Hide Menu

Penting untuk Pengetahuan Anda, Ini 2 Fungsi Overload Kulkas yang Wajib Volties Ketahui!

Overload Kulkas Sebenarnya Bekerja Berdasarkan Kompresor yang Ada di Dalam Kulkas, Apa Fungsinya?

Artikel Fungsi Overload Kulkas ini diposting diperbarui
47 Pembaca
Like
Fungsi Overload Kulkas 2024
© freepik.com

Apa Itu Overload Kulkas?

Apa Itu Overload Kulkas?
freepik.com

Kulkas atau lemari es sebagai alat penyimpanan makanan yang bertugas mendinginkan mempunyai komponen di dalamnya, salah satunya yakni overload kulkas. Overload kulkas (relay overload) merupakan alat yang tersimpan di bagian dalam kompresor kulkas.

Sebagian kulkas memiliki overload tertanam, namun ada juga yang menempel pada bagian luar kompresor. Bentukan overload kulkas ada yang bentuk box bulat dan juga gambar gepeng dengan ukuran cukup kecil tak lebih dari 1 sampai 3 cm saja.

Volties mungkin akan sulit mengenali benda overload ini untuk pertama kali. Apalagi bila melihatnya secara langsung tanpa membedah komponen yang ada di belakang kulkas. Letak overload memang biasanya berada di dekat kompresor berwarna hitam, tertutupi oleh protector.

Jika overload tertanam, maka bentukan overload semakin tidak tampak dari luar permukaan. Volties mungkin akan sangat sulit membedakannya dengan komponen kulkas lain yang berada dekat overload.

Lalu apa fungsi overload kulkas sebenarnya? Apakah sepenting kompresor? Daripada bertanya-tanya saja di benak Anda, mari mencari tahu apa fungsi yang benar dari overload kulkas. Cek keseluruhan artikel Voltbaba untuk tahu jawabannya!

Bagaimana Cara Kerja Overload Kulkas?

Bagaimana Cara Kerja Overload Kulkas?
freepik.com

Cara kerja dari overload kulkas itu mirip dengan cara kerja Miniature Circuit Breaker (MCB) listrik. MCB listrik adalah komponen dalam instalasi listrik yang ada di rumah Volties yang memiliki peranan sebagai sistem proteksi bila terjadi beban listrik berlebih.

Lalu, benarkah prinsip kerja overload kulkas demikian seperti MCB listrik? Ya, mirip seperti itu! Apabila suhu kompresor kulkas mengalami panas berlebih, overload kulkas yang juga terdapat di dalam kompresor akan memutuskan aliran listrik.

Bila overload kulkas tak bekerja seperti seharusnya, aliran listrik yang mengalir ke kompresor tak akan bisa terputus sehingga menyebabkan kompresor rusak. Jadi, itulah cara kerja dari overload kulkas pribadi Anda.

Apa Ciri-Ciri Overload Kulkas Tidak Bekerja?

Apa Ciri-Ciri Overload Kulkas Tidak Bekerja?
freepik.com

Terdapat sejumlah ciri-ciri yang bisa Volties kenali untuk memudahkan Anda mengetahui overload tidak bekerja atau sedang rusak. Yang pertama yaitu mesin kulkas Anda mati. Ini bisa jadi karena beban listrik berlebih yang menyebabkan kulkas mati total.

Tegangan listrik yang menurun juga dapat menjadi pertanda bahwa overload kulkas Anda tidak bekerja. Adanya naik turun tegangan memungkinkan ketidakstabilan dalam kinerja overload kulkas. Jadi, tegangan yang stabil sangat berpengaruh untuk overload bekerja.

Ketiga ialah kulkas tidak dingin. Pernah ‘kan Volties mengalami suhu di dalam kulkas tidak dingin? Ternyata hal tersebut bisa terjadi karena overload rusak, lho.

Selanjutnya, overload berkorosi tampaknya dapat menjadi ciri-ciri overload tidak bekerja. Ciri-ciri lainnya yaitu platina overload yang rusak. Platina overload rusak memungkinkan overload tidak dapat bekerja pula.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Fungsi Overload Kulkas - Terbaru 2024

Imam F (2015) menyebutkan bahwa lemari es atau kulkas sederhana dapat digunakan untuk pengawetan dan pendinginan bahan makanan. Sementara bagian lain dari kulkas seperti overload dapat mengontrol suhu pada komproser sehingga dapat terwujud suhu dingin yang stabil.

Apakah ini merupakan fungsi dari overload? Yuk simak penjelasan berikut sebelum mendatangi showcase terkedat dan membeli kulkas impian!

1
Mengontrol Temperatur Kompresor Kulkas

Supaya Kulkas Tetap Dingin, Kompresor Harus Dijaga Kestabilannya

Mengontrol Temperatur Kompresor Kulkas

2
Melindungi Kompresor Kulkas

Kompresor Bekerja dengan Baik Berkat Perlindungan Overload

Melindungi Kompresor Kulkas

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Supaya Kulkas Tetap Dingin, Kompresor Harus Dijaga Kestabilannya
© freepik.com
1
Supaya Kulkas Tetap Dingin, Kompresor Harus Dijaga Kestabilannya

Mengontrol Temperatur Kompresor Kulkas

Rekomendasi kami

Fungsi utama dan paling penting dari overload kulkas adalah mengatur arus listrik yang masuk ke dalam mesin kompresor kulkas. Saat kompresor bekerja terlalu ekstra yang mengakibatkan arus listrik tidak stabil, overload kulkaslah yang bertugas memutus aliran listrik ini.

Kemudian, ketika suhu kompresor telah kembali normal, maka arus listrik secara otomatis akan tersambung lagi. Terkadang tegangan arus listrik yang masuk ke kompresor bisa berubah-ubah, kadang tinggi dan kadang rendah.

Arus listrik pada kulkas yang tidak stabil seperti ini hanya dapat diputus oleh alat bernama overload. Kompresor sendiri sangat vital fungsinya untuk menimbulkan suhu dingin di dalam kulkas. Jika tidak diatur suhunya, temperatur di dalam kulkas tidak akan dingin.

Tahukah Anda bahwa suhu dingin yang ideal pada kulkas adalah di bawah 4 derajat celsius, begitupun dengan suhu freezer kulkas sekitar di bawah minus 17 derajat celsius. Layaknya AC yang harus dinyalakan dengan suhu ideal.

Tahukah siapa yang mampu mengontrol temperatur kompresor kulkas di angka tersebut secara terus-menerus? Ya, benar! Kompresor dengan overload yang tertanam di dalamnya yang bertugas menjaga itu semua.

Kompresor Bekerja dengan Baik Berkat Perlindungan Overload
© freepik.com
2
Kompresor Bekerja dengan Baik Berkat Perlindungan Overload

Melindungi Kompresor Kulkas

Rekomendasi kami

Bagaimana dengan fungsi overload kulkas yang lain? Adapun fungsi overload pada kulkas yang selanjutnya adalah melindungi rotary kompresor agar tidak mengalami kerusakan dan gangguan sekecil apa pun. Seperti yang Volites ketahui, kompresor membantu mengatur dan menjaga suhu kulkas bukan?

Oleh karena itu, overload kulkas inilah yang bertugas melindungi kompresor agar tetap di jalannya sebagai pengatur dan penjaga suhu kulkas. Tanpa menjaga suhu kulkas di keadaan stabil, maka kulkas pun tak akan dingin.

Overload memang terkadang bisa saja terputus apabila kompresor bekerja terlalu sering yang menimbulkan panas berlebih. Volties dapat mencegahnya dengan menjaga kebersihan overload kulkas.

Meskipun harga kompresor dan overload kulkas relatif murah tetapi menjaganya sejak jauh-jauh hari tidak memakan biaya. Atau jika Anda pernah dengan stabilizer refrigerator, ini juga bagus untuk mencegah adanya lonjakan daya yang dapat mempengaruhi kulkas rusak.

Tanya Jawab Seputar Fungsi Overload Kulkas

Belum puas mengetahui fungsi overload kompresor kulkas? Ada sejumlah pertanyaan yang telah tim Voltbaba siapkan. Mari tim Voltbaba ajak Anda baca beberapa pertanyaan yang tersedia, seperti:

Berapa harga overload kulkas 2 pintu?

Harga overload kulkas 2 pintu lumayan beragam, mulai dari 6.000 ribu rupiah sampai dengan puluhan ribu.

Apa yang terjadi jika thermostat kulkas rusak?

Thermostat memiliki peran penting untuk mengatur suhu di dalam kulkas. Jika thermostat rusak, maka secara langsung Anda jadi tidak dapat mengatur suhu sesuai keinginan. Walaupun masih bisa digunakan, namun sangat mungkin akan merusak kompresor.

Apa itu relay PTC?

Relay PTC merupakan salah satu komponen yang amat penting dalam sistem kompresi kulkas. Alat ini biasanya terpasang di terminal kompresor dan bekerja berdasarkan temperatur. Jikalau suhu naik, maka nilai resistansi juga akan naik. Dengan kata lain, saat temperatur PTC naik maka listrik yang mengalir akan terputus.

Apa penyebab kulkas mati jika dicolokin ke listrik?

Penyebab kulkas mati saat Volties colokan ke listrik adalah karena pemakaian listrik terlalu banyak, kabel kulkas rusak atau gulungan kabel kompresor konslet.

Bagaimana cara membaca overload kulkas?

Ada beberapa deretan angka dan huruf yang tertera pada overload kulkas. Sebagai contoh 189THBYY dan 53 HCF3K. Kode ini menerangkan masing-masing tentang kode pemanas (189), suhu kerja (THB), kapasitas kontraktor (YY), dan pin konektor (55).

Kesimpulan: Fungsi Overload Kulkas

Itulah dua fungsi overload kulkas, yaitu mengontrol temperatur kompresor dan melindungi kompresor kulkas. Fungsinya memang sangat krusial agar kulkas bisa hidup. Tanpa adanya overload, otomatis kinerja kompresor tak terkendali.

Apakah penjelasan fungsi tentang overload kulkas dari tim Voltbaba mudah Anda pahami? Tim Voltbaba yakin Volties memahaminya dengan sangat baik. Ingat bahwa perannya sangat penting dan jaga selalu overload kulkas Volties tetap prima, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo