Hide Menu

Mudah dan Gak Ribet, Begini Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso. Cuma Butuh 3 Langkah!

Panduan Seputar 3 Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso, Pelajari Juga Cara Membuat Bakso Ayam Blender yang Kenyal dan Lezat

Artikel Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso 2024
© freepik.com

Pengertian Bakso

Pengertian Bakso
freepik.com

Sebagai masyarakat Indonesia, Anda tentu sangat tahu betapa populernya bakso. Bakso sendiri merupakan makanan yang bahan dasarnya terbuat dari olahan daging sapi yang digiling. Selain itu, makanan ini punya ciri khas bentuk yang bulat, tekstur yang kenyal, dan rasa yang gurih.

Meski begitu, beberapa orang mungkin berpikiran bahwa membuat bakso terdengar rumit, entah dalam segi bahan maupun peralatannya. Benarkah begitu? Jawabannya tidak. Pada dasarnya, sudah banyak resep bakso lezat yang mudah untuk Anda coba di rumah.

Terlebih lagi, resep bakso rumahan ini menggunakan bahan dan peralatan pengolahan bakso yang sederhana. Daging sapi bisa Anda ganti dengan 500 gram atau 1 kg daging ayam (sesuai kebutuhan) dan alat penggiling daging bisa Anda ganti dengan satu buah blender atau food processor.

Dengan daging ayam dan blender, Anda sudah bisa membuat bakso rumahan dengan rasa gurih dan tekstur kenyal seperti bakso yang dijual oleh penjual keliling di sekitar rumah Anda. Lantas, bagaimana cara membuat bakso ayam blender? Jika Anda penasaran dengan jawabannya, scroll saja terus ke bawah!

Bukan cuma itu. tim Voltbaba juga akan menunjukkan bagaimana cara blender daging ayam untuk bakso supaya hasil gilingannya sempurna. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah membaca Volties!

Bahan-Bahan untuk Bikin Bakso Ayam Blender

Bahan-Bahan untuk Bikin Bakso Ayam Blender
freepik.com

Secara umum, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sebagai bahan utama, entah itu daging sapi, ayam, ikan, udang, maupun daging itik (S. Meila. et al, 2010). Dari pengertian ini, bisa disimpulkan bahwa Anda bisa menggunakan daging ayam untuk membuat bakso.

Lalu, apa saja bahan baku untuk bikin bakso ayam dengan blender yang enak? Di bawah ini adalah beberapa daftar yang harus Anda siapkan:

  • 500 gram ayam tanpa kulit dan lemak
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 3 sdt garam
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2/3 sdt kaldu ayam bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 1 balok kecil es batu
  • 100 ml air es

Bahan-bahan di atas merupakan bahan untuk membuat pentol dari bakso. Nah, selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menyiapkan beberapa bahan pelengkap lainnya, yakni:

  • Mie telur atau mie keriting
  • Daun bawang
  • Bawang goreng
  • Saus tomat
  • Sambal
  • Kecap

Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender

Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender
freepik.com

Setelah Anda mengetahui bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep bakso rumahan, silakan cek poin-poin di bawah untuk mengetahui cara bikin bakso ayam blender yang murah meriah.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Cara membuat bakso ayam dengan blender yang pertama adalah menyiapkan semua bahan-bahannya. Di proses ini, Anda juga harus memastikan bahwa daging ayam sudah dicuci dengan bersih. Setelah itu, cincang daging ayam yang sudah bersih tadi secara kasar sebelum Anda masukkan ke dalam blender.
  2. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan daging ayam ke dalam blender untuk menghaluskannya. Tambahkan juga sedikit air dan es batu ke dalam blender.
  3. Sambil menunggu proses menghaluskan daging ayam di blender selesai, buat adonan bahan-bahan yang sebelumnya sudah Anda siapkan. Kocok telur, garam, bawang, kaldu, merica bubuk, dan baking powder dalam sebuah wadah sampai tercampur rata.
  4. Jika daging ayam sudah halus, segera letakkan daging ayam tersebut ke wadah. Setelah itu, tuangkan campuran adonan yang sudah Anda buat sebelumnya ke dalam wadah yang berisi daging ayam yang sudah halus tadi.
  5. Langkah selanjutnya adalah menambahkan tepung tapioka ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan juga kecap manis ke dalam adonan untuk meningkatkan cita rasa adonan pentol bakso yang Anda buat. Setelah itu, aduklah adonan ini sampai rata.
  6. Selanjutnya, panaskan air di dalam panci sampai mendidih dan mulailah membentuk pentol bakso. Buatlah bulatan-bulatan pentol layaknya bakso pada umumnya. Setelah air sudah mendidih, kecilkan api kompor dan masukkan bakso yang sudah Anda buat ke dalam panci. Jika sudah, nyalakan kembali api untuk merebus pentol bakso.
  7. Langkah berikutnya, perhatikan baksonya. Misalkan bakso sudah terapung di permukaan air yang mendidih, angkat bakso dari panci dan rendam dalam air dingin atau air es. Jika sudah, tiriskan.
  8. Setelah ditiriskan, maka bakso siap untuk Anda nikmati. Tambahkan bihun dan kuah kaldu yang panas serta saos dan kecap untuk menikmatinya.
  9. Misalkan masih ada sisa bakso, Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas atau freezer untuk Anda jadikan sebagai camilan seperti baslok atau bakso cilok, pentol bakar, pentol halus bumbu kacang, pentol kasar dengan saus tomat, dan lain-lainnya.
  10. Selesai.
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso - Terbaru 2024

Sudah tahu pengertian bakso, bahan-bahan untuk bikin bakso ayam blender, dan cara membuatnya? Jika sudah, maka kini tim Voltbaba akan menampilkan 3 cara blender daging ayam untuk bakso. Silakan cek!

1
Cincang Kasar Daging Ayam

Cincang Daging Ayam Secara Kasar biar Lebih Mudah Dihaluskan

Cincang Kasar Daging Ayam

2
Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian

Potong dan Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian

Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian

3
Tambahkan Air dan Es

Jangan Lupa Tambah Air dan Es Supaya Bakso Punya Tekstur yang Kenyal

Tambahkan Air dan Es

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cincang Daging Ayam Secara Kasar biar Lebih Mudah Dihaluskan
© freepik.com
1
Cincang Daging Ayam Secara Kasar biar Lebih Mudah Dihaluskan

Cincang Kasar Daging Ayam

Rekomendasi kami

Cara blender daging ayam untuk bakso rumahan yang pertama adalah mencincang daging ayam secara kasar. Jika Anda bertanya alasannya, maka jawabannya adalah supaya daging ayam yang Anda masukkan ke blender lebih mudah dihaluskan. Jadi, selalu cincang daging ayam secara kasar sebelum Anda blender, ya Volties.

Potong dan Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian
© freepik.com
2
Potong dan Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian

Bagi Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian

Rekomendasi kami

Selain mencincang daging ayam dengan kasar, cara blender daging ayam untuk bakso selanjutnya adalah dengan membagi daging ayam menjadi beberapa bagian. Tergantung dari berat daging ayam yang Anda pakai, maka pembagiannya juga berbeda.

Misalkan daging ayam yang Anda pakai 500 gram atau 1 kg, maka daging tersebut bisa Anda bagi menjadi 4 bagian. Namun jika daging ayam yang Anda gunakan lebih dari 1000 gram, Anda bisa membaginya menjadi 6, 8 atau 10 bagian.

Alasan kenapa Anda harus membagi daging ayam menjadi beberapa bagian ini supaya daging lebih mudah dihaluskan di dalam blender. Jika terlalu banyak, ditakutkan blender dapat rusak jika terus menerus digunakan untuk menghaluskan daging ayam.

Jangan Lupa Tambah Air dan Es Supaya Bakso Punya Tekstur yang Kenyal
© freepik.com
3
Jangan Lupa Tambah Air dan Es Supaya Bakso Punya Tekstur yang Kenyal

Tambahkan Air dan Es

Rekomendasi kami

Tips terakhir blender daging ayam untuk bakso adalah menambahkan sedikit es batu atau air es ke dalam blender. Penambahan es batu atau air es ini berfungsi untuk menurunkan suhu adonan bakso selama proses penggilingan di dalam blender. Bukan cuma itu, hal ini juga berguna untuk membuat tekstur bakso menjadi lebih kenyal.

Tanya Jawab Seputar Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan seputar cara blender daging ayam untuk bakso yang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Ayo periksa bersama!

Apakah bisa daging ayam di blender?

Jawabannya bisa. Artinya, Anda bisa menghaluskan daging ayam dengan menggunakan blender.

Apa manfaat baking powder untuk bakso?

Fungsi dan manfaat dari baking powder saat membuat bakso adalah untuk membuat tekstur bakso lebih kenyal, nggak bakal keras sama sekali. 

Bakso menggunakan daging bagian apa?

Untuk membuat bakso dari olahan daging sapi, Anda bisa menggunakan bagian-bagian daging seperti topside, tetelan, dan bagian kaki atas atau shank.

Alat apa saja yang digunakan untuk membuat bakso?

Alat-alat yang Anda butuhkan untuk membuat bakso adalah sendok, blender atau food processor, panci, dan kompor.

Apa saja resep pentol ayam blender?

Ada beberapa bahan yang bisa Anda siapkan untuk membuat resep pentol ayam blender, seperti:

  • 1 kg atau 1000 gram daging ayam
  • 2 butir telur
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdm baking powder
  • 2 sdm garam halus
  • ½ sdm merica bubuk
  • 2 Royco ayam
  • ½ bubuk kuah bakso
  • Air es atau es batu
  • 20 sdm tepung kanji/tepung tapioka/tepung sagu
  • 6 sdm tepung terigu

Kesimpulan: Cara Blender Daging Ayam untuk Bakso

Itulah penjelasan tentang cara blender daging ayam untuk bakso. Ada 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk blender daging ayam supaya tekstur dan rasanya enak. Ketiga tips tersebut seperti cincang kasar daging ayam, bagi daging ayam menjadi beberapa bagian, dan terakhir tambahkan air es atau es batu. Satu yang pasti, saat membuat bakso daging ayam, Anda butuh satu alat untuk menggiling daging ayam bernama blender.

Misalkan Anda belum punya blender berkualitas untuk bikin bakso daging ayam, klik saja produk blender yang sudah tim Voltbaba sediakan di atas. Semuanya adalah blender terlaris dan berkualitas dari berbagai merek terkenal. Jadi, apakah Anda sudah siap membuat bakso ayam yang lezat sesuai resep anti susah di atas?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo