Hide Menu

Jangan Beli Dulu Sebelum Tahu 6 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding Ini!

Ulasan Lengkap Tentang 3 Kelebihan dan 3 Kekurangan Kompor Freestanding, Apakah Worth untuk Dibeli?

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding ini diposting diperbarui
462 Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding 2024
© freepik.com

Apa Itu Kompor Freestanding?

Apa Itu Kompor Freestanding?
freepik.com

Di era trend dapur modern minimalis seperti jaman sekarang, ada dua jenis kompor yang menjadi pilihan banyak orang, yaitu kompor tanam dan kompor freestanding. Anda mungkin belum terlalu familiar dengan yang namanya kompor freestanding. Sebenarnya, apa sih kompor freestanding?

Sesuai namanya, kompor freestanding adalah jenis kompor yang bisa berdiri sendiri. Jika melihat pada gambar di atas, artinya Anda cukup meletakkannya di atas lantai dapur untuk menggunakannya. Tidak seperti kompor konvensional yang butuh meja atau kompor tanam yang membutuhkan lubang meja agar bisa terpasang, kompor freestanding tidak memerlukan semua itu.

Selain itu, sama seperti kebanyakan jenis kompor di luar sana, kompor freestanding terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Contohnya kompor gas freestanding yang menggunakan bahan bakar gas LPG, serta kompor freestanding listrik dan kompor freestanding induksi yang menggunakan bahan bakar listrik. 

Yang menarik dari kompor freestanding adalah desain 2-in-1 yang diusung. Faktanya, semua model kompor freestanding hadir dengan kompor di bagian atas dan oven di bagian bawahnya. Berkat desain 2-in-1 ini, Anda dapat memasak sekaligus memanggang makanan-makanan lezat hanya dengan satu alat. Sangat efisien, bukan?

Hanya saja, sama seperti kebanyakan alat elektronik rumah tangga lainnya, kompor freestanding juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya. Kira-kira, apa saja kelebihan dan kekurangan kompor freestanding? Jika Anda penasaran dengan jawabannya, jangan buang waktu Anda dan segera baca artikel ini sampai habis.

Lewat artikel singkat ini, tim Voltbaba akan menyajikan pembahasan lengkap seputar kelebihan kompor freestanding beserta kekurangannya. Bukan cuma itu, akan ada beberapa rekomendasi merk kompor freestanding terbaik yang ada di e-commerce Indonesia. Jadi, ayo baca sekarang!

Rekomendasi Merk Kompor Freestanding Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Merk Kompor Freestanding Terbaik di Indonesia
freepik.com

Kompor adalah peralatan elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat untuk memasak berbagai macam masakan lezat demi memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari (Septianissa. A. et al, 2020).

Misalkan Anda sedang mencari kompor freestanding untuk membantu kegiatan memasak Anda di dapur, di bawah ini adalah 6 rekomendasi merek kompor freestanding terbaik beserta produk terlaris dan harganya di e-commerce. Keenam kompor freestanding ini adalah produk berkualitas, sama sekali tidak ada yang jelek. Kualitasnya terjamin!

6 Merk Kompor Freestanding Terbaik dan Paling Bagus

MerekModel Kompor FreestandingHarga
WINN GASW 5060 A Kompor Freestanding 4 Tungku & OvenRp. 3.050.000,00
MODENAFC 9642 S Freestanding CookerRp. 7.905.000,00
BEKOFSG62000GS Freestanding Gas CookerRp. 5.150.000,00
AzaleaAFS55G4VE Kompor FreestandingRp. 3.913.412,00
DELIZIADFF64B5WH Kompor FreestandingRp. 5.535.625,00
TekaFS66F 4G Kompor FreestandingRp. 14.729.000,00

Masing-masing dari 6 produk kompor freestanding di atas hadir dengan desain yang berbeda, ada yang hanya 2 tungku, 4 tungku, dan bahkan 6 tungku. Volties bisa memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kitchen Anda.

Cara memilih kompor freestanding juga sangatlah mudah. Anda cukup mempertimbangkan area kosong di dapur Anda serta fungsi-fungsi yang ditawarkan dari kompor freestanding. Jika Anda sudah menemukan yang terbaik, segera beli dan masukkan ke keranjang pembelian Anda.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding - Terbaru 2024

Tiba juga Anda di topik utama dari artikel ini, di bawah ini adalah 3 kelebihan dan 3 kekurangan kompor freestanding yang harus Anda ketahui. Simak! 

1
Kelebihan Kompor Freestanding

Pemasangan Mudah, Fitur Banyak, dan Desain Keren

Kelebihan Kompor Freestanding

2
Kekurangan Kompor Freestanding

Harga Mahal, Ukuran Besar, dan Sulit Dibersihkan

Kekurangan Kompor Freestanding

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pemasangan Mudah, Fitur Banyak, dan Desain Keren
© freepik.com
1
Pemasangan Mudah, Fitur Banyak, dan Desain Keren

Kelebihan Kompor Freestanding

Rekomendasi kami

Mari mulai dengan kelebihan kompor freestanding yang meliputi pemasangan yang mudah, fitur yang lengkap, dan desain yang keren. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca poin-poin di bawah.

  • Pemasangan Mudah

Kelebihan pertama dari kompor freestanding atau freestanding cooker adalah pemasangannya yang mudah. Jika dibandingkan dengan kompor tanam atau hob yang pemasangannya harus ditanam di meja dapur, kompor freestanding tidak memerlukan itu. Manfaatnya, Anda bisa meletakkan dan memasang kompor ini di mana saja di area dapur dengan mudah.

Pemasangan yang mudah ini berkat posisi tungku dari kompor freestanding yang sudah tinggi, sehingga tidak perlu lagi diletakkan di atas meja seperti kompor konvensional atau ditanam seperti tanaman layaknya kompor tanam. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meletakkan kompor freestanding di area dapur Anda. Gak ribet!

  • Fitur Canggih yang Lengkap

Seperti yang sudah tim Voltbaba ungkapkan di awal, kompor freestanding adalah jenis kompor yang menggabungkan fungsi kompor dan oven sekaligus. Dalam kata lain, ketika Anda membeli kompor freestanding, itu berarti Anda mendapatkan satu alat dapur dengan dua fungsi yang bisa Anda gunakan sebagai kompor plus oven.

Dengan ini, tentu saja, aktivitas memasak di dapur Anda bakal jadi jauh lebih cepat dan efisien. Anda bisa memasak ayam goreng krispi dan sayur sop di atas tungku kompor sekaligus membuat kue lezat sebagai dessert. Sudah bisa membayangkan betapa mudah dan menyenangkannya aktivitas memasak Anda menggunakan kompor freestanding?

Tidak hanya desain 2-in-1, kompor freestanding juga hadir dengan beragam fitur canggih yang bisa Anda setting guna menunjang aktivitas memasak Anda. Sebut saja fitur thermostat untuk hasil masakan dengan kematangan sempurna, fitur automatic ignition untuk kemudahan menyalakan api kompor, dan fitur timer untuk mengatur waktu memasak Anda.

  • Desain Keren

Kelebihan terakhir dari kompor freestanding adalah desainnya yang keren. Tidakkah Anda setuju dengan pernyataan ini? Lihat saja bentuk persegi panjang dari jenis kompor ini yang dipercantik dengan warna hitam dan silver. Dengan kombinasi itu, kompor freestanding punya tampilan minimalis sekaligus elegan.

Lebih dari itu, desain minimalis dan gaya elegan dari kompor freestanding ini semakin diperbagus berkat material pembuatannya, yaitu kaca dan stainless steel. Cocok banget buat Volties yang lagi nyari kompor buat mempercantik estetika dapur rumah.

Harga Mahal, Ukuran Besar, dan Sulit Dibersihkan
© freepik.com
2
Harga Mahal, Ukuran Besar, dan Sulit Dibersihkan

Kekurangan Kompor Freestanding

Rekomendasi kami

Setelah Anda mengetahui kelebihan kompor freestanding, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja kekurangan dari jenis kompor ini. Untuk penjelasannya, silakan baca poin-poin di bawah!

  • Harga Mahal

Harga yang mahal menjadi kekurangan paling mencolok dari kompor freestanding. Bagaimana tidak, harga satu unit kompor freestanding yang paling murah saja ada di angka 1.5 juta rupiah. Bahkan, yang paling mahal ada di angka 20 juta rupiah lebih.

Meski mahal, sebenarnya ini adalah hal yang wajar mengingat desain kompor freestanding yang menggabungkan kompor dan oven sekaligus. Ditambah lagi, jenis kompor ini juga dilengkapi dengan banyak fitur untuk menunjang aktivitas memasak Volties selama di dapur.

  • Ukuran yang Besar

Selain harga, ukuran yang besar juga menjadi kekurangan dari kompor freestanding. Secara rata-rata, ukuran panjang dan lebar dari kompor ini ada di angka 40-60 cm. Sementara ukuran tingginya berkisar 80 cm sampai 90 cm. Melihat ukuran rata-ratanya, bisa dipastikan bahwa kompor ini akan memakan banyak tempat di dapur Anda.

Jadi Volties, jika area di dapur Anda sudah sempit, memilih kompor freestanding sangat tidak tim Voltbaba sarankan. Walau begitu, Anda masih bisa mengakalinya dengan memindahkan beberapa perabotan dari dapur Anda agar kompor freestanding bisa terpasang di dapur.

  • Sulit Dibersihkan

Meski instalasinya mudah, namun tidak dengan pembersihan atau perawatannya. Karena bagaimanapun, desain 2-in-1 dari kompor freestanding membuatnya punya detail yang lebih banyak daripada kompor kebanyakan sehingga pembersihannya pun jadi lebih sulit. Inilah yang menjadi kekurangan kompor gas freestanding.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding

Sebelum Anda masuk ke bagian akhir dari artikel ini, alangkah baiknya meluangkan sejenak waktu Anda untuk mengecek beberara pertanyaan populer tentang kompor freestanding. Berikut daftarnya:

Apa itu kompor gas freestanding?

Kompor gas freestanding adalah jenis kompor yang desainnya menggabungkan antara kompor dengan oven dan menggunakan gas LPG sebagai bahan bakarnya. Bukan minyak ataupun listrik, namun gas LPG.

Berapa tinggi kompor freestanding?

Secara rata-rata, tinggi dari kompor freestanding ada di angka 80 cm sampai 90 cm.

Berapa harga kompor freestanding?

Harga kompor freestanding bervariasi, mulai dari yang paling murah di angka 1.5 juta rupiah dan yang paling mahal di angka 20 juta rupiah.

Apakah kompor freestanding bahaya?

Sejatinya, tidak ada bahaya atau dampak negatif dari penggunaan kompor freestanding asalkan pemasangan yang Anda lakukan tepat dan tidak ada kesalahan. Penggunaan kompor freestanding pun sama seperti kebanyakan kompor konvensional dimana Anda hanya perlu memutar knob ke bawah untuk membuat kompor ini menyala.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding

Jadi, bagaimana Volties? Apakah Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan kompor freestanding? Singkatnya, kompor freestanding sangat cocok untuk Anda yang butuh kompor sekaligus oven dalam satu unit dan memiliki fitur yang banyak untuk menunjang kegiatan memasak Anda di kitchen.

Namun, jika Anda sedang berada di budget yang minim ditambah ruang di dapur Anda yang sempit, kompor freestanding mungkin bukanlah pilihan yang tepat. Misalkan Anda ada di kondisi ini, kompor tanam atau hob adalah pilihan paling bijak yang bisa Anda pilih. Akhir kata, semoga artikel ini membantu.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo