Hide Menu

Sudah Pernah Tahu 5 Kegunaan Oven Listrik? Bukan Hanya untuk Memanggang Saja, Lho!

Aneka Fungsi Oven Elektrik yang Bisa Digunakan untuk Memasak Makanan Sehari-hari di Rumah, Penjelasannya Ada di Bawah

Artikel Kegunaan Oven Listrik ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kegunaan Oven Listrik 2024
© freepik.com

Oven Listrik, Benda Apakah Ini?

Oven Listrik, Benda Apakah Ini?
freepik.com

Electric oven atau biasa disebut oven listrik memiliki pengertian sebuah benda yang berfungsi untuk memanggang kue. Untuk bisa memanggang kue, oven elektrik menggunakan panas yang dihasilkan oleh arus listrik yang berada di dalam oven. Itu sebabnya, alat ini dinamai oven listrik.

Lalu mengenai bentuknya, alat panggang ini mempunyai dimensi yang ramping mirip microwave. Itulah mengapa produk ini dapat Anda letakkan di mana saja, dekat meja makan sekalipun. Alat tersebut juga banyak sekali dipakai dalam keperluan memasak rumahan.

Volties dapat mengatur besaran suhu dan waktu memasak menggunakan oven listrik, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Tidak hanya jadi favorit para koki, memasak dengan alat ini sangat menghemat waktu!

Kemudian, selain dapat Anda fungsikan sebagai alat untuk memanggang kue, oven listrik atau oven elektrik bisa berfungsi untuk hal lain. Volties dapat menyimak detail kegunaan oven listrik di section berikutnya. Ayo baca!

Cara Kerja Oven Listrik

Cara Kerja Oven Listrik
freepik.com

Menurut Abdul Gani, (2019) sumber panas oven listrik berasal dari listrik. Tim Voltbaba dapat menyebutkan bahwa cara kerja oven jenis ini dipengaruhi oleh adanya arus listrik. Jika tidak Anda, Volties tidak mungkin bisa menggunakannya. 

Dalam proses pemanasannya, oven listrik menggunakan kumparan (aliran listrik yang ada pada setiap lilitan kawat). Kumparan ini nantinya akan memanas sedikit demi sedikit, lalu menjadi stabil saat mencapai suhu yang diinginkan.

Dengan kata lain, cara kerja oven listrik yaitu dengan memanaskan ruangan bagian dalam oven menggunakan elemen pemanas di sisi atas dan di sisi bawah. Cara pemanasan inilah yang menjadikan makanan matang.

Kelebihan Memasak Pakai Oven Listrik

Kelebihan Memasak Pakai Oven Listrik
freepik.com

Kelebihan pertama yang bisa Anda rasakan saat menggunakan oven listrik untuk memasak ialah fungsionalitas. Faktanya, ada banyak kegunaan oven listrik dari memanggang sampai menghangatkan makanan.

Kedua, alat tersebut mempunyai sejumlah kapasitas. Ada yang berkapasitas 10 liter, 12 liter, hingga 70 liter sekalipun. Lebih lanjut, dari segi desain alat ini cukup ramping dan ada pula variasi yang bisa ditanam.

Adapun pemakaian listrik dari oven elektrik ternyata lumayan ramah energi. Volties dapat menemukan oven jenis ini dengan daya sekitar 350 watt saja. Meskipun jumlah dayanya hanya 350 watt, namun oven dapat mencapai panas maksimal.

Bahkan, kini oven listrik modern memiliki desain double glass door yang membantu panas bagian dalam tidak mudah tembus keluar sehingga masakan lebih cepat matang merata. Anda bisa melihat gambarannya dengan jelas dari luar produk.

Kemudian, Volties juga dapat mengatur suhu sampai dengan 230 derajat celsius. Pengaturan waktunya bisa Anda atur hingga 1 jam lamanya. Belakangan ini, harga satuan oven elektrik mulai dari 300 ribu rupiah saja. Murah banget, ‘kan? Itu dia daftar kelebihan oven listrik.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kegunaan Oven Listrik - Terbaru 2024

Langsung saja kenali lima kegunaan oven elektrik. Siapkan catatan terbaik Anda dan mulai mencatat arti setiap fungsinya. Cek segera!

1
Memanggang Roti

Bikin Pastry Renyah Pun Bisa!

Memanggang Roti

2
Memanggang Daging

Bisa Panggang Semua Jenis Daging

Memanggang Daging

3
Mencairkan Makanan Beku

Bahkan Bisa untuk Makanan yang Baru Saja Keluar dari Freezer

Mencairkan Makanan Beku

4
Mengeringkan Makanan

Keringkan Sayur, Buah, dan Biji-bijian Menjadi Camilan Sehat

Mengeringkan Makanan

5
Memanaskan Makanan

Panaskan Makanan dalam Sekejap Saja

Memanaskan Makanan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bikin Pastry Renyah Pun Bisa!
© freepik.com
1
Bikin Pastry Renyah Pun Bisa!

Memanggang Roti

Rekomendasi kami

Fungsi oven listrik paling umum adalah baking. Sering sekali orang-orang membeli oven elektrik karena hal ini. Olahan baking yang dapat Anda buat dengan alat ini antara lain kue nastar, bolu, lidah kucing, dan lain-lain.

Volties juga bisa membuat kreasi kue pastry seperti yang dijual di toko roti. Contoh aneka pastry yang cocok dibuat dengan oven listrik ialah macaron, cookies, hingga croissant.

Bisa Panggang Semua Jenis Daging
© freepik.com
2
Bisa Panggang Semua Jenis Daging

Memanggang Daging

Manfaat oven listrik lainnya yaitu memanggang daging. Kalau tadi fungsi pertama adalah memanggang roti, maka fungsi selanjutnya memanggang daging. Aneka daging yang bisa Anda panggang dengan oven listrik antara lain ayam panggang rotisserie ala restoran, daging bebek, domba, dan steak daging sapi.

Memanggang daging utuh dengan tusukan sangat bisa Anda lakukan menggunakan oven elektrik. Pasalnya, hasil daging ayam atau bebek utuh akan lebih bertekstur dan juicy jika dipanggang dalam oven elektrik.

Masak daging sapi jadi steak pun mudah. Cukup iris beberapa bagian, letakkan daging di atas loyang, taburi bumbu penyedap, masukkan ke dalam oven, tunggu sebentar, dan jadilah steak lezat yang well done!

Bahkan Bisa untuk Makanan yang Baru Saja Keluar dari Freezer
© freepik.com
3
Bahkan Bisa untuk Makanan yang Baru Saja Keluar dari Freezer

Mencairkan Makanan Beku

Kemudian, oven listrik dapat Volties fungsikan sebagai alat untuk mencairkan bahan makanan yang beku. Cara ini lebih dikenal sebagai defrost. Tak perlu khawatir oven listrik Kris meledak karena sudah ada fungsi bawaan oven yang dapat Anda manfaatkan khusus untuk mencairkan makanan.

Volties bisa mencairkan makanan beku langsung, bahkan untuk yang baru saja Anda keluarkan dari freezer. Misalnya Anda ingin mencairkan frozen food seperti nugget, letakkan di atas loyang kemudian masukkan ke dalam oven. Tunggu 2-3 menit, nugget sudah bisa Anda masak!

Keringkan Sayur, Buah, dan Biji-bijian Menjadi Camilan Sehat
© freepik.com
4
Keringkan Sayur, Buah, dan Biji-bijian Menjadi Camilan Sehat

Mengeringkan Makanan

Fungsi selanjutnya yang tak kalah menarik ialah mengeringkan makanan. Apa contoh makanan yang bisa Volties keringkan menggunakan oven elektrik? Di antaranya ada buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Pada dasarnya, oven dapat mengurangi kadar air pada makanan. Itulah mengapa makanan akan kering seketika. Dengan mengeringkan bahan makanan seperti buah, sayur, dan biji-bijian dalam oven listrik, makanan jadi lebih tahan lama di luar ruangan.

Panaskan Makanan dalam Sekejap Saja
© freepik.com
5
Panaskan Makanan dalam Sekejap Saja

Memanaskan Makanan

Rekomendasi kami

Banyak orang yang mencoba membedakan microwave vs oven. Padahal, sama seperti microwave, oven listrik bisa Anda manfaatkan untuk memanaskan makanan. Walaupun memang ada sedikit perbedaan antara keduanya, namun tetap saja oven elektrik bisa Anda buat atau fungsikan untuk menghangatkan makanan.

Volties tak perlu repot-repot memanaskan bahan makanan di atas kompor gas menyala lagi. Sebaliknya, panaskan makanan semalam yang tidak habis Anda makan dengan memasukkan makanan ke dalam oven. Ganti ke suhu maksimal, maka makanan akan kembali hangat dalam beberapa menit. Anda pun bisa langsung menyantapnya!

Tanya Jawab Seputar Kegunaan Oven Listrik

Ada begitu banyak kegunaan oven listrik. Tapi, apakah Volties masih punya pertanyaan untuk hal ini? Jika iya, simak lima pertanyaan teratas seperti di bawah ini:

Oven listrik bisa untuk apa saja?

Alat ini bisa digunakan untuk memanggang, mencairkan, mengeringkan, memasak, roasting, dan lain-lain.

Oven listrik bisa memanggang apa saja?

Anda bisa memanggang aneka kue kering, cake, ayam, daging, berbagai biji-bijian, dan lain sebagainya.

Apa keunggulan dari penggunaan oven listrik?

Kelebihan dari menggunakan oven listrik antara lain bisa memanggang makanan dalam waktu singkat, dapat difungsikan sebagai alat menghangatkan makanan, bisa atur suhu sesuai keinginan, dan banyak lagi.

Apakah oven listrik bisa untuk menghangatkan makanan?

Ya, oven listrik bisa untuk menghangatkan makanan apapun. Anda harus melihat pada buku panduan bawaan oven listrik yang tertera jika ingin menggunakan fungsi ini.

Apa kegunaan oven?

Kegunaannya ialah memanaskan, mengeringkan, memanggang, mencairkan makanan, dan lain-lain.

Kesimpulan: Kegunaan Oven Listrik

Sekarang, apakah Anda sudah paham kegunaan oven listrik seperti apa? Volties bisa menggunakan alat dapur ini untuk memanggang roti dan daging, mencairkan makanan beku, mengeringkan sayur, dan memanaskan makanan kemarin malam.

Saatnya Anda mencoba kelima fungsi tersebut dalam memasak makanan. Tak lagi makan waktu lama saat memasak, hidangan cepat matang semua. Akhir kata, mari temukan rekomendasi merk oven yang paling bagus dalam artikel ini untuk memanggang roti kesukaan Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo