari kedua alat elektronik ini. Di bawah ini adalah penjelasannya.

  • Juicer

Sesuai namanya, juicer adalah alat yang berfungsi untuk membuat jus dengan mengeluarkan cairan dari buah ataupun sayur yang Anda masukkan ke dalam alatnya. Dalam perkembangannya, juicer terbagi menjadi dua jenis, yaitu juicer extractor dan slow juicer.

Juicer extractor merupakan jenis yang menghancurkan dan memotong buah ataupun sayur dengan cepat, cara kerjanya mirip dengan blender. Sedangkan slow juicer, sama seperti namanya, adalah jenis yang melumat buah dan sayur secara perlahan agar tidak menghilangkan kandungan nutrisi di dalamnya.

  • Blender

Sementara itu, blender merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menghancurkan, melumat, menghaluskan, dan mencampur bahan makanan. Umumnya, blender terbagi menjadi lima jenis, yaitu hand blender, single-serve blender, full-size blender, multifunction blender, serta portable blender.

Masing-masing dari lima jenis blender ini punya manfaat dan kelebihannya sendiri-sendiri. Hand blender dan singleserve blender dengan kemudahan penggunaannya, fullsize blender dan multifunction blender dengan wadah besar dan fiturnya yang beragam, serta portable blender dengan kemudahannya untuk Anda bawa ke mana-mana.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda Juicer dengan Blender - Terbaru 2024

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini ada banyak sekali alat elektronik rumah tangga yang tersedia di pasaran. Entah itu alat untuk membersihkan rumah seperti vacuum cleaner, alat mixer untuk membuat adonan kue, maupun bahkan juicer dan blender untuk membuat olahan minuman lezat.

Kira-kira, apa saja perbedaan juicer dan blender? Daripada penasaran, scroll terus ke bawah untuk mengetahui perbedaan kedua alat elektronik ini.

1
Cara Kerja dan Kegunaan

Juicer Mampu Menyaring Serat dan Ampas Buah, Sementara Blender Tidak

Cara Kerja dan Kegunaan

2
Desain dan Ukuran

Blender Lebih Compact, Juicer Lebih Besar

Desain dan Ukuran

3
Konsumsi Daya Listrik

Konsumsi Daya Listrik Sama, Tergantung Berapa Lama Penggunaannya

Konsumsi Daya Listrik

4
Harga

Lebih Mahal Juicer, 2x Lipat dari Harga Blender

Harga

5
Hasil Olahan dan Nutrisi yang Terkandung

Hasil Jus dari Juicer Encer, Sedangkan Blender Lebih Kental

Hasil Olahan dan Nutrisi yang Terkandung

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Juicer Mampu Menyaring Serat dan Ampas Buah, Sementara Blender Tidak
© freepik.com
1
Juicer Mampu Menyaring Serat dan Ampas Buah, Sementara Blender Tidak

Cara Kerja dan Kegunaan

Rekomendasi kami

Perbedaan juicer dan blender yang pertama terletak pada cara kerja serta kegunaannya alias fungsinya. Sesuai namanya, juicer adalah alat yang dirancang khusus untuk membuat olahan jus, baik jus buah maupun jus dari sayur-sayuran. Sementara itu, blender didesain untuk menghancurkan berbagai jenis bahan makanan sampai halus.

Mengingat perbedaan pada fungsi dari juicer dan blender, maka cara kerja keduanya pun juga berbeda. Juicer umumnya bekerja dengan cara menghancurkan sekaligus memisahkan sari dan ekstrak buah maupun sayur dari ampas-ampasnya, menghasilkan hasil olahan jus yang tidak memiliki ampas.

Hal ini berbeda dengan cara kerja blender. Alat ini umumnya akan menghancurkan sekaligus mengaduk semua bahan makanan yang masuk ke dalam wadah jar blender, sehingga serat dari bahan-bahan makanan tersebut tidak terbuang. Karena ini, hasil olahan blender biasanya lebih kental dan berampas.

Bagaimanapun, baik juicer maupun blender, keduanya adalah alat yang dirancang khusus untuk menghancurkan bahan makanan. Oleh sebab itu, keduanya pun memiliki hardware mata pisau yang dapat mencincang sekaligus melumat buah maupun sayur dengan kecepatan yang bisa Anda sesuaikan.

Bedanya, saat menggunakan blender, Anda harus menambahkan sedikit air agar mata pisaunya dapat bekerja dengan baik dalam menghancurkan bahan makanan. Namun, hal ini tidak berlaku untuk alat juicer di mana Anda tidak perlu menambahkan air sama sekali untuk melumat bahan makanan.

Blender Lebih Compact, Juicer Lebih Besar
© freepik.com
2
Blender Lebih Compact, Juicer Lebih Besar

Desain dan Ukuran

Desain dan ukuran menjadi beda juicer dengan blender yang kedua. Meski sama-sama memiliki fungsi yang sama, kedua alat ini hadir dengan desain serta ukuran yang berbeda. Faktanya, blender umumnya terdiri atas mesin dan wadah jar yang bisa Anda pisahkan, membuatnya punya desain yang compact.

Lebih dari itu, wadah dari blender biasanya hadir dengan dua jenis ukuran yang punya berbagai jenis mata pisau yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Ada wadah besar yang bisa Anda gunakan untuk menghancurkan bahan makanan berukuran besar serta wadah kecil untuk Anda yang mau menghaluskan bumbu-bumbu dapur.

Di sisi lainnya, juicer memiliki desain dan ukuran yang lebih besar daripada blender. Hal ini dikarenakan alat juicer hadir dengan dua wadah yang harus digunakan secara bersamaan dan tidak dapat dipisah, yaitu wadah penampung sari dan wadah penampung ampas.

Selain itu, alat ini umumnya dilengkapi tongkat pendorong di bagian atas yang berfungsi untuk mendorong potongan buah ataupun sayuran agar masuk ke dalam. Di dalam juicer pun terdapat saringan yang fungsinya adalah menyaring atau mengesktrak sari dari ampasnya. Karena ini, maka tidak mengherankan jika juicer punya ukuran yang lebih besar daripada blender.

Konsumsi Daya Listrik Sama, Tergantung Berapa Lama Penggunaannya
© freepik.com
3
Konsumsi Daya Listrik Sama, Tergantung Berapa Lama Penggunaannya

Konsumsi Daya Listrik

Rekomendasi kami

Lanjut ke beda juicer dengan blender yang ketiga yaitu konsumsi daya listrik. Pada dasarnya, daya listrik dari blender yang paling kecil sekitar 100 watt. Sebaliknya, daya listrik dari juicer yang paling kecil umumnya ada di angka 250 watt. Meski begitu, keduanya sebenarnya menggunakan daya listrik yang hampir sama, rata-rata 250-400 watt.

Oleh sebab itu, mudah untuk menyimpulkan bahwa konsumsi daya listrik antara juicer vs blender bergantung dari seberapa lama Anda menggunakan kedua alat ini. Sudah pasti, semakin lama Anda menggunakannya, maka semakin besar pula daya listrik yang diperlukan.

Lebih Mahal Juicer, 2x Lipat dari Harga Blender
© freepik.com
4
Lebih Mahal Juicer, 2x Lipat dari Harga Blender

Harga

Kalau berbicara harga, bisa dibilang juicer lebih mahal ketimbang blender. Kok bisa? Itu karena juicer tidak hanya bekerja untuk menghancurkan bahan makanan, namun juga membuang ampasnya dan hanya menyisakan sari-sarinya saja. Ini tentu membuat juicer menjadi alat yang lebih canggih daripada blender.

Di e-commerce sendiri, harga juicer dengan jenis juicer extractor berkapasitas 350ml ada di angka Rp 600 sampai Rp 700 ribu. Sementara itu, blender dengan desain 2-in-1 yang punya kapasitas 2 liter hanya memiliki harga sekitar Rp 250 ribu saja. Dari sini saja sudah bisa disimpulkan bahwa juicer punya harga yang lebih mahal daripada blender.

Hasil Jus dari Juicer Encer, Sedangkan Blender Lebih Kental
© freepik.com
5
Hasil Jus dari Juicer Encer, Sedangkan Blender Lebih Kental

Hasil Olahan dan Nutrisi yang Terkandung

Rekomendasi kami

Lanjut ke beda juicer dengan blender yang terakhir yaitu hasil olahannya. Seperti yang sudah tim Voltbaba singgung di awal bahwa juicer cenderung menghasilkan jus buah dan sayur dengan tekstur yang encer tanpa ampas. Sebaliknya, hasil olahan jus dari blender memiliki tekstur yang lebih kental dan berampas karena tidak ada serat buah yang disaring.

Di samping itu, karena memiliki tekstur yang encer tanpa ampas, hasil minuman yang dibuat dengan juicer tidak terlalu memberikan rasa kenyang. Sedangkan minuman hasil olahan blender mampu memberikan rasa kenyang karena kandungan serat dan ampas buah yang ada di dalamnya.

Nah, kalau dibandingkan antara hasil olahan dari juicer dan blender, mana yang lebih sehat? Karena juicer bekerja dengan memisahkan sari dan ampas, maka jus ataupun smoothies hasil olahan dari juicer umumnya memiliki konsentrasi zat gizi berupa mineral dan vitamin yang tinggi namun tidak mengandung serat ataupun antioksidan.

Sementara itu, minuman yang dibuat menggunakan blender biasanya mengandung zat gizi yang sama dengan bahan bakunya. Mulai dari kandungan vitamin, mineral, serat, sampai kandungan antioksidannya, semua kandungan gizi dari buah dan sayur yang Anda olah menggunakan blender tetap utuh.

Jadi, jika Anda ingin menikmati jus lezat tanpa ampas dan tetap ingin mendapatkan manfaat dari kandungan gizi buah dan sayur yang cukup, Anda bisa menggunakan juicer. Sebaliknya, jika Anda lagi diet dan butuh asupan minuman yang mengenyangkan dan kaya akan serat, maka Anda bisa membuat jus menggunakan blender.

Tanya Jawab Seputar Beda Juicer dengan Blender

Sebelum Anda meninggalkan artikel ini, luangkanlah sedikit waktu Anda untuk mengecek beberapa pertanyaan di bawah biar makin paham. Yuk, baca! 

Bagaimana perbedaan juicer dan blender dalam pengolahan minuman dari buah segar?

Dalam pengolahan minuman dari buah segar, juicer mampu menghasilkan jus dengan tekstur yang lebih encer tanpa ampas. Sementara itu, hasil olahan minuman dari blender umumnya memiliki tekstur yang lebih kental dan berampas.

Mengapa kita menggunakan juicer?

Alasannya sederhana, karena juicer adalah alat yang mampu membantu Anda untuk membuat jus buah atau sayur yang lezat dengan cepat dan mudah. Bahkan, juicer juga mampu membuat jamu gendong dengan cara yang cepat dan bersih tanpa ada ampas dari sari-sari umbi sebagai bahan bakunya (Amerti. I. W et al, 2018).

Apakah minum jus wortel harus disaring?

Saat Anda membuat jus wortel, ada baiknya Anda tidak membuang ampas-ampasnya. Pasalnya, serat pada wortel mengandung banyak zat gizi dan ekstrak yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jadi, saat membuat jus wortel, Anda bisa menggunakan blender jus buah.

Apa bedanya juicer dan slow juicer?

Perbedaan antara juicer extractor dan slow juicer di antara lain:

  • Fungsi dan cara kerjanya
  • Kecepatan putaran
  • Hasil jus yang berbeda

Apakah jus yang dibuat dari juicer dan blender memiliki dampak negatif?

Satu-satunya dampak negatif dari buah yang Anda jus menggunakan juicer ataupun blender ada pada kandungan gulanya. Menurut beberapa penelitian, jus buah bisa meningkatkan kadar gula darah pada tubuh Anda.

Kesimpulan: Beda Juicer dengan Blender

Setelah perjalanan panjang membaca artikel ini, Anda kini tiba di bagian akhir dari pembahasan seputar beda juicer dengan blender. Sebagai penutup, ada lima perbedaan juicer dan blender yang cukup signifikan, yaitu cara kerja dan fungsi, desain dan ukuran, konsumsi daya listrik, harga pasaran, hasil olahan beserta kandungan nutrisi di dalamnya.

Lalu, setelah mengetahui 5 perbedaan juicer vs blender, apakah Anda sudah menentukan akan beli produk yang mana? Apakah itu juicer atau blender? Satu yang terpenting, pilih dan belilah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah, ya Volties. Akhir kata, semoga artikel ini membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo