Hide Menu

Ketahui 3 Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai. Pasti Langsung Hidup Kembali!

Pelajari Tahapan Mudah Menyalakan Kulkas yang Tidak Terpakai dalam Waktu Lama dengan Memastikan Permukaan Kering

Artikel Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai ini diposting diperbarui
122 Pembaca
Like
Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai 2024
© freepik.com

Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai, Apakah Masih Bisa?

Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai, Apakah Masih Bisa?
freepik.com

Tentu saja bisa kalau masih ada arus listrik di dalam kulkas. Ini sangat memungkinkan kulkas akan nyala meskipun sudah tidak Volties pakai selama beberapa waktu. Kemudian, asalkan tidak ada gangguan seperti kabel yang terputus sudah pasti masih sangat bisa menyala.

Volties harus benar-benar memastikan betul kabel kulkas telah menancap ke stopkontak. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kulkas Anda masih bisa beroperasi. Akan tetapi, kalau hal ini telah Anda pastikan aman namun kulkas tak menyala, sepertinya ada masalah lain.

Untuk hal itu serahkan kepada ahli servis kulkas saja. Sebaliknya, jika mengenai cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai serahkan kepada tim Voltbaba. Yuk, cari tahu bersama bagaimana menyalakan kulkas setelah dimatikan lama. Let’s go!

Cara Mengatasi Kulkas yang Tak Mau Menyala Akibat Tak Dipakai Lama

Cara Mengatasi Kulkas yang Tak Mau Menyala Akibat Tak Dipakai Lama
freepik.com

Hal yang wajar saja menurut tim Voltbaba apabila kulkas mati total atau ga mau nyala akibat tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. Satu hal yang pasti dapat menyelamatkannya adalah mengundang tukang service kulkas ke rumah. Selain aman dan terpercaya, Anda tak akan kebingungan.

Namun, apabila Anda mau mengatasi sendiri terlebih dulu, pertama-tama cek apakah masih ada arus listrik di kulkas menggunakan ampere meter. Ini sangat berguna supaya Anda tahu keadaan si alat pendingin sekaligus mencegah kejadian tersetrum listrik tanpa sengaja.

Yang kedua, cek skema kelistrikan yang ada pada merk kulkas. Biasanya, gambar skema tertempel di bagian belakang kulkas. Atau lebih mudah lagi bisa cek di buku panduan kulkas pribadi Anda. Dua langkah utama ini sangat memungkinkan untuk mengatasi kulkas tak mau hidup.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai - Terbaru 2024

Tanpa berlama-lama, tim Voltbaba ingin segera membagikan cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai paling baru kepada Volties. Simak baik-baik penjelasan dari tim Voltbaba yang tertera seperti di bawah ini!

1
Keringkan Kulkas Lebih Dulu

Cek Tingkat Kelembapan, Keringkan Bila Menemui Bagian yang Basah

Keringkan Kulkas Lebih Dulu

2
Colokkan Kabel Kulkas ke Sakelar

Biar Kulkas Bisa Hidup Lagi Harus Colok ke Sakelar

Colokkan Kabel Kulkas ke Sakelar

3
Atur Besaran Suhu

Gunakan Angka Standar untuk Mendinginkan

Atur Besaran Suhu

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cek Tingkat Kelembapan, Keringkan Bila Menemui Bagian yang Basah
© freepik.com
1
Cek Tingkat Kelembapan, Keringkan Bila Menemui Bagian yang Basah

Keringkan Kulkas Lebih Dulu

Rekomendasi kami

Menurut Aris S dan Achmad F (2020), kulkas merupakan salah satu fasilitas elektronik pendukung yang sebagian keluarga gunakan di rumah. Tidak hanya di rumah tangga, bahkan supermarket menggunakan fasilitas pendukung ini.

Sebenarnya bagaimana menghidupkan kulkas yang lama tak terpakai? Peraturan pertama sebelum benar-benar menghidupkan kulkas kembali, sebaiknya Volties pastikan keadaan kulkas bagian dalam maupun bagian luar kering.

Ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Mengapa? Jawabannya yaitu untuk mencegah terjadinya korsleting listrik akibat adanya cairan di dalam kulkas. Kelembapan juga dapat menyebabkan korsleting. Oleh sebab itu, cek terlebih dulu apakah kulkas benar-benar kering dari semua sudut.

Anda juga bisa mengecek bagian baki sayur, ventilasi lemari es, atau di freezer. Terkadang bukan hanya kelembapan yang bermasalah, tetapi ada hewan yang menyelinap di bagian kondensor atau kompresor. Maka, sebaiknya cek juga kekurangan seperti ini karena sangat mungkin terjadi.

Biar Kulkas Bisa Hidup Lagi Harus Colok ke Sakelar
© freepik.com
2
Biar Kulkas Bisa Hidup Lagi Harus Colok ke Sakelar

Colokkan Kabel Kulkas ke Sakelar

Rekomendasi kami

Sesudah memastikan semua bagian kulkas kering tanpa ada percikan air sekalipun, lanjutkan dengan mencolokkan kabel kulkas ke relay listrik dekat colokan lampu misalnya. Pastikan Anda mencolokkan ke stopkontak yang aliran listriknya stabil.

Alasannya adalah agar kulkas dapat bekerja dengan baik tanpa hambatan. Jika sudah demikia, Anda jadi tak perlu khawatir kulkas yang sudah lama tidak terpakai akan rusak akibat adanya laju listrik yang tidak kokoh.

Kemudian, pastikan juga kondisi kabel masih dalam keadaan yang baik serta aman. Apabila kondisi kabel ada yang rusak tentu hal ini akan menimbulkan korsleting listrik. Jadi, pastikan kabel-kabel dalam kulkas tidak ada yang tergigit tikus juga, ya!

Gunakan Angka Standar untuk Mendinginkan
© freepik.com
3
Gunakan Angka Standar untuk Mendinginkan

Atur Besaran Suhu

Rekomendasi kami

Setelah Volties berhasil mencolokkan ke stopkontak, langsung atur suhu yang Anda inginkan. Ada baiknya Anda tidak menggunakan suhu terlalu rendah atau minim. Gunakan saja suhu kulkas yang standar.

Akan tetapi, Anda dapat mengubah suhu ke titik terendah apabila kulkas sudah terasa dingin beberapa jam setelah kulkas Anda nyalakan ke suhu paling tinggi. Umumnya, pengaturan kenop suhu pada kulkas terdapat angka 1 hingga 5.

Angka 1 menunjukkan suhu minimal dari kulkas, sementara angka 5 menunjukkan suhu maksimal kulkas. Suhu yang menunjukkan angka 1 juga berarti suhunya tidak terlalu dingin. Sedangkan suhu yang menunjukkan angka 5 berarti suhu sangat dingin.  

Berikut ada contoh mengatur suhu kulkas sesuai dengan jenis makanan yang akan Anda letakkan:

  • 2-4 derajat celsius untuk sebagian besar makanan dan daging giling juga susu
  • 1-3 derajat celsius untuk menyimpan daging karkas
  • -1-2 derajat celsius (freezer) untuk daging ayam dan ikan
  • -18 derajat celsius (freezer) untuk makanan beku

Tanya Jawab Seputar Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Mari lanjutkan membaca artikel ini dengan menyimak lima pertanyaan di daftar tanya-jawab cara menghidupkan kulkas yang lama tidak dipakai. Pastikan baca semuanya, ya!

Bolehkah kulkas dimatikan dalam jangka waktu lama?

Ya, boleh. Asalkan mematikannya dengan cara yang benar. Berikut adalah cara yang tepat:

  • Atur suhu ke titik paling rendah
  • Cabut kabel kulkas dari  stopkontak
  • Bersihkan kulkas
  • Keringkan dengan membuka pintu kulkas

Bagaimana cara menyalakan kulkas setelah dimatikan?

Anda harus mematikan terlebih dulu kulkas telah kering baik permukaan maupun di dalamnya, lalu colokkan kabel ke stopkontak. Kemudian, Volties bisa mengatur suhu yang Anda inginkan.

Berapa lama kulkas dingin setelah lama tidak dipakai?

Perlu waktu 2 hingga 3 jam lamanya agar kulkas kembali dingin setelah lama tidak Anda pakai.

Apakah kulkas bisa dimatikan dalam waktu lama?

Ya, bisa. Anda bisa mematikan kulkas dalam jangka waktu yang lama. Namun, jangan lupa Anda tetap harus memperhatikan cara mematikan kulkas yang benar.

Apakah kulkas akan rusak jika tidak dipakai?

Itu mungkin saja terjadi. Ada banyak hal yang menjadi penyebab kenapa kulkas dapat rusak jika tidak terpakai, misalnya saja masalah jamur, kerusakan komponen kulkas, atau kebocoran gas.

Apa penyebab kulkas tiba-tiba mati?

Penyebab paling umum adalah sekring kulkas putus. Ini dapat terjadi apabila Volties menyalakan alat elektronik di rumah sekaligus. Solusinya ganti sekring yang putus dengan yang baru.

Bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar?

Ikuti cara berikut ini untuk membersihkan kulkas:

  1. Buka kulkas lalu bereskan dulu stok makanan di kulkas.
  2. Lepaskan semua rak dan laci yang berada di dalam kulkas.
  3. Bersihkan secara bertahap mulai dari bagian luar, bawah, sampai atas kulkas.
  4. Lap semua bagian pakai kain bersih yang kering.
  5. Masukkan kembali rak beserta stok makanan.
  6. Tutup kulkas sampai rapat.

Kesimpulan: Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Hanya ada tiga cara menghidupkan kulkas setelah dibersihkan, antara lain memastikan tidak ada sedikitpun air di dalam kulkas akibat kelembapan, mencolokkan kabel kulkas ke stopkontak, dan mengatur suhu standar kulkas agar bisa dingin.

Saat selesai melakukan tiga langkah terbaik menghidupkan tadi, barulah Anda dapat menggunakan kulkas kesayangan kembali. Namun, biarkan kulkas beberapa saat lebih dulu untuk membuat mesin panas sehingga kulkas menjadi dingin. Selamat mempraktikkan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo