Hide Menu

Mau Nyambungin HP ke TV LED? Ikuti 4 Cara Menyambungkan USB ke TV LED di Sini!

Panduan Lengkap Mengenai 4 Langkah untuk Menyambungkan USB ke TV LED, Mudah dan Gak Ribet Kok!

Artikel Cara Menyambungkan USB ke TV LED ini diposting diperbarui
56 Pembaca
Like
Cara Menyambungkan USB ke TV LED 2024
© freepik.com

Tips Menggunakan TV LED, Apa Saja?

Tips Menggunakan TV LED, Apa Saja?
freepik.com

TV LED merupakan jenis TV paling canggih yang ada di zaman sekarang. Modelnya pun beragam, ada yang hadir dalam bentuk TV digital, smart TV, maupun Android TV. Bagaimanapun, penggunaan teknologi light emitting diodes (LED) membuatnya mampu menampilkan gambar dengan kualitas HD untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

Di samping itu, tidak hanya digunakan untuk menonton siaran dari berbagai channel TV, Anda juga bisa menggunakan TV LED untuk putar video dari YouTube, nonton film dari aplikasi Netflix atau bahkan mendengarkan lagu dari aplikasi Spotify. Bahkan, Volties juga bisa memanfaatkan TV LED untuk bermain game dari konsol PS3 atau PS5.

Lantas, bagaimana caranya? Untuk menikmati semua kesenangan-kesenangan yang tim Voltbaba sebutkan di atas, pertama-tama Anda harus menyambungkan TV LED Anda ke gadget, entah itu handphone (HP), tablet, laptop, konsol PS3, speaker, dan lain-lainnya.

Selain itu, cara nyambungin atau konek perangkat elektronik ke TV LED ini pun beragam caranya. Anda bisa pakai WiFi, kabel data USB, koneksi hotspot, kabel sambungan HDMI, Bluetooth, Miracast, fitur screen mirror, maupun kabel MHL atau Mobile High-Definiton Link.

Nah, lewat artikel ini, tim Voltbaba akan tunjukkan cara menyambungkan USB ke TV LED. Akan ada beberapa produk TV LED berkualitas dan alat-alat yang dibutuhkan untuk menyambungkan smartphone atau laptop ke TV LED. Jadi, silakan baca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Menyambungkan USB ke TV LED - Terbaru 2024

Menurut Wirapraja. A. Y. et al (2020), TV atau televisi merupakan sebuah media audio visual yang paling sering digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Entah digunakan untuk melihat tontonan TV atau mencari informasi, intinya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bersenang-senang menggunakan TV dan salah satunya adalah dengan menyambungkan USB ke TV LED.

Dengan hubungan USB ke TV LED, Anda bisa menyambungkan HP ataupun laptop Anda ke TV LED. Pun, Anda juga bisa menyambungkan flashdisk ke TV LED untuk menonton file video atau film yang ingin Anda tonton di layar TV. Berikut adalah 4 cara menyambungkan USB ke TV LED, silakan cek!

1
Cek Port USB pada TV LED

Langkah Pertama, Coba Cek TV LED Anda dan Carilah Port USB

Cek Port USB pada TV LED

2
Sambungkan Perangkat Anda ke TV Menggunakan Kabel USB

Port USB Sudah Ketemu? Segera Pasang Kabel Data untuk Menyambungkan Perangkat ke TV LED

Sambungkan Perangkat Anda ke TV Menggunakan Kabel USB

3
Ubah Sumber TV ke USB

Biar Perangkat Anda Terbaca, Silakan Ubah Sumber TV ke USB

Ubah Sumber TV ke USB

4
Lakukan Setting atau Setup TV

Atur TV supaya Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan

Lakukan Setting atau Setup TV

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langkah Pertama, Coba Cek TV LED Anda dan Carilah Port USB
© freepik.com
1
Langkah Pertama, Coba Cek TV LED Anda dan Carilah Port USB

Cek Port USB pada TV LED

Rekomendasi kami

Langkah pertama dari cara menyambungkan USB ke TV LED adalah dengan mengecek port USB di TV LED Anda. Pasalnya, jika TV Anda tidak memiliki port USB, dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa menyambungkan kabel USB ke TV. Jadi, langkah pertama, silakan cek bagian TV LED Anda dan carilah port USB di sana.

Kendati demikian, kebanyakan TV LED sekarang sudah dilengkapi dengan port USB. Biasanya, port USB ini terletak di bagian belakang atau samping dari TV LED. Cobalah geser sedikit TV LED Anda dan cek bagian samping atau belakangnya untuk menemukan port USB. Selesai.

Port USB Sudah Ketemu? Segera Pasang Kabel Data untuk Menyambungkan Perangkat ke TV LED
© freepik.com
2
Port USB Sudah Ketemu? Segera Pasang Kabel Data untuk Menyambungkan Perangkat ke TV LED

Sambungkan Perangkat Anda ke TV Menggunakan Kabel USB

Misalkan Anda sudah mengetahui di mana letak dari port USB pada TV LED Anda, silakan lanjut ke cara yang kedua. Cara kedua ini adalah menyambungkan kabel USB ke port USB TV, lalu connect ujung kabel satunya ke perangkat Anda, entah itu smartphone maupun laptop.

Misalkan Anda mendapati smartphone Anda mengisi daya baterai, itu tandanya smartphone Anda berhasil terkonek ke TV LED. Langkah kedua selesai!

Biar Perangkat Anda Terbaca, Silakan Ubah Sumber TV ke USB
© freepik.com
3
Biar Perangkat Anda Terbaca, Silakan Ubah Sumber TV ke USB

Ubah Sumber TV ke USB

Untuk cara menyambungkan USB ke TV LED yang ketiga adalah mengubah sumber TV ke USB. Untuk mengubahnya, Anda hanya perlu menekan tombol “Sumber” atau “Source” yang ada di remote TV. Selain remote TV, Anda juga bisa menggunakan tombol “Sumber” yang ada di bodi TV LED. Setelah itu, ubah sumber di TV ke USB. Selesai.

Atur TV supaya Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan
© freepik.com
4
Atur TV supaya Pengalaman Menonton Jadi Lebih Menyenangkan

Lakukan Setting atau Setup TV

Rekomendasi kami

Langkah terakhir dari cara menyambungkan USB ke TV LED adalah dengan melakukan setup TV. Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, silakan cek layar smartphone Anda dan lakukan setting. Langkah ini perlu Anda lakukan supaya pengalaman menonton Anda di layar TV LED jadi lebih menyenangkan.

Tanya Jawab Seputar Cara Menyambungkan USB ke TV LED

Tiba juga Anda di bagian tanya jawab seputar cara menyambungkan USB ke TV LED. Pertanyaan-pertanyaan di bawah adalah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan orang-orang. Jadi, coba cek dan baca!

Bagaimana cara memasukkan flashdisk ke TV?

Ada beberapa cara menyambungkan flashdisk ke TV LED yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Masukkan dan pasang flashdisk ke port USB yang ada di TV LED Anda.
  • Ambil remote TV dan pilih menu “Input”.
  • Setelah itu, plih opsi USB.
  • Jika sudah, silakan pilih file video atau film yang ingin Anda tonton.
  • Selesai.

Itulah cara menggunakan flashdisk di TV LED yang bisa Anda lakukan untuk menonton film atau video lewat flashdisk. Perlu untuk Anda ketahui bahwa format file video yang didukung oleh TV LED kebanyakan adalah m4v, mp4, dan mkv.

Apakah TV digital bisa pakai USB?

Tidak seperti TV tabung, TV digital LED ataupun LCD umumnya sudah dilengkapi dengan port USB. Karenanya, Anda bisa menyambungkan HP atau laptop Anda ke layar TV digital LED menggunakan kabel USB. Penggunaan kabel USB ini juga memungkinkan Anda untuk pindah file video atau film Anda dari flashdisk ke TV LED.

Port USB di TV untuk apa?

Fungsi dasar dari port USB yang ada di TV adalah untuk memutar video dari flashdisk dan HP menggunakan bantuan kabel USB dalam berbagai jenis format file.

Apakah HP bisa disambungkan ke TV dengan kabel data?

Jawabannya bisa. Anda bisa menggunakan kabel daya model USB type-C untuk melakukan transmisi data dari HP Anda ke TV LED.

Kesimpulan: Cara Menyambungkan USB ke TV LED

Setelah semua section panjang di atas, Anda kini sudah sampai di bagian akhir dari artikel ini. Sebagai penutup, ada 4 langkah untuk menyambungkan USB ke TV LED. Pertama, mengecek port USB di TV, lalu menyambungkan HP atau laptop ke TV LED menggunakan kabel USB, ubah sumber TV ke USB, dan terakhir adalah melakukan setup TV. Selesai.

Bagaimana Volties? Apakah Anda sekarang sudah paham bagaimana cara menyambungkan USB ke TV LED? Kalau sudah, segera praktikkan caranya dan nikmatilah pengalaman menonton video dan film yang menyenangkan lewat TV LED. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo