Hide Menu

Mau Ganti Blender dan Bingung Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana? Inilah 4 Perbedaannya!

Pembahasan Seputar 4 Perbedaan Blender Cosmos vs Miyako, Mulai dari Pilihan Model sampai Harga, Lengkap!

Artikel Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana ini diposting diperbarui
1.0K Pembaca
Like
Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana 2024
© freepik.com

Blender Cosmos dan Miyako: Dua Produk Blender Paling Banyak Dicari

Blender Cosmos dan Miyako: Dua Produk Blender Paling Banyak Dicari
freepik.com

Berbicara mengenai merk alat elektronik rumahan terbaik, Anda tentu sudah sangat familier dengan nama merek Cosmos dan Miyako. Keduanya merupakan dua merek terpercaya yang menjual berbagai macam jenis alat elektronik untuk menunjang semua aktivitas Anda saat di rumah.

Selain itu, baik perusahaan Cosmos maupun Miyako, keduanya juga menjunjung tinggi nilai kualitas di setiap produknya. Karena ini, tidak mengherankan jika kedua merek ini menghadirkan alat-alat elektronik rumah berkualitas nasional yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru dan advanced.

Produk yang ditawarkan kedua merek ini pun juga beragam, mulai dari rice cooker, kipas angin, kompor gas, cookware, juicer, setrika, hingga blender. Nah, ngomong-ngomong tentang blender. Kira-kira, blender Cosmos vs Miyako bagus mana? Ingin tahu jawabannya? 

Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menampilkan informasi lengkap seputar perbedaan antara blender Cosmos dan Miyako, mulai dari pilihan blender, desain, fitur, sampai harga. Jadi, tanpa buang-buang waktu lagi, duduklah manis di kursi dan selamat membaca.

Jenis-Jenis Blender

Jenis-Jenis Blender
freepik.com

Sebelum memahami perbedaan blender Cosmos vs Miyako, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis alat elektronik ini. Blender merupakan sebuah alat elektronik berupa wadah dengan pisau berputar yang berfungsi untuk mengaduk, menggiling, melunakkan, dan mencampur berbagai jenis bahan makanan (Decky. N. S. et al, 2015).

Di pasaran sendiri, blender terbagi menjadi 5 jenis, yaitu hand blender, single-serve blender, full-size blender, multifunction blender, dan portable blender. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kelima jenis ini? Baca poin-poin di bawah untuk mengetahuinya.

  • Hand Blender

Jenis yang pertama adalah hand blender. Jika Anda sedang mencari blender hanya untuk menghaluskan bahan makanan dan bumbu, membuat bubur dan sup lezat, atau mengaduk telur, maka hand blender adalah pilihan rekomendasi yang tepat. Kelebihan dari jenis blender ini adalah penggunaannya yang mudah dan desain yang compact.

  • Single-Serve Blender

Punya dapur kecil di rumah? Butuh blender untuk membantu membuat bahan-bahan makanan dengan mudah dan cepat? Kalau begitu, single-serve blender adalah jenis yang cocok untuk Anda. Biasanya, blender ini dilengkapi dengan tutup dan wadah gelas yang bisa Anda jadikan botol minum sehingga cocok juga untuk membuat smoothies maupun jus.

  • Full-Size Blender

Jenis blender yang ketiga adalah full-size blender atau heavy-duty blender. Ini adalah tipe blender yang sering Anda jumpai di pasaran. Berbekal wadah dengan ukuran yang besar ditambah beberapa buah pisau berputar di bawah wadah, full-size blender cocok untuk Anda yang butuh menghaluskan bahan makanan, baik buah dan sayur, dalam jumlah besar.

  • Multifunction Blender atau Blender Multifungsi

Sesuai nama, jenis blender ini memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal, entah itu mengancurkan es, mencacah makanan, membuat sup, maupun menghaluskan bahan makanan. Pasalnya, blender multifungsi dibekali dengan berbagai macam fitur untuk memudahkan dan menunjang aktivitas Anda di dapur.

  • Portable Blender

Mau piknik? Butuh blender untuk membuat smoothies atau jus buah lezat? Kalau begitu, portable blender adalah alat elektronik yang wajib masuk ke rekomendasi pembelian Anda. Kelebihan dari blender ini adalah pengoperasiannya yang menggunakan baterai, desain portable, serta wadah gelas yang bisa Anda jadikan sebagai tumbler minum.

Selain kelima jenis di atas, blender sebenarnya juga dibedakan berdasarkan material wadah gelas. Ada dua material umum yang digunakan untuk membuat wadah gelas blender atau jar, yaitu plastik mika dan kaca. Keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mana yang terbaik? Semua tergantung preferensi Anda.

Jika Anda mencari blender dari segi estetika dan yang tahan terhadap goresan, maka blender kaca adalah pilihan paling tepat. Sebaliknya, jika Anda mencari blender dengan harga yang tidak mahal namun tetap awet, maka blender plastik adalah pilihan tepat untuk Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana - Terbaru 2024

Terhitung ada 4 aspek dasar yang membedakan blender Cosmos dan blender Miyako. Apa saja aspek-aspek tersebut dan bagaimana penjelasannya? Baca terus biar tahu!

1
Pilihan Blender

Cosmos Punya 30 Model Blender, Miyako Punya 18 Model Blender

Pilihan Blender

2
Fitur

Sama-Sama Punya Fitur Advanced untuk Performa yang Bagus dan Tahan Lama

Fitur

3
Desain

Cosmos Lebih Modern Minimalis, Sedangkan Miyako Lebih Compact

Desain

4
Harga

Blender Miyako Lebih Mahal Daripada Blender Cosmos

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cosmos Punya 30 Model Blender, Miyako Punya 18 Model Blender
© freepik.com
1
Cosmos Punya 30 Model Blender, Miyako Punya 18 Model Blender

Pilihan Blender

Perbedaan pertama antara blender Cosmos dengan blender Miyako terletak pada pilihan produknya. Jika melihat dari segi ini, maka Cosmos menang karena hadir dengan 30 model produk blender. Sementara itu, merek Miyako hanya menyediakan sekitar 18 model blender untuk dipilih.

Adapun daftar model produk blender dari merek Cosmos meliputi:

Model Blender Cosmos

CB-282 PCB-180 FCB-802CB-171 PCB-281 GCB-801
CB-812 GCB-631 HBCB-171 GRCB-282 GCB-172 PCB-190
CB-721 GCB-171 APCB-172 GRCB-281 PCB-282 APCB-502 APC
CB-801 PLCB-812 PCB-832 PCCB-522CB-180 APCB-812 GC
CB-812 PCFP-300 100 WattPF-313COTG-54COTG-550CB-801 PINK

Model Blender Miyako

Sementara itu, di bawah ini adalah daftar model blender dari merek Miyako.

BL152PF/APCH501PF/APCH511PLY
BL101PLBL151PF/APBL51GI
BL102GSBL211PLYBL151PF/APW
BL152GFBL152PF/APWBL301PL/AP
BL301PLBL151GFBL102PL
BL101GSBL301PLCSIBL301PLW

Di samping itu, baik Cosmos maupun Miyako, keduanya menawarkan jenis blender dengan gelas jar berbahan plastik maupun kaca. Jadi, Anda dapat sesuka hati memilih satu model blender yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. 

Sama-Sama Punya Fitur Advanced untuk Performa yang Bagus dan Tahan Lama
© freepik.com
2
Sama-Sama Punya Fitur Advanced untuk Performa yang Bagus dan Tahan Lama

Fitur

Rekomendasi kami

Berbicara mengenai fitur, blender Cosmos dan Miyako tidak terlalu memiliki banyak perbedaan. Sebaliknya, kedua merek blender ini hadir dengan fitur yang sebelas dua belas hampir sama.

Mari ambil contoh blender multifungsi 3-in-1 dari kedua merek ini, yaitu Cosmos CB-282 AP dan Miyako BL 152 PF/AP.

PerbedaanCosmos CB-282 APMiyako BL 152 PF/AP
Kapasitas2 Liter1.5 Liter
KelengkapanBlender, dry mill, dan wet millBlender, dry mill, dan wet mill
Bahan PisauStainless steelStainless steel
FiturIce crusher, thermostat overheat protection, safety lock system, 2-speed, anti-slip, gelas berbahan plastikIce crusher, thermostat overheat protection, 2-speed, tombol pulse, gelas berbahan plastik polikarbonat

Jika dilihat dari tabel di atas, perbedaan khusus yang paling mendasar antara model blender Cosmos CB-282 AP dan Miyako BL 152 PF/AP terletak pada kapasitas dan fiturnya. Blender Cosmos hadir dengan kapasitas 2 liter sementara Miyako dengan kapasitas 1.5 liter.

Perihal fitur, kedua model blender ini dilengkapi dengan fitur yang hampir sama, seperti ice crusher atau penghancur es batu, thermostat, dan tombol 2-speed. Namun blender Cosmos CB-282 AP lebih unggul karena dibekali dengan fitur safety lock system dan kaki anti-slip. Sementara itu, kelebihan Miyako BL 152 PF/AP terletak pada adanya fitur tombol pulse.

Cosmos Lebih Modern Minimalis, Sedangkan Miyako Lebih Compact
© freepik.com
3
Cosmos Lebih Modern Minimalis, Sedangkan Miyako Lebih Compact

Desain

Perbedaan selanjutnya antara blender Cosmos vs Miyako terletak pada desainnya. Perlu untuk Anda ingat bahwa aspek desain itu bersifat subjektif. Artinya, setiap orang punya poin dan nilai tersendiri untuk memutuskan desain blender seperti apa yang paling bagus.

Jika Anda menyukai desain blender modern minimalis dengan perpaduan warna soft yang cantik, maka blender Cosmos menjadi pilihan yang cocok. Sebaliknya, jika Anda lebih suka dengan desain blender yang ramping dan simpel dengan satu warna saja, maka pilihan Anda harus jatuh ke blender Miyako.

Blender Miyako Lebih Mahal Daripada Blender Cosmos
© freepik.com
4
Blender Miyako Lebih Mahal Daripada Blender Cosmos

Harga

Rekomendasi kami

Lanjut ke perbedaan terakhir antara blender Cosmos vs Miyako, yaitu harga. Kalau berbicara mengenai harga, tim Voltbaba menemukan bahwa harga dari blender Miyako lebih mahal daripada blender Cosmos. Contohnya saja, blender kaca Miyako BL-101 GS 1 liter dibanderol Rp 315 ribu. Sementara blender kaca Cosmos CB-171 GR 1 liter memiliki harga lebih murah di angka Rp 290 ribu saja.

Hal yang sama juga berlaku untuk blender plastik 1.5 liter dari kedua merek ini, Cosmos CB-180 AP dan Miyako BL-211 PLY. Lagi-lagi, blender Cosmos punya harga lebih murah daripada blender Miyako. Pasalnya, blender plastik Cosmos CB-180 AP hanya dibanderol Rp 271 ribu, sedangkan blender plastik Miyako BL-211 PLY lebih mahal, tepatnya dijual sebesar Rp 295 ribu.

Tanya Jawab Seputar Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana

Apakah Anda sudah tahu mengenai empat aspek dasar yang membedakan antara blender Cosmos dan blender Miyako? Jika sudah, maka kini Anda bisa menambah wawasan mengenai blender Cosmos vs Miyako bagus mana lewat beberapa pertanyaan di bawah. Silakan cek!

Blender yang kualitasnya bagus merk apa?

Bisa jadi pertanyaan blender bagus merk apa terdengar membingungkan, padahal ada banyak merek rekomendasi dengan produk terbaik. Selain Cosmos dan Miyako, merek bagus lainnya yang menjual blender berkualitas national adalah Maspion, Philips, Turbo, dan Omega.

Apa keunggulan blender Miyako?

Keunggulan sekaligus kelebihan blender Miyako adalah:

  • Pilihan model blender yang beragam
  • Pisau terbuat dari stainless steel yang anti karat dan tahan lama
  • Wadah gelas berkualitas berbahan plastik dan kaca
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti thermostat, safety lock, dan kaki anti-slip.

Blender Cosmos bisa untuk apa saja?

Tergantung dari model blender Cosmos yang Anda pilih, maka kegunaannya pun juga berbeda. Misalkan saja Anda memilih heavy-duty blender Cosmos 3-in-1, maka Anda bisa menggunakan blender tersebut untuk menghancurkan es batu, menggiling bumbu kering dan basah, mengolah dan menghaluskan bahan makanan, serta masih banyak lagi.

Apa perbedaan Miyako dan Cosmos?

Ada empat aspek yang membedakan antara merk Cosmos dan Miyako, yaitu kualitas, performa, ketahanan, dan harga. Untuk penjelasan yang lebih detail, Anda bisa baca artikel tim Voltbaba yang menjelaskan tentang Cosmos vs Miyako bagus mana.

Kesimpulan: Blender Cosmos vs Miyako Bagus Mana

Selesai sudah, Anda kini telah tiba di bagian akhir dari artikel ini. Untuk menutup sekaligus mengakhiri pembahasan artikel ini, dapat disimpulkan bahwa ada empat aspek yang membedakan antara blender Cosmos vs Miyako bagus mana. Keempat aspek tersebut adalah pilihan blender, desain, fitur, dan harga.

Setelah mengetahui empat perbedaan blender Cosmos vs Miyako, apakah Anda sudah memutuskan mau beli dari merk apa? Apakah Cosmos, atau justru Miyako? Coba beritahu tim Voltbaba dengan meninggalkan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo