Hide Menu

Pasti Anti Apek Kalau Pakai 4 Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas Kesayangan!

Bau yang Diinginkan Hilang, Kulkas Kembali Harum dan Makanan Tetap Terjaga Kesegarannya!

Artikel Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas 2024
© freepik.com

Bau Daging Busuk di Kulkas Mengganggu. Apa Penyebabnya?

Bau Daging Busuk di Kulkas Mengganggu. Apa Penyebabnya?
freepik.com

Sama halnya dengan lemari pakaian yang harus diberi kamper agar tidak menimbulkan odor, kulkas pun demikian. Daging yang dibiarkan tersimpan di kulkas terlalu lama tanpa melalui proses penyimpanan yang benar dapat menyebabkan bau busuk yang mengganggu di dalam kulkas.

Bukan hanya itu, penyebab lain yang dapat menimbulkan bau daging busuk ialah karena perubahan suhu kulkas yang kurang optimal sehingga mengakibatkan kesegaran daging berkurang. Suhu yang tidak stabil dapat mempercepat tumbuhnya bakteri pada daging. Tidak mengherankan daging dapat cepat basi dan menimbulkan bau busuk.

Kontaminasi juga bisa menyebabkan daging bau busuk. Misalnya dari kondisi kulkas yang sudah kotor, wadah penyimpanan daging yang kurang bersih, daging terkena kotoran dari talenan yang kotor atau kontaminasi dari tangan Anda sendiri yang kurang bersih saat menyentuh daging.

Kalau sudah menimbulkan bau daging busuk seperti bangkai di dalam kulkas, satu-satunya cara yaitu membersihkan kulkas. Tim Voltbaba punya cara menghilangkan bau daging busuk di kulkas yang ampuh. Ikuti penjelasan singkat mengenai cara menghilangkan bau di kulkas sesaat lagi!

Cara Mencegah Bau Daging Busuk di Kulkas

Cara Mencegah Bau Daging Busuk di Kulkas
freepik.com

Kulkas memang bermanfaat untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet. Etiek N et al (2022) mendeskripsikan bahwa pendinginan dalam kulkas merupakan cara yang paling sederhana dan sering digunakan untuk mengawetkan serta memperpanjang masa simpan bahan makanan.

Namun, dengan catatan cara menyimpannya harus benar. Anda dapat melakukan cara-cara menyimpan daging seperti ini agar tidak menimbulkan bau daging busuk di kulkas. Cek caranya!

  1. Selalu bersihkan kulkas secara rutin dengan cairan pembersih.
  2. Simpan daging ke dalam wadah yang dapat ditutup rapat.
  3. Gunakan wadah yang kedap udara untuk menyimpan bahan makanan.
  4. Sortir makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa.
  5. Bersihkan nampan penampung air di bawah kulkas secara rutin.
  6. Lap permukaan kulkas segera apabila ada tumpahan cairan.
E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas - Terbaru 2024

Bau menyengat ketika membuka kulkas sangat membuat tidak nyaman, bukan? Tim Voltbaba ingin membagikan cara menghilangkan bau kulkas seperti bau daging busuk secara permanen kepada Volties. Ayo lekas baca langkah-langkahnya!

1
Keluarkan Daging yang Ada di Dalam Kulkas

Mengeluarkan Sumber Bau Akan Mempermudah Pembersihan

Keluarkan Daging yang Ada di Dalam Kulkas

2
Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Gunakan Cairan Pembersih dan Lap Basah

Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

3
Letakkan Pewangi Alami ke Dalam Kulkas

Hilangkan Bau Tak Sedap dengan Wewangian Alami

Letakkan Pewangi Alami ke Dalam Kulkas

4
Masukkan Kembali Bahan Makanan ke Dalam Kulkas

Simpan Bahan Makanan dengan Benar agar Tidak Cepat Busuk

Masukkan Kembali Bahan Makanan ke Dalam Kulkas

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mengeluarkan Sumber Bau Akan Mempermudah Pembersihan
© freepik.com
1
Mengeluarkan Sumber Bau Akan Mempermudah Pembersihan

Keluarkan Daging yang Ada di Dalam Kulkas

Rekomendasi kami

Pertama-tama, keluarkan dulu sumber bau yang ada pada kulkas. Itu bisa saja dari daging sapi yang tersimpan lama di dalam kulkas Anda. Apabila sumber bau benar berasal dari daging, maka keluarkan daging busuk dan masukkan ke dalam plastik untuk dibuang.

Volties juga bisa mencari sumber bau dari bahan makanan lainnya. Tak menutup kemungkinan bahwa sumber bau daging busuk berasal dari kesalahan cara menyimpan daging bersama bahan makanan yang busuk lainnya, misalnya menyimpan ikan busuk.

Sebaiknya Volties mencari tahu sumber bau berasal dari mana. Setelah itu, keluarkan bahan makanan yang busuk. Untuk mempermudah langkah menghilangkan bau daging busuk ini, Volties juga bisa mengeluarkan semua bahan makanan yang berada di dalam kulkas secara bersamaan.

Gunakan Cairan Pembersih dan Lap Basah
© freepik.com
2
Gunakan Cairan Pembersih dan Lap Basah

Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Lanjut bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan lap basah yang sudah disemprot cairan pembersih. Bersihkan seluruh bagian di dalam kulkas termasuk tumpahan cairan yang ada di rak dekat pintu, rak telur, rak chiller, rak paling bawah, maupun freezer.

Anda dapat membersihkan kulkas dengan cairan pembersih khusus atau campuran larutan cuci piring beserta air. Membersihkan dengan cairan penyerapan ini dapat menghilangkan bau daging busuk yang menyengat dan menghilangkan bakteri yang menempel pada rak dengan mudah.

Hilangkan Bau Tak Sedap dengan Wewangian Alami
© freepik.com
3
Hilangkan Bau Tak Sedap dengan Wewangian Alami

Letakkan Pewangi Alami ke Dalam Kulkas

Rekomendasi kami

Langkah dari cara menghilangkan bau busuk di kulkas selanjutnya yaitu meletakkan wewangian alami di dalam kulkas. Setelah Anda membersihkan rak dengan pembersih khusus, lanjutkan memberi pewangi alam.

Contoh bahan pewangi alami yang bisa Anda gunakan untuk mengharumkan refrigerator kesayangan adalah cengkeh, bubuk kopi hutan, kentang, lemon, ekstrak vanili, soda kue, teh celup, arang, dan oatmeal. Volties dapat menemukan bahan-bahan ini di Indomaret atau pasar tradisional terdekat.

Lalu, Anda bisa mengaplikasikan masing-masing bahan sebagai pengharum kulkas seperti berikut tanpa perlu mengolah terlebih dulu:

  • Ambil beberapa biji cengkeh ke dalam mangkuk kecil, lalu letakkan di bawah rak kulkas.
  • Taruh bubuk kopi ke dalam mangkuk terbuka, lalu letakkan dekat rak bawah kulkas.
  • Kupas kentang mentah, kemudian letakkan di dalam kulkas.
  • Iris 2-3 potongan buah lemon, letakkan di wadah kecil.
  • Tuangkan ekstrak vanili ke kapas dan letakkan ke dalam wadah kecil.
  • Letakkan segelas kecil soda kue ke dalam kulkas.
  • Gunakan teh celup yang sudah Anda pakai, masukkan ke dalam mangkuk kecil.
  • Taruh sepotong arang berukuran kecil ke dalam wadah.
  • Letakkan oatmeal di dalam mangkuk secukupnya.

Di samping itu, jangan gunakan semua deodorant alami tersebut sekaligus. Gunakan salah satu bahan saja, ya. Itu sudah cukup membuat kulkas bau harum seharum baby yang baru mandi. Lalu, kapan Volties dapat mengganti pengharum tersebut? Sudah pasti jawabannya saat pengharum itu sudah tidak tercium hidung lagi.

Simpan Bahan Makanan dengan Benar agar Tidak Cepat Busuk
© freepik.com
4
Simpan Bahan Makanan dengan Benar agar Tidak Cepat Busuk

Masukkan Kembali Bahan Makanan ke Dalam Kulkas

Rekomendasi kami

Sesudah meletakkan salah satu dari aneka wewangian alami ke dalam kulkas Anda, lanjutkan dengan mengembalikan semua bahan memasak ke dalam kulkas. Simpan bahan makanan sesuai dengan tempatnya.

Bila perlu, simpan ke dalam wadah kedap udara dahulu sebelum meletakkan kembali bahan makanan tadi. Gunakan tepak transparan yang dapat menjaga bahan makanan Anda tetap segar dan awet. Daripada menumpuknya secara bersamaan, lebih baik pakai tepak saja!

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas

Temukan pertanyaan berserta jawaban cara membersihkan kulkas yang bau pada kolom tanya-jawab yang tertera di bawah ini!

Agar kulkas tidak bau dikasih apa?

Terdapat berbagai macam bahan alami yang dapat mencegah bau pada kulkas Anda, antara lain lemon, ekstrak vanili, oatmeal, kantong teh bekas, kopi bubuk, soda kue, kentang, cuka, dan arang.

Bagaimana cara menghilangkan bau daging busuk dari lemari es?

Gunakan bahan-bahan seperti cuka, soda kue, kopi bubuk, lemon, sampai dengan arang aktif untuk menghilangkan bau daging busuk di dalam lemari es Anda.

Bagaimana cara menghilangkan daging bau?

Di bawah ini ada cara-cara yang bisa menghilangkan bau pada daging:

  • Berikan perasan jeruk nipis.
  • Taburi garam di atas daging.
  • Rebus daging dengan daun serai, jahe atau kemangi.
  • Masak dengan nanas atau mentimun.

Mengapa freezer saya berbau seperti daging busuk?

Umumnya, freezer yang bau daging busuk berasal dari bakteri, ragi atau jamur yang sudah lama hinggap.

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Bau Daging Busuk di Kulkas

Tidakkah cukup membantu cara menghilangkan bau daging busuk di kulkas versi Voltbaba tadi? Apakah Anda sudah siap mengaplikasikannya terhadap kulkas yang berbau daging busuk?

Ingatlah setiap tahapan dalam menghilangkan bau tersebut. Mulai dari keluarkan isi dalam kulkas, bersihkan, letakkan pengharum alami, lalu masukkan kembali bahan makanan ke dalam kulkas. Praktikkan segera, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo