Hide Menu

Jadilah Cerdas! Begini 6 Rangkaian Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan yang Gak Ribet!

Praktis! Cara Pasang Otomatis Lampu Penerangan Jalan yang Mudah Anda Pahami, Peralatannya pun Gampang Ditemui!

Artikel Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan ini diposting diperbarui
42 Pembaca
Like
Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan 2024
© freepik.com/victor217

Apakah yang Dimaksud Sistem Otomatis pada Lampu Jalan?

Apakah yang Dimaksud Sistem Otomatis pada Lampu Jalan?
freepik.com/Ruttinan

Sistem otomatis lampu jalan adalah sistem yang digunakan untuk mematikan penerangan secara otomatis dengan bantuan sensor cahaya. Ada juga yang manual, tapi penggunaanya tidak banyak dipilih oleh orang-orang.

Cara kerja perubahan ini akan terkontrol melalui cahaya yang sistem otomatis atau fotosel terima. Apabila di luar gelap, maka sensor tersebut akan menyalakan lampu automatically. Sebaliknya, bila siang datang dan di luar terang, sensor akan mematikan lampu dengan sendirinya.

Jadi, apakah Anda penasaran bagaimana bisa lampu ini bekerja? Teruslah scrolling sampai bagian akhir artikel cara pasang otomatis lampu jalan ini. Lalu, perhatikan 3 tips menarik yang sayang Anda lewatkan dan juga enam langkah jitu pemasangan road lighting di bawah ini!

Tips Memasang Otomatis Lampu Jalan

Tips Memasang Otomatis Lampu Jalan
freepik.com/bilanol

Dewangga P et al (2018) menyampaikan bahwa prinsip lampu jalan atau lampu penerangan jalan umum atau PJU merupakan sumber cahaya lampu yang orang pasang di samping jalan depan rumah, jalan raya, taman, atau tempat umum lainnya. Pemasangan PJU sendiri ada yang manual dan otomatis.

Kemudian, memasang PJU dengan otomatis sensor cahaya atau LDR (Light Depending Resistor) mungkin tidak mudah. Oleh sebab itu, Anda bisa memperhatikan tips berikut ini agar Volties lancar saat memasang bagian yang otomatis.

  • Pilih Fotosel yang Sesuai Standar

Memilih photocell yang tepat dan sesuai dengan standarnya membuat Anda tidak perlu ragu untuk memasangnya di fitting penerangan jalan milik Anda. Itu juga tidak akan merusak kabel yang tertaut di dalamnya.

  • Cari Photocell yang Anti Air atau Waterproof

Volties mungkin akan menemukan alat sensor cahaya yang tidak tahan air, maka pilihlah sensor tersebut yang waterproof supaya saat air hujan membasahi kabel tidak merusak alat tersebut.

  • Tempatkan Lampu Jalan Dekat dengan Sumber Cahaya

Tips yang terakhir adalah menempatkan penerangan pada tempat yang sesuai, yaitu di mana cahaya tidak tertutupi pohon atau bayangan rumah dan tiang. Sehingga, ini akan memudahkan alat sensor panel yang Anda pasang bekerja dengan baik.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan - Terbaru 2024

Memasang sistem LDR memang tidak boleh sembarangan. Volties dapat menerapkan pengertian cara sederhana dari tim Voltbaba seperti pada daftar di bawah:

1
Mempersiapkan Peralatan yang Relevan

Alat-alat Siap, Kerja Cepat

Mempersiapkan Peralatan yang Relevan

2
Matikan Sumber Listrik

Putuskan Asal Listrik, Pemasangan Jadi Optimal

Matikan Sumber Listrik

3
Buka Fitting Lampu

Lakukan Pembukaan Perlahan-lahan

Buka Fitting Lampu

4
Cek Kabel di Photocell

Cermati Kabel untuk Kesesuaian Pemasangan

Cek Kabel di Photocell

5
Gabungkan Kabel Fotosel

Penggabungan Harus Teliti

Gabungkan Kabel Fotosel

6
Pemeriksaan Terakhir

Di Setiap Akhir Kegiatan, Pengecekan Kembali Itu Penting

Pemeriksaan Terakhir

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Alat-alat Siap, Kerja Cepat
© freepik.com/macrovector
1
Alat-alat Siap, Kerja Cepat

Mempersiapkan Peralatan yang Relevan

Rekomendasi kami

Sebelum memulai keseluruhan cara untuk memasang otomatis lampu PJU, ada baiknya Volties mempersiapkan alat yang nanti dipakai. Ada beberapa peralatan yang wajib Anda miliki. Apa saja?

Volties bisa membeli obeng listrik, pemotong kabel, tang lancip khusus, pengupas kabel, dan yang terpenting alat tes tegangan listrik. Itulah deretan alat-alat yang Anda perlukan.

Putuskan Asal Listrik, Pemasangan Jadi Optimal
© freepik.com/jemastock
2
Putuskan Asal Listrik, Pemasangan Jadi Optimal

Matikan Sumber Listrik

Rekomendasi kami

Jika Anda belum sepenuhnya mengetahui MCB (Miniature Circuit Breaker), Volties mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan sakelar on/off. Mematikan sakelar tersebut sebelum pemasangan sistem otomatisnya adalah langkah preventif untuk menghindari peristiwa tersetrum.

Selanjutnya, cara mematikan tagangan arus listriknya (volt) yaitu dengan menekan tombol on ke posisi off. Volties tidak perlu mengganti tombolnya apabila tombol sudah berada di off. Anda dapat memastikannya lagi bila tombol sudah benar-benar berada di posisi off.

Lakukan Pembukaan Perlahan-lahan
© freepik.com/pikisuperstar
3
Lakukan Pembukaan Perlahan-lahan

Buka Fitting Lampu

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya yaitu membuka fitting lampu PJU. Misalkan fitting yang digunakan adalah E27 yang biasanya mudah Anda temukan di jalanan umum di pinggiran terotoar. Lalu, perlahan buka kap tutupannya.

Di sisi kanan dan kirinya biasanya dilengkapi cetekan agar kap tutupan tidak lepas atau terbuka. Anda perlu membuka kedua cetekan itu terlebih dahulu. Kemudian, lepaskan lampu yang ada di dalamnya dan putar lampu sampai terlepas dari fittingnya.

Cermati Kabel untuk Kesesuaian Pemasangan
© freepik.com/studiogstock
4
Cermati Kabel untuk Kesesuaian Pemasangan

Cek Kabel di Photocell

Rekomendasi kami

Setelah pembukaan pada fitting, ada dua kabel (fasa dan netral) yang sesuai standar di dalamnya. Anda bisa memastikan status tersebut dengan tespen atau obeng listrik untuk mengetahui mana kabel yang netral dan mana yang fasa. Jika tespen menyala, berarti kabel itu adalah fasa dan sebaliknya.

Lalu, pemasangan fotosel seharusnya tidak boleh di bawah sinar lampu secara langsung. Maka, pastikan kabel tersebut tidak berada di bawahnya. Selanjutnya, usahakan fotosel mampu menangkap cahaya luar matahari tanpa adanya pengaruh cahaya penerangan.

Penggabungan Harus Teliti
© freepik.com/tirachard
5
Penggabungan Harus Teliti

Gabungkan Kabel Fotosel

Rekomendasi kami

Jawaban untuk langkah selanjutnya yaitu gabungkan kabel putih di foto kontrol dengan kabel netral sumber listrik. Padukan juga kabel hitam sensor foto kontrol dengan kabel fasa. Kemudian, perhatikan kabel merah untuk digabungkan.

Sambung kabel merah foto kontrol dengan kabel fasa yang menuju ke beban lampu. Perhatikan bahwa setiap penggabungan kabel Anda wajib mengisolasikannya dengan isolasi khusus intalasi listrik supaya aman dan tidak terlepas.

Untuk gambar warna-warna kabel tersebut mengambil contoh dari standar pewarnaan kabel fotosel yang beredar di pasaran dengan merk tertentu. Berikut adalah beberapa pewarnaan yang harus Anda catat:

  • Red: Load (Sensor foto kontrol dengan kabel fasa beban lampu)
  • Black: Line (Sensor foto kontrol dengan kabel fasa sumber arus listrik)
  • White: Netral (Sensor foto kontrol dengan kabel netral menuju lampu)

Pengecekan kembali warna masing-masing kabel sangat tim Voltbaba anjurkan.

Di Setiap Akhir Kegiatan, Pengecekan Kembali Itu Penting
© freepik.com/macrovector
6
Di Setiap Akhir Kegiatan, Pengecekan Kembali Itu Penting

Pemeriksaan Terakhir

Rekomendasi kami

Skema langkah terakhir adalah pengecekan kembali apakah langkah-langkah sebelumnya sudah benar dan kabel-kabel ukurannya tidak tanggung. Pastikan pula fotosel telah terpasang di tempat yang seharusnya. Kemudian, cek ulang juga fitting lampu sesuai dengan langkah di atas.

Jangan lupa untuk mengaktifkan MCB utama di simbol kWh meter dan hidupkan tombol off ke posisi on. Volties bisa menunggu apakah pemasangan berjalan dengan sempurna saat menjelang malam karena kontaktor lampu akan otomatis menyala.

Tanya Jawab Seputar Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan

Artikel ini tidak akan lengkap tanpa bagian tanya-jawab. Sisakan waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan cara pasang otomatis lampu jalan berikut!

Apa itu resistor lampu?

Resistor pada sebuah penerangan adalah komponen elektronika yang mempunyai fungsi menghambat dan mengatur arus listrik. Komponen ini sendiri memiliki satuan yang Anda kenal sebagai ohm.

Apakah fungsi saklar lampu taman?

Benda ini berguna untuk memutus dan menghubungkan kembali jaringan listrik. Jika Anda ingin menyalakan, maka tekan tombol ke posisi on dan tekan off untuk mematikan jaringan tersebut.

Kesimpulan: Cara Pasang Otomatis Lampu Jalan

Jadi, memasang dengan cara pasang yang sudah tim Voltbaba sampaikan mudah sekali bukan? Anda tidak perlu memanggil ahli teknisi listrik ke rumah. Namun, apabila Anda rasa itu perlu dependent dengan ahlinya, sebaiknya tetap mencarinya saja untuk memasangkan sistem otomatis lampu.

Jangan lupa buat laporan jika Anda menemukan kesulitan kepada pihak yang berwajib. Tim Voltbaba sangat berharap artikel ini membantu kedepannya jikalau Volties ingin memasang LDR lampu untuk memudahkan pengontrolan dengan sendirinya. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo