Hide Menu

Ada 4 Ciri AC Mampet yang Harus Anda Ketahui, Ayo Waspada dan Cari Tahu Cara Mengatasinya!

Pembahasan Tentang Ciri AC Mampet, Mulai dari Saluran Kondensor yang Tersumbat sampai Munculnya Suara Aneh

Artikel Ciri AC Mampet ini diposting diperbarui
186 Pembaca
Like
Ciri AC Mampet 2024
© freepik.com

Penyebab AC Mampet

Penyebab AC Mampet
freepik.com

Sebagai salah satu alat elektronik yang berfungsi mendinginkan ruangan, rusaknya AC tentu menyebabkan ketidaknyamanan saat Anda beristirahat di rumah. Penyebab dari rusaknya AC ini pun bervariasi, mulai dari kebocoran freon, koil kondensor dan evaporator yang kotor, hingga saluran pembuangan AC yang tersumbat.

Khusus untuk masalah saluran pembuangan AC yang tersumbat, hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan bahaya pada komponen AC split yang lain, seperti kebocoran dan AC yang tidak dingin. Alasannya karena air yang seharusnya mengalir ke saluran pembuangan harus terhenti dan berbalik masuk ke dalam unit indoor AC split.

Lalu, apa saja hal yang menjadi penyebab AC mampet? Secara umum, mampetnya saluran pembuangan AC disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di bagian indoor dan outdoor AC split. Nah biasanya, tersumbatnya AC ini bisa Anda ketahui lewat ciri AC mampet di bawah.

Jika Anda penasaran apa saja ciri-cirinya, silakan baca artikel ini sampai habis. Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan beberapa ciri-ciri AC mampet dan tersumbat. Jadi, teruslah membaca!

Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet

Cara Flushing AC untuk Mengatasi AC Mampet
freepik.com

Nantinya, ketika Anda sudah menemukan ciri AC mampet, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan flushing. Metode ini merupakan proses pengeluaran kotoran dan jamur yang ada di dalam AC supaya tidak tersumbat lagi.

Lalu, bagaimana cara flushing AC? Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah.

  1. Pertama, pasang selang manifold. Pastikan untuk memasang selang kuning pada pipa yang akan Anda flush dan hubungkan selang warna biru pada tabung freon R11.
  2. Jika selang kuning dan selang biru sudah terpasang sesuai arahan di atas, Anda bisa segera memasang selang warna merah pada tabung freon R22.
  3. Setelah itu, bukalah tabung freon R11 beserta krannya supaya freon R11 dapat mengalir masuk ke dalam pipa.
  4. Jika semua freon R11 sudah masuk ke dalam pipa, segera tutup kran dan tabung freon R11.
  5. Selanjutnya, bukalah tabung freon R22 dan kran dari selang warna merah untuk mendorong freon R11.
  6. Lalu, tutup pipa besar menggunakan tangan dan tekan dengan kuat sampai tekanannya tinggi. Lepas dan tutup lagi sampai oli larut dengan freon R11.
  7. Lakukan cara di atas berulang-ulang sampai tidak ada sisa oli pada jalur pipa.
  8. Selesai. Silakan mengetes AC Anda, apakah sudah kembali dingin atau tidak.

Misalkan saja Anda masih awam dan tidak tahu bagaimana cara flushing AC yang benar, Anda bisa memanggil tukang service untuk flush AC split Anda yang tersumbat. Biaya flushing sendiri terhitung murah, sekitar 300 ribu rupiah.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Ciri AC Mampet - Terbaru 2024

Menurut Zuberi (2016), AC atau air conditioner merupakan alat elektronik yang tidak hanya berfungsi sebagai pendingin namun juga penghasil udara yang nyaman pada sebuah ruangan, baik itu di rumah maupun kantor.

Karena fungsinya ini, penting untuk selalu memahami ciri-ciri AC mampet ataupun ciri-ciri AC bocor. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa mencegah adanya kerusakan dan bahaya yang lebih parah di komponen AC yang lain. Lantas, apa saja ciri-cirinya? Teruslah scroll ke bawah untuk mengetahuinya!

1
Tekanan AC Tidak Stabil

Ciri AC yang Mampet Jadi Panas, Muncul Bunga Es, dan Udara AC Tidak Dingin

Tekanan AC Tidak Stabil

2
Adanya Genangan Air di Sekitar Unit AC

Segera Atasi Air Netes dari Pipa AC Karena Itu Ciri-Ciri AC Bocor dan Mampet

Adanya Genangan Air di Sekitar Unit AC

3
Bau Tidak Sedap dari AC

Bau Jamur dan Bau Bahan Kimia yang Menyengat Menandakan AC Mampet

Bau Tidak Sedap dari AC

4
Munculnya Suara Aneh

Bunyi Klik atau Gemeratak Seperti Batu Bisa Jadi Tanda AC Anda Mampet

Munculnya Suara Aneh

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ciri AC yang Mampet Jadi Panas, Muncul Bunga Es, dan Udara AC Tidak Dingin
© freepik.com
1
Ciri AC yang Mampet Jadi Panas, Muncul Bunga Es, dan Udara AC Tidak Dingin

Tekanan AC Tidak Stabil

Rekomendasi kami

Ciri AC mampet yang pertama adalah tekanan AC jadi tidak stabil. Karena bagaimanapun, saat adanya kotoran yang menyumbat saluran AC, otomatis tekanan di dalam AC menjadi tidak stabil yang akhirnya membuat beberapa komponen AC bermasalah.

Secara umum, jika tekanan di dalam AC tidak stabil, maka AC akan jadi lebih cepat panas alias overheat, AC mengeluarkan bunga es, suhu AC yang jadi tidak dingin, dan lain-lainnya. Nah, jika Anda sudah menemukan tanda-tanda ini, segera lakukan flushing untuk membersihkan kotoran yang menyumbat AC.

Segera Atasi Air Netes dari Pipa AC Karena Itu Ciri-Ciri AC Bocor dan Mampet
© freepik.com
2
Segera Atasi Air Netes dari Pipa AC Karena Itu Ciri-Ciri AC Bocor dan Mampet

Adanya Genangan Air di Sekitar Unit AC

Adanya genangan air di sekitar unit kondensor AC outdoor menjadi ciri AC mampet yang kedua. Selain itu, kebocoran ini terjadi karena saluran pipa kondensor yang tersumbat, filter udara yang kotor, dan tingkat freon yang rendah. Tersumbatnya saluran kondensor luar biasanya disebabkan oleh ganggang dan lumut yang tumbuh di dalamnya.

Sementara itu, filter udara yang kotor bisa juga menjadi penyebab kenapa AC bisa bocor. Pasalnya, filter udara yang tersumbat otomatis tidak akan ada udara masuk. Akibatnya, koil di AC kemungkinan jadi terlalu dingin dan beku. Pembekuan pada koil inilah yang membuat air netes dari kondensor AC dan menyebabkan genangan air di sekitarnya.

Bau Jamur dan Bau Bahan Kimia yang Menyengat Menandakan AC Mampet
© freepik.com
3
Bau Jamur dan Bau Bahan Kimia yang Menyengat Menandakan AC Mampet

Bau Tidak Sedap dari AC

Rekomendasi kami

Apakah Anda merasa jika AC di rumah atau mobil tiba-tiba mengeluarkan bau tidak sedap? Jika begitu, itu bisa jadi ciri AC mampet sekaligus ciri AC bocor. Bau tidak sedap ini umumnya terjadi karena menumpuknya kotoran dan debu yang ada di bagian evaporator coil, sebuah komponen yang fungsinya untuk menyerap panas udara dari dalam rumah.

Bukan cuma itu, kebocoran freon atau refrigeran AC juga bisa menjadi penyebab bau tidak sedap ini. Karena bagaimanapun, freon merupakan bahan kimia yang berfungsi sebagai pendingin supaya AC indoor dapat mengeluarkan udara dingin.

Nah, jika komponen freon atau refrigeran bocor, maka bau kimia yang tidak sedap akan muncul. Lantas, apa solusinya? Solusi terbaik dari masalah bocornya freon adalah dengan ganti freon lama dengan yang baru. 

Bunyi Klik atau Gemeratak Seperti Batu Bisa Jadi Tanda AC Anda Mampet
© freepik.com
4
Bunyi Klik atau Gemeratak Seperti Batu Bisa Jadi Tanda AC Anda Mampet

Munculnya Suara Aneh

Ciri AC mampet yang terakhir adalah munculnya suara aneh dari perangkat air conditioner Anda. Jadi, apabila nanti Anda mendengar suara desiran air dari bagian indoor maupun outdoor AC, segera periksa saluran pembuangan AC karena barangkali ada sumbatan di sana.

Tanya Jawab Seputar Ciri AC Mampet

Sebelum pindah ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek pertanyaan-pertanyaan populer tentang ciri AC mampet di bawah. Ini daftarnya:

Apa yang dimaksud dengan AC split?

Sesuai namanya, AC split merupakan jenis AC yang terbagi menjadi dua bagian, AC indoor yang berfungsi sebagai unit pendingin dan AC outdoor yang berfungsi sebagai unit pelepasan panas. Umumnya, jenis AC ini bentuknya membelah dimana unit indoor biasanya terpasang di dalam rumah sementara unit outdoor terpasang di luar rumah. Kedua unit ini biasanya terhubung oleh pipa dan nepel sebagai penyambung pipa.

Bagaimana saya tahu jika saluran AC saya tersumbat?

Ada beberapa ciri yang menandakan saluran AC tersumbat, seperti tekanan AC yang tidak stabil, genangan air di sekitar AC, bau berjamur, dan munculnya suara aneh.

Apa tanda freon AC habis?

Tanda yang menunjukkan AC kekurangan freon atau freon habis adalah pipa AC yang tidak terasa dingin saat Anda menyentuhnya.

Bagaimana cara mengetahui AC rusak?

Ciri-ciri AC rusak meliputi AC yang ga dingin, suara bising yang tidak biasa, kompresor overheat, refrigeran atau freon bocor, serta tagihan listrik yang naik.

Berapa lama freon AC akan habis?

Perlu untuk Anda ketahui bahwa freon merupakan salah satu komponen AC dengan masa pakai yang awet dan tahan lama. Secara umum, masa pakai freon sekitar 3 tahun lebih. Jadi, jika umur AC Anda hampir mencapai 3 tahun, jangan ragu untuk segera ganti freon AC.

Kesimpulan: Ciri AC Mampet

Demikian akhir pembahasan tim Voltbaba seputar ciri AC mampet. Sebagai kesimpulan, ada 4 ciri yang menandakan AC split Anda mampet, seperti tekanan AC yang tidak stabil, adanya genangan air, munculnya bau tidak sedap, dan suara aneh yang muncul dari unit AC.

Jadi Volties, jika Anda tiba-tiba menemukan salah satu ciri AC yang mampet di atas, Anda bisa segera memanggil tukang service untuk meminta flushing AC. Dengan flushing, AC Anda akan jadi bersih kembali dan dapat berfungsi dengan normal untuk mendinginkan ruangan di rumah Anda. Akhir kata, semoga artikel ini membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo