Hide Menu

Otomatis Menyala Saat Listrik Padam, Ternyata Begini 3 Cara Kerja Lampu Emergency LED

Mari Mengenal Skema Kerja Emergency Lamp dengan Uraian Terarah dan Simpel untuk Anda Pelajari, Tidak Ada Lagi Gelap

Artikel Cara Kerja Lampu Emergency ini diposting diperbarui
621 Pembaca
Like
Cara Kerja Lampu Emergency 2024
© freepik.com/kukota

Apa Itu Lampu Emergency?

Apa Itu Lampu Emergency?
freepik.com/jannoon028

Emergency lamp atau lampu darurat merupakan alat penerangan yang bisa menyala saat listrik padam. Di dalam sebuah lampu darurat ada baterai yang biasanya digunakan untuk menyimpan daya sebagai ganti dari energi listrik. Daya listrik itulah yang berguna untuk menyalakan lampunya.

Alat penerangan jenis ini biasanya dilengkapi dengan lampu CFL. Namun, seiring dengan ketidakefektifannya, maka peralihan penggunaan LED light menjadi lebih solutif. CFL lebih membutuhkan baterai ukuran besar ketimbang LED. Itulah sebabnya saat ini lebih banyak ditemui lampu emergency LED di pasaran.

Sekarang Anda tahu apa itu lampu darurat. Lalu, apakah Anda juga sudah tahu cara kerja lampu emergency? Tim Voltbaba akan memberitahu Anda tentang hal tersebut secara beruntut. Mari mulai membaca komponen penerangan darurat terlebih dahulu!

Komponen Lampu Emergency

Komponen Lampu Emergency
freepik.com/viorahadian2

Bukan hanya sebuah kipas angin yang memiliki komponen, tetapi lampu darurat pun punya. Ada beberapa komponen atau bagian-bagian genius dari penerangan darurat adalah:

  • Heat sink adalah bagian pada badan lampu LED berbahan alumunium yang berfungsi untuk mendinginkan benda bercahaya itu agar tidak terlalu panas.
  • LED chip merupakan mata LED yang menghasilkan cahaya saat lampu menyala.
  • Driver yaitu sekumpulan bagian yang berguna untuk mengkonversi listrik bersumber dari PLN menjadi besar daya sesuai untuk membuat mata LED di dalam lampu menyala.
  • Selanjutnya, ada cover lampu yang bertugas sebagai pemancar cahaya ke semua area di ruangan.
  • Baterai penampung daya adalah yang nantinya menggantikan sumber arus listrik agar lampu menyala.
  • Lalu, bagian terakhir yaitu rangkaian komponen pengubah daya untuk mengubah daya dari AC (alternate current) ke DC (direct current).

Itu tadi adalah 6 bagian dari sebuah alat penerangan darurat. Mudah untuk dikenal, kan?

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Kerja Lampu Emergency - Terbaru 2024

Cara kerja lampu darurat memang tidak semua masyarakat ketahui. Secara singkat, cara kerja benda tersebut seperti perkataan Hafidz A et al (2023), yaitu lampu emergency berfungsi saat listrik PLN mati, maka otomatis lampu darurat akan menyala. Namun, bagaimana bisa lampu ini bekerja demikian? Uraian berikutnya akan tim Voltbaba paparkan di bawah. Simak dengan teliti!

1
Pengisian Baterai Lampu Darurat

Isi Sampai Penuh Sesuai Aturan

Pengisian Baterai Lampu Darurat

2
Perubahan Arus AC ke DC

Perpindahan dari Arus Bolak-balik ke Satu Arah

Perubahan Arus AC ke DC

3
Lampu Darurat Menyala

Saat Listrik Padam, Sinar Cahaya Muncul

Lampu Darurat Menyala

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Isi Sampai Penuh Sesuai Aturan
© freepik.com/brgfx
1
Isi Sampai Penuh Sesuai Aturan

Pengisian Baterai Lampu Darurat

Rekomendasi kami

Pengecasan diperlukan supaya lampu darurat bisa tetap menyala saat listrik padam. Mengecas atau charge alat penerangan tersebut berbeda dengan mengecas handphone yang menggunakan kabel cas atau charger cable. Volties hanya perlu menyalakan lampu bohlam LED dalam kondisi normal seperti saat Anda menyalakan biasa dengan cara memanfaatkan arus listrik PLN.

Kemudian, alat penerangan itu akan mengisi daya baterai otomatis saat ada aliran listrik yang masuk. Perlu Anda ingat bahwa ketika Anda mematikan lampu, secara langsung proses pengisian baterai akan berhenti dan tidak ada jaminan atau garansi lampu itu akan tetap tersambung.

Fakta lain, ada bagian pemutus arus pada lampu darurat yang harganya mahal. Jadi, Anda tidak bingung kapan proses pengisian baterai sudah penuh atau belum. Sebaliknya, tidak tersedia pemutus arus di penerangan darurat yang murah.

Perpindahan dari Arus Bolak-balik ke Satu Arah
© freepik.com/juicy_fish
2
Perpindahan dari Arus Bolak-balik ke Satu Arah

Perubahan Arus AC ke DC

Di dalam sebuah baterai ada kategori arus AC dan DC atau biasa Volties sebut arus bolak-balik dan searah. Tim Voltbaba sudah menyinggung dua tipe arus tersebut sebelumnya.

Fungsi kedua arus itu adalah mengubah daya listrik yang masuk menjadi daya besar sesuai dengan apa yang dimasukkan dan ditampung oleh baterai lampu darurat. Singkatnya, arus bolak-balik masuk, kemudian arus searah ditampung.

Saat Listrik Padam, Sinar Cahaya Muncul
© freepik.com/storyset
3
Saat Listrik Padam, Sinar Cahaya Muncul

Lampu Darurat Menyala

Rekomendasi kami

Terakhir, benda ini akan otomatis nyala saat tegangan listrik terputus. Tidak adanya tegangan listrik tidak membuat alat penerangan jenis ini berhenti berfungsi. Sebaliknya, produk ini akan segera menerangi ruangan saat listrik padam. 

Nyala lampu ini sama seperti lampu biasa, hanya saja benda tersebut akan hidup sendiri saat listrik tidak menyala. Lalu, seberapa terang blitz cahaya lampu darurat menyala itu tergantung watt yang Anda gunakan. Jadi, sesuaikan saja besar instalasi ruangan rumah dengan watt penerangan, misal, menggunakan 10 atau 20 watt.

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Lampu Emergency

Ada beberapa pertanyaan yang muncul akhir-akhir ini di internet mengenai lampu emergency. Tim Voltbaba telah menyiapkan daftar itu. Cek segera di bawah!

Apakah lampu emergency harus dinyalakan terus?

Anda tidak harus menyalakan lampu tersebut secara terus menerus. Namun, jika mengacu pada prinsip dasar lampu itu bekerja, sebaiknya Anda nyalakan terus sesuai kebutuhan sehari-hari. Contohnya, saat menjelang malam.

Berapa lama waktu cas lampu emergency?

Kisaran berapa lama Anda harus ngecas alat penerangan tersebut tidak spesifik. Artinya, waktu pengecasan tergantung dari besar daya tampung baterai. Apabila baterai ukuran besar, maka Anda perlu waktu lama untuk mengecas dan sebaliknya.

Apakah lampu emergency bisa di cas?

Ya, tentu saja. Benda tersebut dapat dicas secara otomatis ketika Anda menyalakannya. Arus listrik yang masuk ke dalam baterai lampu akan tersimpan, sehingga tidak ada kabel casan yang Anda perlukan untuk mengecas.

Kesimpulan: Cara Kerja Lampu Emergency

Kesimpulan dari tim Voltbaba sederhana, sesederhana bagaimana lampu darurat bekerja. Anda bisa memakai lampu itu di saat keadaan tidak sedang mati lampu sekalipun. Pasang secara gantung di ruang tamu, kamar tidur, atau di kamar mandi sesuai kebutuhan Volties. Maka, Anda sudah siap jika listrik padam sewaktu-waktu.

Semoga penjelasan tentang cara kerja lampu emergency dapat Anda mengerti dengan mudah dan dapat menambah wawasan seputar lampu. Selamat belanja! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo