Hide Menu

Cuma Butuh 5 Langkah dan Kesabaran, Beginilah Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com!

Panduan Seputar Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com yang Mudah dan Lengkap. Anti Gagal!

Artikel Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com ini diposting diperbarui
53 Pembaca
Like
Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com 2024
© istockphoto.com/MarkGillow

Kandungan Bawang Hitam

Kandungan Bawang Hitam
istockphoto.com/kuppa_rock

Halo, Volties! Pada kesempatan kali ini, tim Voltbaba akan membahas seputar cara membuat bawang hitam dengan magic com. Apakah Anda pernah mendengar nama bawang hitam atau black garlic? Yep, bukan bawang putih maupun bawang merah, namun bawang hitam.

Bawang hitam sendiri sebenarnya merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar dan sudah melalui proses penghangatan dengan suhu 60°C sampai 77°C selama 20 sampai 60 hari. Dalam proses penghangatan inilah magic com dibutuhkan untuk mengubah bawang putih sampai berubah menjadi bawang hitam.

Selain itu, bawang hitam juga merupakan jenis makanan yang akhir-akhir sedang populer karena khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan kandungan karbohidrat yang lebih rendah daripada bawang putih biasa, bawang hitam pun menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Seperti yang dilansir Halodoc pada lamannya, di bawah ini adalah detail kandungan nutrisi yang ada dalam 15 gram blackgarlic atau bawang hitam:

  • Kalori: 20
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 5 gram
  • Gula: 4 gram

Selain kandungan nutrisi di atas, black garlic juga mengandung beberapa nutrisi lainnya yang meliputi vitamin C, vitamin B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, sampai zat besi. Lalu, apa saja manfaat bawang putih pada kesehatan? Simak penjelasannya di section selanjutnya!

Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan
istockphoto.com/ma-no

Dengan semua kandungan yang terdapat pada bawang hitam, maka banyak khasiat dan manfaat kesehatan juga yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi bawang hitam ini. Kira-kira, apa saja manfaat kesehatan tersebut? Di bawah ini adalah penjelasannya!

  • Menunjang Kesehatan Jantung

Bawang hitam atau black garlic mempunyai sifat antiperadangan dan antioksidan yang berasal dari senyawa bioaktif yang terkandung di dalamnya. Adanya senyawa bioaktif ini pun membuat bawang hitam dapat menunjang kesehatan jantung dengan cara melindungi sel-sel yang ada pada sistem kardiovaskular.

Selain sebagai penunjang kesehatan jantung, senyawa bioaktif pada bawang hitam juga berperan untuk menghambat pembentukan protein dan enzim yang menjadi penyebab munculnya peradangan.

  • Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Manfaat bawang putih selanjutnya terhadap kesehatan adalah menurunkan kadar gula yang ada dalam darah. Alasannya karena tingginya kandungan antioksidan, senyawa fenolik, dan senyawa S-Allylcysteine ​​​​[SAC] yang ada pada bawang hitam (Eva. A et al, 2020). Dengan kandungan ini, bawang hitam juga dapat menurunkan risiko trigliserida dan kolesterol.

  • Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Senyawa S-Allylcysteine ​​​​[SAC] yang terkandung pada bawang hitam tidak hanya berperan untuk menurunkan kadar gula dalam darah namun juga dapat membantu proses penyerapan allicin. Hal ini tentu saja membuat bawang hitam sangat cocok dikonsumsi oleh Anda pengidap penyakit asam lambung atau maag.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Selain membantu menunjang kesehatan jantung, senyawa bioaktif yang ada pada bawang hitam juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, senyawa bioaktif dalam bawang hitam bekerja dengan membunuh sel-sel kanker. Bukan cuma itu, senyawa ini juga dapat menghambat sekaligus menghentikan persebaran sel tumor di tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Selain menunjang kesehatan tubuh, mengonsumsi bawang hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak. Kok bisa? Lagi-lagi, itu karena kandungan antioksidannya yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan kemampuan memori, serta melindungi otak dari penyakit berbahaya seperti Parkinson dan Alzheimer.

  • Meningkatkan Imunitas

Masih ada hubungannya dengan kandungan antioksidan yang ada pada bawang hitam. Karena kandungan ini, bawang hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan ini, tentu saja, tubuh Anda akan jauh lebih mudah dan baik untuk melawan berbagai serangan penyakit.

  • Mencegah Obesitas

Tidak dapat dipungkiri lagi, obesitas merupakan sebuah kondisi yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit serius. Nah, ternyata oh ternyata, mengonsumsi black garlic atau bawang hitam mampu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol pada tubuh Anda sebagai bentuk pencegahan terhadap obesitas.

Selain tujuh manfaat bawang hitam yang tim Voltbaba tampilkan di atas, bawang hitam sebenarnya masih memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Manfaat-manfaat ini seperti mencegah penuaan dini, mengobati sakit gigi, menghilangkan bekas luka akibat gatal, meningkatkan gairah seksual pria, dan bahkan mengatasi ejakulasi dini.

Efek Samping Konsumsi Bawang Hitam

Efek Samping Konsumsi Bawang Hitam
istockphoto.com/ma-no

Pada dasarnya, sampai saat ini pun masih tidak ditemukan efek samping dari konsumsi obat berkedok camilan aliat bawang hitam ini. Hanya saja, Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala seperti:

  • Gangguan pencernaan
  • Bau mulut yang busuk
  • Alergi
  • Bikin sakit perut
  • Pusing

Selain itu, sebagai camilan berbahan dasar bahan alami, bawang hitam sangat aman untuk Anda konsumsi. Terlebih lagi, tidak ada peraturan khusus mengenai batasan maupun dosis dalam mengonsumsi black garlik. Namun tetap saja, jika Anda sudah merasakan beberapa ciri gejala di atas, coba sedikit kurangi konsumsi bawang hitam ya Volties.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com - Terbaru 2024

Bagaimana? Apakah para Volties sekalian sudah tahu kandungan bawang hitam dan manfaatnya untuk kesehatan? Kalau sudah, bagaimana kalau kita pindah ke topik utama dari artikel ini? Benar sekali! Mari mulai mempelajari cara membuat bawang lanang hitam dengan magic com.

Namun, sebelum itu, Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan peralatan untuk memulai membuat bawang hitam. Apa saja? Cek poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • 1 kg bawang putih sin chung lanang atau kating atau tunggal
  • Alumunium foil atau beberapa lembar tisu
  • Mejikom

Alumunium foil atau tisu di sini berfungsi untuk mencegah agar bau bawang putih yang Anda hangatkan di magic com tidak menyebar ke seluruh rumah. Jadi, pastikan untuk menggunakan alumunium foil atau tisu, ya. Anda bisa pilih salah satu dan mulai lakukan langkah-langkah di bawah! 

1
Letakkan Magic Com di Tempat yang Dekat dengan Ventilasi Udara

Siapkan Mejikom Sebagai Alat untuk Mengolah Bawang Putih Jadi Bawang Hitam

Letakkan Magic Com di Tempat yang Dekat dengan Ventilasi Udara

2
Bersihkan Bawang Putih dengan Mengupas Kulit Terluar Saja

Kupas Kulit Siung Bawang Putih Sampai Tersisa Satu Kulit Saja

Bersihkan Bawang Putih dengan Mengupas Kulit Terluar Saja

3
Bungkus Bawang Putih dengan Alumunium Foil dan Masukkan ke Magic Com

Bungkus Bawang Biar Isi Bawangnya Gak Gosong

Bungkus Bawang Putih dengan Alumunium Foil dan Masukkan ke Magic Com

4
Aduk Bawang Setiap 3 Hari Sekali

Aduk Bawang 3 Hari Sekali Secara Rutin Biar Matangnya Rata

Aduk Bawang Setiap 3 Hari Sekali

5
Angkat Bawang dari Magic Com dan Masukkan ke Toples

Masukkan ke Toples dan Simpan di Tempat yang Kering

Angkat Bawang dari Magic Com dan Masukkan ke Toples

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Siapkan Mejikom Sebagai Alat untuk Mengolah Bawang Putih Jadi Bawang Hitam
© istockphoto.com/Mizkit
1
Siapkan Mejikom Sebagai Alat untuk Mengolah Bawang Putih Jadi Bawang Hitam

Letakkan Magic Com di Tempat yang Dekat dengan Ventilasi Udara

Rekomendasi kami

Langkah pertama dalam cara buat bawang hitam adalah menyiapkan magic com. Anda pun juga diperbolehkan untuk menggunakan rice cooker ataupun magic jar karena memang fungsi yang Anda butuhkan hanyalah fungsi warm atau menghangatkan dari ketiga jenis penanak nasi ini.

Tergantung dari berapa banyak bawang hitam yang ingin Anda buat, Anda bisa memilih magic com dengan kapasitas yang berbeda-beda. Semisal Anda ingin mengubah 1 kg bawang putih menjadi bawang hitam, maka Anda butuh magic com dengan kapasitas 1 liter. Sementara untuk mejikom dengan kapasitas 0.6 liter, Anda bisa membuat sekitar ¾ kg bawang hitam.

Jika Anda sudah menentukan mejikom yang akan Anda gunakan, maka segera letakkan mejikom tersebut di tempat yang dekat dengan ventilasi udara. Kenapa? Hal ini perlu untuk Anda lakukan agar bau tidak sedap dari bawang putih yang dihangatkan nanti tidak menyebar ke seluruh ruangan di rumah Anda.

Kupas Kulit Siung Bawang Putih Sampai Tersisa Satu Kulit Saja
© istockphoto.com/MarekUsz
2
Kupas Kulit Siung Bawang Putih Sampai Tersisa Satu Kulit Saja

Bersihkan Bawang Putih dengan Mengupas Kulit Terluar Saja

Rekomendasi kami

Mejikom sudah siap? Kalau begitu, Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu mengupas kulit-kulit luar bawang putih lanang atau kating. Anda cukup mengupas kulit terluar dari bawang putih dan sisakan satu lapis kulit bawang putih.

Ini perlu untuk Anda lakukan agar isi bawang putih yang Anda hangatkan nanti tidak gosong. Anda juga tidak perlu mencucinya, ya, sobat Volties. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengupas kulit luar bawang putih saja.

Bungkus Bawang Biar Isi Bawangnya Gak Gosong
© istockphoto.com/PamelaMoore
3
Bungkus Bawang Biar Isi Bawangnya Gak Gosong

Bungkus Bawang Putih dengan Alumunium Foil dan Masukkan ke Magic Com

Rekomendasi kami

Misalkan sudah Anda kupas seluruh kulit dari bawang putih yang akan Anda ubah menjadi bawang hitam, Anda bisa segera membungkusnya menggunakan alumunium foil. Setelah semua bawang putih sudah terbungkus rapi, masukkan bungkusan alumunium foil berisi bawang putih ke panci magic com.

Sebaliknya, jika Anda lebih memilih untuk menggunakan tisu, maka Anda membutuhkan beberapa lembar tisu. Nah, langkah pertama adalah meletakkan 2 lembar tisu pada dasar panci mejikom, kemudian tata bawang putih kating atau lanang sesuai takaran.

Jika sudah Anda tata, tutupilah dengan 2 lembar tisu lagi. Misalkan Anda ingin menambahkan bawang putih lagi, Anda bisa menambahkannya. Jika sudah, tutuplah lagi tatanan bawang putih tadi dengan 2 lembar tisu lagi.Kemudian, tutup mejikom dan colokkan mejikom ke stop kontak. Setelah itu, biarkan mejikom ada pada mode warm selama 20-30 hari.

Aduk Bawang 3 Hari Sekali Secara Rutin Biar Matangnya Rata
© istockphoto.com/dusanpetkovic
4
Aduk Bawang 3 Hari Sekali Secara Rutin Biar Matangnya Rata

Aduk Bawang Setiap 3 Hari Sekali

Selama periode 20 sampai 30 hari proses penghangatan bawang putih lanang di dalam mejikom, sama seperti gambar di atas, Anda harus mengaduk bawang agar matangnya merata. Jika Anda menggunakan alas alumunium foil, Anda bisa membukanya dan mengaduknya. Namun, jika Anda menggunakan alas tisu, Anda cukup memutar panci mejikom. Mudah, kan?

Lakukan langkah pengecekan ini setiap 3 hari sekali selama 20 sampai 30 hari. Kemudian, pada hari ke-14, coba buka tutup magicom dan ambil satu siung bawang lanang. Coba kupas kulit bawang tersebut dan jika Anda mendapati isi bawang sudah menghitam, maka itu pertanda bawang sudah jadi. Jika masih kecoklatan, itu tandanya belum jadi.

Jika Anda masih mendapati isi bawang masih kecoklatan, hangatkan kembali bawang dan tunggu sekitar 5 hari. Setelah 5 hari, cobalah mengambil satu siung bawang lanang dan buka kulitnya. Jika sudah menghitam, berarti bawang hitam buatan Anda sudah jadi.

Masukkan ke Toples dan Simpan di Tempat yang Kering
© istockphoto.com/OlgaPeshkova
5
Masukkan ke Toples dan Simpan di Tempat yang Kering

Angkat Bawang dari Magic Com dan Masukkan ke Toples

Rekomendasi kami

Misalkan Anda mendapati warna bawang Anda sudah menghitam, berarti Anda bisa segera mengangkat panci mejikom dan keluarkan dari magicom. Setelah itu, tiriskan bawang dan biarkan sampai dingin. Jika sudah dingin, Anda bisa segera memasukkannya ke toples atau wadah apapun yang Anda punya di rumah.

Langkah terakhir, apa lagi kalau bukan mencicipi camilan bawang hitam buatan Anda. Jika Anda penasaran seperti apa rasa dari bawang hitam, rasanya enak dengan sedikit rasa asam. Teksturnya pun kenyal layaknya dodol. Cocok buat jadi camilan pas pagi maupun sore hari.

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com

Setelah semua panduan dari tim Voltbaba mengenai cara membuat bawang hitam dengan magic com, kini waktunya bagi Anda untuk mengecek beberapa pertanyaan terkait beserta jawabannya di bawah. Yuk, simak!

Berapa hari untuk membuat bawang hitam?

Tergantung dari alas yang Anda gunakan, maka jumlah hari yang harus Anda tunggu dalam proses pembuatan bawang hitam juga akan berbeda. Jika Anda menggunakan alumunium foil, Anda hanya perlu waktu sekitar 2 minggu saja. Namun jika Anda menggunakan tisu, maka waktu yang Anda butuhkan sekitar 30 hari sampai 60 hari.

Bagaimana cara membuat black garlic?

Caranya cukup mudah, begini ringkasannya:

  1. Bersihkan kulit bawang putih
  2. Bungkus bawang putih menggunakan alumunium foil atau tisu
  3. Masukkan bawang putih ke dalam mejikom dan nyalakan mode warm
  4. Aduk bawang setiap 3 hari sekali
  5. Di hari ke 15, cek kematangan bawang. Jika sudah hitam berarti tandanya sudah matang
  6. Angkat bawang dan masukkan ke toples
  7. Selesai

Berapa lama proses pembuatan black garlic?

Kira-kira, berapa lama membuat bawang putih hitam yang tepat? Secara umum, waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan black garlic yang berkualitas tinggi sekitar 60 hari sampai 90 hari.

Manfaat bawang hitam untuk penyakit apa saja?

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan kentika mengonsumsi black garlic atau bawang hitam, seperti:

  • Menunjang kesehatan jantung
  • Menurunkan kadar gula dalam darah
  • Mengatasi penyakit asam lambung atau maag
  • Mengurangi risiko kanker
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meningkatkan imunitas tubuh 
  • Mencegah obesitas

Apakah bisa membuat black garlik menggunakan peralatan lain selain mejikom?

Jawabannya bisa. Anda bisa menggunakan reskuker, oven, maupun alat panggang lainnya untuk mengolah bawang putih menjadi camilan bawang hitam yang lezat.

Bagaimana cara mengonsumsi bawang hitam?

Sama seperti camilan lainnya, Anda cukup memakan dan mengunyahnya saja. Jangan Anda minum atau jadikan bumbu masak, ya, Volties karena bawang hitam pada dasarnya camilan.

Kapan waktu terbaik makan black garlic?

Sebagai obat berkedok camilan, waktu paling tepat untuk mengonsumsi black garlic adalah 3 kali sehari sebanyak 2 sampai 3 siung sehabis makan.

Kesimpulan: Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com

Demikian akhir dari artikel tim Voltbaba seputar cara membuat bawang hitam dengan magic com. Pada dasarnya, langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat bawang hitam cukuplah sederhana. Namun, ada satu hal yang paling Anda butuhkan dalam proses pembuatan bawang hitam, yaitu kesabaran.

Bagaimanapun, saat membuat bawang hitam, Anda membutuhkan waktu minimal 14 hari sampai 60 hari. Tentu saja, menunggu selama ini pasti membutuhkan kesabaran yang tinggi juga. Meski begitu, kesabaran Anda ini akan menghasilkan camilan lezat yang punya banyak manfaat kesehatan, yaitu bawang hitam. Selamat mencoba Volties!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo