Hide Menu

Jarang Orang Tahu, Inilah 2 Fungsi Kondensor Kulkas yang Benar. Simak Bersama Yuk!

Agar Body Kulkas Tidak Terlalu Panas Perlu Adanya Kondensor Kulkas yang Membuangnya

Artikel Fungsi Kondensor Kulkas ini diposting diperbarui
27 Pembaca
Like
Fungsi Kondensor Kulkas 2024
© freepik.com

Kondensor Kulkas. Salah Satu Komponen Penting yang Ada di Dalam Kulkas

Kondensor Kulkas. Salah Satu Komponen Penting yang Ada di Dalam Kulkas
freepik.com

Di dalam sebuah lemari pendingin, ada banyak sekali komponen yang tersimpan. Kondensor salah satunya. Melihat dari gambar kondensor kulkas secara langsung di bagian belakang kulkas bentuknya menyerupai kawat pipa yang meliuk-liuk.

Kawat pipa dengan bentuk meliuk-liuk ini terbuat dari logam yang berwarna hitam dan berukuran setidaknya 8 meter. Jikalau Volties membuka bagian belakang kulkas, Anda dapat menemukan kawat pipa tersebut.

Letaknya tepat berada di rangka kulkas sebelah kiri dan sebelah kanan. Selain kawat pipa yang meliuk-liuk, terdapat pula jeruji yang berbentuk box mendatar menyatu dengan kawat pipa logam sebagai penutup.

Adapun tipe kondensor yang umum digunakan dalam kulkas adalah berjenis air cooled condenser atau kondensor pendingin udara. Ini biasanya terdapat di kulkas ukuran kecil. Sementara untuk kulkas 1 pintu memakai water cooled condenser.

Dengan bentuk seperti yang tim Voltbaba jabarkan sebelumnya, jangan ragukan fungsi kondensor kulkas. Pasalnya, sangat penting untuk membuang panas berlebih yang dihasilkan oleh kompresor kulkas.

Mau tahu penjelasan lengkap tentang fungsi kondensor kulkas? Ga mau ketinggalan juga ‘kan? Ayo ikuti terus penjelasan artikel ini agar tahu penjelasan lengkapnya!

Apa Saja Komponen Kulkas?

Apa Saja Komponen Kulkas?
freepik.com

Seperti yang sudah tim Voltbaba jelaskan, letak kondensor kulkas berada di belakang kulkas. Menurut Tri A (2021) pun demikian, ia mengatakan bahwa kondensor pada mesin pendingin lemari es diletakkan di luar ruangan yang sedang didinginkan.

Pada kenyataannya, ada berbagai macam komponen kulkas selain kondensor. Komponen-komponen inilah yang berfungsi mengoptimalkan jalannya kulkas agar tetap hidup dan bekerja dengan baik. Mari memperhatikan bersama apa saja daftar komponen tersebut!

  • Kompresor 

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemompa tekanan rendah refrigeran ke tekanan tinggi. Dengan cara itu, kulkas dapat menghasilkan suhu dingin.

  • Evaporator

Bertugas untuk menyerap panas dari benda yang ada di dalam kulkas dan juga bertugas menguapkan bahan pendingin.

  • Overload

Adalah alat yang bertugas untuk memutus aliran listrik secara otomatis apabila terjadi lonjakan suhu panas, bukan saat beku yang sangat tinggi di dalam kulkas.

  • Thermostat

Komponen satu ini memiliki tugas mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan suhu di setiap bagian daripada kulkas di bagian atas maupun bawah.

  • Pipa Kapiler

Sementara itu, pipa kapiler mempunyai fungsi untuk mengatur refrigeran cair yang masuk ke evaporator. Tak hanya itu, pipa kapiler juga berfungsi menjaga perbedaan tekanan antara tekanan kondensasi dan tekanan evaporasi supaya tetap konsisten.

  • Heater Kulkas

Adalah komponen di dalam kulkas yang bertugas sebagai pemanas supaya tidak ada bunga es di evaporator. Letak heater sendiri cukup berdekatan dengan evaporator, membuat heater bekerja secara berdampingan.

  • Filter

Saat sirkulasi sedang berlangsung, filter pada kulkas akan melakukan tugasnya yakni menyaring kotoran dan karat yang menempel. Jika filter rusak, maka Anda harus mengganti dengan sparepart baru.

  • Lampu Kulkas

Tak kalah penting dari komponen lainnya, lampu kulkas berfungsi untuk memberikan cahaya di dalam kulkas. Umumnya, komponen lampu kulkas akan mati otomatis saat kulkas tertutup dan akan menyala ketika dibuka.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Fungsi Kondensor Kulkas - Terbaru 2024

Banyak ‘kan komponen-komponen yang ada di dalam kulkas? Kelihatannya daftar komponen tersebut belum mencakup seluruh bagian kulkas. Mari membahasnya di lain waktu!

Tiba saatnya pembahasan yang Anda tunggu-tunggu mengenai apa sesungguhnya fungsi kondensor kulkas itu. Ayo simak fungsi terbaik dari kondensor kulkas bersama tim Voltbaba!

1
Membuang Panas Berlebih

Panas yang Berlebihan Akan Dibuang Menjadi Panas yang Normal

Membuang Panas Berlebih

2
Mengubah Gas Refrigeran

Dari Zat Bersuhu dan Bertekanan Tinggi Menjadi Cair

Mengubah Gas Refrigeran

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Panas yang Berlebihan Akan Dibuang Menjadi Panas yang Normal
© freepik.com
1
Panas yang Berlebihan Akan Dibuang Menjadi Panas yang Normal

Membuang Panas Berlebih

Rekomendasi kami

Fungsi dari kondensor kulkas adalah membuang panas berlebih. Panas berlebih ini biasa dihasilkan oleh kompresor. Meskipun nyala panas pada kulkas adalah hal wajar atau normal, namun jika terlalu panas ini menandakan hal yang berlawanan atau sebuah kekurangan. 

Oleh sebab itu, prinsip cara kerja kondensor kulkas adalah memberikan efek hangat kemudian suhu body kulkas akan terus turun. Agar panas berlebih tidak terjadi, maka mengatasi hal ini cukup dengan dipasangkan kondesor pada sisi belakang kulkas, badan samping kiri kulkas, maupun badan samping kanan kulkas.

Dari Zat Bersuhu dan Bertekanan Tinggi Menjadi Cair
© freepik.com
2
Dari Zat Bersuhu dan Bertekanan Tinggi Menjadi Cair

Mengubah Gas Refrigeran

Rekomendasi kami

Fungsi selanjutnya dari kondensor kulkas ialah mengubah gas refrigeran (zat pendingin) yang bersuhu tinggi dan bertekanan tinggi menjadi zat pendingin berupa cairan.

Gas refrigeran atau biasa disebut juga freon adalah senyawa kimia yang mempunyai peran penting untuk menyalurkan panas dalam sistem pendinginan yang ada di kulkas.

Sifat khusus yang dapat Anda ingat dari refrigeran adalah perubahan wujud dari gas menjadi cairan. Perubahan wujud ini akan terjadi terutama jika ada interaksi dengan suhu dan tekanan yang berbeda.

Refrigeran bukan hanya terdapat di lemari es, namun pada produk seperti AC, freezer, maupun split cold room. Tentu saja dengan fungsi yang sama yaitu mengubah gas refrigeran.

Tanya Jawab Seputar Fungsi Kondensor Kulkas

Apakah Volties memahami fungsi komponen pada kulkas yang satu ini? Jika demikian, berikutnya terdapat pertanyaan-pertanyaan terbaru seputar fungsi kondensor kulkas. Simak baik-baik showcase pertanyaannya, ya!

Apa fungsi kondensor kulkas?

Fungsinya yaitu menghilangkan atau menyerap panas dari lemari es.

Apa yang terjadi jika kondensor kulkas rusak?

Jika kondensor kulkas rusak, yang akan terjadi adalah panas di sekitar refrigeran tidak menghilang.

Apa fungsi dari kondensor?

Secara umum, fungsi kondensor adalah mengubah suhu panas menjadi dingin.

Apa fungsi kondensor pada sistem refrigerator?

Fungsi kondensor pada sistem refrigerator adalah mengubah gas refrigeran pada suhu dan tekanan tinggi menjadi refrigeran berwujud cair.

Di mana letak kondensor kulkas 2 pintu?

Kondensor kulkas 2 pintu terletak di dalam body kulkas, masing-masing di samping kiri dan kanan kulkas.

Apa penyebab kondensor kulkas rusak?

Gangguan yang dapat menyebabkan kondensor rusak biasanya terjadi di bagian kipas kondensornya.

Bagaimana cara membersihkan kondensor kulkas?

Ikuti cara membersihkan kondensor kulkas seperti di bawah ini:

  1. Keluarkan seluruh isi kulkas.
  2. Matikan kulkas dengan mencabut kabel dari stopkontak.
  3. Cari letak kondensor (di bawah freezer, samping body kulkas atau belakang freezer).
  4. Lepaskan panel penutup kondensor.
  5. Bersihkan kotoran yang menempel dengan vacuum cleaner atau sikat bulu lembut.
  6. Pasang kembali panel penutup kondensor.
  7. Masukkan kembali isi kulkas.
  8. Colokkan kabel kulkas ke stopkontak.

Cara selengkapnya silakan melihat buku panduan kulkas atau panggil tukang service kulkas untuk membersihkan kondensor jika Volties tidak sempat membersihkannya sendirian.

Kesimpulan: Fungsi Kondensor Kulkas

Demikian yang bisa tim Voltbaba dapat sampaikan terkait fungsi kondensor kulkas. Pada intinya, terdapat dua fungsi untuk komponen yang satu ini, seperti membuang panas berlebih dan mengubah gas refrigeran. Tak butuh waktu lama memahami fungsi kondensor pada kulkas, ‘kan?

Baca kembali penjabaran dari tim Voltbaba bila ingin memahaminya lebih dalam. Selain itu, terdapat rekomendasi kulkas dengan kondensor yang bagus di kolom produk. Cek setiap produknya, dan ganti kulkas Anda dengan kondensor terbaik!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo