Hide Menu

Cuma Butuh 3 Langkah, Inilah Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif yang Lengkap!

Panduan 3 Langkah untuk Menyambungkan TV ke Speaker Aktif yang Lengkap. Yuk, Simak!

Artikel Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif ini diposting diperbarui
473 Pembaca
Like
Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif 2024
© freepik.com

Apa Itu Speaker Aktif?

Apa Itu Speaker Aktif?
freepik.com

Berbeda dengan speaker pasif yang tidak memiliki komponen amplifier di dalamnya, speaker aktif justru sebaliknya. Secara umum, speaker aktif merupakan jenis sound system alias salon atau speaker yang memiliki komponen in-built amplifier sehingga mampu mengeluarkan suara secara mandiri.

Di samping itu, speaker aktif biasanya sudah sepaket dengan komponen-komponen seperti power amplifier, woofer, subwoofer, dan tweeter. Dengan semua komponen ini, hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan speaker aktif dengan perangkat elektronik seperti TV LED digital, komputer, HP, dan lain-lainnya.

Meski ada perbedaan cara kerja antara speaker pasif vs speaker aktif, namun keduanya punya fungsi yang sama. Fungsi yang dimaksud adalah mengeraskan volume sekaligus meningkatkan kualitas suara supaya lebih jernih dan jelas untuk pengalaman menonton film maupun mendengarkan musik yang lebih baik.

Saat Anda ingin menghubungkan TV LED, TV LCD, maupun TV plasma ke speaker aktif, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan. Lalu, seperti apa cara menyambung TV ke speaker aktif? Jika Anda penasaran dengan langkah-langkahnya, baca saja artikel ini sampai habis. Tim Voltbaba akan tunjukkan caranya!

Rekomendasi TV Berkualitas dari Beberapa Merk Terbaik

Rekomendasi TV Berkualitas dari Beberapa Merk Terbaik
freepik.com

Apakah Anda tertarik mengubah satu ruangan di rumah Anda menjadi sebuah home theater alias bioskop rumahan? Sudah punya speaker berkualitas merek Harman Kardon namun belum punya TV digital atau smart TV? Kalau begitu, coba cek rekomendasi di bawah. Barangkali, ada satu yang menarik perhatian Anda.

Rekomendasi 6 TV LED Terbaik Pilihan Tim Voltbaba

MerekModel TV LEDHarga
SamsungFHD TV T5003 43-inchRp. 3.699.000,00
PolytronPLD 32V1853 Digital LED TV 32-inchRp. 1.599.000,00
Coocaa40S3U Smart TV 40-inchRp. 2.120.000,00
LG32LJ500D LED TV 32-inch Rp. 1.766.050,00
SharpAQUOS LED FHD IIOTO 2T C42DD1I 42-inchRp. 3.081.000,00
PanasonicTH-32LS600G LED FHD TV 32-inchRp. 2.749.000,00
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif - Terbaru 2024

Sebelum Anda mengetahui cara menyambung TV ke speaker aktif, ada satu alat yang harus Anda siapkan, yaitu kabel RCA. Selain itu, Anda harus memilih kabel RCA 2-in-1 yang punya 2 warna bukan yang 3 warna. Kabel RCA ini berfungsi sebagai sambungan yang akan menyambungkan speaker aktif ke TV.

Dalam kata lain, dengan menggunakan kabel RCA itu memungkinkan Anda untuk connect speaker aktif ke TV Anda. Nah, jika kabel RCA 2 warna sudah Volties siapkan, segera ikuti langkah-langkah di bawah!

1
Cek Bagian Belakang TV

Perika Port Connector yang Tersedia di Belakang TV, Ada yang Warna Merah, Putih, dan Kuning

Cek Bagian Belakang TV

2
Hubungkan TV ke Speaker Aktif

Sambungkan Kabel RCA ke TV dan Speaker Aktif, Jangan Sampai Salah!

Hubungkan TV ke Speaker Aktif

3
Periksa Sound Output di Pengaturan TV

Cek Output Suara, Atur Sesuai Kebutuhan Anda!

Periksa Sound Output di Pengaturan TV

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perika Port Connector yang Tersedia di Belakang TV, Ada yang Warna Merah, Putih, dan Kuning
© freepik.com
1
Perika Port Connector yang Tersedia di Belakang TV, Ada yang Warna Merah, Putih, dan Kuning

Cek Bagian Belakang TV

Rekomendasi kami

Cara menyambung TV ke speaker aktif yang pertama adalah dengan melihat bagian belakang di TV Anda. Cara ini perlu Volties lakukan untuk menemukan port audio dan port connector di TV. Biasanya, port ini terbagi menjadi 3 warna, yaitu kuning, merah, dan putih.

Nantinya, di bagian atas port connector akan ada colokan yang meliputi video, audio in, dan audio out. Pada langkah ini, Volties bisa memilih piting yang audio out.

Sementara pada speaker aktif juga ada port connector yang berwarna merah dan putih. Saat melihat port di bagian ini, carilah port yang ada tulisan line in atau audio in di speaker aktif.

Sambungkan Kabel RCA ke TV dan Speaker Aktif, Jangan Sampai Salah!
© freepik.com
2
Sambungkan Kabel RCA ke TV dan Speaker Aktif, Jangan Sampai Salah!

Hubungkan TV ke Speaker Aktif

Jika Anda sudah menemukan port connector yang ada di TV dan speaker aktif, maka langkah selanjutnya adalah mencolokkan kabel jack RCA sesuai warnanya. Colokkan kabel RCA warna merah ke port merah audio in di speaker dan kabel RCA warna putih ke port putih audio in di speaker.

Setelah itu, colokkan kabel RCA warna hitam ke port audio out yang ada di dalam TV. Jika sudah, pastikan kabel RCA ini sudah terpasang dengan pas dan rapat Volties. Jika kurang rapat, suara tidak akan muncul karena ada kesalahan pemasangan. 

Cek Output Suara, Atur Sesuai Kebutuhan Anda!
© freepik.com
3
Cek Output Suara, Atur Sesuai Kebutuhan Anda!

Periksa Sound Output di Pengaturan TV

Rekomendasi kami

Langkah terakhir pada cara menyambungkan speaker ke TV adalah dengan mengecek volume speaker di pengaturan TV. Pasalnya, di beberapa kasus, saat Anda berhasil menghubungkan speaker aktif ke TV, suara yang keluar seringkali muncul bersamaan dari TV dan speaker.

Masalah ini tentu akan menimbulkan efek audio yang aneh sehingga tidak enak saat Anda dengar. Lantas, bagaimana cara menyambungkan suara TV ke speaker aktif? Di bawah ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, ambil remot TV dan tekan tombol “Menu”.
  2. Jika sudah, cari menu “Opsi Suara” atau “Suara” lalu klik menu tersebut.
  3. Setelah itu, cari dan pilih opsi “Output Suara” atau “Output”.
  4. Dari sini, Anda bisa segera mengatur output suara sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa menambah atau mengurangi volume suara dari TV maupun speaker aktif alias salon eksternal Anda.
  5. Selesai.

Tanya Jawab Seputar Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif

Bagaimana Volties? Sudah paham cara menyambungkan speaker aktif ke TV? Jika masih belum, coba baca pertanyaan-pertanyaan di bawah. Tim Voltbaba telah menyiapkan beberapa pertanyaan populer tentang cara memasang speaker aktif di TV LED yang banyak ditanyakan orang-orang. Silakan cek!

Apakah yang dimaksud dengan speaker?

Speaker merupakan alat pengeras suara dengan fungsi untuk meningkatkan volume suara yang dihasilkan sebuah perangkat elektronik. Sementara itu, menurut Eko. S (2016), speaker alias pengeras suara merupakan sebuah transduser yang berfungsi mengubah sinyal elektrik ke frekuensi suara sehingga volumenya lebih keras.

Apakah Smart TV bisa pakai speaker Bluetooth?

Jawabannya bisa. Kebanyakan smart TV sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, maka Anda bisa menghubungkan smart TV sengan speaker Bluetooth hanya dengan menggunakan fitur Bluetooth.

Bagaimana cara menyambungkan Bluetooth HP ke speaker?

Begini cara menyambungkan hubungan Bluetooth HP ke speaker:

  1. Aktifkan Bluetooth yang ada di HP Anda.
  2. Setelah itu, klik opsi “Sambungkan Perangkat Baru”.
  3. Jika sudah, pilih nama perangkat speaker Anda dan sambungkan.
  4. Langkah selanjutnya, ikuti saja petunjuk-petunjuk yang muncul di layar HP Anda.
  5. Selesai.

Apakah kabel RCA bisa disambung?

Bisa, Anda bisa menyambungkan kabel RCA ke banyak perangkat.

Kesimpulan: Cara Menyambung TV ke Speaker Aktif

Itulah 3 cara menyambungkan TV ke speaker aktif yang mudah dan paling efektif. Langkah-langkah penyambungannya pun tidak butuh banyak effort. Pertama Anda harus memeriksa jenis port yang tersedia di bagian belakang TV, sambungkan dan hubungkan speaker aktif ke TV, terakhir periksalah sound output.

Hanya dengan 3 metode ini, Volties bisa mendengarkan suara dari TV lebih keras sehingga pengalaman menonton pun lebih menyenangkan. Bagaimana? Apakah Anda sudah paham dan ingin mempraktikkan cara-cara di atas segera? Jika begitu, tutup saja artikel ini dan selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo