Hide Menu

Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok. Mudah dan Hanya Butuh 3 Langkah Saja!

Panduan Tentang 3 Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok. Langkah-Langkahnya Mudah dan Hanya Butuh Beberapa Alat Saja

Artikel Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok ini diposting diperbarui
64 Pembaca
Like
Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok 2024
© freepik.com

Apa Itu Dudukan TV LED?

Apa Itu Dudukan TV LED?
freepik.com

Selain di atas meja besar atau meja lantai, TV LED juga bisa Anda pasang dengan posisi menempel di dinding rumah Anda. Penempatan TV LED yang ditempel atau digantung di tembok ini bisa Anda lakukan menggunakan dudukan TV atau penyangga TV atau yang biasa disebut dengan bracket.

Untuk Volties yang belum tahu, bracket atau dudukan TV merupakan sebuah perangkat yang biasa digunakan untuk memasang televisi di dinding ataupun di atas meja. Bracket TV sendiri umumnya terdiri atas dua atau tiga bagian yang nantinya akan dipasang di belakang TV dan ditempel di tembok menggunakan baut atau klem.

Meski terdengar mudah, namun cara memasang dudukan TV LED di tembok tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya, jika pemasangan bracket TV LED Anda lakukan dengan asal-asalan, hal itu dapat membuat pengalaman menonton Anda jadi kurang nyaman. Lebih buruknya, TV LED Anda bisa jatuh dan rusak.

Sebagai pemilik TV LED atau jenis TV layar datar lainnya seperti TV LCD dan TV Plasma, Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, ‘kan? Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara pasang breket ke tembok sampai cara memasang bracket ke TV. Jadi, tunggu apa lagi? Gulir ke bawah dan mulailah membaca!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Bracket TV LED ke Dinding

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Bracket TV LED ke Dinding
freepik.com

TV LED merupakan salah satu jenis televisi yang selalu dijadikan pilihan bagi banyak orang di Indonesia berkat kualitas layarnya yang mampu memberikan kenyamanan menonton (Soedarso. N, 2011). Karena ini, ada banyak cara yang dilakukan orang-orang untuk menikmati tontonan di layar TV LED, terutama dalam hal peletakan.

Bagi sebagaian orang, ada yang suka meletakkan TV LED di atas meja. Di sisi lainnya, banyak juga dari orang-orang yang lebih suka menonton TV LED dengan memasangnya menempel di dinding rumah. Selain tidak memakan banyak ruang, pemasangan TV LED di dinding juga mengurangi resiko TV jatuh akibat kesenggol dan lainnya.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara pasang TV di dinding? Caranya adalah dengan menggunakan dudukan TV. Namun, sebelum Anda mulai mempelajari cara memasang dudukan TV LED di tembok, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Contohnya:

  • Saat proses pemasangan, TV harus ada dalam kondisi mati. Dalam kata lain, Anda harus melepas dan mencopot semua kabel yang terpasang di TV.
  • Gunakan dudukan TV yang sesuai dengan spesifikasi dan ukuran layar dari TV LED Anda, entah itu 24-inch, 32-inch, ataupun 43-inch.
  • Selalu perhatikan kualitas dan ketahanan bracket yang akan Anda gunakan. Karena bracket dengan kualitas yang buruk biasanya lebih cepat rusak dan bisa bikin TV jatuh. Jadi, jangan mudah tergiur dengan bracket TV yang punya harga murah.
  • Pastikan juga untuk memilih bracket TV yang sesuai dengan merek TV LED yang Anda gunakan di rumah. Contohnya Samsung, Polytron, LG, Panasonic, Sharp Aquos, dan masih banyak lagi.
  • Selain memastikan kualitas dudukan TV, penting juga untuk memastikan ketahanan tembok rumah Anda. Jadi, pastikan tembok yang akan Anda gunakan untuk memasang dudukan TV itu kokoh dan kuat untuk menahan berat TV LED.
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok - Terbaru 2024

Langsung menuju ke topik utama artikel ini, berikut adalah cara memasang dudukan TV LED di tembok yang bisa Anda ikuti. Silakan ikuti langkah-langkahnya dan pasang TV LED Anda ke tembok untuk pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

1
Atur Tinggi TV LED dari Permukaan Lantai

Pastikan Tinggi TV Sesuai dengan Posisi Nyaman Anda Saat Menonton

Atur Tinggi TV LED dari Permukaan Lantai

2
Lubangi Tembok Menggunakan Mesin Bor dan Pasang Bracket TV LED

Gunakan Bor untuk Melubangi Tembok sebagai Tempat Pemasangan Bracket TV

Lubangi Tembok Menggunakan Mesin Bor dan Pasang Bracket TV LED

3
Pasang TV LED ke Dudukan yang Sudah Tertempel di Dinding

Langkah Terakhir, Pasang TV LED ke Bracket yang Sudah Terpasang Kuat di Dinding

Pasang TV LED ke Dudukan yang Sudah Tertempel di Dinding

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Tinggi TV Sesuai dengan Posisi Nyaman Anda Saat Menonton
© freepik.com
1
Pastikan Tinggi TV Sesuai dengan Posisi Nyaman Anda Saat Menonton

Atur Tinggi TV LED dari Permukaan Lantai

Rekomendasi kami

Langkah pertama dari cara memasang dudukan TV LED di tembok adalah dengan mengukur seberapa tinggi TV LED yang akan dipasang atau digantung di tembok. Cara ini penting untuk Anda lakukan supaya pengalaman menonton Anda tidak terganggu setelah TV LED terpasang di dinding.

Adapun cara mengatur tinggi pemasangan TV LED dari permukaan lantai adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, tentukan dulu titik pemasangan TV LED di dinding yang sesuai dengan kenyamanan menonton Anda.
  2. Pertimbangkan jarak menonton dan tinggi TV LED dari permukaan lantai.
  3. Jika titik pemasangan TV LED sudah Anda tentukan, segera tandai titik tersebut menggunakan pensil.
  4. Setelah itu, buatlah empat tanda bulat atau kotak untuk memasang piringan dudukan TV LED.
  5. Supaya hasil pemasangan dudukan TV lebih maksimal tanpa adanya kemiringan, Anda bisa menggunakan waterpass.
  6. Selesai.
Gunakan Bor untuk Melubangi Tembok sebagai Tempat Pemasangan Bracket TV
© freepik.com
2
Gunakan Bor untuk Melubangi Tembok sebagai Tempat Pemasangan Bracket TV

Lubangi Tembok Menggunakan Mesin Bor dan Pasang Bracket TV LED

Rekomendasi kami

Misalkan titik pemasangan TV LED di tembok sudah Anda tandai, silakan lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu ngebor. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan bor dan colokan listrik untuk menghidupkan bor.
  2. Jika sudah siap, lubangi dinding rumah yang sudah Anda tandai tadi menggunakan bor.
  3. Setelah tempat pemasangan TV LED di dinding sudah dilubangi, masukkan fischer ke dalam lubang tersebut. Fungsi dari fischer ini adalah untuk membuat baut breket TV bisa terpasang di dinding dengan kuat.
  4. Langkah selanjutnya, pasang dan tempel piringan bracket TV LED ke dinding.
  5. Kemudian, masukkan baut dan kencangkan baut menggunakan obeng.
  6. Selesai.
Langkah Terakhir, Pasang TV LED ke Bracket yang Sudah Terpasang Kuat di Dinding
© freepik.com
3
Langkah Terakhir, Pasang TV LED ke Bracket yang Sudah Terpasang Kuat di Dinding

Pasang TV LED ke Dudukan yang Sudah Tertempel di Dinding

Rekomendasi kami

Setelah piringan bracket TV sudah terpasang dengan tepat dan rapat di tembok, maka Anda bisa lanjut ke cara memasang dudukan TV LED di tembok yang terakhir, yaitu memasang tiang bracket di bodi belakang TV LED. Pemasangan tiang bracket ini penting untuk Anda lakukan supaya TV bisa disangga dan digantung pada piringan bracket.

Nah Volties, kalau piringan bracket sudah terpasang di dinding dan tiang bracket juga sudah terpasang di bodi belakang TV LED, segera pasang TV LED Anda ke dinding. Lantas, bagaimana cara pasang TV di dinding? Untuk cara-caranya, silakan ikuti poin-poin di bawah.

  1. Angkat TV LED dan pegang bagian bingkai samping televisi dengan hati-hati. Supaya lebih aman, Anda bisa menahan bagian bawah bingkai TV menggunakan kedua lengan Anda.
  2. Lalu, pasang TV Anda ke bracket TV yang sudah menempel di dinding.
  3. Jika sudah, segera putar dan kunci baut bracket yang ada di bagian bawah menggunakan obeng. Hal ini dilakukan supaya TV LED dapat terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyang bahkan jatuh.
  4. Setelah itu, Anda bisa mulai memasang kabel-kabel TV yang sebelumya sudah Anda lepas.
  5. Langkah berikutnya, hidupkan TV.
  6. Selamat, TV sudah terpasang dengan aman di tembok! 

Tanya Jawab Seputar Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok

Selangkah lagi Anda akan tiba di bagian akhir artikel ini, Volties. Namun, sebelum kesana, luangkan waktu Anda untuk membaca pertanyaan yang banyak ditanyakan orang-orang seputar cara memasang dudukan TV LED di tembok. Berikut daftarnya:

Langkah-langkah pemasangan bracket TV?

Sebagai rangkuman dari pembahasan di atas, berikut adalah langkah-langkah untuk memasang bracket ke tembok. 

  1. Siapkan alat-alat seperti bor, obeng, waterpass, dan bracket TV.
  2. Tentukan posisi dimana Anda akan memasang TV LED di dinding.
  3. Tandai posisi tempat pemasangan TV LED menggunakan pensil dan waterpass.
  4. Bor tanda tadi dan buatlah lubang di dinding untuk memasang dudukan TV.
  5. Masukkan fischer ke dalam lubang dan pasang piringan bracket TV ke tembok menggunakan baut dan obeng.
  6. Pasang tiang atau stand bracket TV ke bagian belakang TV LED.
  7. Pasang TV ke dinding.
  8. Selesai.

Apa fungsi Bracket TV?

Secara sederhana, fungsi dari bracket TV adalah untuk membantu pemasangan TV LED di tembok. Dengan bracket TV atau dudukan TV, Anda bisa memasang TV di dinding dengan cara digantung atau ditempel. Melihat fungsinya tersebut, orang-orang sering menyebut bracket TV dengan sebutan dudukan TV, penyangga TV, maupun pangkon TV.

Berapa jarak TV dari lantai?

Umumnya, jarak ideal perihal ketinggian TV yang dipasang di dinding dengan permukaan lantai sekitar 100 cm sampai 110 cm. Namun tinggi ideal ini bisa saja berbeda tergantung dari ukuran TV LED yang Anda gunakan, entah itu 24-inch, 32-inch, maupun 43-inch.

Kesimpulan: Cara Memasang Dudukan TV LED di Tembok

Akhirnya, Anda telah tiba di bagian akhir dari artikel panduan tentang cara memasang dudukan TV LED ke tembok. Sebagai penutup, saat memasang bracket TV LED ke dinding, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Sebut saja pemilihan bracket yang sesuai ukuran layar TV LED, kualitas dari dudukan TV, maupun tembok yang harus kokoh.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menyiapkan alat-alat untuk membantu proses pemasangan bracket TV seperti baut, obeng, dan bor. Jadi, bagaimana Volties? Apakah Anda kini sudah tahu langkah seperti apa yang harus Anda ikuti untuk memasang bracket TV LED ke tembok? Kalau sudah, maka baguslah, itu artinya artikel kami membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo