Hide Menu

Ikuti 3 Cara Membersihkan Printer Canon: Ada Cleaning, Deep Cleaning, dan System Cleaning!

Panduan 3 Cara Membersihkan Printer Canon supaya Printer Bisa Kembali Berfungsi dengan Maksimal

Artikel Cara Membersihkan Printer Canon ini diposting diperbarui
43 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Printer Canon 2024
© freepik.com

Canon, Jenis Printer Terkenal Selain Epson, HP, dan Brother

Canon, Jenis Printer Terkenal Selain Epson, HP, dan Brother
freepik.com

Tidak dapat dipungkiri, ada banyak sekali merek printer yang tersedia di pasaran seperti Epson, HP, Brother, dan Canon. Khusus untuk Canon, ini merupakan merek terkenal yang menawarkan beragam seri printer dengan keunggulannya masing-masing untuk mencetak teks, gambar, dan paper yang berkualitas.

Beberapa seri populer dari merek Canon contohnya PIXMA, imageCLASS, SELPHY, dan INSPIC. PIXMA sendiri merupakan seri printer Canon yang paling populer karena hasil cetakannya luar biasa. Untuk seri PIXMA terdiri dari subseri iP, G, MP, MG, dan E dengan model seperti iP2770, G2010, MP287, MG2570S, E410, dan MP250.

Sama seperti laptop dan komputer yang harus selalu Anda rawat atau maintenance, printer merek Canon juga harus melalui keperawatan yang teratur. Demi menjaga kinerjanya supaya bisa berfungsi dengan maksimal, Anda juga harus merawatnya dengan selalu membersihkan tinta warna yang ada di dalam cartridge printer.

Tidak tahu bagaimana cara membersihkan printer Canon yang benar? Kalau begitu, simak saja artikel ini. Di sini, tim Voltbaba akan menunjukkan 3 cara mengcleaning printer merek Canon melalui proses cleaning, deep cleaning, dan system celaning. Silakan cek!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membersihkan Printer Canon - Terbaru 2024

Mesin printing atau printer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mencetak teks atau gambar yang umumnya digunakan pada kebanyakan industri percetakan (Alifia Panny, 2023). Nah, sama seperti kebanyakan alat elektronik seperti komputer Windows atau mesin cuci yang memerlukan pemeliharaan, printer pun juga sama.

Adapun cara membersihkan printer Canon ada 3, yaitu cleaning, deep cleaning, dan system cleaning. Bagaimana caranya? Perlu Anda ketahui bahwa sebelum memulai proses pembersihan ini, Anda harus menginstall software driver yang sesuai dengan model printer Canon seperti iP2770, G2010, MP287, MG2570S, MP250, dan E410. Jika sudah siap, ayo simak penjelasan di bawah!

1
Cara Cleaning Printer Canon

Teknik Pertama, Head Cleaning buat Bersihin Printer Canon yang Kotor

Cara Cleaning Printer Canon

2
Cara Deep Cleaning Printer Canon

Biar Pembersihan Lebih Mendalam, Lakukan Teknik Deep Cleaning pada Printer Canon

Cara Deep Cleaning Printer Canon

3
Cara System Cleaning Printer Canon

Teknik System Cleaning Buat Bersihin Sistem Printer Canon

Cara System Cleaning Printer Canon

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Teknik Pertama, Head Cleaning buat Bersihin Printer Canon yang Kotor
© freepik.com
1
Teknik Pertama, Head Cleaning buat Bersihin Printer Canon yang Kotor

Cara Cleaning Printer Canon

Rekomendasi kami

Masuk ke cara membersihkan printer Canon yang pertama, yaitu cleaning. Metode ini merupakan proses pembersihan serta pembuangan tinta beku yang menggumpal di bagian bawah cartridge. Saat melakukan proses cleaning ini, printer akan secara otomatis melakukan print head cleaning.

Adapun guide untuk membersihkan printer dengan proses cleaning adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, bukalah “Control Panel” dan pilihlah menu “Hardware and Sound”. Setelah itu, pilih opsi “Device and Printer” dan carilah model printer Canon yang ingin Anda bersihkan.
  2. Berikutnya, klik kanan model printer tersebut dan pilih “Printing Preferences”. Selanjutnya, buka menu printer driver setup window.
  3. Kemudian, klik “Cleaning” yang ada pada tab “Maintenance”. Setelah itu, saat kotak dialog “Print Head Cleaning” sudah terbuka, pilihlah tinta atau ink yang ingin Anda bersihkan.
  4. Jika sudah, pilih opsi “Initial Check Items” untuk mengetahui item-item apa saja yang harus Anda periksa sebelum dibersihkan.
  5. Langkah selanjutnya, segera laksanakan pembersihan. Pastikan printer menyala sebelum dibersihkan dan kemudian klik “Execute” untuk memulai proses print head cleaning.
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Setelah itu, kotak dialog “Nozzle Check” akan terbuka dan segera periksa hasil pembersihannya. Untuk memeriksa apakah kualitas hasil cetakan setelah pembersihan, tekan saja “Print Check Pattern”.
  8. Cara cleaning tinta printer Canon selesai.
Biar Pembersihan Lebih Mendalam, Lakukan Teknik Deep Cleaning pada Printer Canon
© freepik.com
2
Biar Pembersihan Lebih Mendalam, Lakukan Teknik Deep Cleaning pada Printer Canon

Cara Deep Cleaning Printer Canon

Cara membersihkan printer Canon yang kedua adalah deep cleaning. Sesuai namanya, metode ini merupakan proses pembersihan yang lebih menyeluruh daripada proses pembersihan cleaning. Jadi, jika Anda ingin membersihkan printer merek Canon Anda hingga ke akar, lakukan deep cleaning.

Bagaimana caranya? Silakan cek poin-poin di bawah!

  1. Pertama-tama, buka “Control Panel” dan pilihlah menu “Hardware and Sound”. Kemudian, pilih opsi “Device and Printer” dan carilah model printer Canon yang ingin dibersihkan.
  2. Berikutnya, klik kanan model printer tersebut dan pilih “Printing Preferences”.
  3. Setelah itu, buka menu printer driver setup window dan pilihlah opsi “Deep Cleaning” yang ada pada tab “Maintenance”.
  4. Jika opsi “Deep Cleaning” sudah terbuka, pilihlah tinta atau ink yang ingin Anda bersihkan.
  5. Setelah itu, klik “Initial Check Items” untuk menampilkan item apa saja yang akan diperiksa sebelum proses pembersihan.
  6. Jika sudah, segera lakukan “Deep Cleaning”. Sebelum itu, pastikan jika printer sudah menyala dan pilih “Execute”. Misalkan pesan konfirmasi sudah muncul, klik OK untuk memulai proses “Deep Cleaning Print Head”.
  7. Tunggu proses pembersihannya selesai sampai kotak dialog “Nozzle Check” muncul.
  8. Setelah itu, periksa hasil pembersihan “Deep Cleaning” dengan klik “Print Check Pattern”.
  9. Cara deep cleaning printer Canon selesai.
Teknik System Cleaning Buat Bersihin Sistem Printer Canon
© freepik.com
3
Teknik System Cleaning Buat Bersihin Sistem Printer Canon

Cara System Cleaning Printer Canon

Rekomendasi kami

Selain cleaning dan deep cleaning, Anda bisa membersihkan printer Canon dengan melakukan system cleaning. Untuk Anda yang belum tahu, system cleaning merupakan proses pembersihan sistem printer secara berkala dengan menghabiskan tinta di cartridge dengan cepat.

Lantas, bagaimana cara melakukan system cleaning? Silakan cek poin di bawah untuk mengetahui langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, buka “Control Panel” dan pilihlah opsi “Hardware and Sound”. Setelah itu, klik “Device and Printer” dan carilah model printer merek Canon yang ingin Anda bersihkan.
  2. Selanjutnya, klik kanan model printer tersebut dan pilih opsi “Printing Preferences”.
  3. Kemudian, pilih dan buka menu printer driver setup window.
  4. Klik “System Cleaning” yang ada pada tab “Maintenance”.
  5. Setelah itu, kotak dialog “System Cleaning” akan terbuka dan pilihlah tinta untuk mulai melakukan proses pembersihan system cleaning.
  6. Jika sudah, klik “Initial Check Items” untuk mengecek item apa saja yang perlu diperiksa. Jangan lupa juga untuk mengecek level sisa tinta sebelum Anda menjalankan “System Cleaning”.
  7. Langkah selanjutnya, klik opsi “Execute” dan pastikan jika printer sudah menyala. Setelah itu, pilih OK untuk memulai proses pembersihan system cleaning.
  8. Tunggu sampai proses pembersihan selesai. Jika sudah, kotak dialog “Nozzle Check” akan muncul setelah proses system cleaning selesai.
  9. Kemudian, periksa hasilnya dengan klik saja “Print Check Pattern”.
  10. Selesai.

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Printer Canon

Sebelum Anda masuk ke bagian akhir artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan populer tentang cara membersihkan printer Canon di bawah. Berikut daftarnya:

Langkah cleaning printer Canon?

Cara cleaning printer Canon cukuplah mudah, Anda bisa memilih antara proses pembersihan cleaning, deep cleaning, dan system cleaning.

Dimana letak Deep Cleaning printer?

Untuk menemukan opsi deep cleaning saat membersihkan printer Canon, HP, Epson, dan Brother, Anda hanya perlu pergi ke menu “Control Panel”. Setelah itu, pilih opsi “Hardware and Sound” dan klik “Devices and Printer”. Kemudian, cari printer Canon Anda dan klik kanan kemudian pilih printing properties. Jika sudah, cari opsi “Deep Cleaning” pada tab “Maintenance”.

Apa itu head cleaning pada printer?

Teknik pembersihan cleaning atau head cleaning pada printer merupakan cara untuk membersihkan dan menguras sisa tinta yang beku yang tersimpan di bagian bawah cartridge tinta.

Kesimpulan: Cara Membersihkan Printer Canon

Dengan 3 cara di atas, Anda tidak perlu lagi membersihkan printer Canon secara manual. Yang perlu Anda lakukan hanyalah install software driver cleaner, kemudian pilih opsi antara cleaning, deep cleaning, dan system cleaning. Cukup mudah, ‘kan? Jika sudah paham, Anda bisa segera mengikuti 3 cara di atas untuk membersihkan printer Canon secara mandiri.

Sebagai informasi tambahan sekaligus penutup, 3 cara di atas bisa juga Anda gunakan untuk membersihkan printer dari merek Brother dengan tipe J430W dan MFC-L2700DW, Epson dengan tipe L3150, maupun HP dengan model Deskjet Ink Advantage 2135. 3 metode tapi sangat serbaguna untuk semua mesin cetak. Akhir kata, semoga artikel ini membantu Anda mengelola kebersihan printer. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo