Hide Menu

Mau Mulai Memanggang? Baca dan Ketahui 3 Cara Menyalakan Oven Listrik Terlebih Dulu!

Menyalakan Oven Elektrik Ada Caranya Sendiri, yang Jelas Harus Melewati Proses Pemanasan!

Artikel Cara Menyalakan Oven Listrik ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menyalakan Oven Listrik 2024
© freepik.com

Menyalakan Oven Listrik Ada Caranya?

Menyalakan Oven Listrik Ada Caranya?
freepik.com

Tentu saja ada. Semua yang berhubungan dengan alat elektronik selalu ada cara menyalakannya. Tak terkecuali menyalakan oven listrik. Namun, ada pengecualian terhadap menyalakan alat panggang satu ini.

Cara menyalakan oven listrik mungkin berbeda dari menyalakan produk elektronik lain. Tidak seperti kompor yang harus dinyalakan mengandalkan satu kenop atau satu setuhan saja.

Menyalakan oven listrik perlu menancapkan kabel penghubung listrik dulu ke stopkontak. Kemudian, Anda perlu menunggu alat ini hingga panas. Barulah Volties bisa menggunakannya dengan nyaman.

Dalam memanaskan alatnya pun perlu waktu tunggu, tidak bisa asal panas saja. Lalu, Anda harus atur pula waktu minimal pemanasan. Cukup ribet, akan tetapi kalau sudah Anda praktikkan sangat mudah.

Ada penjelasan mendalam mengenai cara kerja menyalakan oven elektrik. Anda dapat membaca informasi tersebut di bagian tiga cara pakai oven listrik. Hanya butuh waktu 3 menit, Volties pasti jadi tahu caranya. Segera baca, ya!

Mitos Menggunakan Oven Listrik

Mitos Menggunakan Oven Listrik
freepik.com

Yang paling terkenal adalah mitos perihal oven listrik tidak bisa orang-orang gunakan untuk memanaskan makanan. Padahal oven listrik sama halnya dengan microwave, yaitu dapat Anda gunakan sebagai alat untuk menghangatkan makanan.

Mitos lainnya berkata bahwa oven listrik tidak harus dibersihkan. Ini tentu tak benar. Apapun barang elektronik, termasuk oven elektrik jika setelah Volties pakai harus langsung bersihkan. Hal tersebut berguna untuk menjaga pemakaian jangka panjang si oven.

Selanjutnya, ada mitos soal bolehnya meninggalkan oven listrik saat sedang memasak. Kalau memang jangka waktu memasak adalah 60 menit, meninggalkan oven elektrik sebentar tak masalah. Namun apabila lama waktu memasak hanya 1-3 menit, sebaiknya jangan.

Sudah banyak kejadian orang lalai meninggalkan oven elektrik dalam keadaan menyala yang berujung makanan gosong hingga oven meledak. Agar ini tidak terjadi, sebaiknya tunggu dan cek secara berkala oven listrik yang sedang Anda gunakan.

Mitos berikutnya yaitu boleh memasak makanan secara bersamaan. Ternyata hal tersebut tidak boleh Anda lakukan pada oven elektrik. Semakin padat makanan yang Anda masukkan ke dalam oven, semakin membuat panas tidak stabil. Makanan yang Anda masak juga tidak akan matang merata seperti yang Anda inginkan.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Menyalakan Oven Listrik - Terbaru 2024

Andaru P (2017) mengatakan saat ini oven listrik banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, baik untuk memanaskan makanan maupun memasak makanan. Lantas, cara pakai oven listrik itu seperti apa yang benar? Berikut adalah review cara menyalakan oven listrik, baca sampai akhir dan siapkan catatan sekalian!

1
Colok Kabel Oven Listrik ke Stopkontak

Pasang Kabel ke Colokan Stopkontak yang Kosong

Colok Kabel Oven Listrik ke Stopkontak

2
Atur Kenop Pengatur Suhu

Arahkan Pengaturan Suhu ke Angka Maksimal

Atur Kenop Pengatur Suhu

3
Set Timer Oven Listrik

Panaskan Oven Selama 15-20 Menit

Set Timer Oven Listrik

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pasang Kabel ke Colokan Stopkontak yang Kosong
© freepik.com
1
Pasang Kabel ke Colokan Stopkontak yang Kosong

Colok Kabel Oven Listrik ke Stopkontak

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang harus Volties catat adalah colokkan kabel oven listrik ke stopkontak terdekat. Saat pasang kabel ke stopkontak, usahakan colok kabel ke stopkontak yang kosong. Ini menghindari korsleting listrik apabila daya listrik rumah Anda tidak kuat saat menyalakan oven.

Kemudian, perlu Anda garis bawahi saat mencolokkan kabel pastikan jari-jari tangan Anda tidak basah. Sebab, kandungan di dalam air seperti mineral dan zat lainnya dapat membuat diri Anda tersetrum. Ini sangat berbahaya.

Lalu, untuk keamanan penggunaan sebaiknya Anda membaca buku panduan oven elektrik yang Anda punya. Dalam buku panduan biasanya tercantum hal-hal yang disarankan dan tidak boleh Anda lakukan saat menyalakan oven elektrik. Jangan lupa pelajari pula simbol yang ada pada tombol oven. 

Arahkan Pengaturan Suhu ke Angka Maksimal
© freepik.com
2
Arahkan Pengaturan Suhu ke Angka Maksimal

Atur Kenop Pengatur Suhu

Rekomendasi kami

Langkah kedua yaitu mengatur suhu agar oven listrik bisa menyala. Kalau oven listrik Anda masih menggunakan kenop, maka putar kenop ke suhu paling tinggi. Sebaliknya, jika oven listrik Anda digital maka tinggal atur suhu maksimal dengan menyentuh layar.

Kemudian, atur suhu sampai 200 derajat celsius untuk memanaskan oven listrik. Mengatur temperature oven sampai pada angka maksimal dapat membuat oven lebih cepat panas dan oven bisa digunakan sesegera mungkin.

Proses pemanasan ini juga memiliki fungsi agar bagian dalam oven listrik benar-benar panas dan dapat mempengaruhi makanan yang dioven matang sempurna. Apapun jenis oven Anda, listrik vs gas vs konveksi, tetap harus melewati proses pemanasan dulu.

Di sisi lain, ada sebuah oven elektrik yang perlu diatur panas apinya setelah mengatur pengaturan suhu. Kalau oven elektrik Anda adalah jenis yang satu ini, maka Volties wajib mengatur panas api. Pengaturan ini akan mengatur panas api atas dan panas api bawah pada oven.

Panaskan Oven Selama 15-20 Menit
© freepik.com
3
Panaskan Oven Selama 15-20 Menit

Set Timer Oven Listrik

Rekomendasi kami

Setelah Volties mengatur suhu, atur pula timer untuk memanaskan oven listrik. Umumnya, saat memanaskan oven elektrik Anda perlu setting waktu ke angka 15 menit sampai dengan 20 menit.

Meskipun ini bisa saja tergantung merk daripada oven elektrik Anda, namun pada dasarnya capaian 15 menit-20 menit adalah waktu normal untuk memanaskan oven elektrik.

Kemudian, saat oven listrik dipanaskan hindari memegang bagian atas oven. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menghindari diri Anda dari peristiwa tersetrum listrik dan tangan terbakar.

Usahakan juga pakai sarung tangan oven saat memasukkan tempat loyang ke dalam oven listrik. Pilih sarung tangan berbahan kain atau silikon yang aman terhadap panas.

Apabila oven listrik sudah dipanaskan selama 20 menit, maka alat panggang siap Anda gunakan. Volties bisa mulai memanggang kue kering, nastar, kue lapis atau roti bolu dengan meletakkannya ke dalam loyang. Saat memanggang, hindari buka-tutup oven listrik juga.

Tanya Jawab Seputar Cara Menyalakan Oven Listrik

Masih ada pertanyaan soal cara menggunakan oven listrik? Temukan jawaban terbaik dari persoalan tersebut di bawah ini!

Bagaimana cara penggunaan oven listrik?

Pertama-tama nyalakan oven listrik dengan mencolokkan kabel ke stop kontak, lalu mengatur suhu paling tinggi, atur timer selama 15-20 menit, dan tunggu hingga panas. Dengan demikian, oven siap digunakan!

Apa yang dilakukan saat menggunakan oven listrik pertama kali?

Baca buku panduan oven listrik Anda. Kemudian, buka seluruh plastik pembungkus dan keluarkan barang-barang yang ada di dalam oven jika ada. Lalu, colokkan kabel ke stop kontak. Atur suhu maksimal dan atur pula waktu pemanasan. Tunggu beberapa menit dan oven siap Anda gunakan!

Berapa lama memanaskan oven listrik sebelum digunakan?

Memanaskan oven elektrik sebelum digunakan selama 15 menit sampai dengan 20 menit saja sudah cukup.

Apakah oven listrik harus dipanaskan dulu?

Ya, oven listrik harus dipanaskan terlebih dahulu. Bukan hanya oven jenis ini saja yang perlu Anda panaskan, semua jenis juga harus dipanaskan.

Kesimpulan: Cara Menyalakan Oven Listrik

Tercatat tidak banyak tata cara menyalakan oven listrik. Volties hanya perlu mencolokkan kabel bawaan oven ke stopkontak, mengatur suhu paling atas, dan mengatur waktu pemanasan, kemudian selesai!

Anda bisa langsung menggunakannya setelah memanaskan oven elektrik beberapa menit. Setelah itu, gunakan resep terbaik Anda untuk memasak menggunakan oven elektrik. Panggang atau bakar, tinggal masukkan makanan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo