Hide Menu

Enak dan Bergizi! Cermati 6 Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com, Mudah Sekali!

Tips dan Resep Sederhana Anti Gagal. Wajib Anda Coba di Rumah!

Artikel Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com ini diposting diperbarui
16 Pembaca
Like
Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com 2024
© freepik.com/topntp26

Apa Itu Nasi Kuning?

Apa Itu Nasi Kuning?
freepik.com/topntp26

Nasi kuning merupakan nasi yang terbuat dari beras putih dan tambah bumbu penguning atau kunyit untuk merubah warna nasi jadi kuning. Olahan nasi satu ini banyak masyarakat kenal sebagai simbol syukuran, seperti perayaan ulang tahun, kelahiran bayi, pernikahan, dan sebagainya.

Filosofi nasi kuning sendiri melambangkan gunung emas yang mempunyai makna kekayaan, kemakmuran, serta moral yang luhur. Oleh sebab itu, masyarakat menjadikan nasi kuning lebih identik untuk disajikan di perayaan-perayaan besar tasyakuran.

Umumnya orang-orang membuat nasi kuning dengan cara manual untuk acara sakral tersebut. Namun, zaman semakin modern, ada magic com yang bisa Anda manfaatkan untuk memasak nasi kuning jadi lebih mudah.

Tertarik mencobanya di rumah, Volties? Jika demikian, Anda bisa ikuti uraian cara membuat nasi kuning dengan magic com versi Voltbaba. Scroll, sekarang!

Tips Memasak Nasi Kuning Pulen di Magic Com

Tips Memasak Nasi Kuning Pulen di Magic Com
freepik.com/roberiomb

Biar nasi kuning jadi pulen di magic com, ada tips tersendiri untuk Anda ikuti. Salah satunya, jangan tambahkan beras ketan. Sebab, tekstur nasi kuning jadi lengket setelah matang. Apa tips lainnya? Lihat poin di bawah!

  • Tumis terlebih dahulu bumbu hingga wangi sebelum mencampurnya ke panci mejikom.
  • Masukkan air panas agar nasi matang merata.
  • Aduk-aduk nasi kuning yang sudah matang supaya bumbu dan warna tercampur merata.
  • Tutup kembali magic com dan tekan tombol cook untuk mematangkan nasi kuning lebih sempurna.
  • Diamkan nasi setelah matang sekitar 15 menit.
  • Aronkan nasi atau masak nasi setengah matang dengan bumbu sekitar 10 menit sebelum Anda masukkan ke mejikom.
  • Sebaiknya tidak terlalu sering memanaskan nasi kuning yang sudah matang untuk menghindari nasi kuning kering.
E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com - Terbaru 2024

Sudah tim Voltbaba sebutkan tadi bahwa nasi kuning terbuat dari nasi putih dengan campuran kunyit. Penyataan itu sama dengan apa yang Ayu Saka Laksmita et al (2022) katakan, nasi kuning merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dicampur dengan kunyit dan rempah-rempah sehingga berwarna kuning.

Jelas ya, Volties untuk penjelasan nasi kuning ini. Sekarang, mari beralih ke cara membuatnya, spesial memakai magic com. Cek setiap cara di bawah!

1
Siapkan Bahan Serta Peralatan

Persiapan Matang Bikin Hati Senang

Siapkan Bahan Serta Peralatan

2
Cuci Beras Sampai Bersih

Hilangkan Sisa Padi dan Kerikil Seketika

Cuci Beras Sampai Bersih

3
Tambahkan Air dan Bumbu ke Dalam Beras

Campuran Aneka Bumbu Buat Gurih

Tambahkan Air dan Bumbu ke Dalam Beras

4
Masak Beras dengan Campuran Bumbu di Magic Com

Proses Perubahan Beras Menjadi Nasi

Masak Beras dengan Campuran Bumbu di Magic Com

5
Diamkan Nasi Terlebih Dahulu

Matangkan Nasi Kuning Seluruhnya

Diamkan Nasi Terlebih Dahulu

6
Nasi Kuning Siap Dihidangkan

Ciptakan Kreasi Nasi Kuning di Atas Piring

Nasi Kuning Siap Dihidangkan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Persiapan Matang Bikin Hati Senang
© freepik.com/fabrikasimf
1
Persiapan Matang Bikin Hati Senang

Siapkan Bahan Serta Peralatan

Rekomendasi kami

Dalam rangka memasak apapun, hendaknya mempersiapkan bahan serta peralatan. Sama halnya membuat nasi kuning. Anda perlu menyiapkan beras, bawang putih, kunyit, bumbu halus atau bumbu nasi kuning instan, air secukupnya, magic com, centong, dan piring.

Hilangkan Sisa Padi dan Kerikil Seketika
© freepik.com/pixel-shot.com
2
Hilangkan Sisa Padi dan Kerikil Seketika

Cuci Beras Sampai Bersih

Rekomendasi kami

Memasak nasi tanpa mencuci beras adalah hal yang tidak mungkin terjadi, bahkan untuk urusan membuat nasi kuning sekalipun. Volties harus mencuci beras putih sampai bersih sebelum memasukkannya ke dalam mejikom.

Hal ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran seperti kerikil atau ampas padi. Cuci bersih di air mengalir, aduk-aduk hingga kotoran terlihat di permukaan air. Ulangi step ini sampai tiga kali saja sembari memastikan beras siap Volties masak. 

Campuran Aneka Bumbu Buat Gurih
© freepik.com
3
Campuran Aneka Bumbu Buat Gurih

Tambahkan Air dan Bumbu ke Dalam Beras

Jika Anda berencana memasak 5 cup beras, maka air yang Anda butuhkan adalah 7,5 gelas air. Sementara untuk bumbu, Volties boleh menggunakan bumbu yang dihaluskan sendiri atau pakai bumbu instan nasi kuning.

Bila Anda ingin buat dengan bumbu sendiri, uleg bumbu halus yang terdiri dari bawang putih dan kunyit. Kemudian, cemplungkan daun salam, sereh, jahe, garam, dan santan sesuai takaran. Lalu, aduk semua bumbu hingga tercampur merata dan cicipi apakah sudah pas rasa bumbunya.

Proses Perubahan Beras Menjadi Nasi
© freepik.com/ArnuphapY
4
Proses Perubahan Beras Menjadi Nasi

Masak Beras dengan Campuran Bumbu di Magic Com

Langkah berikutnya, masak beras di mejikom dan tekan tombol cook setelah Anda menutupnya. Tunggu hingga nasi mengeluarkan kepulan asap di tongolan cup sekitar setengah jam atau kurang.

Buka tutupnya dan aduk perlahan agar bumbu tercampur merata. Kemudian, tutup lagi. Biarkan nasi kuning matang sempurna.

Matangkan Nasi Kuning Seluruhnya
© freepik.com/pixel-shot.com
5
Matangkan Nasi Kuning Seluruhnya

Diamkan Nasi Terlebih Dahulu

Ketika nasi kuning matang setelah diaduk, Anda bisa mendiamkannya sekitar 10-15 menit. Proses ini berguna untuk mematangkan nasi secara sempurna sampai ke bagian bawah.

Setelah 15 menit berlalu, Anda boleh membukanya. Lalu, buang daun sereh, jeruk, dan salam. Apabila perlu, boleh saja Anda pakai untuk hiasan. Boleh juga pake timun dan selada sebagai tambahan, hidangan ini akan terlihat lebih menakjubkan. 

Ciptakan Kreasi Nasi Kuning di Atas Piring
© freepik.com/odua
6
Ciptakan Kreasi Nasi Kuning di Atas Piring

Nasi Kuning Siap Dihidangkan

Inilah nasi kuning Anda sudah jadi dan siap disajikan di piring. Volties juga bisa kreasikan nasi kuning jadi beberapa bentuk untuk dihidangkan. Contohnya, jadikan nasi dalam bentuk kerucut atau tumpeng. 

Namun jika Volties tidak punya banyak waktu luang, letakkan saja di atas mangkok biasa untuk membentuk nasi kuning jadi setengah bulatan. Tambahkan potongan telur dadar, maka nasi siap dihidangkan! 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com

Berikut adalah daftar pertanyaan dan jawaban mengenai pembuatan nasi kuning dengan magic com. Simak, ya!

Apa penyebab nasi kuning di magic com?

Penyebabnya adalah nasi kurang bersih saat Anda mencuci. Untuk mencegah hal itu terjadi kembali, sebaiknya cuci sampai tiga kali di air mengalir.

Apa yang harus dilakukan jika nasi lembek?

Volties bisa masukkan ke dalam kulkas, anginkan nasi di depan kipas, jadikan nasi goreng, tambahkan garam, dan masih banyak lagi.

Apa pewarna nasi kuning?

Pewarna nasi kuning berasal dari kunyit. Adapun pewarna makanan sintetis yang aman berwarna kuning. Namun, umumnya pewarna untuk nasi kuning memang dari ekstrak tumbuhan kunyit.

Mengapa disebut nasi kuning?

Karena warnanya kuning setelah adanya campuran dari kunyit dan itu juga melambangkan emas.

Kesimpulan: Cara Membuat Nasi Kuning dengan Magic Com

Selesai sudah tim Voltbaba menguraikan cara membuat nasi kuning dengan magic com. Hanya siapkan bahan, peralatan, cuci beras, tambahkan bumbu, masak di mejikom, aduk-aduk, dan nasi kuning siap Anda sajikan.

Cara mudah ini bisa saja Anda manfaatkan untuk membuat nasi lain, uduk misalnya. Mudah bukan, Volties? Saatnya Anda mencoba resep ini di rumah, semoga sukses!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo