Hide Menu

Pecinta Alpukat Wajib Tahu! Begini 3 Cara Membuat Smoothies Alpukat yang Mudah di Rumah

Panduan Lengkap Tentang 3 Resep Membuat Smoothies Alpukat yang Lezat dan Creamy, Cocok Buat yang Lagi Diet!

Artikel Cara Membuat Smoothies Alpukat ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Membuat Smoothies Alpukat 2024
© freepik.com

Smoothies Alpukat Itu Minuman Lezat dan Bergizi yang Baik untuk Kesehatan

Smoothies Alpukat Itu Minuman Lezat dan Bergizi yang Baik untuk Kesehatan
freepik.com

Buat para percinta buah alpukat, Anda tentunya sudah tahu bahwasanya buah berwarna hijau ini sangat cocok untuk dibikin jus, salad hingga milkshake. Nah, tahukah Anda jika buah alpukat juga bisa Anda ubah jadi smoothies yang creamy, lezat, dan bergizi? Belum tahu? Wah, rugi dong!

Alpukat atau avocado merupakan buah yang terkenal karena kandungan gizinya yang banyak, seperti lemak tak jenuh, protein, mineral, kalium serta beberapa vitamin. Dengan semua kandungan gizi ini, buah alpukat sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, hingga mencegah penuaan dini.

Melihat kelezatan dan manfaatnya untuk kesehatan, apakah Volties tertarik untuk membuat dan menikmati satu gelas semutis alpukat? Jika begitu, simak artikel ini untuk mengetahui recipe sekaligus cara membuat smoothies alpukat yang lezat di rumah. Tunggu apa lagi? Bacalah!

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat
freepik.com

Biar Volties makin terdorong untuk bikin smoothies alpukat di rumah, tim Voltbaba akan menjelaskan beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan dengan lebih detail di section ini. Apa saja manfaat-manfaatnya?

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat memiliki kandungan lutein yang cukup banyak, sejenis vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Karenanya, jika Anda merasa kesehatan mata Anda memburuk, coba mulai mengonsumsi olahan buah alpukat seperti smoothies atau milkshake.

  • Mengobati Sariawan

Anda mungkin berpikir bahwa buah yang bermanfaat menyembuhkan sariawan adalah buah dengan rasa asam seperti jeruk atau belimbing. Namun, tahukah Anda ternyata buah avocado juga dapat menyembuhkan sariawan? Berkat rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut sehingga sangat cocok untuk mengobati sariawan.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah alpukat itu mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik. Berkat kandungan ini, buah alpukat sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda. Penelitian dari Sahrul. R (2016) juga menyatakan bahwa konsumsi jus atau smoothies alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik HDL.

  • Menjaga Berat Badan

Lagi diet dan butuh minuman yang mampu menjaga berat badan? Minuman dari olahan alpukat dapat membantu. Pasalnya, satu buah alpukat mengandung kalori yang tinggi dan kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang. Konsumsilah alpukat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus, semutis atau campurkan dengan salad terlebih dahulu.

  • Melembabkan Kulit

Selain memiliki kandungan protein dan lemak tak jenuh, buah avokado juga mengandung berbagai jenis vitamin, salah satunya vitamin A. Untuk Anda yang belum tahu, vitamin A adalah jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan tambahan nutrisi untuk mencegah penuaan dini.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Resep Smoothies Alpukat

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Resep Smoothies Alpukat
freepik.com

Saat membuat resep smoothies alpukat, ada beberapa bahan sederhana yang harus Anda siapkan supaya hasil smoothies buatan Anda terasa lezat. Lalu, apa saja bahan dan alat untuk membuat smoothies alpukat? Berikut daftarnya:

  • 1 buah alpukat yang sudah matang
  • 100 ml plain yogurt atau yogurt hambar
  • 100 ml susu cair
  • Gula secukupnya, bisa Anda ganti dengan madu murni
  • Es batu sesuai kebutuhan
  • Blender

Misalkan Anda ingin menambahkan rasa buah lainnya, siapkan beberapa buah segar untuk membuat resep avokado smoothies yang lebih nikmat. Sebut saja anggur untuk bikin smothies alpukat anggur, pisang atau banana untuk bikin smoothie alpukat pisang, dan lain-lainnya.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membuat Smoothies Alpukat - Terbaru 2024

Setelah Anda tahu manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan bahan-bahan untuk membuat resep smoothies alpukat, tentu saja, sekarang saatnya untuk mengetahui cara membuatnya. Cara membuat smoothies alpukat tebilang sangat amat mudah karena Anda hanya butuh 3 langkah saja. Simak penjelasannya di bawah!

1
Belah Buah Alpukat dan Buang Bijinya

Langkah Pertama, Potong Buah Alpukat, Buang Bijinya, dan Ambil Dagingnya Saja

Belah Buah Alpukat dan Buang Bijinya

2
Masukkan Daging Buah Alpukat dan Tambahan-Tambahan Lainnya

Taruh Semua Bahan ke Dalam Blender dan Blend Sampai Halus

Masukkan Daging Buah Alpukat dan Tambahan-Tambahan Lainnya

3
Sajikan Smoothies Alpukat

Langkah Final! Sajikan Smoothies Alpukat ke Dalam Gelas

Sajikan Smoothies Alpukat

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Pertama, Potong Buah Alpukat, Buang Bijinya, dan Ambil Dagingnya Saja
© freepik.com
1
Langkah Pertama, Potong Buah Alpukat, Buang Bijinya, dan Ambil Dagingnya Saja

Belah Buah Alpukat dan Buang Bijinya

Rekomendasi kami

Langkah pertama dalam cara membuat smoothies alpukat adalah membelah buah alpukat dan membuang bijinya. Jadi, buang biji dan ambil daging alpukatnya saja untuk dimasukkan ke dalam blender.

Setelah mengambil daging alpukatnya, siapkan juga sekalian bahan-bahan lainnya untuk membuat smoothies. Bahan-bahan yang dimaskud adalah plain yogurt, susu cair, gula, dan es batu. Jika Anda tertarik bikin resep smoties alpukat lainnya, Anda bisa menambahkan buah anggur atau banana alias buah pisang.

Taruh Semua Bahan ke Dalam Blender dan Blend Sampai Halus
© freepik.com
2
Taruh Semua Bahan ke Dalam Blender dan Blend Sampai Halus

Masukkan Daging Buah Alpukat dan Tambahan-Tambahan Lainnya

Misalkan daging alpukat dan bahan-bahan lainnya sudah siap, segera masukkan satu-satu bahan ini ke dalam blender. Pertama, masukkan daging buah alpukat, kemudian tambahkan plain yogurt, susu cair, gula, es batu secukupnya atau buah tambahan lainnya. Jika sudah, blend semua bahan tadi sampai tercampur dan halus.

Langkah Final! Sajikan Smoothies Alpukat ke Dalam Gelas
© freepik.com
3
Langkah Final! Sajikan Smoothies Alpukat ke Dalam Gelas

Sajikan Smoothies Alpukat

Rekomendasi kami

Cara membuat smoothies alpukat yang terakhir adalah penyajian. Jika semua bahan tadi sudah halus dan tercampur, segera matikan blender dan ambil gelas sebagai wadah penyajian smuty alpukat. Masukkan alpukat smoothies ke dalam gelas dan sajikan seperti gambar di atas.

Untuk rasa yang lebih enak, Anda bisa menambahkan potongan alpukat segar di atas smoothies alpukat buatan Anda. Tips lainnya, Anda bisa menyimpan smuty berbahan dasar alpukat ini ke dalam kulkas. Volties juga bisa meminumnya waktu sarapan sebagai pengganti makanan ataupun roti. Lezat!

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Smoothies Alpukat

Bagaimana, Volties? Sudah tahu bagaimana cara membuat smoothies alpukat? Mau langsung bikin di rumah? Eits, tunggu dulu! Sebelum itu, coba cek beberapa pertanyaan di bawah biar Anda makin paham. Ini adalah pertanyaan populer tentang smoothies dan buah alpukat.

Apakah smoothies pakai air?

Jika Anda lebih suka smoothies dengan teksur yang lebih encer, Anda bisa menambahkan sedikit air ke dalam blender saat akan membuat smoothies.

Apa yang dimaksud dengan smoothie?

Smoothie atau semutis merupakan minuman kental yang terbuat dari campuran buah, sayur, susu, yogurt, es krim, dan es batu. Biasanya, minuman ini dikonsumsi setiap pagi saat sarapan atau sore sebelum makan malam.

Apa bedanya smoothies dan jus?

Perbedaan paling mencolok antara jus dan smoothies terletak pada cara pembuatan dan teksturnya. Jus sendiri merupakan minuman yang berasal dari sari buah ataupun sayur dan punya tekstur yang cair. Sementara itu, smoothies adalah jenis minuman yang berasal dari campuran buah dan sayur yang kemudian diblend tanpa membuang ampasnya sehingga punya tekstur yang kental.

Kapan waktu yang baik untuk minum smoothies?

Waktu terbaik untuk menikmati smoothies adalah saat perut Anda sedang kosong, entah itu pas sarapan sebelum beraktivitas, saat makan siang atau sore hari setelah Anda pulang kerja. Minuman bernama semutis ini sangat cocok sebagai pengganti makanan.

Kesimpulan: Cara Membuat Smoothies Alpukat

Berakhir sudah panduan tim Voltbaba seputar cara membuat smoothies alpukat. Dengan bahan-bahan sederhana seperti 1 buah alpukat, 100 ml yogurt, 100 ml susu cair, gula secukupnya, es batu, dan blender berkualitas, Anda sudah bisa membuat minuman lezat yang kaya akan nutrisi.

Semua bahan sudah siap tapi belum punya blender yang berkualitas? Kalau begitu, klik saja link produk yang tim Voltbaba sediakan di atas. Semuanya adalah blender berkualitas yang laris manis di pasaran, bisa Anda gunakan untuk bikin smoothies, jus, maupun menghaluskan berbagai jenis bahan makanan lainnya. Akhir kata, semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo