Hide Menu

Mudah Dilakukan, Ini 6 Tahapan Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas Melalui Microsoft Word

Enam Langkah Tepat Mencetak Empat Foto Sekaligus dalam 1 Lembar Halaman, Gak Ngabisin Banyak Kertas

Artikel Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas ini diposting diperbarui
77 Pembaca
Like
Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas 2024
© freepik.com

Bisakah Print 4 Foto Sekaligus dalam 1 Kertas?

Bisakah Print 4 Foto Sekaligus dalam 1 Kertas?
freepik.com

Ya, bisa banget. Volties bisa ngeprint 4 foto dalam 1 kertas. Gunakan saja Microsoft Word dalam mencetak foto-foto tersebut. Anda mungkin perlu menyesuaikan ukuran empat gambar terlebih dahulu agar keempat gambar bisa muat dalam 1 halaman kertas.

Untuk melakukan cara print 4 foto dalam 1 kertas terdapat cara tersendiri. Ada beberapa tahap, yakni membuka Ms. Word, memasukkan gambar, mengatur ukuran gambar, mengubah pengaturan gambar, setting kertas, dan cetak. Itu saja tahapannya, tak perlu cuci-cuci kertas!

Anda akan mengetahui secara lengkap cara mencetak 4 foto bersamaan dalam satu kertas di artikel ini. Oleh sebab itu jangan ke mana-mana. Teruslah membaca sampai habis penjelasan tim Voltbaba berikutnya. Ayo scroll!

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas - Terbaru 2024

Eko S (2018) menyebutkan bahwa printer merupakan sebuah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik data berupa teks maupun gambar atau grafik di atas media kertas. Dengan demikian, terbukti bukan bahwa kertas dapat Anda gunakan sebagai media print foto. Selanjutnya simaklah cara print 4 foto dalam 1 kertas seperti di bawah ini. 

1
Buka File di Microsoft Word

Langsung Buku Ms Word dan Pilih 4 Foto yang Ingin Dicetak

Buka File di Microsoft Word

2
Masukkan Gambar

Langsung Pilih Empat Foto Sekaligus

Masukkan Gambar

3
Klik Menu Page Layout

Untuk Menyesuaikan Bentuk Kertas Halaman

Klik Menu Page Layout

4
Kecilkan Ukuran Foto

Samakan Semua Ukuran dan Spasi Foto Satu dengan yang Lainnya

Kecilkan Ukuran Foto

5
Ubah Pengaturan Foto

Atur Foto dengan Wrap Text Setting

Ubah Pengaturan Foto

6
Cetak Foto

Pakai Shortcut Lebih Cepat

Cetak Foto

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Langsung Buku Ms Word dan Pilih 4 Foto yang Ingin Dicetak
© freepik.com
1
Langsung Buku Ms Word dan Pilih 4 Foto yang Ingin Dicetak

Buka File di Microsoft Word

Rekomendasi kami

Sebelum melangkah lebih jauh, bukalah Microsoft Word di laptop Volties. Anda ingin gunakan laptop atau komputer sama saja, itu tidak menjadi masalah. Untuk jenis operation system Windows laptop bisa pakai yang terbaru atau versi Windows 10 agar lebih mudah menggunakan Ms. Word.

Apabila Volties belum memiliki Ms. Word 2010 di laptop, silakan download melalui Microsoft Store. Setiap laptop dengan sistem operasi Windows biasanya sudah menyediakan aplikasi Ms. Word. Kalau belum punya tinggal unduh secara online saja.

Langsung Pilih Empat Foto Sekaligus
© freepik.com
2
Langsung Pilih Empat Foto Sekaligus

Masukkan Gambar

Kemudian, klik menu “Insert,” lalu pilih opsi “Picture”. Pilihlah photo yang ingin Volties cetak dan langsung pilih 4 foto sekaligus. Agar ukuran foto sama semua dan dapat memenuhi satu lembar kertas, sebaiknya gunakan foto dengan ukuran yang sama.

Jika ukuran foto yang pertama adalah 2R maka tiga foto yang lain juga 2R. Anda juga bisa memasukkan foto 2R berjumlah 2 buah dan foto 3 R berjumlah 2 buah, begitu seterusnya apabila ingin print 5R, 6 R, 10R dan lain-lain. Intinya, foto tidak boleh melebihi satu lembar kertas. 

Gunakan cara tahan keyboard CTRL dan pilih keempat foto menggunakan kursor mouse untuk memasukkan foto. Lalu, klik tombol “Insert”, maka keempat foto yang dipilih tadi akan muncul pada tampilan awal di halaman yang kosong. Keempat foto tersebut akan muncul secara berurutan dalam 2 halaman (satu halaman tertera 2 foto).

Untuk Menyesuaikan Bentuk Kertas Halaman
© freepik.com
3
Untuk Menyesuaikan Bentuk Kertas Halaman

Klik Menu Page Layout

Langkah cara print banyak foto dalam satu kertas di Word selanjutnya yaitu dengan pilih menu “Page Layout.” Kemudian, pilihlah opsi “Orientation” dan klik opsi “Landscape”. Maka, otomatis mode kertas akan berbentuk horizontal.

Nantinya, mode kertas berbentuk horizontal ini dapat membantu Anda edit foto sebanyak 4 foto dalam satu kertas. Sehingga cara ini dapat bermanfaat untuk menghemat kertas.

Samakan Semua Ukuran dan Spasi Foto Satu dengan yang Lainnya
© freepik.com
4
Samakan Semua Ukuran dan Spasi Foto Satu dengan yang Lainnya

Kecilkan Ukuran Foto

Rekomendasi kami

Lanjut lagi ke langkah berikutnya, yaitu edit foto jadi ukuran yang lebih kecil daripada ukuran awal saat Anda memilihnya. Cara edit foto jadi ukuran kecil agar muat dalam 1 kertas adalah dengan cara klik foto, lalu tarik ujung foto ke bagian dalam perlahan.

Dengan begitu, foto akan menunjukkan ukuran lebih kecil. Lakukan cara memperkecil foto ini sampai empat foto berhasil diletakkan dalam satu halaman. Usahakan juga ukuran satu foto dan ukuran foto lainnya sama.

Jangan lupa memberikan spasi dari satu foto ke foto yang lainnya. Cukup dengan klik tombol spasi beberapa kali sampai terlihat jarak antar keempat foto. Sama seperti sebelumnya, ukuran foto dan jarak harus sama antara keempat foto.

Atur Foto dengan Wrap Text Setting
© freepik.com
5
Atur Foto dengan Wrap Text Setting

Ubah Pengaturan Foto

Agar foto lebih mudah diarahkan, Volties bisa gunakan cara ubah pengaturan foto terlebih dulu. Caranya yaitu klik salah satu foto, kemudian klik menu “Page Layout”. Lanjutkan dengan pilih opsi “Wrap Text” yang berada persis di sebelah opsi “Position”. 

Setelah itu, pilih opsi “Behind Text”. Lakukan cara ini pada semua foto sampai selesai. Untuk Volties yang bertanya-tanya mengapa harus diubah wrap text, itu semua supaya foto tidak lari saat peraturan jarak. Anda akan mengetahui perubahan tersebut ketika sudah setting semuanya.

Pakai Shortcut Lebih Cepat
© freepik.com
6
Pakai Shortcut Lebih Cepat

Cetak Foto

Rekomendasi kami

Sebelum mencetak, ubah setting kertas ke pilihan kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm). Caranya adalah pergi ke menu “Page Layout” dan pilih opsi A4. Semisal Volties ingin print ukuran kertas poster besar A3, maka pilih ukuran kertas A3.

Cara print 4 foto dalam 1 kertas berikutnya yaitu tinggal cetak saja menggunakan printer Epson L360 kesayangan Anda. Namun pastikan kertas A4 sudah terletak di tray printer. Letakkan dengan pas kertasnya di tray sebanyak 1-5 lembar kertas A4 atau sesuai kebutuhan.

Kemudian, klik shortcut CTRL+P pada keyboard. Pastikan pengaturan print telah benar. Caranya ialah memeriksa nama printer yang sesuai dengan nama printer yang sedang Anda pakai dan setting kertas ke A4. Lalu, klik tombol “Print” dan selesai!

Tanya Jawab Seputar Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas

Sebelum mengarah ke bagian penutup, selesaikan membaca empat pertanyaan tentang cara print 1 gambar menjadi 4 bagian di Word berikut. Ini daftarnya: 

Berapa ukuran print 3x4?

Dalam satuan cm, ukuran print 3×4 adalah 2,79 x 3,81 cm.

Langkah-langkah ngeprint 2 halaman jadi 1 lembar kertas adalah?

Begini cara print 2 halaman jadi 1 lembar, seperti:

  1. Buka dokumen yang ingin Volties cetak.
  2. Masuk ke menu “File,” lalu klik opsi “Print” atau pakai shortcut CTRL+P.
  3. Pada menu bagian kiri, gulir sampai paling bawah.
  4. Ubah pengaturan “1 Page per Sheet” menjadi “2 Page per Sheet.”
  5. Klik tombol “Print” untuk mencetak.

Apakah kertas foto bisa diprint?

Ya, bisa. Anda bisa menggunakan kertas khusus mencetak foto yang glossy.

Bagaimana cara ngeprint dari laptop ke printer?

Di bawah ini adalah cara ngeprint dari laptop ke printer pribadi Anda:

  1. Buka halaman file yang ingin Anda cetak.
  2. Klik kanan, pilih opsi “Print.”
  3. Ubah setelan pada pop up bar Print.
  4. Lalu, klik cetak.

Bagaimana cara print foto sekali banyak?

Begini cara ngeprint foto banyak di Word:

  1. Open Ms. Word.
  2. Pilih menu “Insert”.
  3. Masukkan satu foto yang ingin dicetak.
  4. Kecilkan ukuran foto secara manual dengan menarik ujung gambar ke dalam.
  5. Tahan tombol CTRL dan geser foto. 
  6. Letakkan foto yang terkopi di samping foto pertama.
  7. Lakukan hal tersebut sampai foto memenuhi kertas 1 halaman.

Ada berapa ukuran foto?

Beraneka macam, antara lain 2×3, 3×4, 4×6, 5×8, 10×10, 20×25, dan masih banyak lagi.

Apakah Photoshop bisa untuk print foto?

Ya, bisa. Photoshop bisa Anda gunakan untuk edit foto jadi bagus juga print foto sekaligus.

Kesimpulan: Cara Print 4 Foto dalam 1 Kertas

Mencetak empat foto dalam 1 kertas sekaligus cukup mudah, hanya perlu memasukkan gambar yang ingin dicetak, kecilkan ukuran foto sampai empat foto memenuhi satu lembar halaman, setting gambar dan kertas, siapkan printer, dan cetak!

Pakai cara mudah print 4 foto dalam 1 kertas di atas apabila Volties hendak ngeprint foto berjumlah empat. Check out kertas dan printer buat foto di kolom yang tersedia, selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo