Hide Menu

Kertas Gak Mau Masuk ke Printer? Atasi dengan 3 Cara Membersihkan Roller Printer Ini!

Panduan Lengkap Seputar Cara Membersihkan Roller Printer. Cuma Butuh Kain Microfiber, Alkohol Isopropil, dan Sarung Tangan!

Artikel Cara Membersihkan Roller Printer ini diposting diperbarui
19 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Roller Printer 2024
© freepik.com

Apa Fungsi Roller Printer?

Apa Fungsi Roller Printer?
freepik.com

Sama seperti kebanyakan perangkat keras lainnya, printer juga terdiri dari berbagai macam komponen. Dalam kata lain, jika ada satu saja komponen yang mengalami masalah, maka dipastikan printer tidak bisa berfungsi dengan baik. Salah satu contoh masalah pada printer adalah kotor atau tersumbatnya roller printer.

Umumnya, kotor atau tersumbatnya roller printer ini disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering, terlebih jika Anda sering melakukan banyak pencetakan setiap harinya. Di samping itu, roller printer yang kotor biasanya ditandai dengan adanya noda ataupun goresan pada hasil cetakan paper Anda.

Pertanyaannya, adakah cara untuk menghilangkan kotoran, serpihan kertas atau debu yang menempel di roller printer? Jawabannya, tentu saja ada. Beruntungnya Anda, cara membersihkan roller printer juga merupakan solusi yang mudah alias bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Nah, lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan beberapa tips atau guide terbaik untuk membersihkan roller printer yang kotor dan tersumbat. Jadi tunggu apa lagi? Ayo, mulailah membaca!

Ciri-Ciri Roller Printer Harus Dibersihkan

Ciri-Ciri Roller Printer Harus Dibersihkan
freepik.com

Secara garis besar, komponen roller pada printer berfungsi untuk menarik kertas dari paper tray supaya kertas tersebut dapat tercetak dengan hasil yang bagus (Ahmad. H. et al, 2023). Nah, saat roller printer kotor atau bermasalah, ada beberapa tanda yang akan muncul, seperti:

  • Mesin printer tidak dapat menyalurkan kertas dengan benar
  • Printer tidak bisa mengambil kertas yang Anda masukkan
  • Mesin pencetak yang sering macet
  • Adanya garis-garis hitam pada hasil cetakan printer
  • Mesin printer mengeluarkan tinta setiap kali mencetak kertas
  • Hasil print terlihat buram dan tidak jelas
  • Munculnya suara berdecit dari printer saat proses mencetak paper.

Tanda-tanda ini pun berlaku untuk semua merek printer, entah itu Canon PIXMA iP2770 atau G2010, HP 2775, Epson L3110 atau L360 atau L565, maupun Fuji Xerox. Jadi, misalkan Anda menemukan ciri-ciri di atas di printer yang Anda gunakan, segera bersihkan komponen roller printer.

Meski demikian, tidak semua ciri di atas menandakan bahwa roller printer kotor dan bermasalah. Sebut saja hasil cetakan printer yang bergaris atau buram, masalah ini bisa saja berasal dari head cartridge yang tersumbat atau adanya error pada komponen cartridge.

Anda pun bisa mengatasi masalah-masalah di atas dengan melakukan head cleaning maupun deep cleaning yang ada pada tab “Maintenance”. Jika Anda penasaran seperti apa caranya, simak saja artikel tim Voltbaba berjudul cara membersihkan printer bergaris.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Membersihkan Roller Printer - Terbaru 2024

Sejatinya, Anda hanya butuh 4 langkah untuk membersihkan roller printer dengan hasil terbaik dan maksimal. Seperti apa langkah-langkahnya? Jika Anda sudah tidak sabar, scroll saja terus ke bawah dan simak langkah-langkahnya dengan baik.

1
Matikan Printer

Pertama, Printer Harus Mati untuk Mencegah Kerusakan pada Komponen Printer Lainnya

Matikan Printer

2
Temukan Roller Printer

Cari dan Temukan Roller Printer, Biasanya Ada di Atas Paper Tray

Temukan Roller Printer

3
Bersihkan dengan Kain Microfiber

Mulailah Menghilangkan Kotoran pada Roller Printer Menggunakan Kain Microfiber

Bersihkan dengan Kain Microfiber

4
Tes Hasil Cetakan Printer

Terakhir, Tes Printer dan Bagaimana Hasil Cetakannya

Tes Hasil Cetakan Printer

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pertama, Printer Harus Mati untuk Mencegah Kerusakan pada Komponen Printer Lainnya
© freepik.com
1
Pertama, Printer Harus Mati untuk Mencegah Kerusakan pada Komponen Printer Lainnya

Matikan Printer

Rekomendasi kami

Pertama-tama, sebelum Anda mulai mempraktikkan cara membersihkan roller printer, cabut dulu kabel printer dari stop kontak. Langkah awal ini berguna untuk mencegah adanya kerusakan pada komponen printer maupun mencegah Anda dari kemungkinan tersetrum. Keselamatan nomor satu, bukan begitu Volties?

Cari dan Temukan Roller Printer, Biasanya Ada di Atas Paper Tray
© freepik.com
2
Cari dan Temukan Roller Printer, Biasanya Ada di Atas Paper Tray

Temukan Roller Printer

Misalkan Anda sudah melepas kabel printer dari stop kontak, Anda bisa lanjut ke cara kedua membersihkan roller printer yang kotor karena bercak tinta ataupun macet karena adanya kertas. Langkah kedua yang dimaksud adalah menemukan komponen roller printer.

Secara umum, entah printer injek maupun printer laser jet, letak roller printer pada kedua jenis printer ini berbeda. Untuk printer injek, Anda bisa menemukan roller printer tepat di atas tempat paper tray. Sementara untuk printer laser jet, letak roller printer ada di sebelah paper tray maupun di atas dan di bawah cartridge toner.

Mulailah Menghilangkan Kotoran pada Roller Printer Menggunakan Kain Microfiber
© freepik.com
3
Mulailah Menghilangkan Kotoran pada Roller Printer Menggunakan Kain Microfiber

Bersihkan dengan Kain Microfiber

Rekomendasi kami

Lanjut ke cara membersihkan roller printer yang ketiga yaitu proses pembersihan. Dalam hal ini, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan komponen roller, seperti kain microfiber, alkohol Isopropil, dan sarung tangan.

Pertama, celupkan kapas ke dalam alkohol Isopropil sampai basah. Hanya basah, jangan sampai kapasnya basah kuyup semuanya. Setelah itu, Anda bisa menggunakan sarungan tangan untuk mulai membersihkan roller printer. Cukup mudah, bukan?

Sebagai tips tambahan, saat membersihkan roller printer, ada baiknya Anda mengusapnya dengan hati-hati dan lembut menggunakan kain microfiber. Cara ini dimaksudkan supaya tidak ada kerusakan yang terjadi pada komponen lainnya pada mesin printer.

Terakhir, Tes Printer dan Bagaimana Hasil Cetakannya
© freepik.com
4
Terakhir, Tes Printer dan Bagaimana Hasil Cetakannya

Tes Hasil Cetakan Printer

Setelah tiga langkah di atas selesai, Anda bisa lanjut ke cara membersihkan roller printer yang terakhir. Apalagi kalau bukan pengetesan. Dalam kata lain, jika sudah merasa roller printer sudah bersih, Anda bisa segera mengetes kinerja printer Anda.

Bagaimana caranya? Mudah kok, Volties. Anda cukup memasukkan kertas dan ngeprint seperti biasanya. Kemudian, silakan cek kertas yang sudah Anda print tadi. Jika hasil teks maupun gambarnya bagus tanpa ada bayangan, garis, dan sebagainya, itu menandakan roller printer Anda sudah bersih.

Sebaliknya, misalkan ternyata hasil cetakan masih bergaris maupun buram dengan warna yang tidak jelas, artinya bagian roller di printer Anda masih belum bersih. Apabila demikian, ulangi cara membersihkan sekali lagi hingga komponen ini tidak ada kotoran yang tersisa. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Roller Printer

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer tentang cara membersihkan roller printer. Coba baca biar makin paham!

Seperti apa cara bersihkan printer?

Untuk membersihkan printer, baik dari merek Canon, Epson, Brother, Fuji Xerox, maupun HP, Anda cukup melakukan head cleaning atau deep cleaning. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, tekan tombol shortcut CTRL + P pada keyboard.
  2. Selanjutnya, pilih menu “Printer Properties” hingga muncul sebuah kotak dialog.
  3. Setelah itu, klik menu “Maintenance” dan pilihlah opsi “Cleaning” atau “Deep Cleaning”.
  4. Jika sudah, Anda bisa lanjut memilih opsi “Print Head Cleaning”.
  5. Langkah selanjutnya, klik menu “Execute”.
  6. Kemudian, tunggu proses cleaning atau deep cleaning selesai sampai kotak dialog “Nozzle Check” muncul.
  7. Setelah itu, klik “OK” dan segera pilih “Print Check Pattern”.
  8. Selesai.

Berapa harga roller printer?

Harga satu buah roller printer di e-commerce berkisar antara 6 ribu rupiah sampai 40 ribu rupiah.

Kesimpulan: Cara Membersihkan Roller Printer

Itulah penjelasan singkat dari tim Voltbaba seputar cara membersihkan roller printer. Seperti yang sudah Anda ketahui, roller merupakan komponen penting pada printer yang fungsinya untuk menarik kertas dari paper tray supaya printer bisa mencetak hasil printing yang bagus.

Nah, jika komponen ini kotor, otomatis printer tidak dapat bekerja dengan baik. Karenanya, Anda perlu membersihkannya lewat 6 cara membersihkan cara roller printer yang sudah tim Voltbaba tunjukkan di atas. Cara-caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mematikan printer, menemukan roller printer, membersihkan dengan kain microfiber, dan terakhir mengetes hasil cetakan printer.

Sekarang, setelah Anda mengetahui cara-caranya, apakah Anda sudah siap membersihkan roller printer? Jika begitu, segera siapkan kain microfiber, alkohol Isopropil, dan sarung tangan. Apabila sudah, mulailah membersihkan komponen roller printer Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo