Hide Menu

Ada 4 Kegunaan Blender, Bisa Apa Aja Sih Perangkat Elektronik yang Terletak di Dapur Ini?

Penjelasan Lengkap Seputar 4 Kegunaan Blender, Mulai dari Menghaluskan Bahan Makanan Sampai Membuat Jus Segar!

Artikel Kegunaan Blender ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Kegunaan Blender 2024
© freepik.com/yuliiaka

Pengertian Blender

Pengertian Blender
freepik.com/freepic-diller

Selain food processor dan mixer, blender merupakan alat elektronik lainnya yang umumnya digunakan oleh orang-orang Indonesia di dapur rumah. Cara kerja dan kegunaan keduanya hampir sama, yaitu untuk mencincang bahan makanan dan mengolahnya menjadi makanan ataupun minuman yang lezat.

Selain fungsi dan gambar yang mirip, cara penggunaan kedua alat elektronik ini pun juga sama. Anda hanya perlu memasukkan bahan-bahan makanan, baik itu buah, sayuran, bumbu-bumbu masak, atau adonan kue ke dalam blender dan food processor. Setelah itu, tekan tombol “ON” dan biarkan blender bekerja. Selesai!

Sekarang pertanyaannya, apa itu alat blender? Blender sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya pelumat. Ini merupakan peralatan elektronik dapur dengan bentuk seperti wadah yang dilengkapi dengan pisau atau bilah pemutar. Fungsi dari pisau pemutar ini untuk mengaduk, menghaluskan, menggiling, dan mencampur bahan makanan.

Kira-kira, apa kegunaan blender? Apakah sobat Volties sudah tahu? Kalau belum, artikel ini akan membantu Anda dengan menampilkan empat kegunaan dan fungsi blender secara umum. Tim Voltbaba juga akan menjelaskan seputar jenis-jenis blender. Jadi, tunggu apalagi? Bacalah!

Jenis-Jenis Blender

Jenis-Jenis Blender
freepik.com

Blender atau brender merupakan alat elektronik yang seringkali difungsikan untuk menghancurkan maupun menghaluskan buan dan sayur (Yoriko. H et al, 2018). Ada lima jenis blender yang umumnya terjual di pasaran, meliputi hand blender, single-serve blender, full-size blender, multifunction blender, dan portable blender. Apa bedanya? Berikut penjelasannya:

  • Hand Blender

Jenis yang pertama adalah hand blender atau yang juga dikenal dengan immersion blender. Sesuai namanya, Anda harus menggunakan jenis blender ini sambil dipegang menggunakan tangan yang sekaligus menjadi keunggulannya. Compact dan penggunaan yang mudah, itulah keunggulan dari hand blender.

Selain itu, hand blender umumnya tidak memiliki wadah khusus sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya dengan berbagai wadah. Mengingat bentuknya, jenis blender ini cocok untuk membuat sup, bubur, beberapa bentuk saus, sampai mengaduk telur.

  • Single-Serve Blender

Yang kedua adalah single-serve blender, sebuah blender dengan ukuran compact sehingga cocok untuk membuat food prep dengan cepat dan mudah. Lebih baiknya lagi, jenis blender ini umumnya dilengkapi dengan tutup dan wadah yang bisa Anda jadikan sebagai tumbler untuk botol minum.

Melihat fungsinya, single-serve blender cocok untuk Anda yang lagi nyari blender buat bikin jus dan smoothies lezat. Saat ini pun, ada jenis single-serve blender yang bernama blender kapsul. Kelebihan produk ini berada pada pengunaannya yang mudah dan hemat listrik, namun memiliki kekurangan pada ukurannya yang kecil dan fitur yang terbatas.

  • Full-Size Blender

Ini nih jenis blender yang sering Anda temukan di pasaran, yaitu full-size blender. Biasanya, jenis blender ini mempunyai rangka yang kuat dengan wadah alias jar yang besar. Karena bentuknya ini, maka full-size blender sangat cocok untuk Anda pakai menghaluskan bahan makanan, menghancurkan es batu, maupun membuat jus.

  • Multifunction Blender

Seperti namanya, multifunction blender adalah jenis yang hadir dengan banyak fungsi dalam satu alat. Sederhananya, Anda bisa menggunakan multifunction blender ini untuk mencacah bahan makanan, menghancurkan es batu, menghaluskan bumbu serta sayuran, membuat jus, dan banyak lagi.

  • Portable Blender

Jika Anda lagi nyari blender yang bisa dibawa ke mana-mana, maka portable blender adalah jenis blender yang cocok untuk Anda. Bentuknya kebanyakan compact dan ringan, sehingga mudah untuk Anda pakai di manapun dan kapanpun. Pengoperasian dari portable blender ini tidak menggunakan aliran listrik, namun menggunakan baterai rechargeable.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kegunaan Blender - Terbaru 2024

Setelah membaca section sebelumnya, Anda tentu sudah tahu pengertian blender beserta jenis-jenisnya mulai dari hand blender sampai portable blender. Sekarang, mari pindah ke section berikutnya untuk mengetahui kegunaan blender. Apa saja? Simak terus biar tahu!

1
Menghaluskan Bahan Makanan

Dari Buah Sampai Sayur, Haluskan Bahan Makanan dengan Blender

Menghaluskan Bahan Makanan

2
Membuat Bumbu Masakan

Mau Bikin Bumbu Kare, Lodeh, atau Rendang, Pake Blender Dong

Membuat Bumbu Masakan

3
Membuat Jus dan Smoothies

Jus dan Smoothies dengan Tekstur Lembut Siap Diminum

Membuat Jus dan Smoothies

4
Menghancurkan Es Batu

Buat Bikin Es Serut yang Segar, Pake Aja Blender

Menghancurkan Es Batu

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Dari Buah Sampai Sayur, Haluskan Bahan Makanan dengan Blender
© freepik.com/yuliiaka
1
Dari Buah Sampai Sayur, Haluskan Bahan Makanan dengan Blender

Menghaluskan Bahan Makanan

Rekomendasi kami

Kegunaan paling umum dari blender adalah menghaluskan bahan makanan. Entah itu hand blender, portable blender, maupun multifunction blender, Anda bisa menggunakan semua jenis blender untuk menghaluskan berbagai jenis bahan makanan. Bahan tersebut meliputi buah, sayur-sayuran, bahkan daging.

Melihat fungsi menakjubkannya, itu artinya Anda bisa menggunakan blender untuk membuat bubur, makanan pendamping ASI atau MPASI, dan bahkan membuat adonan bakso. Kok bisa? Itu karena adanya bilah atau pisau blender yang tajam.

Karena bagaimanapun, semua jenis blender pasti memiliki bilah pisau tajam yang fungsinya untuk mencacah berbagai macam bahan makanan sampai halus. Bahkan, jenis blender seperti fullsize atau multifunction blender mampu menghancurkan es batu.

Mau Bikin Bumbu Kare, Lodeh, atau Rendang, Pake Blender Dong
© freepik.com
2
Mau Bikin Bumbu Kare, Lodeh, atau Rendang, Pake Blender Dong

Membuat Bumbu Masakan

Rekomendasi kami

Selain menghaluskan bahan makanan seperti buah dan sayur, blender juga memiliki kegunaan untuk mencincang atau mencacah bumbu makanan. Jadi, misalkan Anda butuh bumbu masak buat bikin kare, lodeh, ataupun rendang, Anda bisa menggunakan blender untuk membuat bumbu-bumbu tersebut.

Caranya juga cukup mudah, pertama-tama Anda harus memasukkan semua bumbu-bumbu masak yang diperlukan ke dalam wadah blender. Setelah itu, Anda bisa segera menekan tombol ON dan blender akan secara otomatis menghaluskan bumbu masak tersebut menjadi lebih halus.

Jus dan Smoothies dengan Tekstur Lembut Siap Diminum
© freepik.com
3
Jus dan Smoothies dengan Tekstur Lembut Siap Diminum

Membuat Jus dan Smoothies

Rekomendasi kami

Tidak hanya menghaluskan makanan, di daftar ketiga, blender fungsinya adalah untuk membuat jus atau smoothies. Karena fungsi blender yang bisa menghaluskan buah dan sayuran, maka Anda bisa juga menggunakannya untuk membuat jus ataupun smoothies yang lembut dan lezat.

Misalkan Anda penyuka jus buah apel ataupun smoothies tomat, Anda bisa jadiin blender sebagai alat untuk membuat minuman kesukaan Anda tersebut. Mudah dan gak ribet, cuma perlu air, buah-buahan, dan blender. Karena fungsinya ini, blender juga bisa Anda jadikan sebagai juicer alias alat pembuat jus.

Buat Bikin Es Serut yang Segar, Pake Aja Blender
© freepik.com
4
Buat Bikin Es Serut yang Segar, Pake Aja Blender

Menghancurkan Es Batu

Rekomendasi kami

Seperti yang sudah tim Voltbaba sebut di awal, beberapa jenis blender memiliki kemampuan untuk menghancurkan es batu. Nah, itu juga menjadi kegunaan blender yang terakhir. 

Dengan blender, Anda bisa menghancurkan es batu untuk membuat es serut yang lezat. Di musim panas, bawa produk ini, Anda jadi bisa menghilangkan dahaga dengan mudah! 

Tanya Jawab Seputar Kegunaan Blender

Setelah Anda memahami kegunaan dari blender, di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa menambah wawasan Anda mengenai blender. Silakan cek!

Blender vs food processor, apa perbedaan keduanya?

Jika Anda bertanya tentang perbedaan antara blender vs food processor, maka perbedaan paling menonjol dari keduanya terletak pada kegunaannya. Blender umumnya lebih bagus untuk Anda pakai menghaluskan bahan makanan dan mengolahnya menjadi hidangan bertekstur kental dan cair, contohnya adalah jus, smoothies, maupun bubur.

Sementara itu, food processor merupakan alat elektronik yang punya fungsi lebih luas. Fungsi tersebut adalah menghaluskan makanan, memotong, mengiris, menggiling berbagi bahan baku makanan, memarut, membuat pasta, dan bahkan membuat adonan kue.

Siapa penemu blender?

Penemu dari blender bernama Stephen J. Poplawski pada tahun 1922.

Apa fungsi blender?

Blender memiliki empat fungsi umum, seperti:

  • Menghaluskan bahan makanan
  • Membuat bumbu masakan
  • Membuat jus ataupun smoothies, dan bahkan
  • Menghancurkan es batu

Apa manfaat dari blender?

Manfaat blender tentu saja untuk menghaluskan berbagai bahan makanan dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat, baik itu makanan ataupun minuman.

Apa tujuan menggunakan blender?

Kebanyakan orang-orang menggunakan blender dengan tujuan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan dan mengolahnya menjadi jus, smoothies, bubur, olahan bakso, dan banyak lagi.

Bagaimana cara menggunakan blender?

Cara menggunakan blender cukuplah mudah sebab penggunaan alat ini sama dengan ketika Anda menggunakan food processor. Begini cara menggunakan blender:

  1. Pasang mata pisau ke dalam wadah blender sampai rapat.
  2. Lalu, pasanglah wadah blender ke atas mesin blender.
  3. Setelah itu, isilah wadah blender dengan bahan makanan yang ingin Anda haluskan.
  4. Tutup wadah blender menggunakan tutup blender yang sudah disediakan.
  5. Tekan tombol kecepatan untuk menyalakan blender.
  6. Jika bahan makanan sudah halus, matikan alat dan segera buka tutup blender.
  7. Tuang semua makanan dari blender ke wadah lain.
  8. Selesai!

Jika Anda bingung, Anda bisa mengecek buku panduan atau petunjuk yang ada di dus pembelian blender. Baca saja buku petunjuknya untuk penggunaan yang mudah, aman, dan efektif.

Kesimpulan: Kegunaan Blender

Tiba juga Volties di bagian akhir di artikel tentang kegunaan blender ini. Terhitung ada empat kegunaan blender yang paling umum, seperti menghaluskan bahan makanan, membuat bumbu-bumbu masakan, membuat jus ataupun smoothies, bahkan menghancurkan es batu.

Blender sendiri pun terbagi menjadi lima jenis dengan fungsi masing-masing. Sekarang, setelah Anda mengetahui empat fungsi blender dan lima jenis blender, manakah dari kelimanya yang sesuai kebutuhan Anda? Coba beritahu tim Voltbaba dengan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo