Hide Menu

Ada 5 Cara Buat Ayam Grill Saus Mushroom dengan Alat Sederhana, Ayo Praktik Bersama-sama!

Cukup Ikuti Lima Langkah Mudah Buat Grilled Chicken di Rumah dengan Bahan dan Alat Seadanya

Artikel Cara Buat Ayam Grill ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Buat Ayam Grill 2024
© freepik.com

Ayam Grill Itu Hidangan Seperti Apa?

Ayam Grill Itu Hidangan Seperti Apa?
freepik.com

Hidangan yang satu ini sangat umum Anda temui di restoran-restoran. Cara memasak daging ayam tersebut melalui proses panggang menggunakan grill pan. Bagian ayam yang biasa digunakan adalah bagian dada.

Proses memasaknya seperti memasak ayam goreng, hanya saja tidak membutuhkan banyak minyak. Hidangan ayam grill cukup lezat karena dalam penyajian ada tambahan saus untuk menciptakan kekayaan rasa saat memakannya. Contohnya, saus mushroom atau saus barbeque.

Walaupun ayam grill tidak sefamiliar ayam goreng sebagai hidangan sehari-hari di rumah, ternyata memasak ayam grill di dapur bisa Volties lakukan sendiri,  lho. Penasaran gimana cara buat ayam grill sendiri? Cari tahu langkah-langkah membuatnya, yuk!

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

F. Indri
Editor
Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Buat Ayam Grill - Terbaru 2024

Langsung saja Volties perhatikan langkah memasak ayam grill berikut. Catat apa yang perlu Anda ingat-ingat, ya!

1
Siapkan Alat dan Bahan

Biar Gak Bolak-balik, Siapkan Semua Peralatan dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan

2
Marinasi Dada Ayam

Buat Bumbu Marinasi, Satukan dengan Daging Ayam!

Marinasi Dada Ayam

3
Masak Daging Ayam di Alat Panggang

Gunakan Api Besar atau Sedang Sampai Matang

Masak Daging Ayam di Alat Panggang

4
Buat Saus Mushroom

Tumis Bahan-Bahan untuk Bikin Saus

Buat Saus Mushroom

5
Sajikan Hidangan Ayam Grill

Iris Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian, Tuangkan Saus di Atasnya

Sajikan Hidangan Ayam Grill

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Biar Gak Bolak-balik, Siapkan Semua Peralatan dan Bahan
© freepik.com
1
Biar Gak Bolak-balik, Siapkan Semua Peralatan dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan

Rekomendasi kami

Saat memasak apa pun, ingat selalu untuk mempersiapkan alat dan bahan yang komplit. Khusus memasak resep grilled chicken with mushroom sauce wajib persiapkan alat dan bahan seperti:

Alat

  • Kompor
  • Alat panggang
  • Spatula
  • Capitan
  • Mangkuk
  • Piring Saji
  • Sendok makan
  • Pisau
  • Tisu
  • Sendok teh

Bahan untuk Marinasi

  • Dada ayam = 1 pasang
  • Bawang putih bubuk = 2 sendok teh
  • Minyak = 2 sendok makan
  • Kecap Inggris = 1 sendok makan
  • Paprika bubuk = 1 sendok teh
  • Garam = 3/4 sendok teh
  • Gula = 1 sendok teh
  • Lada hitam bubuk = 1/4 sendok teh

Menurut I Made (2023) dalam memasak menu ayam grill salad (grilled chicken salad) di salah satu restoran terkenal di Bali umumnya menggunakan dada ayam (chicken breast). Oeh sebab itu, tim Voltbaba sarankan untuk gunakan dada ayam utuh.

Tetapi, Anda tidak harus menggunakan ayam kampung Jawa. Volties bisa menggunakan ayam biasa saja. Di samping itu, bahan kecap yang digunakan bukan kecap manis gambar Bango, tetapi kecap Inggris. Lalu, siapkan pula bahan recipe mushroom sauce berikut:

  • Jamur Shitake = 2 buah
  • Jamur Champignon = 10 buah
  • Bawang putih = 4 siung
  • Bawang merah = 5 siung
  • Thyme secukupnya
  • Mentega = 2 sendok makan
  • Krim = 150 ml
  • Air = 200 ml
  • Garam = 1/4 sendok teh
  • Merica = 1/4 sendok teh
  • Gula = 1/2 sendok teh
Buat Bumbu Marinasi, Satukan dengan Daging Ayam!
© freepik.com
2
Buat Bumbu Marinasi, Satukan dengan Daging Ayam!

Marinasi Dada Ayam

Rekomendasi kami

Langkah berikutnya mulai dengan memarinasi dada ayam. Campurkan terlebih dahulu bahan-bahan marinasi seperti bawang putih, minyak, mustard, kecap Inggris, bubuk paprika, garam, gula, dan bubuk lada hitam ke dalam mangkuk ukuran besar.

Kemudian, keringkan dada ayam dengan tisu. Setelah itu, pipihkan daging ayam menggunakan rolling pin atau benda tumpul. Jika sudah pipih, masukkan daging ayam ke dalam mangkuk berisi bumbu marinasi yang sudah Volties buat.

Balurkan bumbu ayam grill marinasi hingga menutupi seluruh permukaan dada ayam bagian atas maupun bawah. Lalu, jangan lupa tutupi dada ayam dengan cling wrap dan diamkan selama 1 jam lamanya di suhu ruang agar bumbu meresap sempurna.

Proses ini beda dengan ungkep ayam pada umumnya, melainkan hanya perlu didiamkan saja. Volties juga bisa meletakkan mangkuk berisi dada ayam yang baru saja dibaluri bumbu marinasi ke dalam kulkas.

Jika memilih demikian, ketika ingin memasak keluarkan daging ayam dulu. Hindari memanggang dalam keadaan daging ayam dingin. Biarkan di suhu ruangan beberapa menit supaya daging ayam bisa dimasak dengan sempurna.

Gunakan Api Besar atau Sedang Sampai Matang
© freepik.com
3
Gunakan Api Besar atau Sedang Sampai Matang

Masak Daging Ayam di Alat Panggang

Rekomendasi kami

Setelah menunggu selama sejam, tambahkan sedikit minyak di atas grill pan, tak perlu pakai oven. Pakailah alat panggang yang biasa digunakan untuk memasak steak. Gunakan api besar atau api sedang saat memanggangnya di atas kompor.

Sebelum memasukkan daging ayam ke dalam pan, bersihkan cincangan bawang putih yang menempel pada permukaan daging agar daging tidak mudah gosong saat Anda panggang. Lalu, mulailah memanggang daging di satu sisi dulu. Jangan terburu-buru untuk membaliknya.

Biarkan daging ayam matang dan berwarna coklat keemasan hingga beraroma wangi. Setelah satu sisi daging ayam dirasa telah berwarna coklat keemasan, balik daging ayam ke sisi satunya menggunakan capitan kayu food grade atau capitan yang tersedia di dapur.

Tunggu hingga daging ayam berwarna coklat keemasan dan serupa dengan satu sisi sebelumnya. Kemudian, masukkan mentega di sisi pan yang kosong sesuai takaran. Siram daging ayam dengan mentega yang sudah mencair menggunakan spatula secara perlahan.

Jika Volties merasa mentega telah tersiram secara menyeluruh ke daging ayam, saatnya matikan kompor dan pindahkan daging ayam ke dalam piring kering. Biarkan daging ayam supaya tekstur ayam lebih empuk dan juicy.

Tumis Bahan-Bahan untuk Bikin Saus
© freepik.com
4
Tumis Bahan-Bahan untuk Bikin Saus

Buat Saus Mushroom

Rekomendasi kami

Setelah memanggang daging ayam, lanjutkan dengan membuat mushroom sauce. Cincang terlebih dulu jamur Shitake dan jamur Champignon mirip seperti duxelles (masakan dari Prancis berupa cicangan jamur).

Mencincang kedua jenis jamur sampai lembut berguna untuk menghasilkan warna saus terlihat lebih coklat dan aroma jamur lebih harum saat ditumis. Lalu, masukkan cincangan daging ke dalam pan yang tadi Volties gunakan.

Jangan buang sisa kuah minyak, pakai aja sisa minyak goreng daging ayam untuk menumis cincangan jamur. Tumis sampai harum dan tambahkan bawah putih dan bawang merah yang sudah dicincang ke dalam tumisan jamur. Supaya lebih cepat mencincang bawangnya, gunakan garlic presser.

Masukkan pula thyme, dan tumis semua bahan hingga aroma harum tercium. Lalu, campurkan cooking cream ke dalam tumisan. Masak sebentar lalu campurkan air sesuai takaran ke dalam tumisan + krim.

Karena cooking cream sudah cukup menambahkan kekentalan terhadap saus mushroom, maka Anda tak perlu lagi menambahkan santan. Lalu, tambakan bumbu secukupnya seperti garam dan merica, tidak perlu terlalu banyak.

Cicipi rasa dari saus selagi dimasak. Apabila terasa cukup enak sesuai selera Anda, tambahkan mentega untuk menambah aroma dan tekstur lebih lembut. Jika sebaliknya, tambahkan beberapa bumbu yang menurut Anda kurang nendang. 

Iris Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian, Tuangkan Saus di Atasnya
© freepik.com
5
Iris Daging Ayam Menjadi Beberapa Bagian, Tuangkan Saus di Atasnya

Sajikan Hidangan Ayam Grill

Rekomendasi kami

Waktunya telah tiba, yaitu menyajikan resep ayam grill saus mushroom! Iris daging ayam yang sudah matang menjadi 5 potongan menggunakan pisau. Letakkan di atas piring dan hias secantik mungkin sesuai selera.

Volties bisa memberikan tambahan tumis buncis dan kentang. Ini opsional, bisa Anda pakai atau tidak. Lalu, tuang saus mushroom ke atas daging ayam dan tambahkan taburan daun parsley. Hidangan spesial telah siap Volties santap!

Tanya Jawab Seputar Cara Buat Ayam Grill

Tak lengkap rasanya bila panduan cara membuat ayam grill di atas tidak dilengkapi kolom pertanyaan. Simak beberapa pertanyaan ini!

Daging ayam untuk grill bagian apa?

Bagian dada dari ayam adalah bagian terbaik untuk mengolahnya menjadi ayam grill karena dapat menyerap bumbu lebih sempurna.

Apakah ayam panggang dan bakar sama?

Ayam panggang dan ayam bakar tidaklah sama. Proses memasak kedua olahan makanan ini cukup berbeda. Ayam panggang misalnya tidak menggunakan bara api untuk memanggang. Volties bisa menggunakan teflon. Sebaliknya, proses memasak ayam bakar memerlukan bara api.

Berapa kalori dada ayam grill?

Jumlah masa kalori dada ayam grill berukuran 100 gram kurang lebih sekitar 216 kalori.

Ayam grill cocok dengan saus apa?

Volties bisa kreasikan dengan saus BBQ, pesto, krim horseradish, kacang, bawang putih, Chimichurri, mentega klasik atau saus salsa mangga. Saus-saus ini juga cocok untuk ditambahkan ke dalam ikan bawal panggang.

Kesimpulan: Cara Buat Ayam Grill

Bagaimana uraian cara buat ayam grill dari tim Voltbaba? Simple, bukan? Kini, Volties bisa memasak grilled chicken enak yang juicy di rumah. Tak perlu pergi ke restoran pun sudah bisa menyajikan menu lezat untuk seluruh anggota keluarga.

Inilah waktunya menyiapkan bahan dan alat yang Anda butuhkan. Bila belum punya alat dan bahan yang Volties butuhkan, segera check out produk terbaik yang ada di kolom produk. Semoga berhasil memasak ayam grill saus mushroom!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo