Hide Menu

Jedar! Ternyata Inilah 3 Ciri-Ciri TV Tersambar Petir yang Paling Mudah Dilihat, Apa Saja?

Pembahasan Tentang 3 Ciri-Ciri TV Tersambar Petir, Entah Gambar yang Tidak Jelas atau Bahkan TV yang Mati Total

Artikel Ciri-Ciri TV Tersambar Petir ini diposting diperbarui
286 Pembaca
Like
Ciri-Ciri TV Tersambar Petir 2024
© freepik.com

Bagaimana Bisa TV Tersambar Petir?

Bagaimana Bisa TV Tersambar Petir?
freepik.com

Meski orang kini lebih suka menonton video di YouTube ataupun film di aplikasi streaming lewat gadget, TV masih menjadi pilihan terbaik untuk menonton bagi sebagian orang. Terlebih, dengan hadirnya smart TV LED maupun Android TV, pengalaman menonton di televisi kini jauh lebih nyaman dan menyenangkan dari sebelumnya.

Kendati demikian, baik smart TV ataupun Android TV, kedua jenis TV ini masih bisa mengalami kerusakan karena berbagai penyebab, salah satunya adalah karena tersambar petir. Bagaimana bisa? Sama halnya dengan TV tabung dan TV digital, sambaran petir mampu merusak komponen-komponen yang ada di dalam semua jenis TV.

Umumnya, sambaran petir ini akan masuk melalui antena TV. Kemudian, arus listrik dari petir menjalar dengan cepat ke berbagai komponen TV lainnya, entah itu tuner TV, mainboard, IC, bingkai panel layar, dan bahkan colokan TV. Akibatnya, komponen-komponen ini rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, semakin besar daya sambar petir, maka semakin besar pula kerusakan yang bisa terjadi pada TV Anda. Lantas, apa saja jenis kerusakan jika TV LED kena petir dan seperti apa ciri-ciri TV tersambar petir? Jika Anda penasaran dengan jawabannya, baca saja artikel ini sampai habis karena tim Voltbaba akan menunjukkan jawabannya.

Akan ada pula 9 rekomendasi TV LED dan LCD terbaik yang bisa Anda beli untuk mengganti TV lama yang rusak akibat sambaran petir. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai scroll ke bawah!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Ciri-Ciri TV Tersambar Petir - Terbaru 2024

Seperti yang dijelaskan oleh Widharma. I. G. S. et al (2019) bahwa petir memiliki karakteristik yang berbeda di setiap negara namun sambarannya tetap mampu merusak berbagai benda, salah satunya adalah TV. Selain itu, ada 3 ciri yang menandakan jika TV di rumah Anda terkena sambaran petir. Berikut ciri-ciri sekaligus penjelasannya!

1
Gambar di TV Jadi Tidak Jelas

Tanda TV Kena Petir yang Pertama, Gambar di Layar TV Jadi Tidak Jelas, Biru, dan Hitam Putih

Gambar di TV Jadi Tidak Jelas

2
Layar TV Gelap tapi Ada Suaranya

TV Kena Petir Cirinya adalah Layar yang Gelap dan Hitam tapi Masih Ada Suaranya

Layar TV Gelap tapi Ada Suaranya

3
TV Mati Total

Habis Hujan Kok TV Jadi Mati Total dan Tidak Mau Hidup? Itu Tanda TV Tersambar Petir!

TV Mati Total

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tanda TV Kena Petir yang Pertama, Gambar di Layar TV Jadi Tidak Jelas, Biru, dan Hitam Putih
© freepik.com
1
Tanda TV Kena Petir yang Pertama, Gambar di Layar TV Jadi Tidak Jelas, Biru, dan Hitam Putih

Gambar di TV Jadi Tidak Jelas

Rekomendasi kami

Ciri-ciri TV tersambar petir pertama adalah gambar di TV jadi tidak jelas. Yang dimaksud dengan gambar di TV tidak jelas di sini contohnya banyak bintik-bintik di layar, warna TV jadi hitam putih, dan panel TV hanya menampilkan layar berwarna biru.

Masalah gambar layar berbintik dan biru ini biasanya terjadi akibat sambaran petir yang mengenai tuner TV. Pada dasarnya, tuner merupakan komponen penting di televisi yang fungsinya untuk menangkap sinyal siaran TV. Nah, jika tuner ini rusak, otomatis gambar di layar TV digital maupun smart TV akan jadi tidak jelas dan biru.

Jadi, misalkan di daerah Anda terjadi hujan badai yang deras dan gambar di layar TV Anda jadi rusak atau biru, kemungkinan terbesarnya TV telah rusak karena tersambar petir. Jika sudah begini, jangan ragu untuk memanggil tukang servis untuk meminta perbaikan.

TV Kena Petir Cirinya adalah Layar yang Gelap dan Hitam tapi Masih Ada Suaranya
© freepik.com
2
TV Kena Petir Cirinya adalah Layar yang Gelap dan Hitam tapi Masih Ada Suaranya

Layar TV Gelap tapi Ada Suaranya

Rekomendasi kami

Selain gambar yang tidak jelas, tanda TV kena petir juga biasanya terlihat dari gambar di panel layar TV yang gelap dan hanya menampilkan warna hitam. Meski layarnya hitam, lampu indikator di TV tetep menyala dan TV masih mengeluarkan suara. Ini adalah salah satu ciri-ciri TV tersambar petir.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Jika Anda bertanya alasannya, penyebabnya adalah karena kerusakan pada komponen IC alias integrated circuit. IC merupakan komponen pada televisi yang berfungsi untuk menyimpan data konfigurasi TV sekaligus mengontrol semua komponen yang ada di TV.

Karena fungsinya tersebut, jika IC rusak akibat sambaran petir, itu akan membuat TV tidak mampu menampilkan gambar berwarna pada layarnya. Akibatnya, gambar di layar TV menjadi hitam dan gelap. Kalau sudah begini, Anda bisa mengatasinya dengan mengganti IC yang rusak dengan komponen baru.

Habis Hujan Kok TV Jadi Mati Total dan Tidak Mau Hidup? Itu Tanda TV Tersambar Petir!
© freepik.com
3
Habis Hujan Kok TV Jadi Mati Total dan Tidak Mau Hidup? Itu Tanda TV Tersambar Petir!

TV Mati Total

Rekomendasi kami

Lanjut ke ciri-ciri TV tersambar petir yang terakhir yaitu TV mati total. Masalah ini bisa terjadi jika petir yang menyambar punya daya sambar yang tinggi sehingga menyebabkan kerusakan pada seluruh komponen TV. Akibatnya, TV jadi mati total dan tidak bisa Anda nyalakan sama sekali.

Jika Anda tidak beruntung dan TV benar-benar mati total akibat sambaran petir, satu-satunya solusi adalah membeli yang baru. Misalkan Anda bingung memilih TV bagus yang berkualitas dan awet, klik saja produk-produk yang tim Voltbaba sediakan di setiap section. Semuanya adalah produk TV terbaik dari berbagai merek terpercaya yang ada di e-commerce.

Tanya Jawab Seputar Ciri-Ciri TV Tersambar Petir

Tiba juga Anda tiba di bagian tanya jawab. Di bawah ini, tim Voltbaba sudah menyediakan beberapa pertanyaan populer tentang masalah TV yang tersambar petir. Silakan baca!

Apa yang rusak jika TV kena petir?

Kerusakan pada TV, baik itu TV LCD, TV LED, maupun smart TV akibat sambaran petir sebenarnya beragam tergantung daya sambar petir. Umumnya, semakin besar daya sambar petir, maka semakin besar pula kerusakannya. Komponen TV yang sering mengalami kerusakan akibat sambaran petir meliputi tuner, mainboard, dan IC alias integrated circuit.

Apakah saat ada petir tidak boleh menyalakan TV?

Jawabannya iya. Saat hujan badan disertai petir, ada baiknya Anda mematikan TV. Ditakutkan TV Anda akan terkena sambaran petir yang akhirnya membuatnya rusak total.

Apakah TV kena petir bisa garansi?

Sayangnya tidak. Semua bentuk kerusakan pada TV yang berasal dari faktor alam, seperti sambaran petir maupun terkena air hujan tidak tercover garansi.

Apakah boleh main HP di rumah saat ada petir?

Jawabannya boleh. Anda boleh main HP di rumah saat ada hujan petir di luar. Pasalnya, petir tidak menyambar melalui ponsel dan hanya bisa menyambar melalui antena TV, kabel, serta pagar.

Berapa biaya perbaikan TV kena petir?

Secara umum, biaya perbaikan TV yang terkena petir tergantung dari kerusakan pada TV Anda. Semakin banyak kerusakannya, maka semakin mahal pula biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan. Rata-rata, biayanya berkisar antara 500 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah.

Kesimpulan: Ciri-Ciri TV Tersambar Petir

Bagaimana? Apakah Volties kini sudah tahu ciri-ciri TV tersambar petir, baik itu gambar TV yang tidak jelas, panel layar TV yang hitam gelap, dan TV yang mati total? Jika sudah mengetahuinya, Anda tentu juga sadar betapa bahayanya jika TV tersambar petir, efeknya bahkan bisa juga membahayakan nyawa Anda dan keluarga.

Oleh karena itu, sebagai penutup, pastikan untuk selalu mematikan TV saat cuaca di rumah Anda sedang hujan deras disertai petir. Langkah ini merupakan tindakan pencegahan untuk merawat televisi supaya awet dan tidak cepat rusak. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo