Hide Menu

Catat! Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul, Apakah Worth untuk Dibeli?

Pembahasan Tentang 5 Kelebihan Blender Kapsul dan 5 Kekurangan Blender Kapsul, Baca Terus Biar Tahu!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul ini diposting diperbarui
146 Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul 2024
© freepik.com

Blender Kapsul Si Kecil yang Serbaguna dan Multifungsi

Blender Kapsul Si Kecil yang Serbaguna dan Multifungsi
freepik.com

Perkembangan teknologi benar-benar berhasil menciptakan ragam inovasi pada produk alat elektronik rumah tangga, salah satunya adalah blender kapsul. Apakah Anda pernah mendengar nama produk ini? Jika iya, maka tidak mengherankan karena belender kapsul memang menjadi produk yang kini lagi laris di pasaran karena sederet fungsinya.

Sesuai namanya, blender kapsul atau capsule blender merupakan jenis belender yang memiliki bentuk menyerupai kapsul. Sebutan kapsul ini mengacu pada bentuk wadah gelas jar dari blender ini yang memanjang dan cembung, persis seperti kapsul.

Selain itu, jenis blender ini juga dikenal dengan sebutan portable blender atau mini blender mengacu pada desainnya yang compact dan mudah dibawa ke mana-mana. Karena bentuknya ini, blender kapsul menawarkan kemudahan penggunaan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan, seperti bumbu-bumbu dapur, buah-buahan kecil, maupun sayuran.

Harganya pun juga terjangkau yang membuatnya banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Apakah Anda salah satunya, Volties? Apakah Anda tertarik membeli dan memiliki satu blender kapsul serbaguna di rumah? Kalau begitu, Anda harus memahami kelebihan dan kekurangan blender kapsul terlebih dahulu sebelum membelinya. 

Lewat artikel ini, tim Voltbaba telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari blender kapsul agar bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya. Tanpa buang-buang waktu lagi, mulailah membaca!

Rekomendasi Merk Blender Kapsul Terbaik yang Ada di Pasaran

Rekomendasi Merk Blender Kapsul Terbaik yang Ada di Pasaran
freepik.com

Saat ini, tidak banyak merek yang menawarkan produk blender kapsul di e-commerce. Jadi, Anda mungkin akan jarang menemukan blender kapsul buatan dari merk-merk terkenal seperti Cosmos, Philips, Miyako, Sharp, Mitochiba, maupun vitam-R.

Namun, tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi blender kapsul bagus dan berkualitas dari merek terpercaya yang bisa Anda pertimbangkan. Langsung dari pilihan banyak customer!

6 Rekomendasi Merk Blender Kapsul Terbaik

MerkNama Produk
GotoBlender Capsule Mini Serbaguna
GSFG-4077 Blender Kapsul Portable
Bright CrownBlender Capsule Portable Blender Kapsul Mini Electric
KenmasterKM-618 Blender Capsule Cutter
Happy FamilyBlender Capsule Portable Mini Elektric Serbaguna 
Han RiverHRFSJ01 Kapsul Blender Portable Mini Juicer Chopper Grinder
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul - Terbaru 2024

Secara definisi, blender merupakan alat elektronik dapur berbentuk wadah dan dilengkapi pisau berputar yang berfungsi untuk mengaduk, mencampur, menggiling, dan menghaluskan bahan makanan (Decky Saputra et al, 2015).

Pertanyannya, apakah blender kapsul punya kemampuan yang sama untuk menghancurkan bahan makanan seperti jenis belender lainnya? Temukan jawabannya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan blender kapsul di bawah.

1
Kelebihan Blender Kapsul

Penggunaan Mudah Sampai Harga Murah

Kelebihan Blender Kapsul

2
Kekurangan Blender Kapsul

Kapasitas Kecil Hingga Putaran Pisau yang Lemah

Kekurangan Blender Kapsul

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penggunaan Mudah Sampai Harga Murah
© freepik.com
1
Penggunaan Mudah Sampai Harga Murah

Kelebihan Blender Kapsul

Rekomendasi kami

Mari mulai dengan kelebihan dari capsule blender. Apa saja aspek yang membuat jenis blender portable ini laris di pasaran? Silakan temukan jawabannya di bawah.

  • Mudah Digunakan

Penggunaan yang mudah, itulah kelebihan pertama dari blender kapsul. Mengingat bentuknya yang compact dan desainnya yang simpel dimana hanya terdiri atas gelas jar dan penutup, membuat penggunaan blender ini cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol atau memencet bagian atas, dan blender kapsul ini secara otomatis akan bekerja.

Selain penggunaannya yang mudah, membersihkan blender kapsul pun juga adalah hal mudah. Anda hanya perlu melepas gelas jar dari penutupnya, dan Anda bisa segera membersihkan kedua komponen capsule blender ini.

  • Hemat Listrik

Kelebihan selanjutnya dari blender kapsul adalah hemat listrik. Jika dibandingkan dengan alat elektronik dapur lainnya, seperti multifunction blender, mixer, juicer, dan chopper yang membutuhkan daya listrik sekitar 200 sampai 350 watt, maka blender kapsul hanya membutuhkan sekitar 100 watt saja. Jauh lebih hemat listrik, kan?

  • Harga Terjangkau dan Murah

Kalau berbicara tentang harga, maka blender kapsul adalah jenis blender yang hadir dengan harga murah meriah. Di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, harga dari blender kapsul ini ada di angka Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu saja. Ini tentu lebih murah ketimbang blender konvensional yang harganya bisa mencapai Rp 150 ribu lebih.

  • Desain yang Compact

Seperti yang sudah Anda ketahui, blender kapsul hadir dengan desain compact yang menyerupai kapsul berbentuk panjang dan cembung. Terlebih lagi, jenis blender ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang cantik. Jadi, jika Anda ingin mempercantik area dapur, capsule blender bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Ringan dan Mudah Disimpan

Kelebihan terakhir dari blender kapsul terletak pada beratnya yang ringan. Bagaimana tidak, jenis blender ini punya berat rata-rata 200 sampai 300 gram saja, tidak sampai 1 kg! Dengan beratnya yang ringan, Anda tentunya akan lebih mudah membawa blender ini ke mana-mana. Menyimpannya pun juga sangat mudah berkat desainnya yang compact.

Kapasitas Kecil Hingga Putaran Pisau yang Lemah
© freepik.com
2
Kapasitas Kecil Hingga Putaran Pisau yang Lemah

Kekurangan Blender Kapsul

Rekomendasi kami

Di balik lima kelebihan yang blender kapsul miliki, alat elektronik ini ternyata memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan blender kapsul? Temukan jawabannya lewat poin-poin di bawah.

  • Putaran Pisau yang Lemah

Tidak dapat dipungkiri, kekuatan putaran pisau chopper yang lemah adalah kelemahan paling signifikan dari blender kapsul. Wajar saja jika mengingat ukurannya yang kecil dan daya listrik yang rendah. Jadi, jika Anda biasa menggunakan blender untuk menghancurkan buah ataupun sayur berukuran besar, blender kapsul mungkin bukanlah pilihan yang cocok.

  • Hasil Kurang Lembut

Karena kekuatan putaran pisau chopper yang lemah, maka tidak mengherankan jika hasil gilingan blender ini tidak sehalus blenderblender konvensional. Bisa dibilang, hasil gilingan blender kapsul kurang lembut dan masih ada beberapa bagian bahan makanan yang tidak terpotong dengan sempurna.

Meski begitu, Anda bisa menyiasatinya dengan memotong kecil-kecil buah ataupun sayur yang ingin Anda haluskan menggunakan capsule blender. Dengan cara ini, buah maupun sayur yang Anda blend menggunakan belender portable ini akan sedikit lebih halus.

  • Kapasitas yang Kecil

Kapasitas yang kecil menjadi kekurangan blender kapsul yang ketiga. Jika Anda membeli blender ini dengan tujuan untuk menghaluskan bahan makanan yang berukuran besar, maka sebaiknya jangan. Karena bagaimanapun, belender kapsul adalah jenis blender yang hanya cocok untuk bahan-bahan dapur ataupun buah dan sayuran yang berukuran kecil.

  • Cepat Panas

Karena ukurannya yang kecil, maka mesin dan pisau chopper dari blender kapsul ini biasanya harus bekerja ekstra untuk menghancurkan bahan makanan secara terus menerus. Hal ini membuat belender ini lebih cepat panas daripada jenis blender konvensional.

Jadi, jika Anda ingin membuat blender kapsul ini tetap awet dan tahan lama untuk digunakan selama setahun lebih, maka ada baiknya Anda tidak menggunakan belender ini untuk menghancurkan bahan makanan yang berukuran besar secara terus menerus.

  • Fitur Terbatas

Kekurangan terakhir dari blender kapsul terletak pada fiturnya yang terbatas. Faktanya, satu-satunya fitur yang dimiliki oleh blender ini hanyalah tombol pengoperasian saja. Dalam kata lain, Anda tidak akan menemukan fitur yang sering Anda temukan pada jenis belender multifungsi seperti tombol pilihan speed maupun botol minum.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul

Sebelum Anda pergi menuju ke bagian akhir dari artikel ini, silakan cek beberapa pertanyaan di bawah untuk menambah pemahaman Anda seputar blender kapsul.

Blender kapsul bisa digunakan untuk apa saja?

Meski ukurannya kecil, blender kapsul mampu membantu Anda mengolah berbagai jenis bahan makanan, seperti bumbu masak, rempah-rempah, kacang-kacangan, daging potong, buah berukuran kecil, maupun beberapa es batu.

Apakah blender kapsul bisa menggiling daging?

Jawabannya bisa. Anda bisa menggunakan blender kapsul untuk menggiling daging dengan syarat daging tersebut sudah terpotong kecil-kecil.

Apakah blender kapsul bisa menghaluskan es batu?

Sangat bisa, blender kapsul mampu menghancurkan es batu. Hanya saja, jumlah es batu yang bisa dihancurkan hanya 3 sampai 4 buah es batu saja dengan ukuran 4cm.

Apa manfaat dari blender?

Sama seperti manfaat menggunakan jenis blender lainnya, manfaat blender kapsul adalah untuk menghancurkan dan menghaluskan bahan makanan agar lebih mudah diolah. Entah menghaluskan rempah-rempah untuk dijadikan bumbu masak, buah-buahan untuk dijadikan juice atau jus lezat, maupun daging untuk dijadikan olahan bakso.

Apakah blender portable menggunakan listrik?

Tidak sama seperti blender kapsul yang membutuhkan listrik, portable blender umumnya tidak menggunakan listrik. Pasalnya, jenis blender ini bisa bekerja karena mengandalkan baterai yang bisa Anda cas menggunakan charger asli dan kabel USB.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Blender Kapsul

Blender kapsul merupakan bentuk dari inovasi dan perkembangan alat-alat elektronik di zaman sekarang. Dengan sederet kelebihannya, mulai dari penggunaan yang mudah, hemat listrik, harga yang murah, desain yang compact, sampai bobot yang ringan, blender kapsul menjadi pilihan ideal untuk Anda yang butuh alat untuk menghaluskan bumbu dapur, buah, dan daging dalam jumlah yang sedikit.

Meski begitu, jenis capsule blender ini juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin dapat memengaruhi keputusan Anda untuk membelinya atau tidak. Kekurangan dari blender kapsul ini contohnya putaran pisau yang lemah, hasil gilingan yang kurang lembut, kapasitas yang kecil, cepat panas, dan fitur yang terbatas.

Jadi, bagaimana Volties? Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk membeli dan memiliki satu blender kapsul di rumah? Coba beritahu tim Voltbaba dengan meninggalkan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo