Hide Menu

Ini Dia 2 Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung yang Mudah, Pemula Juga Bisa!

Panduan Lengkap Tentang Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung. Satu Pakai Kabel Grounding dan Satunya Tidak

Artikel Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung ini diposting diperbarui
375 Pembaca
Like
Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung 2024
© freepik.com

Apa Itu Saklar Kipas Angin Gantung?

Apa Itu Saklar Kipas Angin Gantung?
freepik.com

Kipas angin merupakan alat elektronik rumah tangga yang wajib ada di setiap ruangan rumah. Fungsinya adalah untuk mendinginkan ruangan yang panas dengan cara menghembuskan angin. Berdasarkan cara pemasangannya, kipas angin terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kipas angin gantung, kipas angin duduk, dan kipas angin berdiri.

Nah, pada setiap jenis kipas angin, terdapat saklar yang berfungsi untuk menyalakan (ON) dan mematikan (OFF) serta mengatur kecepatan putar baling-baling kipas angin. Saklar sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu saklar yang berupa tombol dan saklar yang berupa regulator.

Untuk kipas angin gantung, saklar yang digunakan adalah saklar regulator. Biasanya, saklar regulator di kipas angin gantung itu memiliki bagian knop dengan angka 1, 2, 3, 4, dan 5 yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan putaran baling-baling dan angka 0 untuk mematikan atau stop kipas angin gantung.

Lantas, bagaimana cara memasang kabel ke saklar kipas angin gantung? Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara memasang kabel saklar kipas angin gantung. Tanpa basa-basi lagi, mari mulai baca pembahasannya!

Bagian-Bagian Kipas Angin Gantung

Bagian-Bagian Kipas Angin Gantung
freepik.com

Seperti yang dikatakan Farhan. N. et al (2020) bahwa kipas angin merupakan alat elektronik konvensional yang sering digunakan sebagai pengatur sirkulasi udara di ruangan pada saat cuaca panas. Itulah fungsi kipas angin secara umum, termasuk juga kipas angin gantung.

Sesuai nama, kipas angin gantung biasanya dipasang di atas plafon atau langit-langit. Selain itu, sebuah kipas angin gantung biasanya memiliki 3 sampai 5 buah baling-baling yang fungsinya untuk menyeimbangkan sekaligus menghembuskan angin ke sudut ruangan rumah Anda.

Nah, selain baling-baling, di bawah ini adalah beberapa bagian kipas angin gantung lainnya.

  • Kapasitor
  • Gearbox
  • Sambungan bushing dan bearing
  • Switch
  • Komponen guard besi
  • Dinamo kipas angin gantung
  • Stator
  • AS rotor
  • Penarik gearbox
  • Tali list
  • Cover bawah dan belakang
  • Pengunci atau pengait baling-baling
  • Tiang penyangga
  • Bracket kipas angin gantung
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung - Terbaru 2024

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang atau merakit rangkaian kipas angin gantung dan skema kabelnya. Pertama adalah dengan menggunakan kabel grounding dan yang kedua adalah tanpa menggunakan kabel grounding. Agar Volties tidak bingung, silakan baca penjelasan di bawah dengan seksama. 

1
Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Kabel Grounding

Skema Pemasangan yang Lebih Aman, Pakai Kabel Grounding!

Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Kabel Grounding

2
Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Tanpa Kabel Grounding

Skema Pemasangan Saklar Jauh Lebih Cepat, Namun Tidak Terlalu Aman

Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Tanpa Kabel Grounding

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Skema Pemasangan yang Lebih Aman, Pakai Kabel Grounding!
© freepik.com
1
Skema Pemasangan yang Lebih Aman, Pakai Kabel Grounding!

Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Kabel Grounding

Rekomendasi kami

Cara menyambung kabel kipas angin gantung yang pertama adalah menggunakan kabel grounding. Saat menyambung kabel ke saklar kipas angin gantung, Anda harus mengetahui skema pemasangan yang benar. Pastikan juga untuk memiliki kabel grounding yang biasanya berwarna hijau dan kuning.

Kabel grounding sendiri merupakan jenis kabel yang berfungsi untuk mencegah adanya kebocoran arus maupun gangguan kelistrikan lainnya pada kipas angin gantung. Berkat jasa dan fungsinya, kipas angin gantung Anda tidak akan cepat rusak jika terjadi kebocoran arus listrik maupun gangguan kelistrikan.

Adapun cara pasang saklar kipas angin gantung dengan kabel grounding adalah sebagai berikut.

  1. Buka penutup saklar kipas angin gantung.
  2. Hubungkan kabel listrik phase dari sumber listrik (kabel warna merah) dengan terminal input saklar.
  3. Setelah itu, hubungkan saklar output saklar dengan terminal phase yang terdapat di kipas angin gantung.
  4. Selanjutnya, Anda bisa menghubungkan kabel grounding (kabel warna hijau dan kuning) dari sumber listrik dengan terminal grounding yang ada pada kipas angin gantung.
  5. Jika kabel listrik phase dan kabel grounding sudah terhubung dengan kipas angin gantung, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel listrik netral (kabel warna biru) dengan terminal netral di kipas angin gantung.
  6. Langkah terakhir, silakan pasang penutup saklar dan pasang saklar ke dinding.
  7. Instalasi saklar kabel ke kipas angin gantung selesai.

Petunjuk pemasangan kabel saklar menggunakan kabel grounding ini bisa Anda terapkan untuk semua merek kipas angin, entah itu Maspion, Panasonic, Ecolux, Cosmos, dan lain-lainnya. Jadi, jika Anda bingung bagaimana cara memasang saklar kipas angin gantung Maspion, inilah cara yang bisa Volties ikuti.

Skema Pemasangan Saklar Jauh Lebih Cepat, Namun Tidak Terlalu Aman
© freepik.com
2
Skema Pemasangan Saklar Jauh Lebih Cepat, Namun Tidak Terlalu Aman

Pasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung dengan Tanpa Kabel Grounding

Rekomendasi kami

Jika cara sebelumnya membutuhkan kabel grounding, maka cara yang kedua ini tidak. Dengan ini, pemasangan kabel saklar kipas angin gantung akan jauh lebih cepat. Hanya saja, jika terjadi kebocoran arus listrik atau gangguan kelistrikan, kipas angin gantung Anda bakal jauh lebih cepat rusak karena tidak mendapatkan perlindungan dari kabel grounding.

Misalkan Anda sudah tahu risikonya dan tetap ingin merakit rangkaian kipas angin gantung beserta kabelnya tanpa menggunakan kabel grounding, berikut cara-caranya.

  1. Langkah pertama, buka penutup atau cover saklar kipas angin gantung.
  2. Setelah itu, hubungkan kabel listrik phase (kabel warna merah) ke terminal phase yang ada pada kipas angin gantung.
  3. Jika sudah, lanjutkan dengan menghubungkan kabel listrik netral (kabel warna biru) ke terminal netral di kipas angin gantung.
  4. Selanjutnya, pasang penutup saklar dan pasang saklar ke dinding ruangan Anda.
  5. Instalasi saklar kabel ke kipas angin gantung selesai.

Jika sudah selesai, segera sambungkan kabel kipas angin gantung Anda ke stop kontak dan coba nyalakan kipas angin. Apakah berputar? Jika iya, instalasi kabel saklar telah berhasil Anda lakukan.

Tanya Jawab Seputar Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan tentang cara memasang kabel saklar kipas angin gantung yang paling banyak ditanyakan. Silakan cek!

Berapa jarak ideal plafon untuk ceiling fan?

Menurut peraturan yang ada, jarak ketinggian paling ideal antara plafon dengan kipas gantung sekitar 2,4 sampai 2,7 meter.

Berapa harga kipas angin gantung?

Tergantung dari merek yang Anda pilih, entah itu Maspion, Panasonic, dan lainnya, harga kipas angin gantung ada di angka 300 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah lebih.

Kesimpulan: Cara Memasang Kabel Saklar Kipas Angin Gantung

Demikian akhir pembahasan tim Voltbaba tentang cara memasang kabel saklar kipas angin gantung. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yang satu adalah dengan menggunakan kabel grounding dan yang satunya tidak. Bagaimanapun, saat memasang kabel saklar kipas angin, Anda harus memastikan semua kabel dari sumber listrik terhubung ke terminal kipas angin gantung dengan tepat.

Bagaimana Volties? Sudah paham cara menyambung kabel kipas angin gantung? Kalau sudah, bukankah ini waktu yang tepat untuk membeli kipas angin gantung? Jika Anda setuju, klik saja 6 produk yang tersedia di atas. Keenam kipas angin gantung tersebut adalah produk terlaris dari merk terbaik. Selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo