Hide Menu

Gak Perlu Panggil Tukang, Catat 3 Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung, Mudah!

Panduan Lengkap tentang 3 Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung. Baca Terus dan Perbaiki Mesin Cuci Anda!

Artikel Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung 2024
© freepik.com

Mengenal Dinamo Si Penggerak Berbagai Alat Elektronik

Mengenal Dinamo Si Penggerak Berbagai Alat Elektronik
freepik.com

Kalau berbicara mengenai alat-alat elektronik, ada satu komponen penting yang jika rusak, maka alat elektronik tersebut pasti tidak dapat berfungsi. Nama dari komponen penting tersebut adalah dinamo. Tidak dapat dipungkiri, baik itu kipas angin, kulkas, blender, AC, maupun mesin cuci, alat-alat elektronik ini membutuhkan dinamo agar dapat bekerja.

Dinamo sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan mengandalkan cara dan prinsip kerja elektromagnetik. Biasanya, dinamo pada mesin cuci terdiri atas motor yang fungsinya untuk menggerakkan pulsator dan bak pengering agar dapat beroperasi dengan normal.

Di samping itu, penggunaan dinamo di mesin cuci berbeda-beda tergantung jenis mesin cucinya. Pada mesin cuci 1 tabung front door dan top load door hanya menggunakan satu dinamo saja dengan fungsi ganda untuk mencuci dan mengeringkan. Sementara itu, mesin cuci 2 tabung menggunakan 2 dinamo, satu untuk bak cuci alias wash dan satunya lagi untuk bak pengering atau spin.

Lalu, apa jadinya jika dinamo pada mesin cuci melemah, kotor, ataupun rusak? Jawabannya sudah pasti, mesin cuci Anda tidak akan mau berputar dan hanya akan mengeluarkan suara berdengung. Lantas, bagaimana cara memperbaiki dinamo mesin cuci berdengung dan tidak mau berputar? Artikel ini akan menunjukkan jawabannya. Jadi, bacalah sampai selesai!

Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar
freepik.com

Selain karena dinamo yang macet, kotor, lemah, ataupun rusak, ada beberapa hal lain yang bisa jadi penyebab kenapa mesin cuci tidak berputar hanya berdengung. Adapun penyebab-penyebab tersebut meliputi:

1. Kelebihan Muatan

Penyebab pertama kenapa mesin cuci Anda, baik 1 tabung front door maupun 2 tabung tidak berputar dan hanya berdengung adalah karena kelebihan muatan. Faktanya, setiap mesin cuci memiliki daya kapasitas yang berbeda-beda. Nah, jika pakaian yang Anda masukkan ke mesin cuci melebihi kapasitas, otomatis mesin cuci tidak akan mau berputar.

2. Kapasitor Terbakar atau Rusak

Kapasitor merupakan komponen pada mesin cuci yang berfungsi sebagai penghubung dinamo. Nah, jika komponen ini terbakar ataupun rusak, maka secara otomatis dinamo tidak bisa berputar dan mesin cuci hanya akan berdengung. Inilah yang menjadi penyebab kenapa mesin cuci berdengung tidak mau berputar.

3. Karet Vanbelt Longgar

Penyebab yang ketiga adalah karet vanbelt yang longgar. Tidak hanya kapasitor, karet vanbelt juga merupakan komponen dengan peran penting untuk menjalankan mesin pada mesin cuci agar mau berputar. Oleh sebab itu, jika karet vanbelt longgar atau bahkan rusak, bisa dipastikan mesin cuci Anda tidak akan mau berputar.

4. Timer Mesin Cuci Rusak atau Mati

Selanjutnya, hal yang menjadi akar permasalahan kenapa mesin cuci tidak berputar hanya berdengung adalah timer mesin cuci yang sudah rusak. Biasanya, rusaknya timer mesin cuci dikarenakan adanya kabel di bagian timer yang putus yang membuatnya tidak dapat berfungsi. 

5. Lid Switch Tidak Berfungsi

Lid switch atau juga dikenal dengan saklar pintu adalah komponen yang berfungsi sebagai alat pendeteksi pintu mesin cuci. Cara kerjanya adalah jika pintu mesin cuci tertutup, maka tabung akan mulai berputar. Sebaliknya, jika pintunya terbuka, maka tabung mesin cuci akan secara otomatis berhenti berputar.

Nah, jika komponen lid switch ini tidak berfungsi, sudah pasti mesin cuci tidak dapat mendeteksi apakah pintu masih terbuka atau sudah tertutup. Inilah yang menjadi akar permasalahan kenapa mesin cuci Anda tidak berputar dan hanya mengeluarkan suara mendengung.

6. Selang Pembuangan Air Tersumbat

Penyebab selanjutnya adalah selang pembuangan air yang tersumbat. Umumnya, penyumbatan pada selang diakibatkan oleh barang-barang kecil seperti uang receh, kunci, jepit rambut, maupun kancing baju yang nyangkut di selang. Cara mengatasinya? Lepas saja selang pembuangan dari mesin cuci dan buang semua kotoran yang menyebabkan penyumbatan. Selesai!

7. Tali Rem pada Pengering Putus

Misalkan bukan bagian penggiling mesin cuci yang tidak berputar tapi bagian pengeringnya, bisa jadi penyebabnya terletak pada tali rem pengering yang putus. Biasanya, putusnya kabel pengering ini akibat dari ulah tikus yang menggigit kabel-kabel di mesin cuci Anda.

Rekomendasi Merk Mesin Cuci Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Merk Mesin Cuci Terbaik di Indonesia
freepik.com

Mesin cuci merupakan alat yang digunakan untuk menghemat tenaga dan waktu manusia saat mencuci pakaian di rumah (Kartika. S. et al, 2021). Nah, misalkan Anda lebih memilih untuk membeli mesin cuci baru ketimbang memperbaiki dinamo mesin cuci yang sudah rusak, di bawah ini kami tampilkan 9 merk mesin cuci terbaik yang ada di Indonesia. Silakan cek!

9 Merk Mesin Cuci Terbaik untuk Dipilih

PanasonicSankenLG
PolytronAQUASamsung
SharpElectroluxHisense

Kesembilan merek di atas menghadirkan berbagai macam jenis mesin cuci untuk Anda pilih, entah itu mesin cuci 1 tabung front door, mesin cuci 1 tabung top load door, maupun mesin cuci 2 tabung. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Jadi, kunjungi saja toko resminya, pelajari spesifikasi masing-masing mesin cuci, dan pilih yang terbaik menurut Anda!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung - Terbaru 2024

Akhirnya, Anda tiba di topik utama artikel ini, yaitu cara memperbaiki dinamo mesin cuci berdengung dan tidak berputar. Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki dinamo pada mesin cuci Anda yang tidak mau berputar dan hanya berdengung. Di bawah ini adalah cara-caranya.

1
Periksa Mesin Cuci dan Temukan Tanda-Tanda Dinamo Lemah

Pertama-tama, Perhatikan Tanda-Tanda Mesin Cuci dengan Dinamo yang Lemah atau Rusak

Periksa Mesin Cuci dan Temukan Tanda-Tanda Dinamo Lemah

2
Perbaiki Dinamo

Bongkar, Besihkan, dan Pasang Kembali Dinamo

Perbaiki Dinamo

3
Ganti Dinamo yang Rusak dengan yang Baru

Masih Rusak, Beli Saja Dinamo yang Baru. Ikuti Beberapa Tips di Sini!

Ganti Dinamo yang Rusak dengan yang Baru

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pertama-tama, Perhatikan Tanda-Tanda Mesin Cuci dengan Dinamo yang Lemah atau Rusak
© freepik.com
1
Pertama-tama, Perhatikan Tanda-Tanda Mesin Cuci dengan Dinamo yang Lemah atau Rusak

Periksa Mesin Cuci dan Temukan Tanda-Tanda Dinamo Lemah

Rekomendasi kami

Cara memperbaiki dinamo mesin cuci berdengung yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan dinamo. Untuk melakukannya, Anda harus membongkar bagian bawah mesin cuci terlebih dahulu karena letak dinamo ada di sana.

Sebelum itu, temukan dulu tanda-tanda yang menunjukkan dinamo mesin cuci Anda melemah dan harus segera diganti. Hal ini perlu Anda lakukan untuk memastikan apakah lemah dan rusaknya dinamo merupakan faktor yang menyebabkan mesin cuci tidak mau berputar dan hanya berdengung.

Adapun tanda-tanda mesin cuci yang dinamonya sudah melemah, kotor atau rusak adalah sebagai berikut:

  • Putaran load bak pencuci dan load bak pengering melemah atau bahkan tidak mau berputar
  • Bak wash mesin cuci kadang bisa berputar dengan normal, kadang tidak
  • Munculnya suara bising dan berdengung pada mesin cuci saat Anda gunakan
  • Adanya bau terbakar saat mesin cuci sedang beroperasi

Jika Anda menemukan empat ciri di atas dari mesin cuci Anda, maka itu menandakan bahwa komponen dinamo yang lemah dan rusak yang menjadi penyebab mesin cuci tidak berputar hanya berdengung.

Bongkar, Besihkan, dan Pasang Kembali Dinamo
© freepik.com
2
Bongkar, Besihkan, dan Pasang Kembali Dinamo

Perbaiki Dinamo

Rekomendasi kami

Setelah Anda berhasil memastikan bahwa dinamo yang menjadi penyebab mesin cuci berdengung tidak berputar, maka Anda bisa segera mulai membongkar mesin cuci. Perlu Anda ingat, proses pembongkaran mesin cuci dan perbaikan dinamo ini akan sedikit sulit untuk orang awam.

Jadi, jika Anda tidak yakin, Anda bisa memanggil tukang servis untuk memperbaiki dinamo mesin cuci tidak berputar hanya berdengung. Namun, jika Anda yakin untuk melakukannya, berikut kami tunjukkan langkah-langkah untuk memperbaiki dinamo mesin cuci.

  1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gerinda tangan, kain bersih, obeng, amplas, dan lain-lainnya.
  2. Jika semua alat sudah siap, Anda bisa mulai memotong empat baut pengunci dinamo mesin cuci menggunakan gerinda tangan.
  3. Setelah itu, buka bagian poros dinamo dari mesin cuci Anda.
  4. Jika nantinya macet, amplas pelan-pelan atau lap bagian poros agar bagian bushing dinamo tidak rusak.
  5. Selanjutnya, jika sudah berhasil, Anda bisa buka pelan-pelan bagian dinamo mesin cuci.
  6. Setelah itu, bersihkan bagian-bagian yang ada di dalam dinamo, seperti rotor, bushing, dan sebagainya. Gunakan lap bersih atau amplas halus, manapun yang Anda suka. 
  7. Lalu, misalkan dinamo sudah dirasa bersih, hubungkan kembali semua komponen yang sudah Anda lepas, contohnya bagian rotor dengan bagian motor stator.
  8. Khusus untuk baut kunci yang Anda potong, Anda bisa menggantinya dengan baut biasa.
  9. Berikutnya, pasang kembali dinamo ke mesin cuci.
  10. Selesai.

Sekarang, coba tes mesin cuci dengan memasukkan beberapa pakaian dan nyalakan mesin cuci. Jika mesin cuci kembali berputar dan tidak berdengung lagi, maka Anda berhasil memperbaiki dinamo mesin cuci.

Masih Rusak, Beli Saja Dinamo yang Baru. Ikuti Beberapa Tips di Sini!
© freepik.com
3
Masih Rusak, Beli Saja Dinamo yang Baru. Ikuti Beberapa Tips di Sini!

Ganti Dinamo yang Rusak dengan yang Baru

Rekomendasi kami

Apakah cara sebelumnya tidak berhasil? Apakah dinamo mesin cuci masih berdengung dan tidak mau muter? Kalau begitu, cara memperbaiki dinamo mesin cuci berdengung yang terakhir adalah menggantinya dengan yang baru. Ini satu-satunya solusi jika cara sebelumnya tidak berhasil.

Sebelum membeli dinamo mesin cuci yang baru, pahami beberapa tips memilih dan membeli dinamo baru untuk mesin cuci. Karena faktanya, setiap mesin cuci dilengkapi dengan spesifikasi dinamo yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menemukan dinamo yang sesuai dengan spesifikasi mesin cuci Anda. 

  • Ukur lebar dudukan dinamo mesin cuci terlebih dahulu. Jika Anda sudah tahu ukuran dudukan dinamo, maka segera pilih dan pilah dinamo baru dengan ukuran dudukan yang sama dengan spesifikasi mesin cuci Anda.
  • Pilih dinamo dengan ukuran atau diameter AS yang sama dengan mesin cuci Anda. Umumnya, pilihan diameter AS dinamo mesin cuci yang beredar di pasaran adalah 10mm, 12mm, dan 14mm. Pilih yang paling sesuai dengan spesifikasi mesin cuci Anda.
  • Usahakan untuk selalu memilih ukuran keran dinamo yang pas dengan spesifikasi mesin cuci Anda. Tim Voltbaba sarankan untuk memilih keran dinamo dengan lebar yang paling maksimal agar dapat memaksimalkan performa putaran mesin cuci Anda.
  • Pilih dinamo mesin cuci yang bahannya terbuat dari kawat. Umumnya dinamo mesin cuci berbahan kawat punya daya tahan yang sangat baik terhadap panas maupun kelembapan udara tinggi.
  • Terakhir, saat memilih dinamo mesin cuci, usahakan untuk membeli dinamo dengan nilai kapasitor mikrofarad yang lebih besar. Pasalnya, nilai kapasitor mikrofarad yang besar menandakan bahwa ukuran kawat dinamonya besar, sehingga memiliki daya tahan yang kuat.

Tanya Jawab Seputar Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung

Sebelum menutup artikel ini dan mempraktikkan tiga cara di atas, luangkan waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah biar makin paham. Simak sekarang!

Apa penyebab mesin cuci hanya berdengung?

Beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar hanya berdengung yang paling umum seperti:

  • Kelebihan muatan
  • Kelemahan dinamo atau rusaknya dinamo
  • Kapasitor terbakar atau rusak
  • Karet vanbelt longgar
  • Timer mesin cuci error
  • Lid switch tidak berfungsi
  • Selang pembuangan air tersumbat
  • Tali rem pada pengering atau spin putus

Apa penyebab pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung?

Di bawah ini adalah penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak mau muter dan hanya berdengung.

  • Muatan pakaian yang berlebihan
  • Adanya kabel yang putus
  • Timer rusak
  • Kapasitor terbakar atau rusak
  • Tali rem dinamo putus
  • AS dinamo mesin rusak
  • Kebocoran seal mesin cuci

Apa yang menyebabkan dinamo mesin cuci rusak?

Penyebab kenapa dinamo mesin cuci tidak muter dan hanya berdengung yang umum adalah karena kelebihan muatan. Faktanya, jika mesin cuci sering kelebihan muatan, entah saat Anda menggunakannya untuk mencuci ataupun mengeringkan, dinamo akan bekerja lebih keras. Jika kebiasaan ini terus menerus Anda lakukan, maka dinamo akan cepat melemah dan rusak.

 

Apa ciri ciri kapasitor mesin cuci rusak?

Adapun ciri-ciri kapasitor mesin cuci rusak adalah sebagai berikut.

  • Dinamo mesin cuci tidak berputar
  • Muncul bunyi mendengung pada mesin cuci
  • Putaran mesin cuci sangat lemah
  • Suara mesin cuci saat mencuci dan mengeringkan lebih bising dari biasanya

Kesimpulan: Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung

Selesai sudah pembahasan tim Voltbaba seputar cara memperbaiki dinamo mesin cuci berdengung dan tidak berputar. Sebagai penutup, kerusakan mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar disebabkan oleh 8 hal. Oleh sebab itu, periksalah apabila dinamo rusak, kelebihan muatan, kapasitor terbakar, karet vanbelt longgar, timer error, lid switch tidak berfungsi, selang pembuangan air tersumbat, atau tali rem pengering putus.

Jika rusaknya mesin cuci Anda karena dinamo yang sudah melemah, kotor, ataupun rusak, Anda bisa memperbaiknya dengan 3 cara yang telah tim Voltbaba tunjukkan sebelumnya. Namun jika Anda tidak yakin dan lebih memilih untuk membeli yang baru, klik saja rekomendasi produk yang tersedia hadirkan di atas. Semuanya adalah produk mesin cuci terbaik bahkan bisa jadi Anda punya alat elektronik ala laundry. Jadi, selamat belanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo