Hide Menu

Buat yang Belum Tahu, Inilah 3 Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam yang Mudah dan Aman

Panduan Tentang 3 Cara Menyalakan Kompor Tanam, Baik untuk Kompor Tanam Gas, Listrik, maupun Induksi. Lengkap!

Artikel Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam ini diposting diperbarui
224 Pembaca
Like
Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam 2024
© freepik.com

Bagaimana Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam?

Bagaimana Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam?
freepik.com

Sebagai kompor modern dengan desain minimalis, banyak orang mulai tertarik untuk ganti ke kompor tanam dari yang sebelumnya menggunakan kompor gas konvensional. Hanya saja, karena pemasangannya yang harus ditanam, beberapa orang mungkin bingung mengenai bagaimana cara menggunakan maupun menyalakan kompor tanam sehingga ragu membelinya.

Apakah Anda salah satunya? Jika begitu, biarkan artikel ini membantu Anda. Lewat artikel singkat ini, tim Voltbaba akan menampilkan petunjuk penggunaan serta panduan mengenai cara menyalakan kompor gas tanam yang benar. Jadi tanpa buang-buang waktu lagi, mulailah membaca!

Cara Menggunakan Kompor Tanam

Cara Menggunakan Kompor Tanam
freepik.com

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menyalakan kompor gas tanam, ada baiknya Anda memahami 6 cara menggunakan kompor tanam. Adapun cara menggunakan kompor tanam adalah sebagai berikut.

  • Pilih Jenis dan Ukuran Kompor Tanam yang Sesuai

Cara pertama adalah menentukan jenis serta ukuran kompor tanam. Ini merupakan langkah penting untuk mengatasi dan mencegah adanya kebakaran ataupun hal-hal tidak diinginkan lainnya. Anda bisa mulai dengan memilih kompor tanam yang ukurannya pas dengan meja dapur Anda.

Tips lain saat pasang kompor tanam adalah alangkah baiknya untuk menempatkan kompor tanam dengan jarak kira-kira 70 cm dari kitchen set dan peralatan dapur lainnya. Ini merupakan pencegahan karena ditakutkan peralatan dapur yang terlalu dekat dengan kompor tanam menjadi penyebab kebakaran atau kerusakan-kerusakan lainnya.

  • Hentikan Aliran Gas

Menurut Aas. W. H & Oktaria. H (2016), kompor itu terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bahan bakarnya, yaitu kompor gas, kompor listrik atau elektrik, dan kompor induksi. Entah itu kompor tanam yang menggunakan LPG, listrik ataupun baterai, Anda harus menghentikan aliran gas saat proses pemasangan.

Caranya pun cukup tidak susah. Untuk menghentikan aliran gas pada kompor tanam, Anda hanya perlu memutar knop atau ceklekan ke atas. Dengan ini, api di tungku kompor tidak akan menyala selama Anda memasang kompor tanam ke dalam meja dapur Anda.

  • Lepaskan Selang Gas

Langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan aliran gas. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan kunci inggris untuk memasang mur di pipa dinding dan selang gas kompor tanam Anda.

Setelah itu, tahan kunci yang terpasang di pipa dinding dan putar kunci yang ada di selang gas berlawanan arah. Jika sudah, maka otomatis selang gas akan terlepas dari pipa dinding.

  • Pasang Selang Kompor Tanam

Berikutnya, Anda bisa mulai menghubungkan ujung selang ke bagian komponen hose-end yang terletak di bagian bawah kompor. Jika sudah, sambungkan ujung selang yang satunya ke regulator kompor tanam. Saat proses ini, pastikan untuk selalu memasang ring di ujung selang supaya sambungan selang tidak mudah terlepas.

  • Letakkan Kompor Tanam

Setelah selang gas terpasang di komponen hose-end dan regulator, Anda bisa segera memasang kompor tanam ke lubang meja dapur yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan untuk memasang kompor tanam pada posisi yang pas dengan ukuran lubang meja dapur.

Jika sudah, kencangkan segera selang fleksibel menggunakan kunci inggris untuk mencegah adanya kebocoran. Jangan lupa juga untuk memasang seal packing yang ada di bawah kompor tanam supaya meja jadi kedap air dan tahan terhadap rembesan air.

  • Pasang Komponen Atas Kompor Tanam

Langkah terakhir adalah memasang komponen atas kompor tanaman. Komponen-komponen yang dimaksud di sini meliputi tungku, burner, pan support, wok adaptor, dan lain-lain. Apabila Anda kebingungan, carilah gambar di internet sebagai referensi. Jika sudah, coba pakai dan nyalakan untuk mengetahui apakah kompor gas tanam bekerja atau tidak.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam - Terbaru 2024

Sudah tahu bagaimana cara menggunakan dan memasang kompor gas tanam? Kalau begitu, kini saatnya masuk ke topik utama dari artikel ini, yaitu cara menyalakan kompor gas tanam. Lantas, bagaimana metodenya yang benar? Silakan cek poin-poin di bawah!

1
Baca Buku Panduan Pemasangan Kompor Gas Tanam

Baca Dulu Semua Isi Buku Panduan Penggunaan Kompor Tanam

Baca Buku Panduan Pemasangan Kompor Gas Tanam

2
Tekan dan Putar Knob ke Bawah dari OFF ke ON

Sama Seperti Kompor Konvensional, Tinggal Puter Knob ke Bawah untuk Menyalakannya

Tekan dan Putar Knob ke Bawah dari OFF ke ON

3
Putar Knob ke Atas untuk Mematikan Api

Buat Mematikan, Putar Knob dari Bawah ke Atas atau dari ON ke OFF

Putar Knob ke Atas untuk Mematikan Api

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Baca Dulu Semua Isi Buku Panduan Penggunaan Kompor Tanam
© freepik.com
1
Baca Dulu Semua Isi Buku Panduan Penggunaan Kompor Tanam

Baca Buku Panduan Pemasangan Kompor Gas Tanam

Rekomendasi kami

Cara menyalakan kompor gas tanam yang pertama adalah dengan membaca buku petunjuk penggunaan kompor tanam. Silakan baca semua petunjuk penggunaan yang tertera supaya Anda tidak salah saat menyalakan kompor tanam.

Jadi, jika Anda bingung tentang cara menggunakan kompor gas Modena, Anda bisa membaca buku petunjuk penggunaan kompor gas Modena. Begitupun juga dengan kompor tanam Rinnai, Anda bisa tahu cara menyalakannya dengan membaca buku petunjuk kompor gas Rinnai.

Sama Seperti Kompor Konvensional, Tinggal Puter Knob ke Bawah untuk Menyalakannya
© freepik.com
2
Sama Seperti Kompor Konvensional, Tinggal Puter Knob ke Bawah untuk Menyalakannya

Tekan dan Putar Knob ke Bawah dari OFF ke ON

Rekomendasi kami

Jika buku petunjuk penggunaan sudah Anda baca secara penuh, maka Anda bisa segera mulai menyalakan kompor tanam. Caranya pun mudah karena mirip dengan cara menghidupkan kompor gas konvensional, yaitu dengan memutar tombol knob ke bawah.

Dalam kata lain, entah itu kompor gas tanam dari merek Rinnai, Modena, dan Delizia, cara menyalakannya sama. Anda cukup menekan dan memutar knop atau ceklekan ke bawah dari OFF ke ON. Setelah itu, Anda bisa mengatur ceting nyala api di tungku kompor tanam dengan memutar knob ke atas untuk mengecilkan nyala api maupun ke bawah untuk membesarkan nyala api.

Buat Mematikan, Putar Knob dari Bawah ke Atas atau dari ON ke OFF
© freepik.com
3
Buat Mematikan, Putar Knob dari Bawah ke Atas atau dari ON ke OFF

Putar Knob ke Atas untuk Mematikan Api

Rekomendasi kami

Langkah terakhir adalah memutar knob ke atas untuk mematikan api. Jadi, jika Anda nantinya sudah selesai memasak menggunakan kompor tanam, Anda bisa segera memutar knop atau ceklekan ke atas untuk mematikan nyala api di tungku kompor tanam. Selesai! Selamat, Volties sudah berhasil menggunakan kompor gas tanam secara maksimal. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan tentang cara menyalakan kompor tanam yang paling banyak ditanyakan orang-orang. Silakan baca!

Kenapa kompor gas tanam tidak mau menyala?

Penyebab paling umum yang membuat kompor gas tanam tidak mau menyala adalah karena aliran api yang tersumbat. Dengan tersumbatnya aliran api, otomatis pemantik dan busi jarum pemantik dari kompor gas tanam tidak bisa hidup dan menyala.

Bagaimana cara menyalakan kompor gas?

Cara menyalakan kompor gas amat sangat mudah. Anda hanya perlu memutar knob kompor sambil menekannya. Jika tidak Anda tekan dan putar, maka kompos gas tidak akan mau menyala.

Kompor gas tanam apakah pakai gas?

Tergantung dari jenis kompor tanam yang Anda pilih, maka bahan bakar yang digunakan akan berbeda juga. Berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, kompor tanam terbagi menjadi 3 jenis, kompor tanam gas, listrik atau elektrik, dan induksi. Khusus untuk kompor gas tanam, bahan bakar yang digunakan adalah gas LPG.

Bagaimana cara menggunakan kompor portable?

Cara menggunakan kompor portable sangat amatlah mudah karena Anda tidak perlu yang namanya kabel ataupun colokan.  Dengan desain yang portabel, jenis kompor ini sangat cocok untuk Anda bawa pas naik gunung, camping di pantai, dan lain-lainnya. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka tutup tangki gas dari kompor tanam.
  2. Setelah itu, segera pasang gas ke kompor portable.
  3. Jika sudah, silakan kunci penutup tabung gas di kompor gas portable.
  4. Terakhir, Anda bisa segera menyalakan kompor gas portable.

Bagaimana cara mengatasi kompor gas tanam tidak mau menyala?

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti komponen-komponen yang sudah rusak dengan yang baru. Jika Anda awam dan tidak tahu cara menggantinya, tim Voltbaba sarankan untuk membawa kompor gas tanam Anda yang tidak mau menyala ke tempat service.

Kesimpulan: Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam

Tiba juga Anda di bagian akhir dari artikel ini. Sebagai kesimpulan, cara menyalakan kompor gas tanam sama seperti saat Anda menyalakan kompor gas konvensional. Yep, Anda hanya perlu menekan dan memutar knop ke bawah dari posisi ON ke posisi OFF untuk menyalakan kompor tanam.

Jadi, sekarang bagaimana? Apakah Anda sudah tahu cara menyalakan kompor tanam? Jika sudah, Anda kini tidak perlu ragu lagi untuk ganti kompor gas konvensional ke kompor gas tanam. Jika bingung memilih karena banyaknya produk yang tersedia, pilih saja rekomendasi kompor tanam terbaik yang sudah tim Voltbaba sajikan di atas. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo