Hide Menu

Beginilah 6 Langkah Cara Kerja Rice Cooker. Baca dan Cari Tahu Biar Gak Penasaran!

Bagaimana Rice Cooker Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Temukan Jawabannya pada Artikel Cara Kerja Rice Cooker di Sini!

Artikel Cara Kerja Rice Cooker ini diposting diperbarui
134 Pembaca
Like
Cara Kerja Rice Cooker 2024
© istockphoto.com/choochartchoochaikupt

Rice Cooker, Alat Memasak yang Wajib Ada di Setiap Rumah

Rice Cooker, Alat Memasak yang Wajib Ada di Setiap Rumah
istockphoto.com/onurdongel

Sejak pertama kali rice cooker ditemukan pada tahun 1937, alat memasak ini selalu menjadi hal wajib yang ada di setiap dapur rumah orang. Bagaimana tidak, dengan adanya rice cooker, Anda dapat dengan mudah mengubah beras menjadi nasi dalam waktu singkat dengan hasil kematangan nasi yang sempurna.

Selain berfungsi untuk memasak nasi, rice cooker juga punya fungsi atau manfaat menakjubkan lainnya, seperti merebus makanan berkuah, menggoreng, mengukus makanan, membuat kue, dan bahkan membuat jelly atau agar-agar. Dengan semua fungsi-fungsi ini, pernahkah Anda membayangkan bagaimana cara kerja rice cooker?

Misalkan Anda penasaran bagaimana cara kerja dari alat elektrik serba guna ini, maka artikel ini akan membantu Anda. Bukan hanya itu, kami juga akan menampilkan beberapa rekomendasi produk rice cooker dari Miyako, Cosmos, Yong Ma, Panasonic, dan lainnya. Jadi, bacalah!

Jenis-Jenis Rice Cooker

Jenis-Jenis Rice Cooker
istockphoto.com/KoshiroKiyota

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Ahamed. R et al (2014) bahwa rice cooker yang punya arti penanak nasi merupakan sebuah alat elektrik yang mengkombinasikan mode cooking dan warming dengan fungsi untuk memasak nasi dan menjaganya agar selalu hangat.

Di samping itu, rice cooker terbagi menjadi tiga jenis, rice cooker konvensional, magic com atau multi cooker, dan magic jar. Produk-produk ini digadang sebagai alat elektronik yang mudah digunakan, bahkan oleh anak remaja sekalipun. Namun, ketiganya dirancang dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti apa perbedaan dari ketiganya? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • Rice Cooker Konvensional

Yang pertama adalah rice cooker atau reskuker konvensional. Produk yang bahasa Indonesianya penanak nasi ini merupakan alat memasak yang hadir dengan desain sederhana yang dirancang dengan wadah tempat nasi dan elemen pemanas. Desain sederhana ini dibuat untuk memenuhi fungsi dari reskuker, yaitu memasak nasi.

  • Magic Com atau Multi Cooker

Selanjutnya ada magic com atau mejikom yang punya fitur lebih canggih dan lengkap daripada reskuker konvensional. Dirancang dengan berbagai program dan fitur lewat pengoperasian dari digital display yang canggih, Anda dapat menggunakan magicom untuk memasak beraneka ragam hidangan lezat.

  • Magic Jar atau Mejijer

Jenis rice cooker yang terakhir adalah magic jar, sebuah alat elektronik yang hanya punya fungsi untuk menghangatkan nasi yang termasuk carb atau karbohidrat. Karena fungsinya yang sebatas menghangatkan nasi ataupun makanan, mejikjer menjadi jenis rice cooker yang paling jarang orang-orang gunakan.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Kerja Rice Cooker - Terbaru 2024

Secara garis besar, ada dua cara untuk menggambarkan cara kerja rice cooker, sederhana dan detail. Di section ini, tim Voltbaba akan menampilkan cara kerja dari rice cooker berdasarkan cara sederhana dan cara yang detail. Untuk itu, segera scroll ke bawah!

1
Cara Kerja Rice Cooker Secara Sederhana

Penjelasan Sederhana Bagaimana Rice Cooker Bekerja

Cara Kerja Rice Cooker Secara Sederhana

2
Cara Kerja Rice Cooker Secara Detail

Inilah Detail Bagaimana Rice Cooker Bekerja Mengubah Beras Menjadi Nasi

Cara Kerja Rice Cooker Secara Detail

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penjelasan Sederhana Bagaimana Rice Cooker Bekerja
© istockphoto.com/CreativeFlow
1
Penjelasan Sederhana Bagaimana Rice Cooker Bekerja

Cara Kerja Rice Cooker Secara Sederhana

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, cara kerja dari rice cooker itu sederhana. Ketika Anda memasukkan beras ke dalam panci reskuker yang sudah berisi air dan menekan tombol “COOK”, maka reskuker akan beralih ke mode memasak atau cooking yang menyebabkan elemen pemanas di bawah panci mulai memanas dan menghasilkan suhu hingga 100° Celcius.

Biasanya, saat panci reskuker terkena elemen pemanas dengan suhu 100° Celcius, itu dapat membuat beras menyerap semua air yang ada di dalam panci. Dalam proses pemanasan dan penyerapan air inilah yang akhirnya mengubah butiran beras menjadi segumpal nasi yang matang.

Kemudian, setelah proses cooking ini selesai dan beras di dalam panci sudah berubah menjadi nasi yang matang, maka saklar pada reskuker akan secara otomatis beralih ke mode warming atau penghangatan. Peralihan mode ini menjadi ciri bahwa nasi Anda masak sudah matang.

Inilah Detail Bagaimana Rice Cooker Bekerja Mengubah Beras Menjadi Nasi
© istockphoto.com/Pemika
2
Inilah Detail Bagaimana Rice Cooker Bekerja Mengubah Beras Menjadi Nasi

Cara Kerja Rice Cooker Secara Detail

Rekomendasi kami

Lalu, seperti apa skema cara kerja rice cooker yang lebih detail dan kompleks? Untuk penjelasan lebih mudahnya, cek beberapa poin-poin di bawah!

  1. Untuk Anda yang belum tahu, rice cooker itu mengandalkan arus AC agar bisa mengubah beras menjadi nasi. Nah, arus AC ini nantinya akan melewati Thermal Fuse atau Thermofuse dan Cast Heater. Thermofuse sendiri merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengaman, sedangkan Cast Heater adalah komponen yang berfungsi sebagai elemen pemanas.
  2. Lalu, saat Anda menekan tombol COOK, maka panci yang ada di dalam reskuker akan menekan komponen thermostat yang ada di bawahnya. Dua benda ini kemudian saling menempel berkat bantuan sebuah magnet.
  3. Thermostat yang menempel karena magnet pada bagian bawah panci reskuker ini kemudian akan menghasilkan panas dengan suhu hingga 134° Celcius. Adanya suhu panas yang tinggi ini akhirnya membuat butiran-butiran beras menyerap air mendidih yang ada di dalam panci dan mengubahnya menjadi nasi.
  4. Saat bahan metal pada bagian bawah panci terkena panas yang berlebih, maka daya magnet yang sebelumnya menempel akan berkurang dan panci reskuker akan secara otomatis menjauh dari komponen thermostat. Ini merupakan ciri bahwa nasi Anda sudah matang.
  5. Lalu, saat thermostat menjauh dari panci, maka sakelar akan berpindah dengan sendirinya dari mode pemanasan atau COOK ke mode WARM atau penghangatan.
  6. Pada posisi WARM ini, komponen thermistor atau sensor pengukur suhu yang ada di dalam rice cooker akan bekerja untuk menjaga suhu panas agar tetap stabil di angka 70° Celcius sampai 80° Celcius, tidak lebih tinggi ataupun lebih rendah.
  7. Saat itulah, Anda bisa buka tutup penanak nasi dan menikmati makanan utama di Indonesia ini. 

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Rice Cooker

Tunggu dulu Volties! Tim Voltbaba  sudah merangkum beberapa pertanyaan untuk menambah wawasan Anda mengenai cara kerja rice cooker. Ingin tahu? Simak di bawah! 

Bagaimana mekanisme rice cooker dalam mengubah beras menjadi nasi?

Rangkaian mekanisme bagaimana rice cooker bisa mengubah beras menjadi nasi itu karena adanya suhu panas yang tinggi. Saat air dalam panci terkena suhu yang panas, maka air akan mendidih dan butiran beras akan menyerap air tersebut dan kemudian mengubahnya menjadi nasi.

Kenapa rice cooker bisa tau kalau nasi sudah matang?

Itu karena ketika bahan metal yang ada pada bagian bawah panci terkena suhu panas yang berlebih, maka panci reskuker secara otomatis akan menjauh dari komponen thermostat. Saat panci sudah menjauh dari thermostat, maka reskuker akan beralih mode dari cook menjadi warm untuk menandakan nasi yang Anda masak sudah matang.

Apa fungsi elemen pemanas pada rice cooker?

Sesuai nama, elemen pemanas yang ada pada rice cooker berfungsi untuk menghantarkan panas pada bagian bawah panci. 

Kesimpulan: Cara Kerja Rice Cooker

Demikian sedikit penjelasan seputar cara kerja rice cooker. Apakah Volties di rumah sudah paham tentang bagaimana rice cooker bekerja dalam mengubah beras menjadi nasi? Sebagai penutup, cara kerja dari reskuker pada semua merek rice cooker itu sama, entah itu Miyako, Cosmos, Panasonic, Yong Ma, dan lain-lain. Jadi, pilih salah satu yang terbaik agar Anda bisa memanfaatkannya untuk sehari-hari! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo