Hide Menu

2 atau 3 Jam? Berapa Lama Ngecas Laptop yang Benar? Simak Artikel Ini Biar Ga Salah!

Penjelasan Tentang Durasi Terbaik Ngecas Laptop Beserta Cara Merawat Baterai Laptop

Artikel Berapa Lama Ngecas Laptop ini diposting diperbarui
41 Pembaca
Like
Berapa Lama Ngecas Laptop 2024
© istockphoto.com/Chernetskaya

Durasi Waktu Terbaik untuk Ngecas Laptop, Berapa Lama?

Durasi Waktu Terbaik untuk Ngecas Laptop, Berapa Lama?
freepik.com

Ngecas laptop berapa jam sih? Mari langsung masuk ke inti pembahasan, berapa lama ngecas laptop yang tepat? Jawabannya tergantung. Pada dasarnya, setiap laptop membutuhkan waktu pengisian daya baterai yang berbeda-beda, tergantung dari brand laptop, tipe laptop, charger yang digunakan, kapasitas baterai, hingga suhu lingkungan.

Namun umumnya, rata-rata laptop membutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai 4 jam untuk mengisi daya baterai baik yang tanaman atau tidak sampai penuh atau full. Meski begitu, untuk beberapa model laptop, ada yang membutuhkan waktu hampir 6 jam agar daya batre laptop tersebut full 100 persen.

Jadi, Volties tidak perlu khawatir jika laptop Anda punya perbedaan waktu pengecasan dengan laptop milik orang lain. Karena seperti yang sudah Anda ketahui, setiap laptop memiliki waktu pengecasan yang berbeda-beda dan ini adalah hal yang wajar.

Setelah Anda tahu jawaban dari pertanyaan berapa lama ngecas laptop, Anda kini bisa pindah ke section selanjutnya. Pembahasan akan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi waktu pengisian daya laptop. Kami pun juga akan menampilkan beberapa tips untuk memperpanjang umur battery laptop Anda. Jadi, teruslah membaca!

5 Faktor yang Memengaruhi Waktu Pengecasan Laptop

5 Faktor yang Memengaruhi Waktu Pengecasan Laptop
freepik.com

Menurut Ovan. E. H. R et al (2013), baterai laptop umumnya mempunyai daya tahan sekitar 1-6 jam, tergantung dari kapasitas baterai, spesifikasi, dan waktu pemakaian. Sama halnya dengan daya tahan baterai yang berbeda tergantung beberapa faktor, maka begitupun juga dengan waktu pengecasannya.

Terhitung ada lima faktor utama yang berpengaruh dengan waktu pengecasan sebuah laptop. Kelima faktor tersebut adalah jenis laptop, kapasitas baterai, kondisi baterai, jenis charger atau casan yang digunakan, dan suhu lingkungan. Untuk lebih jelasnya, cek poin-poin di bawah.

1. Jenis Laptop

Faktor pertama adalah jenis laptop. Bagaimanapun, setiap laptop dari berbagai macam brand, seperti ASUS, Acer, HP. maupun Lenovo memiliki spesifikasi berbeda yang memengaruhi waktu pengisian daya batre. Spesifikasi ini meliputi daya arus watt, input output AC, serta kapasitas ampere.

Terlebih lagi, teknologi fast charging dari sebuah laptop juga dapat memengaruhi kecepatan pengecasannya. Umumnya, laptop dengan teknologi fast charging tentunya punya waktu mengecas yang lebih cepat daripada laptop yang tidak menggunakan teknologi ini.

2. Kapasitas Baterai

Masih ada hubungannya dengan faktor sebelumnya. Setiap pabrikan laptop seperti ASUS, Acer, maupun Lenovo sudah pasti menawarkan berbagai macam model laptop. Nah, masing-masing model laptop ini hadir dengan spesifikasi kapasitas baterai yang berbeda-beda.

Umumnya, semakin besar kapasitas baterai sebuah laptop, maka waktu pengisian dayanya akan semakin lama. Ya, itu hal yang wajar. Pasalnya, laptop dengan kapasitas baterai besar membutuhkan jumlah energi listrik yang lebih banyak agar daya batrenya terisi penuh 100%.

3. Kondisi Baterai

Selain kapasitas batre, kondisi baterai juga menjadi satu faktor yang memengaruhi waktu pengisian daya sebuah laptop. Biasanya, saat baterai sebuah laptop sudah menua dan usang, maka daya tampungnya otomatis akan berkurang sehingga harus lebih sering dicas.

4. Jenis Charger

Faktor keempat yang memengaruhi durasi ngecas adalah jenis charger yang Anda gunakan. Charger laptop sendiri terdiri atas kabel listrik dan adaptor atau yang dikenal dengan sebutan brick. Biasanya, penggunaan charger laptop yang KW atau sudah rusak dapat memperlambat waktu ngecas laptop.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menggunakan adaptor charger original yang sesuai dengan merek ataupun tipe laptop Anda. Jika charger laptop ori Anda rusak, dapatkan gantinya dengan membeli produk yang sama lewat e-commerce. Pastikan juga untuk membeli casan dari toko official agar tidak tertipu.

5. Suhu Lingkungan

Terakhir adalah suhu lingkungan. Memangnya suhu lingkungan berpengaruh dengan waktu mengecas batre laptop? Sangat. Pada dasarnya, saat proses pengisian daya, laptop akan menghasilkan panas karena adanya energi listrik yang mengalir.

Untuk itu, ketika Anda ngecas laptop di suhu lingkungan yang panas, maka durasi pengisiannya akan semakin lama. Sebaliknya, jika Anda ingin mengecas laptop dengan durasi yang sesuai spesifikasi laptop, maka charging laptop Anda di ruangan dengan suhu yang normal. Hal ini juga dapat memperpanjang umur dari batre laptop Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Berapa Lama Ngecas Laptop - Terbaru 2024

Sudah paham dengan faktor-faktor yang dapat memengaruhi waktu pengisian daya baterai laptop Anda? Kalau sudah, berarti Anda sudah siap untuk mengetahui cara merawat sekaligus tips untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda. Tunggu apa lagi? Silakan cek tips-tipsnya di bawah!

1
Jangan Gunakan Laptop Sambil Ngecas

Biarkan Laptop Beristirahat dan Ngecas Sampai Penuh

Jangan Gunakan Laptop Sambil Ngecas

2
Gunakan Charger Asli atau Original

Jangan Pernah Menggunakan Charger atau Casan KW

Gunakan Charger Asli atau Original

3
Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Atur Tingkat Kecerahan Layar di Tingkat Normal

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

4
Jangan Cas Laptop Kalau Sudah Mati

Jangan Tunggu Laptop Mati Baru Dicas

Jangan Cas Laptop Kalau Sudah Mati

5
Matikan Laptop dengan Benar

Tutup Aplikasi dan Program sebelum Matiin Laptop

Matikan Laptop dengan Benar

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Biarkan Laptop Beristirahat dan Ngecas Sampai Penuh
© istockphoto.com/David_Kashakhi
1
Biarkan Laptop Beristirahat dan Ngecas Sampai Penuh

Jangan Gunakan Laptop Sambil Ngecas

Rekomendasi kami

Hayo ngaku, siapa yang masih suka menggunakan laptop sambil dicas buat main game atau nonton film? Perlu untuk Anda ketahui, kebiasaan ini dapat mengurangi kualitas baterai sekaligus memengaruhi durasi pengecasan, lho. Jadi, jika Anda ingin baterai laptop Anda tetap awet selama bertahun-tahun, hindari menggunakan laptop sambil ngecas terlalu sering.

Sama seperti hidup manusia, Anda pun wajib memberikan laptop Anda jeda untuk beristirahat. Lalu, waktu istirahat laptop yang paling tepat adalah saat proses charging. Jadi, biarkan laptop Anda beristirahat sejenak sembari mengisi daya baterainya sampai penuh.

Jangan Pernah Menggunakan Charger atau Casan KW
© istockphoto.com/SIBAS_minich
2
Jangan Pernah Menggunakan Charger atau Casan KW

Gunakan Charger Asli atau Original

Rekomendasi kami

Sama seperti smartphone, Anda pun juga harus selalu menggunakan adapter charger original saat ngecas laptop. Karena bagaimanapun, casan ori sudah dirancang untuk menghantarkan kecepatan arus listrik yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda agar baterai laptop tersebut awet.

Sementara jika Anda menggunakan casan KW, itu dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil saat proses pengisian daya. Sudah pasti, arus listrik yang tidak stabil dapat merusak kualitas baterai hingga mengakibatkan kebocoran. Jadi, jika Anda ingin baterai laptop Anda tahan lama, selalu gunakan charger laptop yang ori.

Bagaimana jika casan ori Anda rusak? Bagaimana cara mengatasinya? Misalkan casan ori laptop Anda rusak, maka satu-satunya jalan keluarnya adalah dengan membeli casan yang baru. Kunjungi saja toko-toko official di e-commerce dan dapatkan charger ori yang berkualitas.

Atur Tingkat Kecerahan Layar di Tingkat Normal
© istockphoto.com/Hoverphoto
3
Atur Tingkat Kecerahan Layar di Tingkat Normal

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Rekomendasi kami

Percayakah Anda jika ternyata layar laptop yang terlalu cerah itu dapat mempercepat habisnya daya baterai sebuah laptop? Itu benar, Volties!

Jadi, tips selanjutnya untuk memperpanjang umur baterai laptop adalah dengan mengatur kecerahan layar laptop ke tingkat yang rendah atau normal. Sebaliknya, menggunakan tingkat kecerahan layar yang tinggi, tim Voltbaba sarankan hanya menggunakannya saat berada di luar ruangan atau di tempat yang terang saja.

Jangan Tunggu Laptop Mati Baru Dicas
© istockphoto.com/sdominick
4
Jangan Tunggu Laptop Mati Baru Dicas

Jangan Cas Laptop Kalau Sudah Mati

Rekomendasi kami

Selain kebiasaan menggunakan laptop sambil ngecas, kebiasan buruk lainnya yang dapat memperpendek masa pakai batre laptop adalah kebiasaan ngecas saat baterai laptop sudah 0 persen atau mati total. Jika Anda punya kebiasaan buruk ini, Anda benar-benar harus segera meninggalkannya.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk mengecas baterai laptop? Anda bisa mulai charging baterai laptop Anda saat indikator baterai di laptop sudah menunjukkan angka 20%-30%. Apalagi, kebanyakan laptop sekarang akan memberikan tanda untuk melakukan pengisian daya jika baterai laptop Anda sudah turun ke angka 20%.

Tutup Aplikasi dan Program sebelum Matiin Laptop
© istockphoto.com/Daisy-Daisy
5
Tutup Aplikasi dan Program sebelum Matiin Laptop

Matikan Laptop dengan Benar

Rekomendasi kami

Ah capek, lalu langsung klik shut down. Siapa nih Volties yang punya kebiasaan langsung matiin laptop padahal masih ada beberapa program maupun aplikasi yang berjalan? Misalkan Anda orangnya, maka tim Voltbaba sarankan untuk segera mengubah kebiasaan itu jika Anda ingin masa pakai baterai laptop Anda awet.

Faktanya, kebiasaan shut down laptop tanpa menutup beberapa program atau aplikasi yang Anda gunakan sebelumnya dapat memicu kerusakan pada baterai laptop. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menutup program ataupun aplikasi sebelum laptop Anda matikan.

Misalkan ada konektor USB yang masih tertancap di USB port plug laptop, wajib eject terlebih dahulu sebelum mencabutnya. Jika sudah semua, Anda bisa mematikan laptop.

Tanya Jawab Seputar Berapa Lama Ngecas Laptop

Sebelum ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan di bawah.

Berapa lama waktu untuk mengecas laptop?

Tergantung dari model laptop, spesifikasi, serta kapasitas baterainya, waktu ideal yang Anda butuhkan untuk mengisi daya batre laptop adalah 2 jam sampai 4 jam.

Bagaimana cara mengecas laptop yang benar?

Berikut adalah cara ngecas laptop yang baik dan benar.

  • Cabut charger saat indikator baterai laptop sudah penuh
  • Masukkan charger ke port USB laptop dan cas laptop saat indikator batre kurang dari 20%
  • Sambungkan charger ke stop kontak sebelum ke laptop
  • Perhatikan suhu lingkungan di ruangan Anda

Apakah cas laptop harus sampai 100?

Idealnya, mengecas laptop tidak disarankan sampai 100 persen. Artinya, Anda bisa berhenti ngecas laptop saat indikator baterainya ada di angka 50% sampai 70%.

Apakah laptop harus dimatikan saat di cas?

Tidak perlu. Saat ngecas, yang Anda perlu lakukan hanyalah masukkan adapter charger ke USB port plug laptop dan rutin cek berapa persen battery laptop Anda sudah terisi. Jika sudah terisi sekitar 70%, Anda bisa segera mencabut charger laptop.

Berapa persen baterai laptop harus dicas?

Tim Voltbaba sarankan untuk mengecas laptop saat indikator battery laptop Anda sudah menyentuh angka 20%.

Berapa harga charger laptop ori?

Harga dari charger laptop ori tergantung dari model laptop yang Anda gunakan. Umumnya, rata-rata harganya berkisar di angka Rp 75 ribu sampai Rp 200 ribu.

Kesimpulan: Berapa Lama Ngecas Laptop

Demikian akhir pembahasan tim Voltbaba tentang berapa lama ngecas laptop dan cara merawat baterainya. Setelah membaca artikel ini, Anda tentu sudah tahu jawaban dari pertanyaan cas laptop berapa jam, kan?

Benar Volties, durasi paling ideal saat cas laptop sekitar 2 sampai 4 jam. Perhatikan berbagai faktor dan tips yang sudah tim Voltbaba sampaikan di atas agar alat elektronik Anda tetap awet dan bagus kualitasnya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo