Hide Menu

Baru Beli Microwave dan Bingung Atur Suhu? Ikuti 3 Cara Mengatur Suhu Microwave di Sini!

Panduan Lengkap tentang 3 Langkah untuk Mengatur Suhu di Microwave, Mulai dari Menekan Tombol Menu sampai Tombol Start

Artikel Cara Mengatur Suhu Microwave ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Mengatur Suhu Microwave 2024
© freepik.com

Kenapa Penting Mengatur Suhu di Microwave?

Kenapa Penting Mengatur Suhu di Microwave?
freepik.com

Ada alasan kenapa penting bagi Anda untuk mengatur suhu di microwave atau yang umumnya disebut dengan oven microwave. Pasalnya, dengan pengaturan suhu dan waktu yang tepat, makanan yang Anda masak bisa punya kematangan yang merata dan tidak gosong. Itulah manfaat dari mengatur suhu microwave.

Tentunya, makanan yang matang merata adalah apa yang Anda harapkan ketika memiliki microwave di rumah. Bukan begitu, Volties? Lantas, bagaimana cara mengatur suhu microwave? Untuk mengetahui cara-caranya, baca artikel ini sampai habis. Tim Voltbaba akan tunjukkan langkah-langkahnya pada Anda.

Selain itu, tim Voltbaba juga akan menampilkan beberapa produk microwave berkualitas dari merek-merek terkenal seperti Electrolux, Cosmos, Samsung, Sharp, maupun Advance. Jadi, tunggu apa lagi? Pahami cara mengatur suhu di microwave dan belilah produk terbaik untuk rumah Anda!

Pengertian Oven Microwave

Pengertian Oven Microwave
freepik.com

Secara garis besar, microwave atau oven microwave merupakan sebuah alat elektronik yang dirancang khusus untuk menghangatkan makanan. Dengan kata lain, fungsi dari alat ini hanya untuk pemanasan (heating) bukan untuk memasak atau memanggang makanan seperti oven.

Cara kerja dari oven microwave pun sederhana. Berbeda dengan oven yang menggunakan sumber panas seperti gas dan listrik untuk bekerja, microwave justru menggunakan radiasi gelombang mikro. Nah, radiasi gelombang mikro inilah yang berfungsi untuk memanaskan dan menghangatkan makanan.

Hal ini sama seperti apa yang dikatakan oleh Yasmin. A. F. bahwa microwave merupakan alat pemanas makanan yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk menghangatkan makanan (2024). Karenanya, alat elektronik ini banyak dicari dan digunakan oleh beberapa orang di Indonesia.

Di pasaran sendiri, oven microwave terbagi menjadi beberapa jenis seperti microwave basic, convection microwave, grill microwave, serta solo microwave. Semua jenis microwave ini memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa Anda tempatkan di manapun di area dapur rumah Anda.

Adapun makanan yang bisa Anda masak di microwave itu ada banyak, seperti:

  • Telor orak arik
  • Kentang panggang
  • Mug cake
  • Popcorn
  • Kue panggang
  • Brownies kering
  • Keripik kentang
  • Spageti
  • Daging asap
  • Mac and cheese
  • Mi zucchini
  • Pudding cake

Bagaimana Cara Menggunakan Microwave Oven?

Bagaimana Cara Menggunakan Microwave Oven?
freepik.com

Sebelum Anda tahu bagaimana cara mengatur suhu microwave, ada baiknya Anda tahu dulu tentang cara memasak dengan microwave oven. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Perhatikan peralatan dan wadah yang akan Anda gunakan untuk memasak makanan di microwave. Jangan gunakan wadah yang terbuat dari komponen logam karena microwave tidak bisa menembus logam.
  2. Tata makanan di microwave ke beberapa bagian supaya matangnya merata. Anda bisa menata makanan dengan memotongnya dengan ukuran dan bentuk yang sama.
  3. Tutup makanan yang akan Anda masak di dalam microwave. Namun, hindari untuk menutup makanan tersebut dengan menggunakan alumunium foil karena itu dapat menimbulkan percikan api.
  4. Atur suhu dan waktu yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Pasalnya, setiap makanan punya waktu kematangan yang berbeda, baik itu kentang, spageti, popcorn, daging asap, maupun kue brownies.
  5. Setelah selesai menggunakannya, Anda bisa segera membersihkannya. Cara mudahnya, Anda bisa menggunakan kain basah untuk membersihkan microwave.

Kelima cara memakai microwave ini bisa Anda praktikkan untuk berbagai model microwave dari merek Samsung, Electrolux, Sanyo, Sharp, Metrowealth, maupun Ikonic. Jadi, jika Anda sedang mencari cara menggunakan microwave Ikonic, silakan ikuti langkah-langkah di atas.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Mengatur Suhu Microwave - Terbaru 2024

Di bawah ini adalah 3 cara mengatur suhu microwave yang bisa Anda ikuti. Perhatikan langkah-langkahnya, dan atur suhu Anda saat menghangatkan makanan di microwave!

1
Tekan Tombol

Langkah Awal, Tekan Tombol Menu di Panel Layar dan Cari Kenop Microwave

Tekan Tombol "Menu" di Panel Layar

2
Atur Suhu yang Ada di Opsi

Mulailah Mengatur Suhu Sesuai Kebutuhan

Atur Suhu yang Ada di Opsi "Suhu" atau Putar Kenop

3
Tekan Tombol

Di Langkah Terakhir, Tekan Tombol "Start" untuk Mulai Menghangatkan Makanan

Tekan Tombol "Start" atau "Mulai"

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Awal, Tekan Tombol Menu di Panel Layar dan Cari Kenop Microwave
© freepik.com
1
Langkah Awal, Tekan Tombol Menu di Panel Layar dan Cari Kenop Microwave

Tekan Tombol "Menu" di Panel Layar

Rekomendasi kami

Langkah pertama dari cara mengatur suhu microwave adalah dengan menekan tombol “Menu” yang ada di panel kontrol atau layar sentuh microwave. Biasanya, tombol menu yang ada di microwave itu bisa berbentuk tombol untuk microwave modern atau berbentuk kenop untuk microwave tradisional.

Jadi, jika microwave Anda adalah jenis microwave modern, silakan cari tombol yang bertuliskan “Menu”. Sementara jika microwave Anda adalah jenis microwave tradisional, Anda bisa mencari kenop yang ada tulisan opsi “Suhu”.

Mulailah Mengatur Suhu Sesuai Kebutuhan
© freepik.com
2
Mulailah Mengatur Suhu Sesuai Kebutuhan

Atur Suhu yang Ada di Opsi "Suhu" atau Putar Kenop

Rekomendasi kami

Setelah Anda menemukan tombol “Menu” di microwave, Anda bisa lanjut ke cara yang kedua, yaitu mengatur suhu microwave. Suhu pada microwave umumnya diukur dalam satuan derajat Celcius (°C) atau Fahrenheit (°F), tergantung dari model microwave Anda.

Pada langkah ini, jika microwave Anda berjenis modern, Anda bisa mengatur suhunya dengan memilih opsi “Suhu” maupun “Pengaturan”. Di sisi lainnya, misalkan Anda mengunakan microwave tradisional dengan kenop, Anda cukup memutar kenop tersebut ke angka suhu yang Anda inginkan.

Di Langkah Terakhir, Tekan Tombol
© freepik.com
3
Di Langkah Terakhir, Tekan Tombol "Start" untuk Mulai Menghangatkan Makanan

Tekan Tombol "Start" atau "Mulai"

Langkah terakhir dari cara mengatur suhu microwave adalah dengan menekan tombol “Start” atau “Mulai”. Dengan menekan tombol ini, microwave akan segera menghangatkan makanan Anda sesuai dengan suhu yang sudah Anda tentukan. Selesai!

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatur Suhu Microwave

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan tentang cara mengatur suhu microwave yang banyak ditanyakan orang-orang. Silakan baca!

Berapa suhu di dalam microwave?

Biasanya, suhu minimum dari microwave itu 30 derajat Celcius. Sementara suhu maksimalnya sebesar 250 derajat Celcius.

Berapa menit untuk memanaskan makanan di microwave?

Tergantung dari jenis dan besar makanan yang Anda hangatkan, Anda mungkin membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 10 menit.

Berapa suhu oven untuk menghangatkan makanan?

Suhu ideal untuk memasak makanan di oven maupun microwave itu tergantung dari jenis dan besar makanan Anda, bisa sekitar 50°C sampai 250°C.

Bagaimana cara kerja sistem microwave?

Prinsip cara kerja dari microwave itu sebenarnya sederhana. Umumnya, microwave bekerja dengan menghasilkan radiasi gelombang mikro yang kemudian disalurkan ke dalam microwave untuk mengeluarkan suhu panas.

Kesimpulan: Cara Mengatur Suhu Microwave

Itulah 3 cara mengatur suhu microwave yang bisa Anda ikuti. Sebagai kesimpulan, cara untuk mengatur suhu di microwave itu sangatlah mudah. Jika microwave Anda adalah microwave modern, Anda bisa mengatur suhunya dengan menekan tombol “Menu”, mengatur suhu di opsi “Suhu”, dan menekan tombol “Start”. Selesai.

Sementara itu, misalkan Anda pakai microwave tradisional, Anda cukup memutar kenop untuk mengatur suhu microwave. Caranya pun mudah, Anda cukup memutar kenop ke angka suhu yang Anda inginkan. Setelah itu, microwave akan secara otomatis menghangatkan makanan sesuai dengan suhu yang sudah Anda atur.

Sekarang, setelah Anda tahu cara mengatur suhu microwave, apakah Anda sudah menyiapkan budget untuk membeli satu buah microwave? Kalau sudah, coba klik link produk yang tim Voltbaba sediakan di atas. Kesemuanya adalah microwave berkualitas yang laris manis di pasaran, lho!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo