Hide Menu

Hempas Jamur Membandel dengan 5 Cara Membersihkan Kulkas Berjamur Efektif Berikut!

Kulkas Berjamur Tidak akan Terjadi Asalkan Rajin Membersihkan Kulkas Secara Berkala, Simak Caranya di Bawah!

Artikel Cara Membersihkan Kulkas Berjamur ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Kulkas Berjamur 2024
© freepik.com

Apa Sebab Kulkas Berjamur?

Apa Sebab Kulkas Berjamur?
freepik.com

Kira-kira mengapa kulkas Anda dapat berjamur, Volties? Ternyata ada sejumlah penyebab mengapa kulkas itu berjamur, contohnya kulkas lembap. Kulkas yang lembap bisa saja terjadi karena Anda sering membuka tutup pintu kulkas.

Semakin sering membuka tutup pintu kulkas, maka udara sekitar akan masuk berlebihan ke dalam kulkas kemudian hinggap di sepanjang rak maupun kompartemen pintu kulkas. Bisa juga kelembapan ini terjadi karena ventilasi udara kulkas terboklir.

Jangan biarkan bahan makanan Anda menghalangi ventilasi udara pada kulkas. Solusinya yaitu letakkan stok makanan di kompartemen yang tidak menghalangi laju ventilasi. Kemudian, penyebab kulkas Anda lembap yang akan menyebabkan jamur lainnya adalah segel gasket pintu rusak.

Bila Anda menemui embun pada kulkas di langit-langit atau tepian pintu kulkas, kemungkinan besar segel gasket pintu rusak. Gasket pintu bertugas untuk mencegah udara luar masuk ke dalam kulkas sehingga kulkas tak gampang lembap yang menimbulkan jamur.

Selain lembap, bisa saja karena ada sisa makanan menempel pada bagian-bagian kulkas selama berhari-hari. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan jamur. Bukan hanya jamur, bahkan bau tak sedap pun bisa muncul. Sebaiknya Anda waspada terhadap hal-hal seperti ini, ya, Volties.

Kalau Anda tiba-tiba menemui ada jamur pada kulkas kesayangan, segera lakukan 5 langkah cara membersihkan kulkas berjamur versi tim Voltbaba. Mau tahu caranya? Baca artikel ini sampai tuntas, yuk!

Tips Supaya Jamur Tidak Tumbuh di Kulkas

Tips Supaya Jamur Tidak Tumbuh di Kulkas
freepik.com

Menurut Etiek N et al (2022), kulkas atau biasa disebut lemari es ialah alat pendingin yang berfungsi untuk menjaga makanan seperti kue, buah-buahan, sayur-sayuran, daging ayam, serta daging sapi supaya tetap segar dan awet.

Fungsinya sebagai alat penyimpanan bahan makanan ini yang terkadang membuat jamur muncul tak terkendali pada kulkas. Untuk menghindari hal tersebut, Volties bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

  • Letakkan kantong berisi es batu di rak kulkas untuk menyerap kelembapan
  • Simpan makanan sisa di wadah yang kedap udara supaya makanan tetap segar
  • Taruh bahan makanan sesuai dengan tempatnya (daging di freezer, buah-buahan di rak bawah)
  • Selalu cek makanan yang sudah basi dan kedaluwarsa setiap hari
  • Buang makanan yang sudah basi ataupun kedaluwarsa untuk memastikan tidak ada bau busuk yang hinggap
  • Masukkan semua bahan makanan ke dalam wadah bersih kedap udara
  • Bersihkan secara rutin segel serta gasket kulkas
  • Selalu jaga kebersihan bagian dalam dan luar kulkas
  • Jaga suhu kulkas agar tetap optimal
E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membersihkan Kulkas Berjamur - Terbaru 2024

Anda sudah tidak sabar mengetahui langkah-langkah menghilangkan jamur yang benar pada kulkas kesayangan? Langsung saja simak cara khusus dari tim Voltbaba berikut! Siapkan catatan Anda!

1
Kosongkan Semua Isi Kulkas

Keluarkan Setiap Bahan Makanan yang Berada di Kulkas

Kosongkan Semua Isi Kulkas

2
Semprotkan Cairan Pembersih

Semprot Bagian Kulkas yang Terkena Jamur

Semprotkan Cairan Pembersih

3
Lap Permukaan yang Diberi Cairan Pembersih

Gunakan Lap Berbahan Lembut

Lap Permukaan yang Diberi Cairan Pembersih

4
Beri Pengharum Alami

Pengusir Bakteri Penyebab Bau Tak Sedap

Beri Pengharum Alami

5
Tata Kembali Isi Kulkas

Atur Bahan Makanan Seperti Semula

Tata Kembali Isi Kulkas

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keluarkan Setiap Bahan Makanan yang Berada di Kulkas
© freepik.com
1
Keluarkan Setiap Bahan Makanan yang Berada di Kulkas

Kosongkan Semua Isi Kulkas

Rekomendasi kami

Langkah awal yang harus Volties lakukan adalah mengosongkan semua isi kulkas. Ini berguna untuk memudahkan Anda melihat bagian mana dari kulkas yang berjamur. Tanpa mengeluarkan bahan makanan mungkin akan memusingkan saat membersihkannya.

Maka dari itu, keluarkan semua bahan makanan mulai yang berada di bagian freezer sampai chiller. Jangan lupa kompartemen dekat pintu kulkas juga sebaiknya Anda keluarkan juga. Taruh stok makanan tersebut ke wadah lain agar ketahanan dan keawetannya lebih aman.

Semprot Bagian Kulkas yang Terkena Jamur
© freepik.com
2
Semprot Bagian Kulkas yang Terkena Jamur

Semprotkan Cairan Pembersih

Rekomendasi kami

Cara bersihkan kulkas selanjutnya yaitu Volties bisa menyemprotkan cairan khusus untuk membunuh jamur agar tidak kembali lagi pada permukaan kulkas. Cairan khusus ini adalah cuka. Tim Voltbaba sarankan untuk menggunakan cuka dapur yang biasa Anda pakai untuk memasak.

Cuka mempunyai kandungan zat asam yang baik untuk menghilangkan kerak di permukaan kulkas. Jamur sendiri dapat hinggap di permukaan kulkas, karet perekat pintu kulkas ataupun di body kulkas karena tumpahan makanan dan minuman.

Volties juga bisa membersihkan jamur hitam, noda kotor atau bau pada kulkas menggunakan campuran soda kue dan air. Karena kandungan kimia sodium bikarbonat dalam soda kue dapat melonggarkan kotoran, maka secara tidak langsung bahan pengembang ini bisa Anda jadikan solusi pula untuk menghilangkan jamur pada kulkas.

Gunakan Lap Berbahan Lembut
© freepik.com
3
Gunakan Lap Berbahan Lembut

Lap Permukaan yang Diberi Cairan Pembersih

Kemudian, mulailah untuk mengelap permukaan kulkas yang sudah Anda semprotkan menggunakan cairan khusus tadi. Bersihin pakai lap yang memiliki tekstur halus atau lembut supaya lap tidak merusak komponen kulkas.

Sebaiknya Volties menghindari mengelap menggunakan handuk kasar apalagi lap kotor sebagai cara membersihkan kulkas bagian dalam. Ini akan merusak permukaan kulkas juga membuat kulkas tambah merekatkan kotoran dan tidak higienis. Bila sudah mengelap, jangan lupa cuci lap sampai bersih untuk disimpan kembali.

Pengusir Bakteri Penyebab Bau Tak Sedap
© freepik.com
4
Pengusir Bakteri Penyebab Bau Tak Sedap

Beri Pengharum Alami

Rekomendasi kami

Setelah Volties membersihkan semua bagian kulkas, lanjutkan langkah berikutnya dengan memberi pengharum alami di dalam kulkas. Beri pengharum alami seperti potongan lemon, vanili atau bubuk kopi agar bakteri penyebab bau jamur tidak hinggap.

Volties bisa membeli aneka pengharum alami ini dengan harga murah di pasar. Anda dapat memotong 1-2 iris lemon dan taruh di wadah kecil. Bila ingin menggunakan vanili cair, tuang saja sedikit cairan vanili pada kapas dan letakkan di wadah kecil. Begitupun untuk bubuk kopi, langsung tuangkan ke wadah kecil.

Atur Bahan Makanan Seperti Semula
© freepik.com
5
Atur Bahan Makanan Seperti Semula

Tata Kembali Isi Kulkas

Rekomendasi kami

Setelah memastikan semua bagian kulkas telah bersih, lanjutkan dengan menata kembali isi kulkas yang tadi Anda keluarkan. Tata dengan rapi bahan makanan seperti semula. Letakkan sayur-sayuran dan buah-buahan di kulkas bagian paling bawah.

Jangan lupa juga letakkan bahan makanan yang akan Anda olah di bagian chiller. Kemudian, letakkan bahan-bahan lain di rak yang masih tersisa. Taruh bahan makanan seperti ikan dan daging di bagian freezer dan simpan menggunakan wadah tertutup agar makanan beku tetap fresh.

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Kulkas Berjamur

Berikut rangkaian pertanyaan untuk Anda baca. Temukan sekaligus pertanyaan yang ada di benak Volties. Buruan cek!

Membersihkan kulkas dengan apa?

Volties bisa membersihkan kulkas dengan campuran air dan soda kue atau air dan cuka menggunakan spons.

Berapa bulan sekali kulkas harus dibersihkan?

Pembersihan kulkas yang ideal adalah 2-3 minggu sekali atau paling bagus ketika kulkas sudah menunjukkan bau yang kurang sedap. Jika sudah demikian, sebaiknya langsung bersihkan saja.

Kenapa kulkas bisa karatan?

Adanya pertemuan embun dan udara panas di sekitarnya dapat menghasilkan embun di mana kulkas menjadi lembap kemudian cepat berkarat.

Kesimpulan: Cara Membersihkan Kulkas Berjamur

Demikian penjelasan cara membersihkan kulkas berjamur menggunakan cairan cuka. Voltis jadi tak perlu khawatir lagi bila jamur menghinggapi bagian kulkas Anda. Pakai saja cairan cuka atau baking soda sesuai dengan instruksi di atas!

Maka, jaga selalu kulkas Anda. Ambillah makanan dan minuman dengan hati-hati supaya tidak tumpah dan mengenai kulkas sehingga dapat memicu timbulnya jamur. Akhir kata, silakan mencoba cara membersihkan kotoran di kulkas dari jamur membandel dengan langkah-langkah tadi!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo