Hide Menu

Penting Buat Pecinta Gaplek, Ada 6 Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com, Sederhana!

Cara Termudah Bikin Nasi dari Singkong yang Dikeringkan Pengganti Nasi. Lezat dan Bergizi

Artikel Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com ini diposting diperbarui
232 Pembaca
Like
Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com 2024
© shutterstock.com/BakhtiarRakhman

Tips Pengolahan Nasi Tiwul di Magic Com

Nasi tiwul merupakan olahan makanan yang terbuat dari tepung gaplek. Tepung ini sendiri berasal dari singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Asal makanan tersebut adalah dari kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Anda juga dapat menjumpai tiwul di Pacitan dan Wonogiri.

Orang-orang Jawa, khususnya, sangat mengenal tiwul sebagai bahan pokok pengganti nasi. Namun, seiring perkembangannya, tiwul bisa Anda nikmati hanya dengan tambahan parutan kelapa saja. Untuk Anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah, perhatikan tips-tips menarik dari tim Voltbaba berikut ini agar mengolah nasi tiwul berhasil. Silakan mencatat!

  • Jangan pilih nasi tiwul yang terbuat dari singkong busuk/hitam karena rasanya pahit.
  • Beli nasi tiwul instan, bukan tepung dengan kemasan 1 kg agar mudah menakarnya.
  • Ayak beras tiwul untuk memastikan butiran beras tidak mengandung kotoran.
  • Pakai magic com mini kalau memasak nasi tiwul sedikit atau pakai mejikom 2 liter apabila ingin memasak nasi tiwul jumlah banyak.
  • Saat mengukus, usahakan tidak membuka tutup mejikom terlalu sering supaya nasi cepat matang.

Lebih lanjut, Volties siapkan waktu membaca manfaat dari mengonsumsi nasi tiwul. Ikuti terus rangkaian pembahasan cara memasak nasi tiwul di magic com di sini!

Manfaat Mengonsumsi Nasi Tiwul

Manfaat Mengonsumsi Nasi Tiwul
shutterstock.com/Tyasindayanti

Dari keterangan repository milik Febi N (2021) berjudul Nasi Tiwul Berkarbohidrat Kompleks (Natibopleks) sebagai Alternatif Pangan Pasca Pandemi Covid-19, nasi tiwul mempunyai karbohidrat kompleks yang baik, rendah lemak, dan tinggi kalori.

Kandungan tersebut membawa beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja kira-kira? Simak poin-poin yang tim Voltbaba sebutkan ini!

  1. Tingginya serat di dalam nasi tiwul bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, seperti sembelit, divertikulitis, sampai kanker usus.
  2. Adanya vitamin B kompleks membantu mendapatkan kelancaran fungsi otak, saraf, dan produksi sel darah merah.
  3. Dengan kandungan karbo dan kalori tinggi membuat rasa kenyang bertahan lama, sehingga bagus untuk diet.
  4. Ramah terhadap orang dengan alergi gluten karena tiwul tidak mengandung gluten.
E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com - Terbaru 2024

Simpel adalah kata ideal untuk menggambarkan teknik cara memasak nasi tiwul di rice cooker atau mejikom. Daripada berlama-lama, langsung simak saja tata cara dasar masak di list bawah beserta gambar!

1
Siapkan Bahan dan Peralatan

Memperlancar Proses Memasak Nasi Tiwul

Siapkan Bahan dan Peralatan

2
Cuci Beras Tiwul

Bersihkan untuk Menghilangkan Kotoran

Cuci Beras Tiwul

3
Rendam Beras Tiwul dengan Air

Butiran Beras Sedikit Mengembang

Rendam Beras Tiwul dengan Air

4
Pindahkan ke Wadah Kukusan

Biar Jadi Nasi, Beras Tiwul Dikukus

Pindahkan ke Wadah Kukusan

5
Kukus Bersamaan dengan Nasi di Magic Com

Nasi Tiwul Matang Keseluruhan

Kukus Bersamaan dengan Nasi di Magic Com

6
Nasi Tiwul Siap Disajikan

Tata Rapi Nasi Gaplek di Piring

Nasi Tiwul Siap Disajikan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Memperlancar Proses Memasak Nasi Tiwul
© freepik.com/whitebearstudio
1
Memperlancar Proses Memasak Nasi Tiwul

Siapkan Bahan dan Peralatan

Rekomendasi kami

Sebelum melakukan kegiatan apapun, termasuk membuat nasi tiwul di mejikom, sebaiknya Anda siapkan terlebih dulu bahan dan alat-alat secara lengkap. Hal ini akan mempermudah Volties agar tidak bolak-balik mengambil barang yang tidak ada saat proses mengolah.

Volties bisa mulai dengan membeli beras tiwul 1 kg, wadah baskom, sendok nasi, air secukupnya, kukusan, dan sebuah magic com. Kalau Anda sudah punya beberapa peralatan tadi, berarti tugasnya adalah menyiapkan bahan yang belum ada.

Bersihkan untuk Menghilangkan Kotoran
© freepik.com/pixel-shot.com
2
Bersihkan untuk Menghilangkan Kotoran

Cuci Beras Tiwul

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya setelah bahan dan peralatan terkumpul adalah mencuci beras tiwul. Tuangkan beras tiwul tadi di baskom serta air secukupnya. Lalu, bersihkan perlahan dengan tangan.

Bila sudah, langsung buang air kotor sisa mencuci beras. Periksa lagi, apakah beras benar-benar tidak mengandung kotoran, seperti kerikil kecil atau campuran beras lain.

Butiran Beras Sedikit Mengembang
© freepik.com/user20119892
3
Butiran Beras Sedikit Mengembang

Rendam Beras Tiwul dengan Air

Setelah beras tiwul bersih, waktunya Anda merendam beras itu dengan air. Perendaman tidak perlu sampai beras tenggelam. Secukupnya saja. Volties boleh menggunakan air biasa atau air minum dari galon.

Tunggulah sampai air meresap ke dalam beras hingga air menghilang dan kering. Beras tiwul akan terlihat mengembang atau berisi. Lalu, diamkan rendaman tersebut kira-kira saja, tidak perlu sampai satu jam.

Biar Jadi Nasi, Beras Tiwul Dikukus
© freepik.com/fabrikasimf
4
Biar Jadi Nasi, Beras Tiwul Dikukus

Pindahkan ke Wadah Kukusan

Apabila beras tiwul sudah menyerap air yang ada di baskom, maka saatnya memindahkan ke wadah kukusan. Tempat kukusan biasanya sudah tersedia saat Anda membeli magic com. Pakailah benda itu untuk mengukus beras tiwul.

Karena wadah tersebut bentuknya bolong-bolong, maka Volties bisa memberi alas dengan kertas minyak bungkus nasi. Gunting bulat kertas menyesuaikan bentuk wadah agar beras tiwul bisa ditaruh di atasnya.

Nasi Tiwul Matang Keseluruhan
© istockphoto.com/4kodiak
5
Nasi Tiwul Matang Keseluruhan

Kukus Bersamaan dengan Nasi di Magic Com

Rekomendasi kami

Cara terakhir adalah mengukusnya di magic com. Bila kebetulan Volties sedang memasak nasi putih, Anda bisa meletakkan wadah kukusan berisi beras tiwul di dalam panci mejikom.

Kemudian, tutup rapat penutup mejikom. Tunggu kurang lebih 30 menit sampai nasi putih dan tiwul matang sempurna. Volties bisa cek sesekali untuk melihat apakah nasi tiwul sudah jadi duluan daripada nasi putih. Namun, jangan sampai terlalu sering agar jeda matang nasi tiwul tidak lama.

Tata Rapi Nasi Gaplek di Piring
© shopee.co.id/Kapez_Store
6
Tata Rapi Nasi Gaplek di Piring

Nasi Tiwul Siap Disajikan

Rekomendasi kami

Akhirnya, nasi tiwul sudah siap Anda hidangkan. Pindahkan segera ke piring yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Aduk-aduk nasi dengan centong khusus nasi supaya uap panas cepat menghilang.

Volties bisa makan tiwul atau gaplek dengan makanan pendamping, misal lauk dan sayur pedas pun pasti sangat nikmat. Lebih baiknya lagi, nasi satu ini juga bisa berperan sebagai pengganti nasi pokok.

Tanya Jawab Seputar Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com

Dari cara-cara di atas, apakah Volties sudah paham cara memasak nasi tiwul di magic com? Yuk, cek pertanyaan beserta jawaban di kolom bawah sebelum mencoba langsung mengolah nasi tiwul di mejikom!

Langkah-langkah membuat nasi tiwul?

Langkah-langkah membuat nasi tiwul cukup sederhana, seperti yang sudah tim Voltbaba bahas di atas. Siapkan bahan, peralatan, mulai mencuci beras, merendam beras, mendiamkannya, mengukus, lalu menghidangkannya. Simpel ya, Volties?

Berapa lama waktu memasak nasi tiwul di magic com?

Berkaca pada cara membuat nasi tiwul menggunakan kukusan biasa yang membutuhkan waktu 25 menit, maka bila menggunakan magic com bisa memakan waktu 20 menit saja.

Kesimpulan: Cara Memasak Nasi Tiwul di Magic Com

Ternyata, mengolah nasi tiwul mudah sekali dan tidak membutuhkan resep khusus. Mulai dari bahan hingga peralatan juga gampang Anda dapatkan. Di bagian section tata cara pun tersemat barang yang diperlukan dengan jelas.

Hanya dengan cuci, rendam, kukus, dan nasi tiwul siap Anda nikmati tidak perlu goreng-menggoreng. Ikuti step-step cara pengolahan sego tiwul dengan teliti agar percobaan pertama sukses! Semoga berhasil, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo