Hide Menu

Pernah Pakai Alatnya tapi Tak Menjamin Tahu 3 Cara Kerja Oven Listrik, Kenali Caranya!

Aliran Listrik Bertugas Menghantarkan Panas ke Elemen Pemanas Logam dengan Bantuan Pengatur Suhu, Itulah Cara Kerja Oven

Artikel Cara Kerja Oven Listrik ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Kerja Oven Listrik 2024
© freepik.com

Bagaimana Oven Listrik Itu Bekerja?

Bagaimana Oven Listrik Itu Bekerja?
freepik.com

Siapa di antara Volties yang suka memanggang roti dengan oven listrik? Ayo angkat tangannya! Tetapi, sudahkan Anda tahu bagaimana sebenarnya cara kerja oven listrik? Mari membahasnya bersama tim Voltbaba di sini. 

Jadi, oven listrik bekerja berdasarkan adanya dua elemen pemanas di bagian atas dan di bagian bawah. Elemen ini letaknya tertutup di dalam kotak baja dan elemen tersebut dikendalikan oleh termostat oven dan sakelar putar.

Tentu saja akan butuh listrik agar kedua elemen tersebut dapat menjadi panas secara keseluruhan. Itulah mengapa pembuat oven menyebutnya sebagai oven listrik karena memang listrik adalah faktor yang mendasari adanya panas ini.

Masih belum paham mengenai ringkasan cara kerja dari oven elektrik? Tenang, tim Voltbaba akan menyampaikan lebih rinci lagi pada section berikutnya. Namun, baca dulu perihal fungsi serta perbedaan oven elektrik dan oven gas di kolom selanjutnya. Cek segera, yuk!

Fungsi Oven Listrik

Fungsi Oven Listrik
freepik.com

Bisakah oven elektrik Volties gunakan sebagai alat selain memanggang? Jawabannya ternyata bisa. Alat ini nyatanya tak sama dengan microwave. Volties dapat memanfaatkan electric oven untuk mengeringkan makanan atau membuat aneka keripik misalnya. Beberapa oven elektrik terbaru bahkan berfungsi sebagai defrost.

Anda pun dapat dengan mudah menggunakan alat masak ini untuk menciptakan kulit crispy pada ayam panggang atau permukaan kulit roti. Oven elektrik juga bisa Anda gunakan untuk memasak makanan bebas minyak. Makanan menjadi sehat, Anda dapat manfaat!

Perbedaan Oven Listrik vs Oven Gas

Perbedaan Oven Listrik vs Oven Gas
freepik.com

Oven listrik atau oven elektrik ialah salah satu alat pengeringan bahan yang acap kali dipakai dalam skala industri (Subandi, Suparman, dan Sukiyadi, 2015). Untuk lebih memudahkan Anda memahami arti apa itu oven listrik, tim Plesir telah merangkumkan beberapa poin tentang perbedaan antara oven listrik dan oven gas. Begini perbedaan keduanya!

Walaupun namanya sama-sama oven, tetapi antara oven listrik dan oven gas cukup berbeda, bahkan sangat berbeda. Perbedaan paling menonjol adalah sumber panas kedua oven. Electric oven mengandalkan energi listrik untuk menghasilkan panas.

Sementara oven gas lebih memanfaatkan api (layaknya kompor yang menyala karena gas) yang dihasilkan oleh gas sebagai sumber panasnya. Kemudian, perbedaan kedua ada pada unsur suhu memasak. Oven listrik dapat mempertahankan suhu secara merata namun proses pemanasannya membutuhkan waktu.

Berbanding terbalik dengan oven gas, oven ini dapat mencapai suhu memasak yang sangat tinggi. Akan tetapi, oven gas kurang dapat diandalkan terkait mempertahankan suhu hangat secara merata. Ini mengakibatkan sisi oven gas lain akan lebih panas dan bagian lainnya tidak terlalu panas.

Perbedaan selanjutnya ialah hasil makanan antara kedua oven tersebut. Oven elektrik sangat cocok memproduksi makanan seperti kue kering, kulit pie ataupun kentang goreng. Sedangkan oven gas lebih cocok untuk memanggang daging lapis yang berair.

Terakhir, di antara oven elektrik vs oven gas ukurannya tidak sebanding. Contohnya ukuran oven elektrik yang cukup ramping, tidak seperti oven gas yang bentuknya besar dan terkadang membutuhkan banyak ruang.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Kerja Oven Listrik - Terbaru 2024

Berikutnya beri selang waktu 3 menit untuk memperhatikan cara kerja oven listrik secara detail. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1
Elemen Pemanas Logam Dialiri Listrik

Tekan Pengatur Suhu Maka Elemen Pemanas Logam akan Bereaksi

Elemen Pemanas Logam Dialiri Listrik

2
Bagian dalam Oven Listrik Mulai Memanas

Panas akan Menyebar ke Seluruh Bagian dalam Oven

Bagian dalam Oven Listrik Mulai Memanas

3
Oven Siap Digunakan

Tunggu Panas Menyebar Kurang Lebih 15 Menit dan Oven Siap Anda Gunakan

Oven Siap Digunakan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tekan Pengatur Suhu Maka Elemen Pemanas Logam akan Bereaksi
© freepik.com
1
Tekan Pengatur Suhu Maka Elemen Pemanas Logam akan Bereaksi

Elemen Pemanas Logam Dialiri Listrik

Rekomendasi kami

Faktanya, oven listrik menggunakan elemen pemanas logam yang kemudian dialiri listrik untuk memasak makanan. Saat listrik berhasil tersambung dan menghantarkan listrik ke logam, secara tidak langsung logam akan memanas.

Volties mungkin harus mengatur tombol suhu terlebih dulu apabila ingin listrik mengalir lalu tenaganya membanjir ke logam. Sementara itu, maksud dari elemen pemanas logam adalah yang berkaitan dengan kabel tembaga dan selubung logam.

Di sisi lain, sebetulnya elemen pemanas diberikan daya dengan cara yang tidak biasa ketika elemen mencapai suhu tinggi. Suhu tinggi ini lebih tinggi, tidak seperti yang Anda atur pada saat menyalakan oven listrik pertama kali.

Tak lama kemudian, daya ke elemen akan terputus, lalu tingkat panas berkurang hingga mencapai suhu yang Volties tentukan. Jadi, saat proses ini terjadi, mohon bersabar karena akan memakan waktu beberapa menit. 

Panas akan Menyebar ke Seluruh Bagian dalam Oven
© freepik.com
2
Panas akan Menyebar ke Seluruh Bagian dalam Oven

Bagian dalam Oven Listrik Mulai Memanas

Saat gelombang panasnya mengalir menuju ke logam, perlahan bagian dalam oven akan mulai memanas. Aliran panasnya akan menghinggapi seluruh bagian dalam oven baik bagian atas, bawah, dan samping kanan-kiri dinding oven.

Pada jenis oven listrik yang lebih modern bukan seperti alat panggang pada industri bakery umumnya bagian sisi luar oven listrik tidak terasa panas. Alasannya karena desain eksterior oven tersebut tidak menghantarkan panas.

Tunggu Panas Menyebar Kurang Lebih 15 Menit dan Oven Siap Anda Gunakan
© freepik.com
3
Tunggu Panas Menyebar Kurang Lebih 15 Menit dan Oven Siap Anda Gunakan

Oven Siap Digunakan

Rekomendasi kami

Ketika panas telah mengambil alih bagian dalam oven listrik selama hitungan yang dianjurkan untuk memanggang atau bakar yakni kurang lebih 10 menit sampai dengan 15 menit, oven listrik siap Volties gunakan.

Anda bisa mulai memasukkan bahan adonan kue dan bolu ke dalam oven listrik menggunakan loyang stainless steel. Ketika itu, Anda bisa memasak menu apapun yang Anda mau. Itulah prinsip kerja oven listrik yang begitu sederhana. Sudah paham ‘kan Volties?

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Oven Listrik

Kemudian, baca juga empat pertanyaan berikut ini untuk menyelesaikan rangkaian artikel cara kerja oven listrik. Yuk, selesaikan!

Bagaimana cara menggunakan oven listrik?

Cara pakai oven listrik cukup mudah, yaitu:

  1. Panaskan terlebih dulu oven listrik selama 10 sampai dengan 15 menit di suhu 200 derajat.
  2. Masukkan kue ke dalam oven listrik.
  3. Gunakan timer yang tersedia pada oven listrik.
  4. Pakai peralatan (loyang) dengan tepat, misal logam, silikon, keramik, atau kaca.
  5. Tunggu sampai waktu timer berhenti. 
  6. Angkat kue, dan kue siap dihidangkan! 

Berapa lama untuk memanaskan oven listrik?

Volties dapat memanaskan oven listrik selama 10 hingga 15 menit lamanya sebelum Anda gunakan.

Apakah oven listrik harus dipanaskan terlebih dahulu?

Ya, oven listrik yang akan Anda gunakan harus dipanaskan terlebih dahulu.

Kapan menggunakan api atas bawah pada oven?

Saat Volties ingin membakar dan memanggang, gunakan saja oven listrik api atas bawah.

Bagaimana cara menyalakan oven listrik?

Volties harus menghubungkan kabel listrik ke stop kontak yang menyala, kemudian atur suhu maksimal atau ke 200 derajat untuk memanaskan suhu oven. Tara, oven listrik sudah berhasil nyala!

Kesimpulan: Cara Kerja Oven Listrik

Bagaimana Volties, mudah ‘kan memahami cara oven elektrik kesayangan Anda bekerja? Gampangnya, saat listrik mulai mengalir dan suhu oven Anda nyalakan, di situlah terjadi proses pemanasan yang kemudian dapat Anda kenal sebagai cara kerja oven elektrik.

Apabila informasi sebelumnya membantu Anda dalam memahami bagaimana oven elektrik itu bekerja, simpan atau bookmark artikel tim Voltbaba ini. Jangan lupa juga klik tombol biru karena ada oven elektrik terbaru yang bagus-bagus buat memanggang roti di akhir pekan bersama keluarga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo