Hide Menu

Begini Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar, Ada 5 Solusi Mudah!

Panduan 5 Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar, Ketahui Juga Penyebab-penyebabnya biar Makin Paham!

Artikel Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar 2024
© freepik.com

Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar, Gimana Nih?

Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar, Gimana Nih?
freepik.com

Secara umum, mesin cuci yang tersedia di pasaran terbagi menjadi dua jenis, mesin cuci 1 tabung front atau top door dan mesin cuci 2 tabung. Khusus untuk mesin cuci 2 tabung, sesuai namanya, jenis mesin cuci ini biasanya dilengkapi dengan dua buah tabung, yaitu tabung untuk mencuci atau wash dan tabung untuk mengeringkan atau spin.

Sama seperti peralatan elektronik seperti kipas angin maupun blender, mesin cuci 2 tabung juga seringkali mengalami beberapa kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering ditemui pada jenis mesin cuci ini adalah masalah pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar.

Kira-kira, apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi pengering mesin cuci tidak bisa berputar? Jika Anda penasaran, silakan simak artikel ini sampai habis. Tim Voltbaba akan menunjukannya pada Anda.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar
freepik.com

Komponen pengering pada mesin cuci merupakan hal yang penting untuk berbagai penggunaan, baik rumah tangga maupun laundry. Bagaimana tidak, dengan adanya pengering mesin cuci, Anda tidak perlu risau ataupun takut jika baju yang Anda cuci tidak kering saat musim hujan (PK Purwadi, 2017).

Nah, karena fungsi pentingnya ini, maka Anda harus memahami apa saja penyebab yang membuat pengering mesin cuci rusak dan tidak mau berputar. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda tahu bagian mana yang harus diperbaiki jika tiba-tiba pengering mesin cuci rusak dan tidak bisa berputar.

Berikut daftarnya: 

  • Kapasitor Mesin Cuci Terbakar

Penyebab pertama kenapa pengering mesin cuci tidak bisa berputar adalah karena terbakarnya kapasitor. Hal ini umumnya terjadi akibat penggunaan mesin cuci secara terus menerus yang akhirnya membuat kualitas kapasitor menurun dan terbakar. Tanda atau ciri jika kapasitor terbakar adalah munculnya bunyi dengung pada saat pengering Anda nyala.

  • Kabel Mesin Cuci Putus

Putusnya salah satu kabel dari mesin cuci juga bisa menjadi penyebab kenapa pengering mesin cuci Anda tidak mau berputar. Biasanya, masalah ini terjadi akibat dari gigitan tikus atau karena kebiasaan buruk Anda dalam menarik kabel secara kuat dari stop kontak.

  • Tali Rem Pengering yang Putus

Selain kabel mesin cuci, tali rem pengering yang putus juga bisa menjadi alasan kenapa pengering mesin cuci 2 tabung tidak berputar. Sesuai namanya, tali rem pengering adalah komponen mesin cuci yang berfungsi untuk menghentikan dinamo pengering saat pintu pengering mesin cuci Anda buka.

Nah, jika komponen ini putus ataupun rusak, otomatis dinamo pengering akan terus menghentikan putaran pengering. Kalau sudah begini, tidak heran jika pengering mesin cuci Anda tidak bisa berputar dan hanya menghasilkan suara berdengung.

  • Tombol Timer Pengering Rusak

Kerusakan pada komponen timer pengering juga bisa menjadi akar masalah kenapa pengering mesin cuci tidak berputar. Rusaknya timer pengering ini biasanya kelemahan yang disebabkan oleh komponen pegas yang aus atau karena gangguan serangga seperti kecoak dan semut.

  • Dinamo Mesin Cuci Rusak

Seperti yang sudah Anda ketahui, mesin cuci 2 tabung hadir dengan dua jenis tabung, yaitu tabung wash dan tabung spin. Nah, masing-masing dari tabung ini dilengkapi dengan dinamo yang fungsinya sebagai motor untuk menggerakkan mesin cuci agar mau berputar, entah untuk mencuci ataupun mengeringkan.

Oleh sebab itu, bilamana motor dinamo mesin cuci rusak, sudah pasti pengering mesin cuci 2 tabung Anda tidak akan bisa berputar, Lebih buruknya, rusaknya dinamo mesin cuci bisa juga menyebabkan mesin cuci tidak bisa berfungsi sama sekali alias mati total.

  • Komponen Door Switch Error

Berbicara mengenai mesin cuci, ada satu komponen yang paling rentan rusak ketika terkena air, yaitu door switch alias saklar pintu. Bilamana komponen door switch ini rusak, maka pengering mesin cuci dipastikan tidak mau muter dan hanya akan mengeluarkan suara berdengung.

  • Penyumbatan Saluran Pembuangan Air

Selanjutnya adalah penyumbatan saluran pembuangan air. Ini bisa menjadi salah satu akar masalah kenapa pengering mesin cuci Anda tidak berfungsi dan tidak bisa berputar. Umumnya, masalah ini terjadi akibat adanya barang-barang kecil yang nyangkut dan akhirnya mengganggu aliran air dari dalam menuju luar mesin cuci.

  • Beban Muatan Pakaian yang Berlebihan

Penyebab terakhir kenapa pengering mesin cuci tidak berputar adalah karena kelebihan muatan pakaian. Faktanya, setiap mesin cuci selalu hadir dengan daya kapasitas pengering yang berbeda. Jadi, jika Anda memasukkan terlalu banyak baju dan celana, maka pengering mesin cuci otomatis tidak akan mau berputar dan bisa saja bocor.

Rekomendasi Merk Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung Terbaik

Rekomendasi Merk Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung Terbaik
freepik.com

Apakah Volties memiliki rencana mau beli mesin cuci baru untuk menggantikan mesin cuci lama Anda yang pengeringnya sudah rusak? Kalau begitu, cek beberapa merk mesin cuci terbaik di bawah. Kualitas mesin cuci merek-merek ini terjamin awet dan tahan lama.

Merk Mesin Cuci Terbaik di Indonesia

MerekModel Mesin CuciHarga
SharpES-FL1073 Mesin Cuci Front Loading 7KgRp. 4.215.000,00
LGP9050RTB Mesin Cuci 2 Tabung 9KgRp. 2.184.000,00
PolytronPWM 701B Primadona Giant Mesin Cuci 2 Tabung 7KgRp. 1.459.000,00
SankenTW-882NP Mesin Cuci Twin Tub 9KgRp. 1.699.000,00
AQUAQW-770XT Twin Tub Mesin Cuci 7KgRp. 1.261.000,00
PanasonicNA-W76BBZ Mesin Cuci Twin Tube 7.5KgRp. 1.699.000,00
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar - Terbaru 2024

Setelah Anda tahu penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak berputar, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi pengering mesin cuci tidak bisa berputar. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya!

1
Bersihkan Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

Pengering Tidak Berputar Bisa Jadi Karena Saluran Pembuangan Tersumbat

Bersihkan Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

2
Perbaiki atau Ganti Kapasitor dan Dinamo Mesin

JIka Memungkinkan, Perbaiki Kapasitor dan Dinamo. Jika Tidak, Ganti Saja!

Perbaiki atau Ganti Kapasitor dan Dinamo Mesin

3
Putar Tali Rem Mesin Cuci

Bila Tali Rem Bermasalah, Coba Putar, Barangkali Berhasil

Putar Tali Rem Mesin Cuci

4
Ganti Kabel Mesin Cuci yang Putus

Kabel Mesin Cuci Putus? Gantilah dengan yang Baru

Ganti Kabel Mesin Cuci yang Putus

5
Kurangi Muatan di Pengering Mesin Cuci

Kurangi Muatan dan Tes Apakah Pengering Mesin Cuci Bisa Kembali Berputar

Kurangi Muatan di Pengering Mesin Cuci

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pengering Tidak Berputar Bisa Jadi Karena Saluran Pembuangan Tersumbat
© freepik.com
1
Pengering Tidak Berputar Bisa Jadi Karena Saluran Pembuangan Tersumbat

Bersihkan Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

Rekomendasi kami

Cara mengatasi pengering mesin cuci tidak bisa berputar yang pertama adalah dengan membersihkan saluran pembuangan air. Ini adalah cara yang bisa Anda ikuti jika penyebab pengering mesin cuci tidak berfungsi disebabkan oleh penyumbatan saluran pembuangan air mesin cuci.

Anda bisa membersihkannya dengan menekan pengunci atau klem saluran karet pembuangan atau menggesernya ke arah atas. Kemudian, setelah terlepas, Anda bisa segera menarik selang karet pengering mesin cuci. Selang karet pengering dari mesin cuci ini biasanya berwarna hitam.

Setelah selang karet pengering mesin cuci terlepas, Anda bisa mengambil semua kotoran atau barang-barang yang menyumbat pengering tidak dapat berputar. Jika saluran pembuangan sudah bersih, Anda bisa kembali memasang selang karet pengering mesin cuci ke tempat awalnya.

JIka Memungkinkan, Perbaiki Kapasitor dan Dinamo. Jika Tidak, Ganti Saja!
© freepik.com
2
JIka Memungkinkan, Perbaiki Kapasitor dan Dinamo. Jika Tidak, Ganti Saja!

Perbaiki atau Ganti Kapasitor dan Dinamo Mesin

Rekomendasi kami

Jika masalah yang menyebabkan pengering mesin cuci Anda tidak mau muter karena rusak atau terbakarnya kapasitor, maka Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru. Bagaimanapun, kapasitor mesin cuci yang sudah rusak dan terbakar tidak bisa diperbaiki. Jadi, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti dengan yang baru.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, dinamo yang rusak bisa juga menjadi penyebab pengering mesin cuci tidak bisa berputar. Biasanya, kerusakan dinamo terbagi menjadi dua jenis, yaitu kerusakan ringan karena kotoran dan kerusakan berat karena sudah usang atau terbakar.

Misalkan rusaknya dinamo mesin cuci karena kotor, Anda cukup membersihkannya dengan cara membongkar mesin dinamo. Namun jika dinamo mesin cuci Anda rusak karena terbakar sehingga mesin cuci tidak dapat Anda gunakan, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan dinamo yang baru.

Bila Tali Rem Bermasalah, Coba Putar, Barangkali Berhasil
© freepik.com
3
Bila Tali Rem Bermasalah, Coba Putar, Barangkali Berhasil

Putar Tali Rem Mesin Cuci

Rekomendasi kami

Jika tidak berputarnya pengering mesin cuci dikarenakan tali rem pengering yang rusak, maka Anda bisa segera memperbaikinya. Adapun cara memperbaiki tali rem pengering yang bermasalah adalah dengan menarik bagian tali rem pengering dan memutarnya.

Komponen tali rem pengering ini biasanya terletak pada bagian kawat sling rem. Jika Anda sudah menemukan komponen ini, buka dan putarlah tali rem pengering menggunakan tangan. Misalkan masih bisa berputar lancar, itu ciri bahwa tali rem pengering masih bisa Anda gunakan.

Sebaliknya, jika setelah memutar tali namun pengering masih tidak dapat berputar, hal itu menandakan bahwa komponen ini sudah putus. Maka, cara untuk mengatasinya adalah mengganti dengan tali rem pengering yang baru.

Kabel Mesin Cuci Putus? Gantilah dengan yang Baru
© freepik.com
4
Kabel Mesin Cuci Putus? Gantilah dengan yang Baru

Ganti Kabel Mesin Cuci yang Putus

Cara mengatasi pengering mesin cuci tidak bisa berputar yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki kabel mesin cuci yang putus. Bagaimanapun, putusnya kabel bisa menjadi akar permasalahan kenapa pengering mesin cuci tidak berfungsi. Jika mesin cuci Anda masih baru, kemungkinan putusnya kabel dikarenakan gigitan tikus.

Kalau sudah begini, Anda bisa segera mengganti kabel mesin cuci yang rusak dengan yang baru. Jika Anda masih awam, Anda bisa memanggil tukang servis dan meminta bantuannya untuk mengganti kabel mesin cuci lama Anda yang sudah putus. Ditakutkan jika Anda salah pasang kabel, mesin cuci Anda justru semakin tidak bisa digunakan.

Di samping itu, untuk mencegah masalah ini terjadi kedua kali, Anda bisa melapisi kabel mesin cuci menggunakan pelindung anti tikus. Bila memungkinkan, Anda bisa juga memindahkan mesin cuci ke dalam ruangan agar kabel mesin cuci terhindar dari gigitan tikus.

Kurangi Muatan dan Tes Apakah Pengering Mesin Cuci Bisa Kembali Berputar
© freepik.com
5
Kurangi Muatan dan Tes Apakah Pengering Mesin Cuci Bisa Kembali Berputar

Kurangi Muatan di Pengering Mesin Cuci

Cara terakhir adalah dengan mengurangi muatan pakaian dari tabung pengering mesin cuci. Ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pengering mesin cuci tidak bisa berputar.

Cukup angkat beberapa baju dari dalam tabung pengering, kemudian nyalakan lagi pengering mesin cuci Anda. Selesai. Tidak susah, kan?

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Setelah section panjang sebelumnya, kini Anda bisa membaca beberapa pertanyaan beserta jawaban terkait topik yang sama di bawah. Silakan baca agar wawasan Anda seputar penyebab dan cara mengatasi pengering mesin cuci tidak bisa berputar semakin banyak. 

Apa penyebab mesin cuci pengering tidak mau berputar?

Ada beberapa penyebab yang membuat pengering mesin cuci tidak mau berputar ataupun berputar secara lambat, seperti:

  1. Kapasitor mesin cuci terbakar
  2. Kabel putus
  3. Tali rem pengering putus
  4. Timer pengering rusak atau error
  5. Dinamo mesin cuci rusak
  6. Komponen door switch bermasalah
  7. Saluran pembuangan air tersumbat
  8. Beban muatan baju yang berlebihan

Apa ciri-ciri kapasitor mesin cuci rusak?

Adapun ciri-ciri yang menunjukkan kapasitor mesin cuci rusak adalah sebagai berikut.

  • Dinamo mesin cuci tidak mau berputar 
  • Munculnya bunyi berdengung
  • Dinamo tetap berputar namun putaran motor lemah
  • Suara mesin cuci bising

Kenapa pengering mesin cuci tidak berputar kencang?

Jika pengering mesin cuci Anda masih dapat berputar namun putarannya tidak kencang dan lemah, itu berarti kualitas kapasitor mesin cuci Anda sudah menurun.

Kenapa mesin cuci berdengung tapi tidak berputar?

Biasanya, bunyi berdengung yang muncul dari mesin cuci Anda itu dikarenakan oleh rusaknya dinamo motor atau terbakarnya komponen kapasitor. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti kedua komponen tersebut dengan yang baru.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Sekarang, Anda sudah tiba di bagian akhir dari artikel ini. Sebagai penutup, ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pengering mesin cuci yang rusak dan tidak bisa berputar. Kelima cara ini adalah dengan membersihkan saluran pembuangan air, memperbaiki atau mengganti kapasitor dan dinamo, memperbaiki tali rem pengering, mengganti kabel yang putus, dan mengurangi muatan.

Jika Anda merasa memperbaiki pengering mesin cuci terlalu rumit, Anda bisa menggunakan cara lainnya yang lebih mudah, yaitu membeli mesin cuci baru. Pastikan juga untuk membeli mesin cuci dari merk terbaik dan terpercaya seperti Sharp, AQUA, LG, Sanken, Panasonic, dan Polytron. Jika bingung, klik saja produk yang sudah tim Voltbaba tampilkan di atas. Selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo