Hide Menu

Ikuti 3 Cara Setting Print Kertas Art Paper Seperti Berikut, Cetak Foto Pasti Berhasil!

Cara Mudah dalam Mencetak Foto di Printer Pribadi Menggunakan Kertas Art Paper, Hanya Butuh 3 Langkah Sederhana

Artikel Cara Setting Print Kertas Art Paper ini diposting diperbarui
20 Pembaca
Like
Cara Setting Print Kertas Art Paper 2024
© freepik.com

Apa Itu Art Paper?

Apa Itu Art Paper?
freepik.com

Arti art paper adalah kertas seni dalam Bahasa Indonesia. Benda tersebut merupakan kertas yang dirancang khusus untuk mencetak foto, gambar, ilustrasi ataupun desain grafis dengan kualitas tinggi.

Kertas ini juga merupakan kertas dengan permukaan glossy yang memungkinkan hasil print lebih mewah. Tak heran kertas AP (singkatan art paper) atau CTS banyak peminatnya dalam dunia percetakan.

Begitupun dengan tingkat kerapatan kertas yang ditawarkan sangat baik dan warna yang dihasilkan pun merata. Sehingga, hasil cetak foto Anda terlihat lebih tajam, cerah, dan tidak buram.

Jenis art paper sendiri ada banyak. Ada yang berukuran tipis, sedang, tebal, dan ekstra tebal. Ukuran ini dibedakan berdasarkan 80 sampai lebih dari 300 gsm (gram per square meter) atau per gramatur.  Itulah pengertian art paper secara umum.

Volties dapat mengetahui lebih jauh tentang kertas glossy ini dengan membaca keseluruhan artikel Voltbaba tentang cara setting print kertas art paper. Jika hendak mencetak foto dengan kertas ini, luangkan waktu Anda sekarang!

Jenis-Jenis Kertas Printer

Jenis-Jenis Kertas Printer
freepik.com

Di dunia percetakan, terdapat begitu banyak jenis kertas. Jenis kertas tersebut dibedakan dari jenis bahan dan tujuannya. Kertas-kertas itu dapat Anda temukan perbedaannya melalui ciri khasnya, seperti HVS yang punya ciri khas kertas tipis.

Lebih lanjut, berikut adalah jenis-jenis kertas yang perlu Volties ketahui:

Jenis KertasKeterangan
HVSKertas plain paling umum untuk print dokumen, terdapat macam-macam ukuran dari A4 hingga A3.
Art PaperCocok dalam mencetak undangan, kartu nama, isi majalah, poster, brosur, sertifikat, company profile, dan sebagainya.
NCRKertas yang mempunyai salinan tulisan saat pulpen tertulis di kertas NCR. Banyak ditemui untuk bahan nota atau bon, faktur, surat jalan, dan struk.
Matt PaperSecara khusus, bagus dalam pembuatan brosur karena permukaan kertas tidak mengkilap.
Book PaperTidak ada perbedaan dalam penggunaannya dan tentu saja bahan kertas ini berguna untuk mencetak buku.
BuffaloBagus dalam penerapan mencetak cover tesis, cover proposal, cover buku, kartu anggota, dan map.
DuplexCocok buat bahan kotak kue dan kemasan produk farmasi.
IvoryBanyak digunakan sebagai bahan dus kosmetik, paper bag, buku agenda, poster atau kotak makanan.
Karton BWKertas undangan, map, kartu iuran, dan sertifikat banyak menggunakan karton BW.
ConcordeSifat kertas yang halus dan permukaan timbul seperti bergaris membuatnya cocok sebagai bahan membuat piagam, booklet, dan proposal.
Art CartonBagus untuk mencetak brosur, kartu nama, profil perusahaan, dan katalog.
Fancy PaperCocok buat print kartu ucapan, bahan maket arsitektur ataupun interior, scrapbook, dan lain-lain.
Jasmine PaperBanyak digunakan untuk mencetak kartu ucapan dan undangan.
ManilaKegunaan kertas manila untuk mencetak kartu nama, map atau kartu stok.
KalkirBagus untuk sablon karena memiliki efek terkena tumpahan minyak. 

Adakah Cara Tersendiri untuk Setting Print Pakai Kertas Art Paper?

Adakah Cara Tersendiri untuk Setting Print Pakai Kertas Art Paper?
freepik.com

Tentu saja ada cara tersendiri untuk setting print art paper pada printer Anda. Namun, Volties perlu cermat dalam memahami tampilan menu Printer Properties pada setiap merek printer karena tampilannya bisa berbeda-beda.

Secara umum, caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengatur “Media Type” pada printer ke pilihan “Matte.” Lalu, memilih opsi “Print Quality” ke opsi “High”. Secara otomatis, gambar yang tercetak dengan kertas art paper akan terang cenderung cerah ketika warna sudah kering.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Setting Print Kertas Art Paper - Terbaru 2024

Kertas art paper ternyata bisa juga digunakan untuk membuat bahan baku kotak kemasan (Atika L, 2015). Akan tetapi, orang-orang lebih umum menggunakan art paper sebagai kertas cetak foto. Dengan demikian, apakah Anda bisa print pakai art paper? Tentu saja! Lihat caranya seperti berikut ini!

1
Klik Shortcut CTRL+P

Tampilan Print Properties Akan Muncul

Klik Shortcut CTRL+P

2
Pilih Opsi Paper Type

Ganti Pilihan Tipe Kertas ke Matte

Pilih Opsi Paper Type

3
Ubah Print Quality

Pilih Kualitas High Tanpa Mencentang High Speed

Ubah Print Quality

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tampilan Print Properties Akan Muncul
© freepik.com
1
Tampilan Print Properties Akan Muncul

Klik Shortcut CTRL+P

Rekomendasi kami

Langkah pertama dalam cara setting print kertas art paper ialah klik shortcut CTRL+P. Setelah itu, layar laptop Anda akan menampilkan tampilan “Print Properties.” Ini adalah tampilan untuk menentukan keterangan properti pencetakan.

Dalam tampilan Print Properties terdapat beberapa opsi menentukan pencetakan, antara lain paper type, print method, number of copies, print quality, dan lain-lain. Opsi-opsi tersebut dapat mengarahkan hasil cetak foto menggunakan art paper yang bagus.

Ganti Pilihan Tipe Kertas ke Matte
© freepik.com
2
Ganti Pilihan Tipe Kertas ke Matte

Pilih Opsi Paper Type

Rekomendasi kami

Cara selanjutnya yaitu klik opsi “Paper Type”. Di dalam opsi “Paper Type” terdapat sejumlah pilihan tipe kertas. Kemudian, pilih opsi “Matte” pada pilihan yang tersedia. Di samping itu, pilihan tipe kertas bisa sangat banyak tergantung printer merek apa yang Anda gunakan.

Matte sendiri berarti kertas pilihan tersebut dapat menciptakan hasil cetak yang tidak mengurangi detail dan warna gambar. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan printer Epson, maka pilihan tipe kertas akan bernama “Epson Matte”. Contoh lainnya pada printer Canon pilihan tipe kertas akan bernama “Matte Photo Paper”. 

Pilih Kualitas High Tanpa Mencentang High Speed
© freepik.com
3
Pilih Kualitas High Tanpa Mencentang High Speed

Ubah Print Quality

Rekomendasi kami

Tahap selanjutnya yaitu mengubah “Print Quality” ke opsi “High”. Dalam beberapa tampilan, “Print Properties” telah tersimpan dua pilihan “Print Quality”. Pilihan tersebut terdiri dari Standard dan High.

Lalu, pastikan di “Additional Settings” pada “Main Options” pilihan “High Speed” tidak tercentang. Karena saat Anda memilih high speed artinya untuk meningkatkan kecepatan printer dalam mencetak.

Sebaiknya opsi high speed tidak Anda centang untuk memastikan hasil cetakan benar-benar bagus dan warna tinta menempel dengan baik. Lebih lanjut, langsung saja klik print foto. Itulah cara singkatnya.

Tanya Jawab Seputar Cara Setting Print Kertas Art Paper

Apakah Volties mempunyai pertanyaan seputar cara setting print kertas art paper? Cari pertanyaan beserta jawaban tersebut pada kolom yang tersedia!

Art paper apakah glossy?

Ya, kertas art paper memiliki permukaan yang glossy dan mulus di kedua sisi kertas.

Apakah kertas art paper bisa diprint?

Ya, bisa. Volties bisa print menggunakan kertas art paper.

Kertas AP 120 untuk apa?

Kertas AP 120 tersebut berguna untuk cetak brosur, pamflet, dan kartu nama.

Berapa ukuran kertas art paper?

Kertas art paper memiliki beberapa ukuran, antara lain:

  • Ukuran tipis sekitar 80-120 gsm.
  • Ukuran sedang sekitar 150-200 gsm.
  • Art paper tebal sekitar 250-300 gsm.
  • Art paper ekstra tebal sekitar lebih dari 300 gsm.

Berapa harga kertas AP 120 gsm?

Harga art paper 120 gsm bisa bermacam-macam, namun harga paling umum di pasaran mulai dari 10 ribuan rupiah ke atas.

Kesimpulan: Cara Setting Print Kertas Art Paper

Mudah bukan cara setting print kertas art paper pada printer Anda? Cukup lakukan tiga langkah mudah, antara lain klik shortcut CTRL+P, ganti pengaturan paper type, dan antur kualitas ke level high.

VoilĂ , hasil cetak pakai kertas art paper sudah jadi! Gunakan tiga tahapan tersebut untuk menghasilkan foto super bagus dengan art paper ukuran apa saja. Silakan mencoba cara itu di rumah, semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo