Hide Menu

Nasi Kering Kerontang? Lakukan 6 Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com, Cepat Banget!

Tidak Ada Butiran Nasi Kering, Berkerak, Bahkan Bau Busuk. Dijamin Manjur!

Artikel Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com ini diposting diperbarui
263 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com 2024
© istockphoto.com/yipengge

Penyebab Nasi Kering di Magic Com

Penyebab Nasi Kering di Magic Com
istockphoto.com/KoshiroKiyota

Nasi dapat berubah tekstur menjadi kering akibat dibiarkan terlalu lama sampai berjam-jam di dalam magicom yang menyala. Hal ini bukanlah satu-satunya penyebab dari nasi menjadi kering, ada faktor lain, seperti:

  • Pengaturan Suhu yang Salah

Jika sebelumnya menyimpan nasi di dalam mejikom terlalu lama, maka penyebab kedua adalah mengatur suhu mejikom digital dengan pengatur suhu otomatis di level tinggi. Memasak nasi yang tak seberapa jumlahnya, tapi setting suhu berada di batas level tertinggi akan cepat membuat nasi kering dan tak bisa dimakan.

  • Kekurangan Air

Penyebab lainnya adalah kurangnya air saat Anda memasak nasi. Perbandingan yang pas seharusnya sekitar 1:1,5. Jumlah 1 untuk cup beras, dan 1,5 gelas untuk air.

  • Waktu Memasak Terlalu Lama

Beda tipis dengan mendiamkan nasi di mejikom terlalu lama yang bisa saja didasari oleh lupa. Namun, berbeda jika Anda memasak dengan sengaja dalam waktu lama. Itu sama saja membiarkan nasi kering, berkerak, dan keras.

  • Tekstur Nasi Kering Karena Jenis Nasi

Faktanya, beberapa jenis nasi mempunyai tekstur yang lebih kering. Sehingga, saat memasak nasi jenis ini jika tidak dibarengi oleh pengetahuan takaran air yang pas, tetap akan membuat nasi kering.

  • Magic Com Rusak

Bila bukan dari keempat poin sebelumnya, sudah bisa dipastikan, magicom kesayangan Anda memberi sinyal tanda-tanda rusak. Alasan kuat terletak pada elemen pemanas dalam mejikom. Komponen itu bisa jadi tidak berfungsi lagi secara optimal. Jadi, gampang sekali bikin nasi menjadi kering tiba-tiba atau lembek dari biasanya.

  • Ada Cicak atau Karet di Dalam Magic Com

Bukan hal yang mustahil cicak atau bahkan karet gelang untuk bungkus nasi bisa menyebabkan nasi Anda kering. Akibat dari ketidaktahuan Volties, ada cicak nyangkut atau karet masuk di bawah bakul panci membuat mejikom tidak bekerja maksimal dan nasi Anda jadi kering.

Penyebab nasi kering memang beraneka macam. Tak perlu risau kalau itu terjadi pada Anda. Simak cara mengatasi nasi kering pada magic com dari tim Voltbaba. Mulai baca, yuk!

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kering di Magic Com atau di Rice Cooker

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Kering di Magic Com atau di Rice Cooker
istockphoto.com/kuppa_rock

Nasi yang cepat kering itu bisa Anda akali. Namun, kenali dulu tips berikut sebelum melakukan penanganan lanjutan.

  1. Cabut kabel mejikom setelah nasi matang sempurna.
  2. Pakailah lap atau pasang serbet untuk menutupi nasi yang sudah matang supaya nasi tidak cepat mengeras.
  3. Tambahkan air mendidih agar pelunakan nasi tidak lama.
  4. Aduk nasi segera saat mengolah dan jangan lupa ambil nasi dari pinggir ke tengah.
  5. Ratakan semua nasi hingga tidak ada nasi di pinggiran panci.

Anda tak perlu memasukkan ke dalam kulkas karena akan tambah kering. Apalagi menambah garam, ini sangat tidak dianjurkan. Jadi, itulah kelima tips simpelnya!

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com - Terbaru 2024

Siapapun pernah mengalami hal tak mengenakkan saat memasak nasi, salah satunya tekstur nasi jadi kering dan tidak bisa dimakan. Supaya hal itu tidak terjadi lagi, ikuti cara mengatasi versi Voltbaba berikut. Mau buat nasi goreng atau nasi bakar, temukan solusi terbaik di bawah!

1
Gunakan Magic Com Berkualitas

Efektif Menghindari Nasi Kering atau Lembek

Gunakan Magic Com Berkualitas

2
Aduk Nasi Saat Memasak

Buat Butiran Nasi Matang Sempurna

Aduk Nasi Saat Memasak

3
Jagalah Kebersihan Magicom

Cegah Kotoran dan Debu Hinggap di dalam Mesin

Jagalah Kebersihan Magicom

4
Gunakan Air Sesuai Takaran

Jaminan Nasi Matang Secara Keseluruhan

Gunakan Air Sesuai Takaran

5
Masak Buat Sekali Makan

Nasi Habis Hilangkan Sifat Mubazir

Masak Buat Sekali Makan

6
Jadikan Nasi Aking

Daripada Terbuang, Jemur Nasi Kering

Jadikan Nasi Aking

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Efektif Menghindari Nasi Kering atau Lembek
© istockphoto.com/yktr
1
Efektif Menghindari Nasi Kering atau Lembek

Gunakan Magic Com Berkualitas

Rekomendasi kami

Pertama-tama, tim Voltbaba menganjurkan Anda menggunakan mejikom berkualitas, sebab produk bagus pasti bisa menghasilkan nasi bagus dan bertekstur seperti seharusnya. Berkualitas maksudnya di sini adalah mejikom milik Anda tidak dalam keadaan rusak, komponen aman, elemen tahan panas juga masih berfungsi.

Buat Butiran Nasi Matang Sempurna
© istockphoto.com/chikaphotograph
2
Buat Butiran Nasi Matang Sempurna

Aduk Nasi Saat Memasak

Rekomendasi kami

Mengaduk nasi saat proses memasak akan membantu kematangan menyebar merata. Sementara itu, mengaduk nasi kuning, misalnya, ketika proses memasak berlangsung pun membuat tekstur nasi jadi lebih lembut.

Gunakan centong bawaan, aduk nasi perlahan dari samping-samping panci hingga nasi berada di tengah mengerucut ke atas. Cara ini akan membantu Anda menghindari nasi yang kering. Justru, nasi akan jadi lebih punel dan enak ketika dimakan. 

Cegah Kotoran dan Debu Hinggap di dalam Mesin
© istockphoto.com/Arijuhani
3
Cegah Kotoran dan Debu Hinggap di dalam Mesin

Jagalah Kebersihan Magicom

Rekomendasi kami

Ini hal paling penting untuk mengatasi nasi jadi kering atau lembek sekaligus, yaitu menjaga kebersihan magicom. Anda mungkin tak tahu jika nasi yang jatuh di bawah panci akan mengeras, lalu lama-kelamaan akan mempengaruhi kinerja mejikom.

Ada baiknya Anda membersihkan penanak nasi ini setiap seminggu sekali. Baiknya lagi, lap hingga bersih permukaan luar dan dalam setiap setelah Anda memasak nasi.

Jaminan Nasi Matang Secara Keseluruhan
© istockphoto.com/LiudmilaChernetska
4
Jaminan Nasi Matang Secara Keseluruhan

Gunakan Air Sesuai Takaran

Jumlah air yang tidak sesuai takaran atau kurang, mampu membuat nasi Anda kering. Sebaliknya, jika takaran air berlebihan, maka akan menyebabkan nasi lembek.

Seperti yang sudah tim Voltbaba sampaikan, takaran yang pas adalah 1:1,5. Jadi, hindari kesalahan tersebut jika Anda tak ingin nasi kering dan praktikkan sesuai aturan yang tepat.

Nasi Habis Hilangkan Sifat Mubazir
© istockphoto.com/iamwayclick
5
Nasi Habis Hilangkan Sifat Mubazir

Masak Buat Sekali Makan

Bagi Volties cara ini bisa saja terdengar ribet karena harus bolak-balik memasak karena nasi habis. Nyatanya, cara ini juga ampuh mengatasi nasi cepat kering.

Saat Anda memutuskan memasak untuk sekali makan, Anda pasti tidak akan menyisakan nasi di dalam panci. Namun jika Anda memasak terlalu banyak dan tak punya waktu untuk menghabiskan, maka keadaan nasi sudah pasti mengering. Maka jawabannya, masaklah untuk sekali makan hingga nasi tidak ada yang tertinggal dan menjadi kering.

Daripada Terbuang, Jemur Nasi Kering
© freepik.com/jcomp
6
Daripada Terbuang, Jemur Nasi Kering

Jadikan Nasi Aking

Jika suatu saat nasi Anda sudah terlanjur mengering, gunakan cara terakhir yaitu menjadikannya nasi aking. Volties bisa mengeringkannya di bawah terik sinar matahari. Ternyata, baik nasi kering maupun aking sama-sama mempunyai kandungan karbohidrat.

Nasi aking menurut Roosdiana et al (2015) adalah limbah yang banyak mengandung karbohidrat. Biarpun limbah, tapi nasi aking masih mengandung gizi. Anda bisa kreasikan aking menjadi olahan lezat, seperti rengginang, kremes manis, dan lain-lain.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com

Sedikit lagi, Volties akan sampai pada akhir dari tulisan bagian menghilangkan nasi kering di mejikom. Baca bagian pertanyaan ini sebelum ke penutup, ya!

Kenapa nasi di magic com cepat kering?

Biasanya disebabkan oleh suhu magicom yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, nasi mudah menjadi kering.

Bagaimana cara agar nasi tidak kering?

Ada banyak cara. Volties bisa ikuti kelima cara yang sudah disampaikan di atas, salah satunya adalah menggunakan mejikom berkualitas hingga masak untuk sekali makan.

Kenapa nasi di rice cooker berkerak?

Rasio takaran nasi dan air yang kurang benar dapat menyebabkan timbulnya kerak pada nasi. Terlebih lagi, jumlah air terlalu sedikit.

Apa yang harus dilakukan jika nasi keras?

Masak ulang nasi di microwave atau di dandang. Beri air secukupnya dan jangan lupa untuk mengaduk-aduk hingga matang, sehingga tekstur akan melembut.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Nasi Kering pada Magic Com

Begitulah penjelasan cara mengatasi nasi kering pada magic com terbaik kesayangan Volties. Tak perlu sedih lagi apabila nanti nasi uduk Bangka milik Anda tiba-tiba kering. Ikuti kelima cara gampang di atas dengan gigih, sesuai dengan gambar yang bisa Anda ikuti. Selamat bereksperimen!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo