Hide Menu

Lampu Darurat Mati? Pakai 5 Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas Ini!

Jangan Buru-Buru ke Teknisi Listrik. Coba Perbaiki Total Baterai atau Saklar Dulu!

Artikel Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas ini diposting diperbarui
400 Pembaca
Like
Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas 2024
© freepik.com/rawpixel.com

Penyebab Lampu Emergency Tidak Bisa Dicas

Penyebab Lampu Emergency Tidak Bisa Dicas
freepik.com/saojan

Lampu emergency, seperti yang Volties tahu berfungsi untuk menerangi suatu ruangan. Benda ini akan menyala ketika listrik padam secara otomatis. Bagaimana bisa? Caranya adalah pengisian energi listrik yang disalurkan melalui baterai di dalam lampu. Saat itulah baterai akan mengubah fungsi dari aliran listrik.

Meskipun energi listrik dapat tersimpan di dalam baterai, kendala pun sering Anda temui. Contohnya adalah lampu tidak bisa dicas. Setelah tim Voltbaba melakukan penelusuran, ada empat penyebab dasar mengapa lampu tidak dapat Anda charger. Yang pertama yaitu baterai sudah habis atau rusak. Pemakaian terlalu sering juga dapat menimbulkan baterai rusak.

Lalu, sirkuit internal, saklar, hingga charger tidak bekerja atau rusak juga dapat menjadi faktor lain. LED pun kadang bisa soak. Tim Voltbaba simpulkan penyebabnya tak lain adalah bagian-bagian lampu itu sendiri.

Namun, jangan khawatir sebab ada penyebab, pasti ada solusi. Tim Voltbaba tak akan pergi sebelum memberikan Anda rahasia cara memperbaiki lampu emergency yang tidak bisa dicas. Oleh karena itu, tetap stay sampai akhir, ya, Volties!

Tips Merawat Lampu Emergency agar Baterai Tak Ikut Rusak

Tips Merawat Lampu Emergency agar Baterai Tak Ikut Rusak
freepik.com/tania.kitura

Lampu darurat memang penggunaannya untuk keadaan tertentu saja. Sesuai dengan perkataan Muhammad A, Nuri, dan Raka (2023), lampu darurat bermanfaat untuk orang gunakan sebagai penerangan darurat ketika terjadi pemadaman listrik.

Namun, hal tersebut bukanlah alasan agar Anda tidak merawatnya. Berikut ini adalah tips yang bisa Volties ikuti supaya penerangan darurat tak cepat rusak begitupun baterainya:

  • Jauhkan Lampu dengan Air

Sebaiknya, Anda menghindari memasang lampu darurat di dekat sumber air dan menghindari kontak langsung terhadap percikan air. Sebaliknya, usahakan untuk Anda pasang di tempat kering yang tidak ada unsur gel.

  • Isi Ulang 3 Bulan Sekali Jika Tidak Sering Digunakan

Ada baiknya Volties tidak menyimpan terlalu lama, meskipun benda tersebut dapat dipakai sewaktu-waktu. Hal ini tentu menghindari produk untuk tetap bisa Anda gunakan. Cas lah paling minim tiga bulan sekali apabila Anda tidak terlau sering menggunakannya.

  • Isi Baterai Kalau Lampu Mulai Redup

Memang sudah seharusnya Anda selalu mengecek apakah terang lampu berkurang sehingga tidak seterang pada awal penggunaan. Segera cas jika Volties rasa terangnya lampu semakin meredup.

  • Bersihkan Secara Berkala

Semua benda bila Anda bersihkan secara teratur dapat meminimalisir kerusakan. Begitupun dengan lampu darurat. Cukup lap permukaan lampu kalau terlihat kotor. Lakukan secara rutin agar produk tetap awet dan bisa digunakan terus. 

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas - Terbaru 2024

Teknisi listrik memang yang skema rujukan utama daripada memperbaiki lampu yang tidak bisa Anda charge. Namun, bukan hal yang merugikan juga kalau Anda ingin mengecek sendiri. Volties bisa ikuti cara-cara mudah berikut! 

1
Ganti Baterai Lampu

Langkah Pengecekan Awal Berpengaruh Besar

Ganti Baterai Lampu

2
Periksa Charger Bawaan

Kabel Cas Putus Bisa Berarti Pengecasan Tak Sempurna

Periksa Charger Bawaan

3
Cek Sirkuit Internal

Perbaiki Saluran Listrik di Dalam Sirkuit

Cek Sirkuit Internal

4
Periksa Saklar

Periksa Tombol Saklar, Tekan dengan Benar, dan Ganti Jika Tidak Bisa

Periksa Saklar

5
Cek Kembali Lampu LED

Tes Terlebih Dahulu, Lampu Menyala atau Padam

Cek Kembali Lampu LED

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Pengecekan Awal Berpengaruh Besar
© freepik.com/sergofoto
1
Langkah Pengecekan Awal Berpengaruh Besar

Ganti Baterai Lampu

Rekomendasi kami

Langkah pertama untuk memperbaiki lampu darurat yang tidak bisa ngecas adalah mengganti baterai bekas ke yang baru. Sebab, baterai bisa saja sudah menunjukkan ciri-ciri habis atau rusak.

Jika memang baterai habis, maka Anda hanya perlu mengecas. Namun, apabila baterai rusak, Anda perlu mengganti secepatnya. Baterai adalah pengaruh kuat mengapa sebuah lampu dapat menyala. Jadi, ganti saja ke baterai alkaline, ketimbang tekor!

Kabel Cas Putus Bisa Berarti Pengecasan Tak Sempurna
© freepik.com/MateusAndre
2
Kabel Cas Putus Bisa Berarti Pengecasan Tak Sempurna

Periksa Charger Bawaan

Rekomendasi kami

Untuk penerangan darurat dengan jenis yang bisa dicas, terkadang masalah timbul pada kabel pengisi daya. Bisa juga timbul pada adapter charger. Sehingga, pastikan antara panjang ayunan kabel dengan kepala adapter masih berfungsi dengan baik. Bila tidak, langsung saja ganti cas dengan yang serupa.

Perbaiki Saluran Listrik di Dalam Sirkuit
© freepik.com/onyxprj
3
Perbaiki Saluran Listrik di Dalam Sirkuit

Cek Sirkuit Internal

Rekomendasi kami

Kenyataan bahwa lampu darurat tetap tidak bisa Anda cas setelah menerapkan ketiga cara sebelumnya bisa saja terjadi masalah pada sirkuit internal. Ini masuk akal sebab sirkuit internal merupakan perangkat yang memberikan energi ke partikel bermuatan yang membentuk arus listrik.

Oleh karena itu, periksa apakah ada kabel atau komponen motor di sirkuit menunjukkan tanda-tanda putus dan rusak. Jika ada, segera pergi ke teknisi listrik atau memanggil tukang servis agar segera tiba di rumah supaya bagian yang rusak dapat segera mereka perbaiki.

Hindari bongkar atau buka sendiri agar tidak ada kejadian setrum-menyetrum. Anda pun bisa meminta referensi ke tukang listrik besaran sirkuit, seperti 3v, 6v, atau 12v yang cocok untuk tegangan rumah Volties.

Periksa Tombol Saklar, Tekan dengan Benar, dan Ganti Jika Tidak Bisa
© freepik.com/fabrikasimf
4
Periksa Tombol Saklar, Tekan dengan Benar, dan Ganti Jika Tidak Bisa

Periksa Saklar

Rekomendasi kami

Saklar ternyata juga dapat mempengaruhi bagaimana sebuah lampu darurat tidak bisa Anda cas. Oleh sebab itu, periksa apakah tombol pada saklar mengalami kerusakan atau Anda belum menekannya.

Kalau hasil pengecekan tidak terdapat tanda-tanda rusak atau Anda sudah benar menekan tombol skalar, maka pastikan lagi tidak ada konslet atau korosi yang mengganggu kinerja saklar. Kemudian, apabila itu juga tidak berpengaruh, Anda boleh menggati saklar rusak dengan yang baru.

Tes Terlebih Dahulu, Lampu Menyala atau Padam
© freepik.com/vector4stock
5
Tes Terlebih Dahulu, Lampu Menyala atau Padam

Cek Kembali Lampu LED

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Volties bisa cek LED pada lampu darurat di mana komponen di dalamnya mungkin juga rusak. Anda dapat mengecek dari kabel hingga bagian konduktor. Bila Volties tidak mempunyai pengetahuan tentang hal tersebut, baiknya langsung saja ganti atau berangkat ke tempat perbaikan lampu.

Tanya Jawab Seputar Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas

Lebih lanjut, inilah jawaban terkini mengenai pertanyaan terkait cara memperbaiki lampu emergency yang tidak bisa dicas. Scroll ke bawah!

Berapa lama waktu cas lampu emergency?

Waktu pengecasan penerangan darurat adalah selama lampu itu menyala. Maksudnya, lampu akan otomatis mengecas sepanjang Anda menyalakannya.

Lampu emergency terbaik merk apa?

Ada banyak merk untuk lampu darurat, contohnya Philips, AOKI, Hannochs, Krisbow, Surya, dan lain sebagainya.

Langkah kerja lampu emergency?

Cara kerja lampu darurat cukup simpel, yaitu dengan mengecas lampu itu sendiri. Kemudian, baterai di dalam lampu bekerja untuk menampung arus searah dari arus bolak-balik yang masuk.

Apakah lampu emergency menggunakan listrik?

Ya, produk ini menggunakan listrik. Sebab, lampu ini menyala sama seperti lampu pada umumnya. Yang berbeda adalah benda tersebut menyala ketika pelayanan listrik PLN padam atau tidak hidup. Dapat tim Voltbaba simpulkan, benda itu tetap menggunakan listrik.

Kesimpulan: Cara Memperbaiki Lampu Emergency yang Tidak Bisa Dicas

Demikian akhir dari rangkaian penjabaran cara mengatasi lampu darurat yg tidak bisa Anda cas. Tim Voltbaba telah menyarankan 5 cara yang bisa Anda lakukan di rumah. Kalau tetap tidak bisa, Anda bisa segera pergi ke service lampu. Agar penerangan bisa kembali Volties cas, perhatikan juga tips di atas. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo