Hide Menu

Lampu Emergency Mulai Redup? Pahami Cara Ngecas Lampu Emergency di Sini. Sangat Mudah!

Panduan Cara Mudah Ngecas Lampu Emergency Beserta Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik di Pasaran

Artikel Cara Ngecas Lampu Emergency ini diposting diperbarui
0.9K Pembaca
Like
Cara Ngecas Lampu Emergency 2024
© unsplash.com/landscapeplaces

Lampu Emergency, Lampu Penyelamat Saat Listrik Padam. Gak Perlu Panik Lagi!

Lampu Emergency, Lampu Penyelamat Saat Listrik Padam. Gak Perlu Panik Lagi!
freepik.com/rawpixel-com

Saat ini, penggunaan lampu emergency sudah marak digunakan di berbagai rumah. Dengan fungsinya yang penting sebagai penerangan darurat, orang-orang banyak memasang jenis lampu ini di rumah mereka, untuk jaga-jaga adanya pemadaman listrik. Jadi, gak perlu lagi pake senter HP maupun lampu motor untuk menerangi rumah yang gelap karena listrik padam.

Selain fungsinya dalam memberikan penerangan pada rumah yang gelap karena listrik padam, lampu emergency juga bisa Anda gunakan di beberapa situasi darurat tertentu sebagai penerangan darurat. Contoh dari penggunaan ini adalah saat Anda berada di hutan sendiirian dan tersesat, atau saat Anda sedang terjebak di tengah kebakaran.

Bagaimanapun Volties, mempertimbangkan fungsi penting dari lampu ini, sudah pasti Anda juga harus merawatnya agar awet. Salah satu cara merawat lampu emergency adalah dengan mengecasnya. Seperti apa tips perihal cara ngecas lampu emergency? Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin di bawah!

Perbedaan Lampu Emergency dengan Lampu Biasa

Perbedaan Lampu Emergency dengan Lampu Biasa
freepik.com

Apa sih yang membedakan lampu emergency dengan lampu biasa? Pada dasarnya, kedua jenis lampu ini dirancang dengan beberapa komponen yang sama, seperti heat sink atau lapisan pendingin, driver LED, LED chip, dan cover lampu LED. Instalasi dari keduanya pun sama, hanya perlu dicolok ke fit lampu yang ada di dinding maupun plafon.

Namun, ada dua komponen yang membedakan lampu emergency dengan lampu biasa. Dua komponen tersebut adalah baterai penampung daya dan komponen pengubah arus AC menjadi DC. Baterai penampung daya yang ada pada lampu emergency berfungsi sebagai sumber listrik yang dapat membuat lampu menyala secara otomatis saat listrik padam.

Sementara itu, komponen pengubah arus AC ke DC bekerja untuk mengubah listrik menjadi daya yang sesuai untuk ditampung oleh baterai pada lampu emergency. Adanya komponen ini yang menjadi kelebihan dari lampu emergency dimana arus listrik yang masuk ke dalam lampu akan digunakan untuk menyalakan lampu sekaligus mengisi daya baterainya.

Lampu emergency juga dapat mendeteksi skema ketiadaan arus listrik pada saklar maupun kabel saat listrik padam. Jadi, saat saklar lampu ada dalam posisi nyala namun tidak ada arus listrik, maka driver LED secara otomatis akan mengambil sumber daya dari baterai sehingga lampu emergency tetap menyala meski listrik padam.

Dalam kata yang lebih mudah, lampu emergency merupakan lampu serba guna yang siap digunakan kapan saja, baik saat listrik menyala maupun listrik padam. Anda bisa menggunakannya untuk penerangan normal sambil mengecasnya dan saat listrik mati, lampu emergency pun siap menerangi rumah Anda.

Cara Menggunakan Lampu Emergency

Cara Menggunakan Lampu Emergency
unsplash.com/gmph

Pada dasarnya, cara menggunakan lampu emergency itu sangat amat mudah. Berikut kami tampilkan beberapa cara yang bisa Anda praktikkan ketika ingin menggunakan lampu ini.

  • Keluarkan lampu emergency dari dos atau box
  • Setelah itu, pasangkan bohlam lampu emergency ke fitting lampu yang memiliki gantungan (biasanya tersedia di box)
  • Selesai, Anda bisa menggantung lampu emergency di tempat yang ingin Anda berikan penerangan
  • Namun, jika Anda ingin menjadikan lampu emergency sebagai lampu penerangan sehari-hari, Anda bisa memasangnya ke fitting lampu rumah Anda yang ada di dinding maupun plafon.

Seperti yang dijelaskan oleh Sutono (2018) dalam penelitian berjudul Lampu LED Emergency bahwasanya lampu emergency merupakan sebuah lampu yang dapat menyala secara otomatis ketika tidak adanya arus listrik. Lampu ini juga dapat menyala ketika gelap maupun saat mendeteksi adanya objek manusia yang mendekati lampu emergency.

Dalam kata lain, saat ingin menggunakan lampu emergency, Anda hanya perlu memasangnya pada fitting lampu di rumah Anda. Entah Anda ingin memasangnya di dinding rumah maupun plafon, itu semua tergantung pada preferensi Anda.

Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik yang Bisa Anda Miliki

Rekomendasi Lampu Emergency Terbaik yang Bisa Anda Miliki
freepik.com/jannoon028

Tim Voltbaba sangat tahu bahwa ada banyak sekali lampu emergency yang tersedia di pasaran. Namun, Anda tak perlu bingung karena kami telah menampilkan beberapa rekomendasi lampu emergency terbaik yang ada. Apa saja? Coba cek poin-poin di bawah!

  • Philips Lampu LED Emergency
  • Lampu Emergency ARASHI New Magic
  • Hannochs Genius Lampu LED Emergency
  • Ecolink Lampu Bohlam Portable Emergency LED
  • SURYA MAGIC Lampu Bohlam LED Emergency
  • AMASCO Lampu Emergency
  • AOKI Lampu LED Emergency

Di samping itu, masing-masing merek lampu emergency ini hadir dalam kapasitas watt yang berbeda-beda, mulai dari 8 watt, 10 watt, 12 watt, sampai 60 watt. Jadi, silakan pilih lampu dengan kapasitas watt yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Ngecas Lampu Emergency - Terbaru 2024

Sejatinya, ngecas lampu emergency sangat mudah. Lalu seperti apa langkah-langkahnya? Biarkan tim kami menunjukkan 2 caranya di bawah. Silakan cek!

1
Siapkan Lampu Emergency yang Ingin Anda Cas

Ambil dan Siapkan Lampu Emergency dan Fitting Lampu

Siapkan Lampu Emergency yang Ingin Anda Cas

2
Sambungkan Lampu Emergency pada Fitting Lampu

Ngecasnya Mudah, Cukup Pasang Lampu Emergency ke Fitting Lampu!

Sambungkan Lampu Emergency pada Fitting Lampu

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ambil dan Siapkan Lampu Emergency dan Fitting Lampu
© freepik.com/asier-relampagoestudio
1
Ambil dan Siapkan Lampu Emergency dan Fitting Lampu

Siapkan Lampu Emergency yang Ingin Anda Cas

Rekomendasi kami

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan lampu emergency yang ingin Anda cas. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan fitting lampu yang sudah terhubung dengan aliran listrik sebagai sumber untuk charging lampu emergency Anda.

Pastikan lampu tersebut tidak rusak dan bisa digunakan. Jika rusak, maka akan sia-sia langkah yang Anda lakukan ini. 

Ngecasnya Mudah, Cukup Pasang Lampu Emergency ke Fitting Lampu!
© freepik.com/jannoon028
2
Ngecasnya Mudah, Cukup Pasang Lampu Emergency ke Fitting Lampu!

Sambungkan Lampu Emergency pada Fitting Lampu

Rekomendasi kami

Jika Anda sudah bisa menyiapkan lampu emergency, Anda kemudian bisa menyambungkan lampu ini ke fitting lampu yang sudah terhubung dengan arus listrik dari saklar lampu. Bagaimanapun, cara ngecas lampu emergency itu memang semudah itu karena Anda hanya perlu memasangnya ke fitting lampu.

Kok bisa? Itu karena memang pada prinsipnya jenis lampu ini akan secara otomatis mengisi daya baterai jika terhubung dengan aliran daya listrik. Apalagi komponen yang ada pada lampu emergency memiliki rangkaian charger yang akan secara otomatis mengubah aliran listrik dari AC ke DC. Berkat rangkaian ini, proses charging akan berjalan secara otomatis saat terhubung dengan arus listrik.

Tanya Jawab Seputar Cara Ngecas Lampu Emergency

Sebelum Anda menuju bagian akhir dari artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan terkait skema lampu darurat di bawah ini. Yuk, simak!

Berapa lama waktu pengecasan lampu emergency?

Untuk pemakaian pertama, lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas lampu emergency adalah 8 jam. Namun untuk pemakaian selanjutnya, Anda hanya membutuhkan 6 jam untuk charging lampu emergency sampai penuh. Perlu untuk Volties ketahui bahwa lama pengecasan ini juga berlaku untuk lampu emergency yang berbentuk selain bohlam, seperti ZUKO Lampu Emergency.

Apakah lampu emergency perlu dicas?

Jawabannya perlu. Bagaimanapun, cara kerja lampu emergency adalah sebagai lampu darurat sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengecasnya.

Berapa lama lampu emergency bertahan?

Tergantung pada merek, lampu emergency bisa menerangi rumah Anda selama 2.5 jam sampai 3.5 jam.

Kesimpulan: Cara Ngecas Lampu Emergency

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara ngecas lampu emergency. Cukup mudah, kan? Kalau begitu, segera cas lampu Anda agar saat listrik padam, maka Anda sudah memiliki lampu yang siap menerangi rumah Anda. Yuk, praktik sekarang! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo