Hide Menu

Punya CCTV yang Gak Ngerekam? Simak 4 Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak di Sini!

Panduan untuk Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak, Lengkap dan Mudah Dipahami

Artikel Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak ini diposting diperbarui
193 Pembaca
Like
Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak 2024
© unsplash.com/speedoshots

Penyebab CCTV Tidak Mau Merekam atau Menyala

Penyebab CCTV Tidak Mau Merekam atau Menyala
freepik.com

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, penggunaan CCTV sudah marak digunakan demi mencegah terjadinya tindak kejahatan di rumah maupun lingkungan bisnis. Karena fungsinya yang amat penting ini, maka penting juga bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi CCTV dan memahami cara mengetahui CCTV merekam atau tidak.

Bagaimanapun, setiap barang elektronik tentu pernah mengalami kendala, begitupun CCTV. Nah, kendala pada CCTV ini umumnya meliputi rekaman yang tidak dapat muncul di layar monitor maupun CCTV yang tidak dapat merekam. Kira-kira, apa aja sih penyebab dari kendala-kendala ini? Untuk penjelasan lengkap, silakan cek poin-poin di bawah!

  • Kabel Konektor Putus

Yang pertama adalah kabel konektor putus. Ini merupakan penyebab paling umum kenapa CCTV tidak mau merekam dan kenapa hasil rekaman tidak muncul di layar monitor. Biasanya, penyebab putusnya kabel konektor ini karena gigitan tikus maupun kualitas kabel yang kurang bagus.

  • Power Supply atau Adaptor Mati

Penyebab selanjutnya adalah power supply atau adaptor yang mati. Volties perlu mengetahui bahwa adaptor merupakan sumber listrik dari perangkat CCTV. Dalam kata lain, jika adaptor mati, maka sudah pasti CCTV tidak akan menyala dan tidak mau merekam. Juga, ini merupakan salah satu tanda CCTV tidak merekam.

  • Kamera Perekam Rusak

Untuk Volties yang belum tahu, CCTV terdiri dari beberapa komponen yang bekerja secara bersamaan, salah satunya adalah kamera perekam. Semisal CCTV Anda tidak dapat merekam, kemungkinannya adalah kamera perekam pada perangkat CCTV Anda sudah rusak. Hal ini menyebabkan CCTV Anda tidak dapat merekam.

  • Port Konektor Tidak Berfungsi

Jika tiga hal sebelumnya sudah Anda cek dan tidak ada kerusakan, bisa jadi penyebabnya terletak pada port konektor yang bermasalah. Anda bisa mengecek port konektor CCTV yang letaknya di ada di DVR dengan memindahkannya ke port lain. Jika ternyata port lain ini dapat berfungsi tanpa adanya error, maka bisa dipastikan bahwa port konektor CCTV Anda bermasalah.

  • DVR atau Digital Video Recorder Rusak

Penyebab selanjutnya kenapa CCTV Anda tidak bisa merekam adalah karena DVR yang sudah rusak. DVR sendiri merupakan singkatan dari Digital Video Recorder yang fungsinya untuk memonitor dan merekam objek yang nampak oleh kamera perekam CCTV. Karena fungsinya ini, jika DVR rusak maka sudah dipastikan bahwa CCTV tidak mungkin dapat merekam.

  • Hardisk Tidak Dapat Menyimpan Rekaman

Penyebab yang terakhir adalah hardisk yang rusak. Selain DVR, hardisk juga merupakan komponen penting pada CCTV yang berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman yang direkam oleh kamera CCTV, letaknya pun ada di dalam DVR. Sama seperti DVR, jika hardisk bermasalah, maka CCTV Anda juga tidak akan bisa merekam.

Cara Mengatasi CCTV yang Tidak Mau Merekam

Cara Mengatasi CCTV yang Tidak Mau Merekam
freepik.com/rawpixel

Saat Anda sudah mengetahui penyebab kenapa CCTV tidak dapat merekam, Anda pastinya penasaran mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah ini. Tak perlu khawatir, tim Voltbaba telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi CCTV yang tidak dapat merekam. Berikut daftarnya:

  • Pastikan Setiap Kabel CCTV Sudah Terhubung

Sebelum Anda mengecek komponen-komponen CCTV yang Anda curigai bermasalah, Anda bisa terlebih dahulu memastikan setiap kabel CCTV sudah terhubung. Karena bisa jadi, CCTV Anda tidak mau merekam karena kabelnya yang tidak terpasang dengan erat.

Oleh karena itu, cobalah untuk cek dan memastikan bahwa semua kabel sudah terhubung ke setiap perangkat CCTV, baik itu kamera perekam, monitor, dan DVR.

  • Perbaiki Kamera CCTV

Semisal kamera perekam yang menjadi penyebab perangkat CCTV Anda tidak dapat merekam, maka Anda perlu memperbaiki atau menggantinya dengan kamera perekam yang baru. Ada baiknya Anda membeli yang baru karena ditakutkan kamera perekam yang diperbaiki ini dapat rusak kembali.

  • Cek dan Pastikan Adaptor CCTV Sudah Menyala

Seperti yang sudah Volties ketahui, adaptor merupakan sumber listrik dari CCTV. Oleh karena itu, jika CCTV Anda tidak mau merekam, cobalah untuk cek bagian adaptor. Biasanya, setiap adaptor memiliki lampu yang berfungsi sebagai penanda untuk memberitahu bahwa adaptor sudah menyala. Jika tidak menyala, berarti Anda harus mengganti adaptor CCTV Anda dengan yang baru.

  • Coba Pastikan Port Kabel CCTV

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan port kabel CCTV sudah terpasang sebagaimana mestinya sesuai petunjuk yang ada di buku panduan. Namun jika Anda menginginkan cara yang lebih simpel, Anda bisa membeli port CCTV baru yang banyak tersedia di online marketplace.

  • Ganti DVR

Katakanlah Anda sudah melakukan semua cara yang sudah kami sebutkan namun CCTV Anda tetap tidak dapat menyala. Jika begitu, apa solusinya? Tenang Volties, jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, maka letak masalahnya sudah pasti terletak pada DVR yang sudah rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengganti DVR tersebut dengan DVR yang baru.

Bagaimanapun, menjaga dan memastikan bahwa CCTV Anda berfungsi dengan baik adalah hal yang penting untuk memastikan keamanan area yang Anda awasi. Ini sama seperti yang dijelaskan oleh Fahlepi. R. D (2020) di penelitian berjudul Akses Kamera Cctv dari Jarak Jauh untuk Monitoring Keamanan dengan Penerapan PSS.

Dalam penelitian ini, dijelaskan bahwa perangkat CCTV merupakan salah satu yang paling dibutuhkan di zaman ini untuk mengatasi tindak kejahatan yang semakin tinggi. Dengan mempertimbangkan hal ini, maka penting bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi CCTV Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak - Terbaru 2024

Apakah Anda sudah paham mengenai penyebab kenapa CCTV tidak mau merekam sekaligus cara mengatasinya? Kalau sudah, maka kini waktu yang tepat bagi Anda untuk memahami cara mengetahui CCTV merekam atau tidak. 

Pada dasarnya, untuk mengetahui apakah CCTV merekam atau tidak itu amat mudah karena Volties hanya membutuhkan bantuan dari jaringan internet, baik itu data seluler maupun WiFi. Lalu, seperti apa caranya? Simak terus untuk mengetahuinya!

1
Perhatikan Indikator

Nyala Indikator Lampunya Berwarna Merah Kedap-Kedip. Ada Juga Warna Biru yang Menyala Terus Menerus

Perhatikan Indikator

2
Cek Menggunakan Aplikasi Bawaan CCTV

Tinggal Buka HP, Lalu Buka Aplikasi Bawaan CCTV, Selesai. Gak Ribet!

Cek Menggunakan Aplikasi Bawaan CCTV

3
Cek Menggunakan Monitor Komputer

Hubungkan DVR ke Komputer Biar Bisa Ngecek Aktif Tidaknya CCTV Lewat Monitor

Cek Menggunakan Monitor Komputer

4
Mengecek Kualitas Rekaman CCTV

Cek Rekaman CCTV yang Ada. Apakah Kualitas Rekamannya Sama atau Memburuk?

Mengecek Kualitas Rekaman CCTV

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Nyala Indikator Lampunya Berwarna Merah Kedap-Kedip. Ada Juga Warna Biru yang Menyala Terus Menerus
© freepik.com/rawpixel
1
Nyala Indikator Lampunya Berwarna Merah Kedap-Kedip. Ada Juga Warna Biru yang Menyala Terus Menerus

Perhatikan Indikator

Rekomendasi kami

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah CCTV sedang merekam atau tidak adalah dengan memerhatikan indikator lampu pada alat CCTV. Secara umum, ada dua warna yang selalu menjadi indikator bahwa CCTV sedang hidup dan merekam, yaitu merah dan biru.

Apa perbedaan dari kedua warna ini? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar, keduanya sama-sama berfungsi untuk memberitahu bahwa CCTV sedang aktif. Ini semua hanya masalah preferensi dari masing-masing merek CCTV karena ada yang menggunakan indikator warna merah dan ada juga yang menggunakan indikator warna biru.

Untuk jenis CCTV yang menggunakan indikator warna merah, Anda bisa mengetahui apakah CCTV tersebut aktif atau tidak dengan memperhatikan lampu merahnya. Jika berkedip-kedip, maka CCTV tersebut sedang merekam. Sementara untuk merek CCTV yang menggunakan indikator warna biru seperti Bardi, lampu biru yang terus menyala adalah tanda bahwa CCTV ini sedang merekam.

Tinggal Buka HP, Lalu Buka Aplikasi Bawaan CCTV, Selesai. Gak Ribet!
© freepik.com
2
Tinggal Buka HP, Lalu Buka Aplikasi Bawaan CCTV, Selesai. Gak Ribet!

Cek Menggunakan Aplikasi Bawaan CCTV

Rekomendasi kami

Cara mengetahui CCTV merekam atau tidak yang selanjutnya adalah dengan melihat dan mengecek menggunakan aplikasi bawaan CCTV. Saat ini, memang sudah marak perangkat CCTV yang dilengkapi dengan fitur untuk merekam suara, kamera inframerah atau infrared, maupun kontrol mudah menggunakan aplikasi dari smartphone.

Bahkan, sudah banyak brand CCTV ternama yang merancang perangkat CCTV yang bisa dipantau lewat HP yang sudah terhubung dengan aplikasi bawaan. Misalnya Xiaomi Yi Dome Camera dengan aplikasi Mi Home, SPC Sunrise Outdoor CCTV dengan aplikasi SPC Smart Living, maupun Bardi Smart IP Camera CCTV dengan aplikasi Bardi Smart Home.

Berkat perkembangan ini, Anda dan pengguna lain akan lebih mudah untuk melihat dan memonitor rekaman CCTV lewat ponsel ketika Anda sedang berada di luar rumah. Selain itu, adanya aplikasi bawaan CCTV ini juga memungkinkan Anda untuk mengecek apakah CCTV Anda hidup atau tidak. Mudah, praktis, dan efisien kan?

Lebih baiknya lagi, aplikasi bawaan CCTV ini juga memudahkan Anda untuk memastikan apakah CCTV sudah bisa merekam gambar dan suara atau belum. Anda cukup lihat gambar video di layar ponsel atau dengar pengeluaran suara dari aplikasi bawaan CCTV. Jika semua normal, itu berarti CCTV Anda aman dan tidak sedang disadap.

Hubungkan DVR ke Komputer Biar Bisa Ngecek Aktif Tidaknya CCTV Lewat Monitor
© freepik.com
3
Hubungkan DVR ke Komputer Biar Bisa Ngecek Aktif Tidaknya CCTV Lewat Monitor

Cek Menggunakan Monitor Komputer

Rekomendasi kami

Selain menggunakan smartphone, cara mengetahui CCTV merekam atau tidak bisa juga Anda lakukan dengan mengecek melalui monitor di komputer atau laptop Anda. Bagaimana caranya? Anda cukup menghubungkan jaringan internet ke komputer atau laptop kemudian gunakan video viewer yang ada di DVR.

Jika sudah, Anda nantinys bisa melihat gambar rekaman CCTV secara real-time pada layar monitor komputer maupun laptop Anda. Misalkan Volties bisa melihat gambar video aktif di layar monitor, itu tanda bahwa CCTV Anda terdeteksi sedang merekam. Berbeda ketika monitor Anda menampilkan gambar diam, itu adalah tanda CCTV tidak merekam alias tidak aktif.

Ketika Anda melihat ciri atau tanda bahwa CCTV tidak aktif dan tidak mau merekam, Anda bisa segera melakukan pemerikasaan pada komponen-komponen CCTV. Contoh dari komponen ini meliputi adaptor, kabel konektor, kamera perekam, port konektor, dan DVR.

Cek Rekaman CCTV yang Ada. Apakah Kualitas Rekamannya Sama atau Memburuk?
© freepik.com
4
Cek Rekaman CCTV yang Ada. Apakah Kualitas Rekamannya Sama atau Memburuk?

Mengecek Kualitas Rekaman CCTV

Cara terakhir untuk mengetahui CCTV merekam atau tidak adalah dengan mengecek kualitas kamera dari daftar rekaman CCTV yang ada. Cara ini pun sangat mudah untuk Anda lakukan yang mana Anda hanya perlu memerhatikan kualitas rekaman dari satu rentang waktu ke rentang waktu yang lain.

Dengan mengecek rekaman ini, Anda nantinya dapat mengetahui dan menilai kualitas rekaman dari CCTV Anda. Apakah ada perubahan maupun perbedaan kualitas antara satu rekaman dengan rekaman yang lain. Misalkan tidak ada perubahan, itu bentuk bukti bahwa CCTV Anda merekam dengan baik. Sebaliknya, jika ada perbedaan kualitas, maka itu tanda bahwa CCTV Anda bermasalah.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang paling ditanyakan oleh orang-orang seputar cara mengetahui CCTV merekam atayu tidak. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya!

Bagaimana cara melihat CCTV itu aktif atau tidak?

Lihatlah indikator lampu pada CCTV tersebut, menyala atau tidak. Jika indikatornya menyala merah dan berkedip-kedip, maka itu tanda CCTV sudah aktif. Ada juga CCTV dengan indikator biru yang menyala terus menerus yang menandakan CCTV tersebut sedang merekam.

CCTV aktif berwarna apa?

CCTV aktif biasanya berwarna merah yang berkedip-kedip atau biru yang menyala terus menerus.

Saat mati lampu apakah CCTV tetap merekam?

CCTV merupakan perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik agar dapat aktif. Dalam kata lain, jika mati lampu atau tidak adanya daya listrik, maka CCTV tidak dapat merekam.

Berapa lama rekaman CCTV terhapus otomatis?

7 hari. Sistem dari perangkan DVR biasanya secara otomatis akan menghapus hasil rekaman setelah 7 hari. Jadi, pada hari kedelapan, rekaman CCTV dari hari pertama sampai hari ketujuh akan secara otomatis terhapus.

Kesimpulan: Cara Mengetahui CCTV Merekam atau Tidak

Demikian penjelasan mengenai cara mengetahui CCTV merekam atau tidak. Bagaimanapun, sebagai salah satu perangkat keamanan yang canggih, memastikan CCTV selalu aktif dan merekam adalah hal yang wajib Anda lakukan. Dengan memastikan CCTV sudah aktif dan merekam berarti Anda sudah memastikan keamanan di area rumah ataupun lingkungan kantor Anda dari tindak kriminal.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo