Hide Menu

Cosmos vs Miyako Bagus Mana? Simak 4 Perbandingan Dua Merek Ini di Sini!

Ulasan Seputar Perbandingan Cosmos vs Miyako Bagus Mana, Mulai dari Kualitas, Performa, Ketahanan, dan Harga

Artikel Cosmos vs Miyako Bagus Mana ini diposting diperbarui
11.7K Pembaca
Like
Cosmos vs Miyako Bagus Mana 2024
© unsplash.com/andreaedavis

Cosmos dan Miyako, Dua Merk Peralatan Elektronik Dapur yang Terpercaya

Cosmos dan Miyako, Dua Merk Peralatan Elektronik Dapur yang Terpercaya
freepik.com

Selain Yong Ma, Philips, dan Maspion, ada dua merk terkemuka lainnya yang terkenal karena kualitas dari produk peralatan elektronik dapurnya. Tebak nama kedua merek tersebut?

Anda benar Volties! Dua merek tersebut adalah Cosmos dan Miyako. Saking bagusnya kualitas produk dari kedua merk ini, banyak pertanyaan seputar Cosmos vs Miyako bagus mana?

Apakah Anda adalah salah satu orang yang mempertanyakan pertanyaan ini juga? Well, kalau begitu, biarkan tim Voltbaba membantu Anda. Lewat artikel ini, tim kami akan menampilkan informasi seputar Cosmos dan Miyako, mulai dari produk yang dijualnya sampai perbandingan antar keduanya. Jadi, simak terus ya!

Cosmos: Merek dengan Tagline #BanggaCosmos

Cosmos: Merek dengan Tagline #BanggaCosmos
freepik.com

Sedikit menilik sejarah tentang Cosmos, merk ini didirikan oleh insinyur Teknik Elektro bernama Bapak Alam Surjaputra pada tahun 1976. Berangkat dari concern terhadap produk-produk elektronik asal Jepang yang punya harga kompetitif, Cosmos pun didirikan dan menjadi pioneer pertama dalam produksi peralatan elektronik rumah tangga di Indoensia.

Produk pertama yang Cosmos jual merupakan dua produk yang saat itu menjadi kebutuhan pokok elektronik keluarga, yaitu rice cooker atau reskuker dan kipas angin. Empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1980, merk ini pun memperluas sayapnya dengan meluncurkan produk elektronik lainnya, seperti radio kaset, TV, mesin cuci, dan lemari es atau kulkas.

Lalu, terhitung sampai saat ini, Cosmos telah meluncurkan dan memproduksi berbagai macam peralatan elektronik rumah tangga berkualitas dengan teknologi canggih untuk memudahkan aktivitas setiap masyarakat Indonesia. Apa saja produk-produk Cosmos? Temukan jawabannya lewat tabel di bawah!

Kategori Produk Elektronik Cosmos

BlenderJuicerMixerCooking WareOvenGas Cooker
Gas Rice CookerInduction CookerRice CookerSarana Penyimpan Beras (SPB)Air CoolerCoffee Maker
Kipas AnginSetrikaKetel ListrikDispenser AirPompa AirSterilizer UVC Light

Miyako: Merek dengan Tagline #TemanWajibAndaMiyako

Miyako: Merek dengan Tagline #TemanWajibAndaMiyako
unsplash.com/sidekix

Miyako merupakan merk yang berada di bawah naungan PT. Bhakti Idola Tama dan telah menghadirkan beragam produk peralatan rumah tangga berkualitas dengan harga murah dan terjangkau. Setiap produknya pun dibuat di dalam negeri dengan mengikuti standar kualitas produksi yang tinggi dan desain yang estetik.

Lebih baiknya lagi, merk ini juga merupakan produsen peralatan elektronik rumah tangga kebanggan Indonesia. Sejak berdirinya pada tahun 1970, Miyako telah memenuhi beragam kebutuhan masyarakat Indonesia akan peralatan elektronik. Saat ini pun, Miyako memiliki lebih dari 1000+ dealer resmi yang tersebar di pasar tradisional, pasar modern, sampai e-commerce.

Bagaimana dengan produknya? Sampai hari ini, Miyako telah menghadirkan berbagai macam produk peralatan elektronik rumah tangga dengan 19 kategori yang berbeda-beda. Silakan cek tabel di bawah untuk mengetahui produk-produk dari Miyako.

Kategori Produk Elektronik Miyako

Magic Warmer PlusRice CookerMagic WarmerJuicerRegulator
Kipas AnginCookwareMixerToasterChopper
SetrikaDispenserSlow CookerVacuum CleanerOven Toaster
BlenderHair DryerKomporRice Box 
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cosmos vs Miyako Bagus Mana - Terbaru 2024

Mengacu kepada apa yang diungkapkan oleh Yenata. S. T & Herawati. F. A (2014) bahwa merek merupakan sebuah identitas yang memang dibuat untuk membedakan antara satu produk dengan produk lainnya. Dalam kata lain, setiap merk memiliki ciri khas masing-masing untuk mendeskripsikan keunggulan dan kelebihan dari produk mereka.

Lalu, antara merek Cosmos dan Miyako, lebih bagus mana? Secara umum, ada empat aspek perbandingan antara Cosmos dan Miyako. Keempat aspek ini meliputi kualitas, performa, ketahanan, dan harga. Seperti apa penjelasan tentang aspek-aspek ini? Simak penjelasannya di bawah!

Oh iya, di setiap section di bawah, tim Voltbaba juga telah menyediakan beberapa rekomendasi produk dari Cosmos dan Miyako. Barangkali Anda juga sedang ingin berbelanja peralatan elektronik rumah tangga, maka Anda bisa klik saja produk tersebut.

1
Kualitas Cosmos vs Miyako

Gak Perlu Diragukan Lagi, Dua Merek dengan Standar Kualitas Tinggi

Kualitas Cosmos vs Miyako

2
Performa Cosmos vs Miyako

Performa Menakjubkan dari Kedua Merek

Performa Cosmos vs Miyako

3
Ketahanan Cosmos vs Miyako

Dua Merek yang Sama-Sama Terkenal Karena Tahan Lama

Ketahanan Cosmos vs Miyako

4
Harga Cosmos vs Miyako

Harga Produk dari Kedua Merek Tidak Jauh Berbeda

Harga Cosmos vs Miyako

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Perlu Diragukan Lagi, Dua Merek dengan Standar Kualitas Tinggi
© istockphoto.com/onurdongel
1
Gak Perlu Diragukan Lagi, Dua Merek dengan Standar Kualitas Tinggi

Kualitas Cosmos vs Miyako

Rekomendasi kami

Mari mulai perbandingan Miyako vs Cosmos bagus mana dengan melihat segi kualitasnya. Pada dasarnya, dua merek ini menghadirkan produk-produk elektronik rumah tangga dengan kualitas yang sama bagusnya. Mari ambil contoh rice cooker dengan kapasitas 1.2 liter yang ditawarkan dua merek ini, Cosmos Magic Com CRJ-1803 dan Miyako Magic Com MCM-612.

Kedua produk reskuker ini sama-sama memiliki fungsi 3-in-1 yang berarti baik Cosmos CRJ-1803 maupun Miyako MCM-612 dapat Anda gunakan untuk memasak nasi, menghangatkan nasi, dan mengukus makanan. Selain itu, kedua mejikom ini juga dilengkapi dengan panci teflon anti lengket sehingga mudah untuk dibersihkan. Sangat bagus untuk anak dan kesehatan, kan? 

Satu cara untuk membedakan Cosmos Magic Com CRJ-1803 dan Miyako Magic Com MCM-612 adalah dengan melihat ukuran daya watt dan voltage. Kenapa? Karena keduanya memiliki ukuran watt dan voltage yang berbeda. Lihat tabel di bawah untuk informasi lebih lanjut. 

Cosmos Magic Com CRJ-1803Miyako Magic Com MCM-612
  • Kapasitas: 1.2 Liter
  • Daya: 300 Watt
  • Tegangan: 220V/50Hz
  • Kapasitas: 1.2 Liter
  • Daya: 365 Watt
  • Tegangan: 220V/50Hz
Performa Menakjubkan dari Kedua Merek
© istockphoto.com/Robin-Gentry
2
Performa Menakjubkan dari Kedua Merek

Performa Cosmos vs Miyako

Rekomendasi kami

Lalu bagaimana dengan performa Cosmos dan Miyako? Apakah keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam segi performa? Untuk menjawab pertanyaan ini, tim Voltbaba akan mengambil contoh produk kipas angin ukuran besar 16-inch dari kedua merek ini. Produk tersebut adalah Cosmos 16XDC dan Miyako KAS-1606X.

Dalam segi kecepatan, baik Cosmos 16XDC dan Miyako KAS-1606X, keduanya sama-sama hadir dengan 3 pilihan kecepatan. Kipas angin Cosmos maupun Miyako juga dilengkapi dengan fitur height adjusment, sehingga dapat Anda atur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perbedaan yang paling mencolok antara kedua kipas ini terletak pada bilah kipas. Cosmos 16XDC menggunakan bilah kipas berkualitas dengan fitur Super Spread untuk menghasilkan angin yang sejuk dan merata. Sementara itu, Miyako KAS-1606X menggunakan low-noise bilah kipas dengan fitur strong wind untuk menghasilkan angin yang kuat dan terfokus.

Dari kedua performa kipas angin Cosmos dan Miyako di atas, mana yang terbaik? Jawabannya tergantung pada Anda. Jika Anda suka dengan kipas angin yang menghasilkan angin sejuk yang menyebar, maka pilihlah kipas angin Cosmos.

Namun jika Anda lebih suka kipas angin dengan performa angin yang kuat dan terfokus, maka kipas angin Miyako adalah jawabannya. Nggak ada lagi keringat di baju, kering seketika! 

Dua Merek yang Sama-Sama Terkenal Karena Tahan Lama
© istockphoto.com/demaerre
3
Dua Merek yang Sama-Sama Terkenal Karena Tahan Lama

Ketahanan Cosmos vs Miyako

Rekomendasi kami

Perihal daya tahan. Cosmos dan Miyako sudah terkenal dengan produk-produk peralatan elektronik yang tahan lama dan awet. Dalam kata lain, Anda dapat menggunakan produk-produk dari dua merek ini dalam jangka waktu yang lama, entah 1 sampai 10 tahun tergantung dari produk apa yang Anda gunakan. Entah itu magic jar, blender, kipas angin, dan sebagainya.

Lebih baiknya lagi, kedua merek ini pun menyediakan banyak lokasi service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Adanya fakta ini tentu membuat Anda tak perlu was-was jika ada produk elektronik Cosmos atau Miyako Anda rusak. Karena bagaimanapun, Anda dapat dengan mudah pergi ke lokasi service center untuk meminta perbaikan atau service.

Harga Produk dari Kedua Merek Tidak Jauh Berbeda
© istockphoto.com/SergeyOvchinnikov
4
Harga Produk dari Kedua Merek Tidak Jauh Berbeda

Harga Cosmos vs Miyako

Rekomendasi kami

Jika berbicara dalam segi harga, Cosmos dan Miyako sebenarnya membanderol setiap produk elektronik rumah tangganya dengan harga yang tidak jauh berbeda. Ambil saja contoh kipas angin 12-inch dari masing-masing merek di mana kipas angin Cosmos 12-inch memiliki harga Rp202 ribu, sementara kipas angin Miyako 12-inch punya harga sekitar Rp205 ribu.

Sama halnya dengan produk blender berkapasitas 1 liter, kedua merek ini juga menawarkan harga yang tidak jauh berbeda. Cosmos blender CB-171 P hadir dengan harga Rp 184.500, sedangkan Miyako blender BL-101PL juga dibanderol di harga Rp 184.900.

Tanya Jawab Seputar Cosmos vs Miyako Bagus Mana

Tunggu dulu Volties, sebelum Anda menutup artikel ini, coba luangkan sedikit waktu Anda untuk mengecek beberapa pertanyaan di bawah.

Magic com yang paling bagus merk apa?

Cosmos dan Miyako merupakan dua merek yang bisa Anda pertimbangkan ketika mencari magicom dengan kualitas bagus. Perhatikan tahun rilis dan gambar agar Anda tahu mana yang paling Anda butuhkan. Contoh, ada produk yang dirilis pada tahun 2018 namun fiturnya masih bagus, maka bisa Anda beli. Jika kurang cocok, maka cari varian yang lain saja. 

Apakah merek Miyako bagus?

Tentu saja, merek Miyako telah berkecimpung di industri produk elektronik rumah tangga lebih dari 50 tahun. Jadi, sudah dipastikan bahwa Miyako merupakan merek yang tidak hanya bagus namun juga terpercaya.

Berapa daya magic com Cosmos?

Produk mejikom dari Cosmos merupakan salah satu produk yang terkenal hemat listrik. Faktanya, magicom Cosmos memiliki daya listrik hanya 45 watt saja.

Kesimpulan: Cosmos vs Miyako Bagus Mana

Demikian akhir dari artikel kami yang membahas Cosmos vs Miyako bagus mana. Sebagai kesimpulan, baik Cosmos maupun Miyako, keduanya sama-sama menawarkan produk elektronik dengan kualitas dan performa yang sama baiknya. Entah itu magicom, blender mini, mixer, rice cooker stainless steel, kipas angin hinggs magic jar, kedua merek ini memiliki produk dengan standar kualitas yang tinggi.

Harga produk dari kedua merk ini pun juga tidak jauh berbeda, hanya terpaut seribu sampai 20 ribu rupiah saja. Jadi Volties, menurut Anda, manakah yang lebih bagus antara Cosmos dan Miyako? Beritahu tim Voltbaba jawabannya dengan komentar Anda. Tim Voltbaba tunggu, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo