Hide Menu

Gak Sulit, Ternyata Begini Lho 4 Cara Membaca Kode Overload Kulkas Model 4TM!

Setiap Angka dan Huruf Mempunyai Arti Tertentu yang Menunjukkan Fungsi Overload, Pelajari di Bawah

Artikel Cara Membaca Kode Overload Kulkas ini diposting diperbarui
315 Pembaca
Like
Cara Membaca Kode Overload Kulkas 2024
© freepik.com

Apa yang Dimaksud Kode Overload Kulkas?

Apa yang Dimaksud Kode Overload Kulkas?
freepik.com

Overload atau biasa disebut dengan relay overload merupakan komponen dalam kulkas yang amat penting. Mengenal overload juga bisa mengetahui dari prinsip kerjanya. Prinsip kerja overload yakni menyerupai MCB (Miniature Circuit Breaker) listrik.

MCB listrik sendiri bekerja secara otomatis dengan memutus aliran listrik yang melewatinya melebihi arus nominal pada MCB tersebut. Dengan kata lain, ketika beban berlebih, maka MCB akan memutus arus listrik.

Sementara itu, kerja overload juga demikian, yakni akan memutus arus listrik apabila kompresor kulkas terlalu panas. Faktanya, fungsi overload adalah mengontrol temperatur kompresor kulkas apabila tegangan listrik tidak stabil.

Lalu, bentukan overload kulkas sendiri ada yang berbentuk box bulat dan pipih. Keduanya sama-sama sering dipakai pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu. Di samping itu, ada yang namanya kode overload kulkas. Kode ini terdiri dari angka dan huruf sebanyak 7-8 deret. 

Ada sejumlah contoh kode overload kulkas, antara lain 189THBYY dan 53 HCF3K. Kode tersebut dapat Anda jumpai pada model overload 4TM. Masing-masing angka dan huruf menunjukkan arti berbeda. Pada bentukan overload kulkas yang pipih atau gepeng terdapat pula informasi tegangan listrik 220V, 60-50Hz, dan sebagainya.

Untuk mengetahui cara membaca kode overload kulkas, Anda dapat membaca artikel ini sampai habis. Dengan begitu, Volties bisa menentukan besaran listrik ampere kulkas sesuai kebutuhan. Ayo mulai baca bagian selanjutnya!

Mengenal Ciri-Ciri Overload Kulkas Rusak

Mengenal Ciri-Ciri Overload Kulkas Rusak
freepik.com

Apakah Volties penasaran bisakah overload kulkas rusak? Jawabannya tentu saja bisa. Beberapa faktor dapat memengaruhi alasan mengapa overload kulkas kesayangan Anda rusak. Sebut saja karena overload keropos.

Pengeroposan terjadi akibat overload terpapar panas terlalu sering yang menyebabkan tidak berfungsi normal. Selain itu, overload yang kotor juga bisa menyebabkan kerusakan. Dengan mengetahui salah dua penyebabnya, sebaiknya Volties berhati-hati dalam menjaga kebersihan overload.

Agar Volties bisa lebih berhati-hati, Anda dapat mengetahui overload kulkas rusak dengan mengenal ciri-ciri berikut ini. Terdapat 4 poin yang menandakan overload kulkas rusak. Cek segera poin-poinnya! 

1. Kompresor Kulkas Rusak

Cara paling mudah mengenali overload Anda rusak adalah kompresor rusak. Kompresor kulkas bisa rusak karena bekerja tanpa henti. Walaupun memang pada kenyataannya overload yang rusak jarang terdeteksi hingga menyebabkan mesin kompresor ikut rusak.

2. Elemen Pengendali Suhu Berfungsi Abnormal

Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya debu dan kotoran yang menempel pada overload kulkas, sehingga menghambat aliran listrik. Akibat dari hal itu arus listrik tidak sampai ke kompresor dan membuat kulkas mati.

3. Kulkas Tidak Dingin

Overload lemari es yang rusak juga dapat dilihat dari kulkas yang tidak dingin seperti udara AC. Jika Volties biarkan akan mengakibatkan makanan dan minuman yang Anda simpan terganggu kesegarannya.

4. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Aliran tegangan listrik yang tidak stabil dapat mengantarkan kepada petunjuk overload Anda sedang rusak. Sebaiknya, periksa overload kulkas sebab gangguan konslet semacam ini akan memengaruhi sistem kelistrikan kulkas secara menyeluruh.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membaca Kode Overload Kulkas - Terbaru 2024

Menurut Restu M dan Aji D (2016), dalam proses pendinginan kulkas, komponen penting yang harus ada adalah kompresor. Untuk mengalirkan dingin secara stabil perlu adanya overload kulkas juga. Overload bekerja sedemikian rupa untuk memutus arus listrik berlebih sehingga dingin di dalam kulkas stabil.

Benda ini sendiri letaknya bisa di dalam kompresor atau di luar. Sebagai contoh, ada yang namanya overload model 4TM Klixon. Model ini banyak ditemui di pasaran karena harga benda tersebut relatif murah. Lantas bagaimana cara membaca kode overload kulkas model 4TM? Perhatikan caranya di bawah ini!

1
Kode Angka 189

Penunjuk untuk Kode Pemanas

Kode Angka 189

2
Kode Huruf THB

Huruf yang Menunjukkan Suhu Kerja

Kode Huruf THB

3
Kode Huruf YY

Menunjukkan Desain Tegangan Listrik

Kode Huruf YY

4
Kode Angka 53

Pengertian dari Pin Konektor

Kode Angka 53

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penunjuk untuk Kode Pemanas
© freepik.com
1
Penunjuk untuk Kode Pemanas

Kode Angka 189

Rekomendasi kami

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membaca kode overload kulkas ialah dengan memperhatikan kode angka 189. Tiga angka ini merupakan gambar dari kode pemanas.

Kode angka berjumlah tiga ini nilainya dapat berbeda-beda sesuai dengan kapasitas kompresor kulkas. Sama halnya dengan kode angka untuk freezer.

Huruf yang Menunjukkan Suhu Kerja
© freepik.com
2
Huruf yang Menunjukkan Suhu Kerja

Kode Huruf THB

Huruf THB pada model overload kulkas 4TM merupakan petunjuk kode suhu kerja. Kode tersebut juga dapat berbeda-beda tergantung kebutuhan.

THB sendiri akan mati atau off apabila suhu mencapai 140 derajat celsius. Kemudian, suhu akan on atau hidup jika suhu mencapai 69 derajat celsius.

Menunjukkan Desain Tegangan Listrik
© freepik.com
3
Menunjukkan Desain Tegangan Listrik

Kode Huruf YY

Rekomendasi kami

Cara membaca kode overload kulkas yang bertanda huruf YY ini cukup mudah, yaitu dengan mengingat bahwa huruf YY merupakan kapasitas kontraktor yang mana didesain untuk tegangan listrik.

Tegangan listrik sebesar apa? Yakni sebesar 220V (20 ampere). Adapun huruf lainnya seperti ZZ juga demikian. Huruf ZZ cenderung didesain untuk tegangan listrik sebesar 120 Volt atau 32 ampere.

Pengertian dari Pin Konektor
© freepik.com
4
Pengertian dari Pin Konektor

Kode Angka 53

Angka 53 pada kode “53 HCF3K” menunjukkan overload mempunyai pin konektor di tengah. Berbeda lagi jika angka menunjukkan nominal 52 atau 51.

Apa arti angka 52 dan 51 pada overload? Nominal 52 menunjukkan pin konektor berada di satu sisi. Sementara angka 51 menunjukkan adanya 2 pin konektor.

Tanya Jawab Seputar Cara Membaca Kode Overload Kulkas

Sudahkah Volties memahami arti setiap kode angka juga huruf yang tertera pada overload kulkas? Jika demikian, mari menyelesaikan artikel ini dengan membaca sekumpulan pertanyaan yang ada. Yuk, menelaah bersama!

Kulkas 1 pintu pakai overload berapa?

Ukuran overload kulkas 1 pintu biasanya sekitar 1/8 HP atau sekitar 0,42 ampere.

Apa tanda overload kulkas rusak?

Salah satu tanda overload kulkas rusak adalah ketika kompresor Kulthorn terus bekerja atau hidup tanpa henti.

Berapa RPM kompresor kulkas?

Nominal RPM pada kompresor kulkas ialah sekitar 1.100 sampai dengan 3.600 RPM.

Apa penyebab kompresor kulkas nyala terus?

Penyebabnya dapat bermacam-macam, antara lain usia kompresor sudah tua, termostat kulkas rusak, gas freon bocor, kipas kondensor rusak atau overload sudah aus.

Berapa ukuran overload kulkas 2 pintu?

Ukuran overload kulkas 2 pintu umumnya sekitar 1/6 HP atau 0,56 ampere.

Apa itu PTC pada kulkas?

PTC atau Positive Temperature Coefficient adalah alat yang umumnya terpasang di terminal kompresor yang berfungsi sebagai relay (pelindung mesin) berdasarkan temperatur. Apabila temperatur PTC naik, maka listrik yang sedang mengalir akan terputus.

Kompresor 1ph kulkas sama dengan berapa PK?

Besaran kompresor kulkas 1 PH (fasa tunggal) sama dengan output 1/6 PK.

Kesimpulan: Cara Membaca Kode Overload Kulkas

Usai sudah tim Voltbaba menjelaskan rangkaian cara membaca kode overload kulkas Anda. Ternyata tak begitu sulit untuk mengetahui kode-kode tersebut, bukan? Meskipun tanpa menghitung sekalipun pasti langsung paham membaca kode yang tertera.

Pada dasarnya, semua yang berbentuk kode memang ada arti tersendiri tanpa terkecuali overload kulkas Glacio. Sekarang Volties sudah paham, semoga Anda tak keliru lagi mengartikan huruf dan angka yang tertera pada overload kulkas. Tim Voltbaba harap info di atas membantu Volties sekalian!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo