Hide Menu

Bingung Ukur Watt Ruang di Rumah? Inilah 3 Cara Menghitung Lumen Lampu dan Contohnya

Detail Cara Menghitung Lumen Ruangan Mudah Dimengerti, Yuk, Ikuti Langkahnya Lengkap Menggunakan Peralatan Manual

Artikel Cara Menghitung Lumen Lampu ini diposting diperbarui
88 Pembaca
Like
Cara Menghitung Lumen Lampu 2024
© freepik.com/prosymbols

Apa Itu Lumen pada Lampu?

Apa Itu Lumen pada Lampu?
freepik.com/jannoon028

Lumen yaitu satuan turunan SI (sistem Internasional) untuk fluks cahaya atau unit yang digunakan untuk mengukur output besarnya cahaya lampu dari sebuah sumber. Lumen lebih dikenal dengan simbol lm.

Satuan ini biasanya terdapat di keterangan box lampu yang dicantumkan oleh produsen alat penerangan. Sekarang ini, lumen sudah menjadi unit pengukuran umum untuk menilai keterangan sebuah lampu.

Selanjutnya, apakah Anda tahucara menghitung lumen lampu di rumah dengan 3000VA? Jika Volties belum tahu banyak, lanjutkan membaca artikel ini. Tanpa basa-basi, simak sekarang juga!

Apakah Sulit Meghitung Lumen pada Lampu Secara Manual?

Apakah Sulit Meghitung Lumen pada Lampu Secara Manual?
freepik.com/splitov27

Menghitung besaran lumen sebenarnya tidak terlalu sulit, namun Anda harus teliti dengan angka-angka yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja, Volties harus tahu lebih dulu besaran lux masing-masing ruangan, hitungan bangun sebuah ruang, baru Anda bisa tahu jumlah lm di tempat tersebut.

Dalam menghitung secara manual pun, Volties harus menyiapkan sebuah pensil atau bolpoin, kertas, meteran bangunan, dan kalkulator. Lalu, hitung sesuai rumusan yang sudah paten yang akan dijelaskan setelah ini. Rupanya, berhitung untuk menentukan jumlah lm menggunakan peralatan sederhana tersebut bukanlah hal yang sulit.

Tapi, tahukah Volties bahwa ada cara canggih selain manual untuk mengukur besaran lm yang tentu saja sangat gampang caranya. Biasanya, produsen lampu akan menggunakan alat tersebut di pabrik-pabrik.

Nama alat itu adalah Integrating Sphere yang bisa menghasilkan besaran daya lm sekitar 100, 230, 500, 5000, hingga 10000. Bentuk benda ini seperti bola besar dengan sistem listrik canggih ketika dioperasikan.

Alat pengukur lumen ini memang tidak biasa karena penggunaannya bukan untuk umum, namun hanya untuk perusahaan produksi penerangan semacam lampu saja. Selain itu, harga alat ini juga tidak murah. Jadi, cara alternatif dan mudah yang bisa Volties lakukan adalah menghitung secara manual.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Menghitung Lumen Lampu - Terbaru 2024

Lebih lanjut, inilah tips atau cara mudah menghitung sebuah besaran lm pada penerangan yang siapapun dapat mengikuti. Cek dengan teliti dan ikuti langkah-langkahnya!

1
Ukur Besar Ruangan

Langkah Awal Penentu Hasil Cahaya

Ukur Besar Ruangan

2
Kenali Besaran Lux pada Setiap Tipe Kamar

Lux Bukanlah Lumen. Ini Penjelasannya!

Kenali Besaran Lux pada Setiap Tipe Kamar

3
Hitung Lumen dengan Rumus

Perhatikan Angka-Angka Penting

Hitung Lumen dengan Rumus

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Awal Penentu Hasil Cahaya
© freepik.com/zasabe
1
Langkah Awal Penentu Hasil Cahaya

Ukur Besar Ruangan

Rekomendasi kami

Upaya yang paling dasar dalam proses mengetahui besaran lumen sebuah penerangan adalah memastikan ukuran sebuah ruangan. Memastikan dengan tepat ukuran asli ruangan yang ingin Anda ketahui lumennya membantu Anda mendapatkan hasil lm yang tepat pula.

Sebaiknya gunakan instalasi meteran tukang yang biasanya dipakai oleh ahli bangunan dan arsitek. Volties boleh memakai pilihan yang berukuran 5 meter atau 10 meter. Kemudian, mulailah mengukur bagian panjangnya dan lebarnya. Catat hasilnya di kertas atau handphone agar tidak lupa.

Lux Bukanlah Lumen. Ini Penjelasannya!
© freepik.com/lifeforstock
2
Lux Bukanlah Lumen. Ini Penjelasannya!

Kenali Besaran Lux pada Setiap Tipe Kamar

Rekomendasi kami

Perlu Anda ketahui bahwa lux dan lumen itu berbeda. Seperti yang Satwiko (2004) paparkan bahwa lux atau intensitas cahaya merupakan kuat cahaya yang dikeluarkan oleh sebuah sumber cahaya ke arah tertentu dengan pengukuran cd (candela). Sementara itu, lumen adalah satuan cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya, yang mana 1 lux itu sama dengan 1 lumen/m2.

Berikutnya adalah tabel standar pencahayaan sebuah rumah dengan masing-masing titik kamar, gedung perkantoran, lab, hingga cafetaria berdasarkan Standar Nasional Indonesia 03-6197-2000 mengenai konservasi energi.

Sayangnya, tim Voltbaba mengalami masalah saat mencari keseluruhan data. Sehingga, di bawah ini adalah tabel rangkuman untuk macam-macam ruang di sebuah rumah saja.

RuanganLux (Tingkat Pencahayaan)
Kamar tidur120-150
Ruang kerja120-150
Kamar mandi250
Ruang makan120-150
Dapur250
Ruang tamu120-150
Garasi60
Teras60

Setelah mengenal besaran lux sesuai standar nasional seperti contoh di atas, Anda bisa menghitung atau menemukan jumlah lm dengan mudah.

Perhatikan Angka-Angka Penting
© freepik.com/tania.kitura
3
Perhatikan Angka-Angka Penting

Hitung Lumen dengan Rumus

Rekomendasi kami

Sebelum berhitung dengan rumusan yang ada, Anda mungkin perlu menyiapkan kalkulator untuk menghitung hasil bilangan nanti. Rumus menghitung lumen adalah sebagai berikut:

Lumen = lux x p (m) x l (m)

Berikut arti dari rumus di atas:

  • Lumen adalah fluks cahaya
  • Lux adalah intensitas cahaya (besar angka diambil dari data tabel sebelumnya)
  • P adalah panjang ruangan
  • L adalah lebar ruangan
  • m adalah satuan meter

Selanjutnya, mari coba menghitung lm secara sederhana dengan permisalan Anda ingin mengetahui besaran lm ruang tamu yang berukuran 3×4 m dan kamar tidur 3×3 m.

Yang pertama, mari ingat lagi jika ruang tamu mempunyai tingkat pencahayaan atau lux fit sebesar 120 sampai 150, Volties dapat mengambil nilai maksimalnya yaitu 150. Lalu, ambilah luas ruang tamu dari 3×4, yaitu 12 sebagai luas ruangan.

Kemudian, luas ruang tamu 12 m2 dikali dengan besaran maksimal lux, yaitu 150. Sehingga, hasil akhirnya berjumlah 1800 lm.

Sedangkan perhitungan untuk kamar tidur yaitu 3×3=9 m2. Lalu, hasil luas tersebut dikali lux sebesar 150. Hasilnya adalah 1620 lm.

Bagaimana jika Volties ingin tahu lumen ruangan belajar dan toilet baju ukuran 5 m x 12 m? Langsung saja Anda kalikan, hasil luasnya adalah 60. Lalu, kalikan dengan lux maksimalnya, 150. Jumlah yang Anda dapat yaitu 9000 lm. Simpel dan gampang ya, Volties?

Tanya Jawab Seputar Cara Menghitung Lumen Lampu

Bagian yang tidak boleh Anda tinggalkan dalam menganalisis artikel ini yaitu mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang banyak muncul tentang cara mengukur lumen lampu. Check it out!

Berapa lumen per watt?

Umumnya 1 lumen setara dengan 75 lumens yang bohlam pijar hasilkan, bukan setara dengan lampu LED ataupun halogen.

Apakah semakin tinggi lumen semakin terang?

Ya, tepat sekali. Semakin tinggi angka lumen sebuah lampu, maka semakin terang hasil cahayanya. Hal ini sama dengan semakin tinggi watt, maka semakin terang pula hasil sinarnya.

Apa itu lumen pada lampu LED?

Sederhananya lumen pada LED adalah tingkat kecerahan dari sebuah sumber cahaya. Pengertian ini sama dengan penjelasan lm pada umumnya.

Kesimpulan: Cara Menghitung Lumen Lampu

Inilah akhir dari artikel cara menghitung lumen lampu yang singkat, padat, dan jelas tentunya. Ternyata menghitungnya tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan?

Tim Voltbaba merangkumnya menjadi lebih mudah untuk Volties pahami, sehingga Anda bisa mencobanya di rumah jika saat membeli lampu tidak ada keterangan berapa besaran lumen yang tertera. Yuk, hitung lumen lampu secara mandiri agar tingkat keterangan ruangan jadi sempurna!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo