Hide Menu

Ternyata Mudah dan Hanya Butuh 3 Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED, Ayo Coba Sekarang!

Panduan Lengkap Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED Menggunakan 3 Alat: Kabel Speaker, Kabel Audio, dan Kabel HDMI ARC

Artikel Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED ini diposting diperbarui
1.0K Pembaca
Like
Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED 2024
© freepik.com

Pengertian Speaker Pasif

Pengertian Speaker Pasif
freepik.com

Berbeda dengan speaker aktif, speaker pasif merupakan perangkat pengeras suara yang tidak dilengkapi dengan amplifier alias penguat suara. Dalam kata lain, saat ingin menggunakan speaker pasif, Anda membutuhkan yang namanya amplifier supaya speaker pasif dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, fungsi dari speaker pasif ini adalah meningkatkan volume suara dari sebuah perangkat elektronik seperti TV LED digital, handphone, maupun komputer. Dengan speaker ini, kualitas suara yang keluar dari perangkat elektronik jadi lebih jernih, detail, dan tentunya lebih keras sehingga terdengar sampai jarak yang jauh.

Melihat pengertian dan fungsinya di atas, speaker pasif umumnya digunakan dalam sistem hiburan maupun acara-acara outdoor seperti bioskop, home theater, konser musik, dan acara pernikahan. Speaker ini juga biasanya digunakan oleh orang-orang untuk meningkatkan pengalaman menonton film maupun mendengarkan musik di rumah.

Nah, apakah Anda datang ke artikel ini karena ingin pasang speaker pasif ke TV LED namun tidak tahu bagaimana caranya? Kalau begitu, Anda sudah datang ke tempat yang tepat, Volties! Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan cara pasang speaker pasif ke TV LED menggunakan 3 alat. Tanpa basa-basi lagi, silakan pelajari cara-caranya di bawah ini!

Rekomendasi TV LED Terbaik

Rekomendasi TV LED Terbaik
freepik.com

Misalkan Anda sudah punya speaker pasif dari merek seperti Harman Kardon dan butuh rekomendasi TV LED terbaik, berikut tim Voltbaba berikan daftar-daftar beserta harganya. Silakan cek!

MerekModelHarga
LGDigital TV LED 32LJ500DRp. 1.766.000,00
PolytronLED Digital TV PLD 32TV1855Rp. 1.729.000,00
CoocaaSmart LED TV 43Z72Rp. 2.771.000,00
SamsungSmart TV UHD 4K CU7000Rp. 4.499.000,00
SharpAQUOS LED TV 2T-C32DD1iRp. 1.857.000,00
TCLSmart TV HD 32L4BRp. 1.649.000,00

Keenam model TV LED dari merek-merek bagus di atas punya kualitas yang bagus untuk Anda sambungkan dengan speaker pasif Harman Kardon Anda. Harganya pun murah, mulai dari Rp 1.5 jutaan saja. Jadi, daripada beli TV LED bekas, lebih baik beli TV LED yang baru.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED - Terbaru 2024

Entah Anda sedang mencari cara menyambungkan speaker biasa ke TV maupun cara menyambungkan speaker ke TV, di bawah ini adalah langkah-langkahnya. Jadi, 3 cara pasang speaker pasif ke TV LED yang tim Voltbaba sajikan di bawah bisa Anda gunakan juga untuk menyambungkan speaker biasa ke jenis TV lainnya. Berikut metode yang benar. 

1
Menggunakan Kabel Speaker

Gunakan Saja Kabel Speaker dari Speaker Pasif, Mudah!

Menggunakan Kabel Speaker

2
Menggunakan Kabel Audio

Cukup Pake Kabel Audio, Gak Ribet dan Mudah Banget!

Menggunakan Kabel Audio

3
Menggunakan Kabel HDMI ARC

Pake Kabel HDMI ARC, Cara Menghubungkannya Juga Mudah!

Menggunakan Kabel HDMI ARC

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gunakan Saja Kabel Speaker dari Speaker Pasif, Mudah!
© freepik.com
1
Gunakan Saja Kabel Speaker dari Speaker Pasif, Mudah!

Menggunakan Kabel Speaker

Rekomendasi kami

Cara pasang speaker pasif ke TV LED yang pertama adalah menggunakan kabel speaker pasif. Untuk cara pertama ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu jika TV LED Anda memiliki output speaker yang bisa Anda hubungkan dengan speaker pasif Anda.

Jika ternyata ada, maka Anda bisa segera mengikuti langkah-langkah di bawah untuk menghubungkan speaker pasif ke TV LED.

  1. Ambil kabel speaker dari speaker pasif dan sambungkan kabel tersebut ke output atau port hubungan pengeluaran speaker yang ada pada TV LED.
  2. Setelah itu, pastikan jika kabel speaker pasif sudah terpasang dengan pas dan aman di output TV LED.
  3. Selesai.
Cukup Pake Kabel Audio, Gak Ribet dan Mudah Banget!
© freepik.com
2
Cukup Pake Kabel Audio, Gak Ribet dan Mudah Banget!

Menggunakan Kabel Audio

Yang kedua dari cara pasang speaker pasif ke TV LED adalah menggunakan kabel audio. Kabel audio sendiri umumnya dilengkapi dengan jack 3.5mm atau RCA, sehingga bisa Anda sambungkan ke output audio yang ada di TV LED.

Lantas, bagaimana caranya? Silakan cek poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  1. Pertama, siapkan kabel audio yang akan Anda gunakan untuk menghubungkan speaker pasif ke TV LED.
  2. Kemudian, sambungkan kabel audio ini pada input audio yang ada pada speaker pasif dan output audio yang ada di TV LED.
  3. Jika sudah, pastikan kalau sambungan kabel audio di speaker pasif dan TV LED sudah pas dan rapat.
  4. Selesai.
Pake Kabel HDMI ARC, Cara Menghubungkannya Juga Mudah!
© freepik.com
3
Pake Kabel HDMI ARC, Cara Menghubungkannya Juga Mudah!

Menggunakan Kabel HDMI ARC

Rekomendasi kami

Cara menyambungkan speaker pasif ke TV LED yang terakhir adalah menggunakan kabel HDMI ARC. Kabel HDMI ARC atau Audio Return Channel sendiri merupakan kabel yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal audio dan video secara bersamaan dengan hanya satu kabel.

Adapun cara pasang speaker pasif ke TV LED menggunakan kabel HDMI ARC adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, ambil kabel HDMI ARC yang sudah Anda beli.
  2. Selanjutnya, sambungkan kabel HDMI ARC ke terminal input HDMI di TV LED Anda yang ada tulisan “ARC” atau “eARC/ARC”.
  3. Sambungkan juga kabel HDMI ke port input di speaker pasif.
  4. Pilih nama speaker pasif Anda dan sesuaikan volume yang Anda inginkan.
  5. Selesai.

Tanya Jawab Seputar Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED

Sebelum Anda masuk ke bagian akhir dari artikel ini, silakan baca pertanyaan populer tentang cara pasang speaker pasif ke TV LED yang banyak ditanyakan.

Apakah speaker pasif harus pakai amplifier?

Iya. Jika Anda ingin membuat speaker pasif berfungsi dengan baik, maka Anda membutuhkan yang namanya power amplifier supaya speaker bisa menghasilkan suara yang baik.

Speaker pasif untuk apa?

Sama seperti speaker aktif, fungsi speaker pasif adalah untuk membuat kualitas audio menjadi lebih baik sekaligus meningkatkan volume audio supaya terdengar lebih jelas dan keras. Karena fungsinya ini, speaker pasif cocok digunakan untuk home theater, bioskop, konser musik, dan acara pernikahan.

Apakah Smart TV bisa pakai speaker bluetooth?

Kebanyakan smart TV memiliki fitur Bluetooth sehingga bisa Anda sambungkan dengan speaker Bluetooth.

Apa yang dimaksud speaker aktif dan pasif?

Perbedaan mencolok yang membedakan antara speaker aktif dan speaker pasif adalah penggunaan amplifier. Pada speaker aktif, terdapat komponen amplifier sehingga mampu menghasilkan suara sendiri. Sementara speaker pasif tidak memiliki komponen amplifier sehingga Anda harus membeli amplifier eksternal untuk menggunakannya.

Apa kekurangan speaker pasif?

Satu-satunya kekurangan dari speaker pasif adalah tidak adanya komponen amplifier. Dalam kata lain, Anda harus memiliki amplifier ekternal supaya speaker pasif Anda mampu menghasilkan suara yang jernih dan jelas.

Kesimpulan: Cara Pasang Speaker Pasif ke TV LED

Speaker pasif merupakan perangkat komunikasi suara yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas suara dari beberapa perangkat elektronik seperti komputer dan TV LED (Yosy. R & Imelda. U. V. S, 2022). Adapun cara pasang speaker pasif ke TV LED terbagi menjadi 3. Pertama menggunakan kabel speaker, kedua menggunakan kabel audio, dan terakhir menggunakan kabel HDMI ARC.

Jadi, bagaimana Volties? Apakah Anda sudah paham mengenai cara menghubungkan speaker pasif dengan TV LED? Jika sudah, segera coba 3 cara yang sudah tim Voltbaba beri tahu di atas, ya. Akhir kata, semoga percobaan pertama Anda berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo