Hide Menu

Tak Butuh Banyak Energi, Begini Cara Pasang PS3 ke TV LED. Cuma Butuh 3 Langkah Saja!

Panduan Singkat untuk Pemula Tentang 3 Cara Pasang PS3 ke TV LED Beserta Rekomendasi Produk PS3 Terbaik di e-Commerce

Artikel Cara Pasang PS3 ke TV LED ini diposting diperbarui
405 Pembaca
Like
Cara Pasang PS3 ke TV LED 2024
© freepik.com

Apa Itu PS3?

Apa Itu PS3?
freepik.com

Anda tentu tidak asing dengan nama PS3, bukan begitu? PS3 merupakan singkatan dari PlayStation 3, sebuah konsol permainan video populer buatan Sony Computer Entertainment. PS3 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2006 dan merupakan penerus dari PlayStation 1 dan PlayStation 2.

Meski sudah ada PlayStation4 (PS4) atau PlayStation 5 (PS5), saat ini PS3 masih menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan pecinta game di Indonesia. Kepopuleran PS3 di kalangan pecinta game ini berkat kemampuannya untuk menjalankan berbagai jenis permainan di grafis yang tinggi.

Lebih baik lagi, PlayStation 3 dibekali juga dengan memori penyimpanan yang besar, memungkinkan Anda menyimpan banyak game maupun konten multimedia untuk dimainkan. Ada juga port HDMI yang berguna untuk menghasilkan gambar berkualitas di semua merek TV, entah itu Samsung, Sharp, maupun AQUA.

Nah, salah satu cara yang bisa Volties lakukan untuk menikmati pengalaman menyenangkan bermain game di PS3 adalah dengan memasangnya ke TV LED. Lantas, bagaimana cara pasang PS3 ke TV LED yang benar? Gak perlu bingung, baca saja artikel ini dan Anda akan tahu bagaimana cara menyambungkan PS3 ke TV!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Pasang PS3 ke TV LED - Terbaru 2024

Menurut Maulana. Y & Titin. K (2019), PS3 atau PlayStation 3 merupakan salah satu konsol game terbaik buatan Sony Computer Entertainment yang masih banyak diminati sampai sekarang. Nah, salah satu metode untuk menikmati konsol game ini adalah dengan menyambungkannya ke TV LED.

Jika Volties sudah punya medianya, Anda tinggal mengikuti langkah menyambungkan yang tepat dan benar. Bagaimana caranya? Tanpa berlama-lama lagi, silakan ikuti langkah-langkah di bawah!

1
Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Pertama, Siapkan Semua Peralatan Seperti Konsol PS3, TV LED, Kabel Daya, dan Kabel HDMI

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

2
Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED

Langkah Kedua, Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED Anda

Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED

3
Konfigurasikan Setelan PS3 di TV LED

Konfigurasikan Setelan PS3, Mulai dari Resolusi, Volume Suara, dan Jaringan

Konfigurasikan Setelan PS3 di TV LED

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pertama, Siapkan Semua Peralatan Seperti Konsol PS3, TV LED, Kabel Daya, dan Kabel HDMI
© freepik.com
1
Pertama, Siapkan Semua Peralatan Seperti Konsol PS3, TV LED, Kabel Daya, dan Kabel HDMI

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Rekomendasi kami

Langkah pertama dari cara pasang PS3 ke TV LED adalah dengan mempersiapkan semua peralatan. Peralatan-peralatan yang dimaksud di sini meliputi konsol PlayStation 3, TV LED, kabel daya, serta kabel HDMI. Berikut penjelasannya!

  • Konsol PlayStation 3 (PS3)

Pastikan konsol PlayStation 3 Anda memiliki port yang lengkap. Komponen yang tim Voltbaba maksud seperti kabel sambungan daya dan kabel HDMI atau High-Definition Multimedia Interface.

  • TV LED

Di bagian ini, pastikan Anda memiliki TV LED yang kompatibel dengan konsol PS3. Biasanya, TV LED yang kompatibel dengan konsol PS3 adalah TV LED yang dilengkapi dengan port HDMI.

  • Kabel Daya

Selain itu, kabel daya juga menjadi komponen yang harus Anda siapkan. Biasanya, komponen kabel daya ini sudah bisa Anda dapatkan dalam paket penjualan konsol game PS3.

  • Kabel HDMI

Komponen terakhir yang harus Anda siapkan tentunya kabel HDMI atau High-Definition Multimedia Interface. Adanya kabel HDMI akan membantu PS3 mendapatkan kualitas gambar serta suara digital yang bagus. Selain kabel HDMI, Anda juga bisa pakai kabel komponen.

Langkah Kedua, Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED Anda
© freepik.com
2
Langkah Kedua, Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED Anda

Sambungkan Kabel HDMI ke TV LED

Setelah semua peralatan sudah siap, Anda bisa lanjut ke cara pasang PS3 ke TV LED yang kedua. Mari mulai menghubungkan PS3 ke TV LED menggunakan kabel HDMI atau kabel komponen.

Lantas, bagaimana cara memasang kabel HDMI PS3 ke TV? Silakan cek poin-poin di bawah!

  1. Ambil kabel daya dan hubungkan kabel daya ke port daya yang terletak di belakang konsol PS3.
  2. Sambungkan juga ujung kabel daya yang lain ke stopkontak listrik atau colokan.
  3. Jika sudah, ambil kabel HDMI atau kabel komponen dan hubungkan ujungnya ke port HDMI ataupun port komponen yang ada di konsol PS3 Anda.
  4. Setelah itu, sambungkan ujung lain dari kabel HDMI atau kabel komponen ke port HDMI di TV LED.
  5. Pastikan juga memilih input yang sesuai dengan port TV LED yang Anda gunakan. Contohnya “HDMI 1” atau “Component 1”.
  6. Langkah selanjutnya, hidupkan TV LED sampai menyala dan pilihlah input yang sudah Anda pilih sebelumnya. 
  7. Selesai.
Konfigurasikan Setelan PS3, Mulai dari Resolusi, Volume Suara, dan Jaringan
© freepik.com
3
Konfigurasikan Setelan PS3, Mulai dari Resolusi, Volume Suara, dan Jaringan

Konfigurasikan Setelan PS3 di TV LED

Rekomendasi kami

Mengkonfigurasikan setelan merupakan cara pasang PS3 ke TV LED yang terakhir. Konfigurasi setelan ini perlu Anda lakukan untuk membuat pengalaman bermain game Volties di PS3 semakin menyenangkan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pilih Resolusi yang Sesuai

Saat konsol PS3 Anda sudah tersambung ke TV LED, akan muncul menu di layar TV. Di menu ini, silakan pilih resolusi tertinggi yang tersedia untuk kualitas gambar dan video terbaik. Jadi, jika TV LED Anda mendukung resolusi 1080p, maka pilihlah resolusi tersebut. Begitu juga jika TV LED Anda sudah mendukung resolusi 4K, pilih saja resolusi ini.

  • Atur Volume Suara

Selain resolusi gambar, Anda juga perlu mengatur volume suara TV LED melalui menu PS3. Silakan atur volume di setting TV LED yang sesuai dengan preferensi Anda.

  • Konfigurasikan Jaringan

Konfigurasi jaringan ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin bermain game online di PS3 atau mengunduh dan watch konten-konten tambahan. Cara menghubungkan PS3 ke jaringan pun mudah, Anda bisa menggunakan jaringan WiFi atau memanfaatkan kabel Ethernet. 

Tanya Jawab Seputar Cara Pasang PS3 ke TV LED

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan populer tentang cara pasang PS3 ke TV LED yang banyak ditanyakan orang-orang. Apa saja pertanyaan-pertanyaan tersebut? Silakan cek!

Apakah PS3 bisa di TV LED?

Jawabannya bisa. Anda bisa menyambungkan PS3 ke TV LED yang memiliki port HDMI atau ke proyektor untuk pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Namun sayangnya, Anda tidak bisa memasang PS3 ke TV tabung. 

Apakah PS3 sudah HDMI?

Sudah, setiap PS3 sudah dilengkapi dengan port HDMI yang terletak di bagian luar TV LED. Fungsi HDMI sendiri yaitu sebagai penghubung untuk membuat hubungan antara perangkat Anda ke TV LED, seperti laptop, PS3, PS4, speaker aktif, speaker pasif, dan lain-lainnya.

Apakah ada buku panduan saat membeli PS3?

Tentu saja ada. Saat membeli konsol PS3, Anda bisa mendapatkan buku panduan manual dalam penggunaan PlayStation 3, entah itu petunjuk menghidupkan, menggunakan, maupun mematikan PS3. Di internet sendiri, Anda juga bisa mencari dan mengunduh buku panduan PS3 yang berbentuk file PDF.

Kesimpulan: Cara Pasang PS3 ke TV LED

Demikian panduan singkat tim Voltbaba tentang cara pasang PS3 ke TV LED. Cara-caranya juga mudah karena Anda hanya butuh 3 langkah saja, seperti menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, menyambungkan kabel HDMI ke TV LED, dan melakukan konfigurasi setelan di TV LED.

Sekarang, bagaimana Volties? Apakah Anda sudah tahu langkah-langkahnya? Jika sudah, ambil konsol PS3 Anda, siapkan kabel HDMI, dan segera ikuti langkah di atas untuk menyambungkan PS3 ke TV LED. Akhir kata, semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo