Hide Menu

Beginilah 4 Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak, Ternyata Gak Ribet, Lho!

Panduan Tentang Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak yang Mudah. Ada Empat Cara yang Bisa Anda Ikuti!

Artikel Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak ini diposting diperbarui
783 Pembaca
Like
Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak 2024
© istockphoto.com/pixinoo

CCTV Perekam Suara, Jenis CCTV yang Paling Dicari Saat Ini

CCTV Perekam Suara, Jenis CCTV yang Paling Dicari Saat Ini
istockphoto.com/oatintro

Seiring dengan perkembangan teknologi yang maju, CCTV atau Closed Circuit Television menjadi salah satu perangkat keamanan yang penting di setiap rumah, kantor, maupun tempat umum. Maka, sudah tidak mengherankan bahwa perangkat ini pun mendapatkan banyak upgrade hingga muncul perangkat CCTV yang bisa merekam suara.

Singkatnya, CCTV yang bisa merekam suara merupakan perangkat kamera CCTV yang punya fitur audio atau sound recording. Fungsi dari fitur ini adalah untuk merekam suara di sekitar area yang kamera CCTV tersebut rekam. Bagaimanapun, adanya fitur ini menjadi tambahan yang penting untuk meningkatkan pengawasan serta keamanan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak? Misalkan Anda berencana untuk membeli CCTV dan mempertimbangkan untuk membawa pulang CCTV perekam suara, maka artikel ini akan membantu. Tim Voltbaba akan menampilkan ciri-ciri CCTV yang bisa merekam suara beserta cara mengetahuinya. Jadi, selamat membaca!

Ciri-Ciri CCTV yang Bisa Merekam Suara

Ciri-Ciri CCTV yang Bisa Merekam Suara
istockphoto.com/alice-photo

Pada dasarnya, kebanyakan CCTV atau Closed Circuit Television punya fungsi yang sama, yaitu sebagai instrumen pelindung dan pengawasan, perangkat investigasi, maupun pelengkap keseharian (Gega. R. C. K. B. P, 2021). Meski begitu, ada beberapa perbedaan antara CCTV konvensional dengan CCTV yang bisa merekam suara.

Lalu, apa ciri-ciri CCTV perekam suara? Di bawah ini adalah ciri-cirinya:

  • Tampilan atau Desain yang Berbeda

CCTV camera dengan fitur audio atau sound atau voice recording biasanya memiliki tampilan yang berbeda karena adanya keberadaan microphone di beberapa bagian perangkat CCTV. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenalinya dengan melihat bentuk lubang kecil tanpa lampu di pinggir CCTV camera tersebut.

  • Punya Sistem Canggih untuk Merekam Suara

Ciri CCTV yang bisa merekam suara yang kedua adalah adanya sistem canggih yang tertanam di perangkat CCTV tersebut. Berdasarkan sistem canggihnya ini, ada dua jenis model perangkat CCTV yang bisa Anda pilih, yaitu analog CCTV dan IP CCTV.

Analog CCTV merupakan model CCTV camera yang akan mengirim audio atau suara yang terekam ke dalam DVR atau Digital Video Recorder. Sementara itu, IP CCTV adalah jenis kamera CCTV memiliki sistem audio bawaan sehingga perekaman suara atau voice akan langsung diarahkan ke bagian kamera dari IP CCTV.

Rekomendasi CCTV Perekam Suara Terbaik

Rekomendasi CCTV Perekam Suara Terbaik
istockphoto.com/ChubarovY

Perlu Anda ketahui bahwasanya saat ini produk CCTV camera yang bisa merekam suara terbilang masihlah sedikit. Daripada Anda membuang waktu untuk mencarinya satu-satu, berikut tim Voltbaba sediakan 4 CCTV perekam suara terbaik yang bisa Anda beli lewat online marketplace.

Rekomendasi CCTV Perekam Suara Terbaik yang Ada di Indonesia

MerekModelHarga
HikvisionDS-2CE76H0T-ITPFS Indoor Camera 5 MP with SoundRp. 454.000,00
EZVIZC1C-B 1080P 2MP PRO H.265 Wireless Home IP CameraRp. 279.000,00
YooseeIP Camera CCTV V380 WIRELESS 3 Antena YYRp. 149.000,00
ReolinkIP Camera CCTV E1 Pro 4 MP WiFiRp. 774.000,00

Seperti yang tertera di tabel di atas, harga dari CCTV perekam suara ini beragam, mulai dari 100 ribu sampai 700 ribuan. Jadi, saat membeli CCTV perekam suara, tim Voltbaba sarankan untuk memilih produk yang sesuai dengan budget pengeluaran Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak - Terbaru 2024

Di bawah ini adalah empat cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak. Jangan buang waktu Anda, dan lanjut scroll ke bawah!

1
Cek Spesifikasi CCTV yang akan Anda Beli

Cara Paling Mudah, Cek Saja Spesifikasi CCTV!

Cek Spesifikasi CCTV yang akan Anda Beli

2
Periksa Komponen Microphone di CCTV

Coba Periksa CCTV, Adakah Microphone yang Tertanam di Sebelah Kameranya?

Periksa Komponen Microphone di CCTV

3
Cek Pengaturan CCTV

Buka Pengaturan CCTV dan Nyalakan Fitur Audio Recording

Cek Pengaturan CCTV

4
Uji CCTV untuk Merekam Suara

Lakukan Pengujian Biar Makin Yakin Kalau CCTV Bisa Merekam Suara

Uji CCTV untuk Merekam Suara

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Paling Mudah, Cek Saja Spesifikasi CCTV!
© istockphoto.com/onurdongel
1
Cara Paling Mudah, Cek Saja Spesifikasi CCTV!

Cek Spesifikasi CCTV yang akan Anda Beli

Rekomendasi kami

Cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak yang pertama adalah dengan memeriksa spesifikasi dari CCTV Anda. Cara ini pun cukup mudah untuk Anda lakukan karena Anda hanya perlu memeriksa informasi yang tertulis di dalam buku panduan atau dokumen produk CCTV camera yang Anda beli.

Biasanya, kamera CCTV yang bisa merekam suara memiliki fitur dengan spesifikasi audio/sound/voice recording yang tertulis di box produknya. Jika CCTV yang Anda pilih mencantumkan fitur ini, maka itu tandanya CCTV tersebut mampu mendengar suara di area yang akan Anda awasi sekaligus merekam dan menyimpan rekaman suara tersebut.

Coba Periksa CCTV, Adakah Microphone yang Tertanam di Sebelah Kameranya?
© istockphoto.com/Saklakova
2
Coba Periksa CCTV, Adakah Microphone yang Tertanam di Sebelah Kameranya?

Periksa Komponen Microphone di CCTV

Rekomendasi kami

Misalkan Anda sudah yakin bahwa CCTV yang akan Anda beli memiliki fitur audio/sound/voice recording, kalau begitu langkah berikutnya adalah memeriksa kualitas microphone dari CCTV tersebut. Bagaimanapun, microphone merupakan sebuah komponen yang memungkinkan kamera CCTV untuk merekam suara dengan baik.

Biasanya, perangkat CCTV yang bisa merekam suara dilengkapi dengan komponen microphone yang letaknya ada di dekat kamera CCTV. Jika Anda berhasil menemukan komponen microphone ini, maka Anda juga harus memastikan microphone tersebut tidak tertutup oleh objek agar kemampuan perekaman suara tidak terganggu.

Buka Pengaturan CCTV dan Nyalakan Fitur Audio Recording
© istockphoto.com/PhonlamaiPhoto
3
Buka Pengaturan CCTV dan Nyalakan Fitur Audio Recording

Cek Pengaturan CCTV

Rekomendasi kami

Selanjutnya, cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak adalah dengan mengecek pengaturan atau setelan CCTV. Umumnya, pengaturan ini bisa Anda akses melalui aplikasi atau perangkat lunak yang memang terhubung dengan perangkat kamera CCTV yang Anda miliki.

Saat Anda mengakses pengaturan CCTV, Anda nantinya akan menemukan pilihan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan (OFF/MATI) fitur merekam suara atau audio recording. Seperti kebanyakan alat elektronik, jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka CCTV akan merekam suara.

Lakukan Pengujian Biar Makin Yakin Kalau CCTV Bisa Merekam Suara
© istockphoto.com/DSCimage
4
Lakukan Pengujian Biar Makin Yakin Kalau CCTV Bisa Merekam Suara

Uji CCTV untuk Merekam Suara

Rekomendasi kami

Apakah Anda sudah memastikan bahwa CCTV Anda dapat merekam suara dengan mengecek spesifikasi sampai pengaturan CCTV? Jika sudah, maka Anda bisa segera melakukan uji perekaman suara untuk mengecek apakah fitur audio recording berfungsi dengan baik atau tidak.

Bagaimana caranya? Cukup mudah kok sobat Volties. Anda hanya perlu menyalakan CCTV untuk memulai perekaman dan segera hidupkan fitur perekaman suara. Kemudian, silakan putar kembali hasil rekaman CCTV tersebut dan cek apakah suara yang direkam perangkat CCTV ini terdeteksi atau tidak.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak

Tak lengkap rasanya jika semua panduan ini tidak memiliki pertanyaan dan jawaban terkait. Jadi, coba cek beberapa pertanyaan di bawah yang sering ditanyakan orang-orang seputar CCTV perekam suara.

Apakah rekaman CCTV bisa terdengar suara?

Syarat utama sebuah kamera CCTV bisa merekam suara atau audio adalah adanya komponen microphone. Jadi, jika Anda sedang mencari CCTV yang bisa merekam suara, coba pilih CCTV yang punya fitur audio/sound/voice recording. Bisa dipastikan CCTV tersebut dilengkapi dengan microphone.

Apa tanda CCTV sedang dipantau?

Biasanya, tanda CCTV yang hidup dan sedang merekam bisa Anda cek dari adanya lampu infrared berwarna merah atau biru yang menyala. Namun jika Anda tidak menemukan tanda ini, berarti CCTV sedang tidak aktif atau mati atau mungkin terkena sadap. Jadi, selalu cek CCTV Anda secara berkala, ya, Volties!

CCTV perekam suara yang bagus merek apa?

Di bawah ini adalah contoh perangkat kamera CCTV yang bisa merekam suara:

  • Hikvision DS-2CE76H0T-ITPFS Indoor Camera 5 MP with Sound
  • Reolink IP Camera CCTV E1 Pro 4 MP WiFi
  • Yoosee IP Camera CCTV V380 WIRELESS 3 Antena YY
  • EZVIZ C1C-B 1080P 2MP PRO H.265 Wireless Home IP Camera

Kesimpulan: Cara Mengetahui CCTV Merekam Suara atau Tidak

Demikian akhir dari artikel kami. Sebagai kesimpulan, ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah CCTV merekam suara atau tidak. Keempat cara tersebut adalah mengecek spesifikasi CCTV yang punya fitur audio recording, memerika ada tidaknya komponen microphone, mengecek pengaturan CCTV lewat aplikasi, dan menguji CCTV untuk merekam suara.

Bagaimana Volties? Apakah Anda sudah tahu cara mengetahui CCTV merekam suara atau tidak? Jika sudah, coba tinggalkan komen di bawah biar tim Voltbaba tahu kalau sobat Volties terbantu dengan artikel ini. Oh ya. jangan lupa tekan tombol like!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo