Hide Menu

Mau Cetak Gambar Ukuran Berapapun Pakai 5 Cara Print Foto yang Bagus Ini Hasil Pasti Oke!

Panduan Cara Menghasilkan Print Foto yang Bagus, Tidak Ada Pecah atau Gambar Rusak!

Artikel Cara Print Foto yang Bagus ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Print Foto yang Bagus 2024
© freepik.com

Gimana Print Foto yang Bagus?

Gimana Print Foto yang Bagus?
freepik.com

Agar dapat menghasilkan print foto yang bagus tentu ada cara-cara tersendiri. Tidak bisa hanya mengandalkan pengertian CTRL + P, pilih foto, lalu print begitu saja. Volties perlu memperhatikan peraturan cara print foto bagus dari Voltbaba.

Contoh cara agar Anda bisa print foto dengan hasil terbaik iaitu memperhatikan resolusi sebuah foto, kertas foto yang dipakai, pemakaian format gambar, dan editing gambar. Jangan lupa juga memperhatikan printer bawaan milik Anda.

Dengan memahami cara-cara tersebut diyakini dapat menghasilkan foto Volties menjadi bagus. Misalnya, setting foto menggunakan resolusi tinggi bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi. Begitupun mencetak dengan kertas foto khusus. Hasil foto akan jauh lebih baik.

Mau tahu cara print foto yang bagus secara lengkap? Ikuti terus penjelasan dari tim Voltbaba sampai tuntas. Volties bisa menggunakan cara ini untuk mencetak foto-foto digital yang tersimpan di HP, laptop ataupun Google Drive lewat printer pribadi tanpa harus cuci seperti cetak foto jadul. Segera cari tahu caranya, yuk! 

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Print Foto yang Bagus - Terbaru 2024

Mari mengenal langsung bagaimana Anda bisa mencetak foto dengan hasil yang terbaik dengan 5 cara print foto yang bagus seperti ini. Siapkan catatan favorit Volties dan cek segera cara-cara di bawah!

1
Pastikan Resolusi Foto Tinggi

Semakin Tinggi Resolusi Foto, Semakin Bagus Hasil Cetaknya

Pastikan Resolusi Foto Tinggi

2
Print Pakai Kertas Glossy

Membuat Tinta Terikat, Menyatu dengan Kertas

Print Pakai Kertas Glossy

3
Sesuaikan Format dan Resolusi Gambar

Pilih Format dan Resolusi yang Pas

Sesuaikan Format dan Resolusi Gambar

4
Edit Foto Bila Perlu

Tambahkan Pencahayaan, Filter atau yang Lainnya

Edit Foto Bila Perlu

5
Cermati Pengaturan Printer

Sambungkan Printer Sesuai Nama ke Komputer

Cermati Pengaturan Printer

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Semakin Tinggi Resolusi Foto, Semakin Bagus Hasil Cetaknya
© freepik.com
1
Semakin Tinggi Resolusi Foto, Semakin Bagus Hasil Cetaknya

Pastikan Resolusi Foto Tinggi

Rekomendasi kami

Agar hasil foto bagus, Volties harus memastikan hal pertama ini dulu, yakni foto Anda telah beresolusi tinggi. Resolusi gambar yang tinggi dapat mempengaruhi hasil foto saat dicetak nanti.

Apabila foto yang Volties cetak mempunyai kualitas jelek dan rendah, maka otomatis resolusi hasil foto kemungkikan besar akan rendah pula. Bahkan, gambar tidak dapat terdeteksi atau blur karena low quality.

Terdapat rekomendasi minimal resolusi yang dapat menciptakan foto yang bagus, yaitu 300 ppi (piksel per inch). Gunakan 300 ppi saja untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus!

Membuat Tinta Terikat, Menyatu dengan Kertas
© freepik.com
2
Membuat Tinta Terikat, Menyatu dengan Kertas
Rekomendasi kami

Kemudian, print foto menggunakan kertas jenis glossy. Apa kegunaannya? Tentu saja hasil foto akan semakin baik jika Anda menggunakan kertas yang glossy. Kertas jenis tersebut sangat cocok untuk mencetak foto sebab kertas ini bersifat mengikat tinta.

Apapun tintany,a baik tinta L360 maupun yang lain, kertas ini dapat mengikat tinta dengan baik. Berbeda jika Anda ngeprint pakai kertas biasa karena dapat membuat hasil foto blur.

Namun, dibandingkan dengan kertas lain, harga kertas glossy relatif mahal. Walaupun begitu, tetap saja hasil foto sangat bagus dicetak menggunakan kertas glossy.

Pilih Format dan Resolusi yang Pas
© freepik.com
3
Pilih Format dan Resolusi yang Pas

Sesuaikan Format dan Resolusi Gambar

Rekomendasi kami

Lalu, Volties harus menyesuaikan format gambar dan resolusi gambar. Jangan lupa untuk setting format gambar yang diinginkan. Macam-macam format gambar yang dapat Anda pilih terdiri dari PNG, JPEG, TIFF, dan PDF.

Dengan memilih format yang sesuai, Anda dapat dengan mudah menyimpan gambar digital lalu mencetaknya. Selain itu, atur juga resolusinya agar menghasilkan ketajaman gambar yang sempurna. Besaran resolusi gambar dapat Volties sesuaikan dengan ukuran hasil foto high resolution paling minimal sejumlah 300 ppi.

Tambahkan Pencahayaan, Filter atau yang Lainnya
© freepik.com
4
Tambahkan Pencahayaan, Filter atau yang Lainnya

Edit Foto Bila Perlu

Cara edit foto juga sangat penting untuk menghasilkan foto yang bagus apapun ukuran foto Volties, baik 2R, 5R, 4R, 6R ataupun 10R. Pengeditan foto dapat Volties lakukan dengan melakukan perubahan pada pencahayaan foto. Nyatanya, pencahayaan sangat mempengaruhi kualitas foto yang Anda tangkap.

Apabila foto Anda memiliki pencahayaan yang kurang, sebaiknya lakukan editing foto. Anda bisa mengatur exposure dan contrast yang disesuaikan atau sesuai keinginan Volties. Selain mengatur pencahayaan, Volties juga bisa mengubah filter atau mengubah resolusi gambar menjadi HD.

Pada dasarnya, dalam proses foto digital, orang dapat mengubah, memindahkan, memotong, menimpa, mengobrak-abrik citraan foto tanpa harus mengganggu salinan asli hanya dengan hitungan detik (Yulius W, 2011) sebelum akhirnya foto tersebut dicetak full. Jadi, jangan sungkan untuk menyunting. 

Sambungkan Printer Sesuai Nama ke Komputer
© freepik.com
5
Sambungkan Printer Sesuai Nama ke Komputer

Cermati Pengaturan Printer

Rekomendasi kami

Cara terakhir agar hasil print foto bagus ialah Volties harus memperhatikan pengaturan printer. Atur setting printer dengan tepat sesuai dengan jenis atau merek printer yang sedang Anda gunakan untuk mencetak. Jika Anda belum menyambungkan jenis printer ke dalam komputer, sebaiknya sambungkan terlebih dulu.

Agar hasil foto jadi lebih bagus, gunakan software cetak foto seperti Photoshop atau Corel Draw daripada menggunakan Microsoft Word. Menggunakan kedua aplikasi tersebut untuk mencetak foto langsung sangat efisien dan Volties bisa sekaligus edit online foto sepuasnya.

Tanya Jawab Seputar Cara Print Foto yang Bagus

Setelah Volties menelaah hingga akhir cara cetak foto yang bagus, bacalah enam serangkaian pertanyaan yang tercantum dalam pembahasan tanya-jawab dalam masing-masing kolom, seperti:

Apa pengaturan printer terbaik untuk foto?

Pengaturan yang menargetkan sekitar 300 titik per inci (DPI) untuk hasil cetakan yang berkualitas tinggi adalah pengaturan printer terbaik.

Kenapa gambar di print pecah?

Faktor terbesar gambar pecah saat Anda print adalah karena resolusi gambar terlalu rendah. Apalagi ketika Volties ingin mencetak gambar resolusi rendah ke gambar resolusi tinggi. Sangat mudah pecah.

Cetak foto pakai apa?

Volties bisa mencetak foto memakai printer atau melalui aplikasi pencetak foto.

Bagaimana cara menjaga kualitas foto saat dicetak?

Inilah cara menjaga kualitas foto:

  1. Pilih printer berkualitas
  2. Pakai kertas foto kualitas tinggi
  3. Lindungi foto dari paparan sinar matahari langsung
  4. Simpan foto di tempat yang tepat
  5. Jangan menyentuh foto dengan jari

Bagaimana cara print foto dengan kertas foto?

Begini cara print dengan kertas foto:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer.
  2. Klik tab “Insert” dan klik “Picture.”
  3. Pilih foto yang ingin Anda print.
  4. Klik CTRL + P (perintah untuk print).
  5. Lalu, pilih jenis printer.
  6. Klik menu “Properties.”
  7. Pilih printing shortcuts (photo printing-with white borders).
  8. Atur paper size menjadi A4, borderless menjadi off, paper type menjadi other photo inkjet papers, dan print quality menjadi normal.
  9. Kemudian, klik “OK” dan cetak foto.

Ada berapa ukuran foto?

Ukuran foto cukup beragam, antara lain 2×3 cm, 3×4 cm, 4×6 cm, 10×10 cm, atau lebih dari 10 cm, hingga tak terhingga seperti ukuran lukisan yang paling besar.

Kesimpulan: Cara Print Foto yang Bagus

Akhirnya telah tiba untuk mengakhiri pembahasan cara print foto yang bagus. Tim Voltbaba dapat merangkum  cara agar foto yang Volties print menjadi bagus antara lain dengan mengatur resolusi ke setting paling tinggi, memakai kertas glossy, hingga mencermati pengaturan printer kesayangan Anda.

Anda bisa membuktikan sendiri cara ini untuk ngeprint foto liburan Volties bersama sahabat. Pastikan Anda memakai printer yang canggih juga seperti printerprinter rekomendasi yang tersedia di setiap panduan cara mencetak foto sebelumnya. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo