Hide Menu

Makin Cerdas dengan Mengetahui 4 Kelebihan dan 3 Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Jadi Tidak Ragu Kalau Magic Com Stainless Bagus atau Tidak, Simak Perbedaannya Secara Lengkap di Sini!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel ini diposting diperbarui
1.5K Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel 2024
© freepik.com/alexskp

Sejarah Magic Com Stainless Steel

Sejarah Magic Com Stainless Steel
freepik.com/doomu

Tim Voltbaba menemukan bahwa asal-usul magic com dan rice cooker sama, entah kedua jenis berbahan stainless atau tidak. Yoshida Minami adalah orang yang menemukan mejikom atau reskuker pertama kali di tahun 1937.

Pada saat itu, tentara Jepang menggunakan tempat kayu dan lempengan logam untuk memasak nasi. Lempengan tersebut yang membuat nasi menjadi matang. Namun, dalam penemuan itu, mereka menemukan nasi tidak cepat matang hanya dengan tambahan logam. Itu semua karena mereka tidak membuat penutup wadah.

Dari perjalanan panjang itu, Mitsubishi ikut andil sebagai seorang yang juga mengembangkan penanak nasi dari kayu dan lempengan logam menjadi sempurna. Lalu, dibuatlah wadah kayu dengan aluminium yang bisa menghantarkan panas jauh lebih baik.

Mitsubishi pun akhirnya memproduksi masal alat penanak nasi tersebut pada tahun 1945. Kemudian, seorang bernama Toshiba ikut mengembangkannya lebih jauh lagi pada tahun 1956 dengan menciptakan sistem penanda stop saat nasi matang. Hingga hari ini, sudah banyak macam mejikom maupun rekuker digital yang mudah orang-orang operasikan.

Begitulah cerita singkat sejarah mejikom. Apakah Volties ingin tahu lebih lanjut? Jika iya, maka lanjutkan membaca artikel kelebihan dan kekurangan magic com stainless steel ini! Check it out!

2 Jenis Bahan Magic Com Stainless Steel yang Umum Dipakai

2 Jenis Bahan Magic Com Stainless Steel yang Umum Dipakai
freepik.com/flowstudio26

Ada dua tipe bahan stainless steel yang sering dipakai di industri makanan maupun minuman, tak terkecuali pembuatan mejikom. Dua tipe tersebut yaitu carbon steel dengan kandungan karbon cukup tinggi dan low carbon dengan kandungan karbon sangat rendah.

Karbon dengan kandungan tinggi membawa sifat kurang tahan karat, berbeda dengan karbon rendah yang lebih tahan karat. Jadi, low carbon termasuk bahan kuat dan dapat menghindari korosi. Selanjutnya, ada 2 grade stainless aman untuk produk dapur dan industri perkapalan.

Pertama, stainless steel 304. Material umum ini banyak digunakan di pasaran. Bahan tersebut termasuk ke dalam jenis austenitic yang memiliki komposisi 18% kromium dan 8% nikel. Tipe ini sudah sesuai standar ASTM SA/A312 TP 304/304L Stainless Steel Seamless Pipes dan bersifat food grade.

Kedua, stainless steel 316. Material ini mengandung 18% kromium dan 14% nikel yang ideal untuk kebutuhan mesin perkapalan bukan makanan. Tipe tersebut juga sudah sesuai standar ASTM SA/A312 TP316/316L.

Perbedaan Magic Com Stainless Steel VS Keramik

Perbedaan Magic Com Stainless Steel VS Keramik
freepik.com/kharlamov543211

Masyarakat lebih banyak tahu tentang magic com stainless daripada keramik sebab rata-rata produk alat masak sekarang kebanyakan menggunakan stenlis. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Ini jawaban yang Anda inginkan!

  • Meskipun sama-sama aman, baik stainless maupun keramik berbeda pada unsur pelapisnya. Bahan ini tidak ada pelapis, sebaliknya, keramik punya lapisan berlapis-lapis seperti eco ceramic.
  • Untuk proses kematangan, stainless kurang menjaga kehangatan nasi ketimbang keramik.

Uraian singkat di atas adalah dua poin utama mengenai perbedaan stainless steel vs keramik. Apakah Volties sudah paham di mana letak perbedaannya?

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel - Terbaru 2024

Untuk Anda yang ingin beralih ke magic com stainless steel, harap kenali dahulu kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Jadi, Anda semakin yakin membelinya. Simak penjelasannya di bawah ini! 

1
Kelebihan Magic Com Stainless Steel

Pemakaian Lama, Untung Selamanya

Kelebihan Magic Com Stainless Steel

2
Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Air Garam Dapat Merusak Panci? Cek Kelemahannya!

Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pemakaian Lama, Untung Selamanya
© freepik.com/ilona.shorokhova
1
Pemakaian Lama, Untung Selamanya

Kelebihan Magic Com Stainless Steel

Rekomendasi kami

Seperti yang Volties ketahui, magic com merupakan alat elektronik yang bermanfaat untuk membuat nasi. Nuswatul I et al (2020) juga menyebut bahwa magic com memiliki fungsi mempertahankan nasi tetap panas serta menjaga nasi tetap lunak.

Kemudian, apakah bahan mejikom stenlis unggul untuk menanak nasi? Jawabannya adalah ya, bahan stenlis dapat mempertahankan nasi tetap hangat. Ada banyak kelebihan lain dari mejikom stainless steel, termasuk dari sisi kesehatan untuk orang dewasa dan anak-anak. Daripada Anda menebak-nebak, langsung saja baca angka demi angka di bawah ini!

1. Kokoh dan Awet

Stainless steel sudah terkenal luas dengan ciri bahan yang paling kokoh dari campuran besi dan elemen kromium, nikel, silikon, dan lain-lain. Sehingga, membuatnya awet bertahan hingga tahunan. Bahan tersebut juga tidak gampang rusak walaupun Anda sering menjatuhkan tanpa sengaja.

2. Aman dan Sehat

Volties pasti tahu bahwa stainless mempunyai arti tidak bisa berkarat, maka bahan ini aman untuk nasi yang dimasak menggunakan panci stenlis. Begitupun hasil nasi, butiran nasi jadi lebih sehat karena bahan ini tidak mudah mengelupas dan memengaruhi cita rasa atau kandungan nasi.

3. Minim Perawatan

Merawat panci mejikom berbahan stainless tidak membutuhkan usaha khusus. Karena bahan ini awet, Anda tidak perlu sering datang ke tukang servis untuk merawatnya. Cukup gunakan produk sesuai instruksi yang benar, dijamin makin awet.

4. Gampang Dibersihkan

Permukaan bahan yang halus dan tidak berpori membuat nasi tidak mudah lengket di panci. Sehingga, bahan tersebut mudah Volties bersihkan. Anda cuma perlu mengelap dengan kain halus yang dibasahi dengan air sedikit.

Air Garam Dapat Merusak Panci? Cek Kelemahannya!
© freepik.com/lesterman
2
Air Garam Dapat Merusak Panci? Cek Kelemahannya!

Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Rekomendasi kami

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Tak terkecuali dengan magic com stainless steel. Produk ini mempunyai tiga kelemahan dasar, seperti:

1. Panci Bagian Luar dapat Menghitam

Bahan panci menghitam ini bukan karena keseringan Anda pakai, melainkan karena Volties memakainya di suhu yang sangat tinggi berulang kali.

2. Butuh Dikombinasikan dengan Logam

Stainless memang terkenal kuat, tapi bahan tersebut sebenarnya bukan penghantar panas atau hangat yang baik. Sehingga, produsen mejikom menambahkan lapisan pelat aluminium atau tembaga agar panci mudah menghantarkan panas. 

3. Tidak Bersahabat dengan Air Garam

Faktanya, mejikom stainless mempunyai kelemahan terhadap air garam. Jika terus-menerus terkena air garam, panci akan menimbulkan lubang kecil.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Volties sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan magic com stainless steel. Kini, giliran Anda mengecek empat pertanyaan seputar bahan baja anti karat. Berikut daftarnya:

Apakah rice cooker stainless steel bagus?

Ya, rice cooker yang terbuat dari stainless steel itu bagus karena bahan tersebut awet penggunaannya dan mudah dibersihkan dari kotoran bekas memasak yang menempel.

Apakah stainless steel bisa menghitam?

Bisa. Namun, peralatan masak terbuat dari stainless steel akan menghitam kalau terkena suhu sangat tinggi, bukan karena kebanyakan dipakai di atas api kompor.

Apa kekurangan dari stainless steel?

Kekurangannya adalah harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis baja lain. Misalnya, carbon steel.

Apa Keunggulan Bahan Stainless Steel?

Volties pasti sudah tahu dari namanya, bahan jenis ini tidak mudah karatan, kuat, dan tahan terhadap goresan. Itulah yang membuat stainless steel unggul.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Dari penjelasan sebelumnya, ternyata kelebihan magic com stainless steel lebih banyak daripada kekurangannya. Oleh karena itu, ini adalah pilihan terbaik untuk Anda beralih ke mejikom stainless.

Apabila Anda kebingungan mencari referensi produknya, tim Voltbaba juga sudah mencantumkan rekomendasi merk magic jar terbaru dengan harga hemat dan daya/watt listrik rendah. Volties pun dapat melihat produk terbaik beserta gambar yang tertera di atas. Yuk, beli penanak nasi sekarang juga! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo